15 Objek Wisata Di Indonesia Beserta Keterangannya

3 min read

objek wisata di indonesia beserta keterangannya

Indonesia adalah negara yang kaya akan tempat wisata. Maka tidak heran jika Indonesia adalah salah satu negara yang menjadi incaran turis mancanegara. Hampir di setiap provinsi Indonesia memiliki tempat wisata yang menarik. Tempat wisata ini sangat beragam, mulai dari tempat wisata alam, wisata budaya dan ragam wisata yang lainnya. Di artikel ini akan disajikan beberapa objek wisata di Indonesia beserta keterangannya.

Ragam wisata di Indonesia yang sangat diincar oleh para turis adalah wisata alam. Hal ini dikarenakan Indonesia adalah negara tropis yang memiliki area hutan yang luas. Selain itu bentangan alam Indonesia juga sangat indah. Indonesia kaya akan pantai yang indah, gunung yang hijau, hutan yang menghijau dan sungai-sungai yang panjang. Keindahan alam inilah yang menjadikan Indonesia terdepan dalam sektor wisata. Berikut beberapa objek wisata di Indonesia beserta keterangannya.

Objek Wisata Di Indonesia Beserta Keterangannya

Ada banyak sekali objek wisata yang ada di Indonesia. Objek wisata ini membentang dari bagian barat Indonesia hingga ke bagian timur. Semua tempat wisata ini wajib dikunjungi oleh wisatawan baik, wisatawan mancanegara maupun wisatawan lokal. Apa saja objek wisata tersebut? Berikut ini 15 objek wisata di Indonesia beserta keterangannya:

1. Sabang

Sabang adalah kawasan paling barat Indonesia, posisinya tepat di sebelah utara pulau Sumatera. Di sini terdapat kilometer 0 (nol) Indonesia. Sabang sangat istimewa karena terkenal dengan keindahan lautnya. Laut di Sabang sangat biru dan juga jernih. Bahkan pulau yang satu ini disebut sebagai surganya para penyelam.

Baca Juga :   Wow! Inilah 13 Tempat Wisata Di Ubud Bali Yang Populer

2. Danau Toba

Danau Toba adalah danau vulkanik terbesar yang ada di kawasan Sumatera Utara Indonesia. Uniknya danau ini, karena tepat di tengah danau terdapat pulau yang cukup besar bernama Pulau Samosir. Air danau toba tampak kehijauan dan berwarna biru. Danau ini adalah danau yang sangat indah dengan pemandangan bukit hijau yang mengitarinya. Kawasan danau ini berada di kawasan hutan pinus di dataran tinggi. Ini yang membuat udara di danau toba sangat segar.

3. Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah candi di Jogja yang paling terkenal di Indonesia. Bahkan Candi Borobudur terkenal sebagai 7 keajaiban dunia. Candi ini adalah bukti indahnya aristektur bangunan pada zaman dulu. Kawasan Candi Borobudur adalah tempat wisata yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan. Ada banyak wisatawan mancanegara yang datang ke candi ini.

4. Pantai Kuta

Bali adalah surganya para pelancong dunia yang terletak di Indonesia. Salah satu pantai cantik yang ada di Bali adalah Pantai Kuta. Pantai yang satu ini adalah pantai yang membentang panjang dan berpasir putih. Warna air lautnya yang biru serta pemandangannya yang bagus, menjadi daya tarik tersendiri. Pantai Kuta tidak pernah sepi dari kunjungan wisatwan.

5. Candi Prambanan

Selain Candi Borobudur, Indonesia juga memiliki Candi Prambanan. Candi Prambanan terletak di kawasan antara Jogja dan Jawa Tengah. Kecantikan candi ini terletak pada arsitektur bangunannya. Kawasan candi ini sangat luas dan juga terletak pada kawasan dataran tinggi. Banyak wisatawan mancanegara yang datang ke Candi Prambanan setiap tahunnya.

6. Raja Ampat

Di sebelah timur Indonesia terdapat sebuah tempat wisata yang bisa membuat siapa saja merasa tertarik untuk mengunjunginya. Tempat wisata ini adalah Raja Ampat. Raja Ampat adalah tempat wisata yang sangat cantik karena pemandangan laut dan pulau-pulaunya. Pemandangan bawah laut Raja Ampat sangat cantik dan banyak menjadi incaran wisatawan. Meskipun lokasinya jauh dari ibukota Jakarta, tempat ini tetap favorit.

Baca Juga :   12 Tempat Wisata Alam Di Bogor Yang Recommended Dikunjungi

7. Pulau Komodo

Pulau Komodo adalah sebuah pulau dimana wisatawan bisa berinteraksi dengan binatang unik yang bernama komodo. Komodo adalah binatang sejenis reptil yang tubuhnya besar. Binatang yang satu ini adalah binatang langka yang tidak bisa ditemui dimanapun selain di Indonesia yaitu di Pulau Komodo. Hal inilah yang membuat Pulau Komodo sangat istimewa. Apalagi Pulau Komodo juga memiliki pemandangan alam yang eksotis.

8. Kawasan Gunung Merapi

Merapi adalah kawasan wisata yang sudah sangat terkenal. Ada banyak sekali spot pemandangan alam yang bagus di kawasan  ini. Daya tarik utama dari kawasan ini adalah Gunung Merapi yang berdiri kokoh dengan pemandangannya yang indah. Meskipun sudah pernah meletus namun gunung ini memang sangat cantik dan banyak mengundang rasa penasaran wisatawan.

9. Monas (Monumen Nasional)

Ibukota Indonesia Jakarta juga mempunyai tempat wisata yang sangat fenomenal dan wajib dikunjungi. Tempat wisata yang wajib dikunjungi di Indonesia adalah Monas atau Monumen Nasional. Monas adalah landmark atau ikon penting bagi Indonesia. Di sini para wisatawan bisa melakukan beragam aktifitas yang sangat menarik.

10. Pantai Sanur

Pantai Sanur adalah salah satu nama pantai yang ada di Pulau Bali. Kawasan Bali memang sangat terkenal dengan keindahan pantainya yang memanjakan mata. Sunset yang ada di Pantai Sanur sangat terkenal. Ada banyak wisatawan yang datang ke sini pada saat menjelang matahari terbenam. Sanur adalah pantai yang menawarkan pemandangan yang eksotis dan sangat indah.

11. Taman Bawah Laut Bunaken

Sulawesi juga memiliki tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Salah satu tempat wisata di Sulawesi yang paling menarik adalah Taman Bawah Laut Bunaken. Taman bawah laut ini merupakan surga bagi para penyelam di dunia. Pemandangan alam bawah laun di Bunaken sangat cantik dan memanjakan mata turis yang menikmatinya.

Baca Juga :   Tempat Wisata Di Bali Yang Wajib Dikunjungi Bernuansa Romantis Dan Religius

12. Gunung Bromo

Kawasan Gunung Bromo juga merupakan kawasan wisata yang sangat terkenal di Indonesia maupun di dunia. Gunung Bromo menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung. Pemandangan alam yang sangat indah menjadi ciri khas dari kawasan Gunung Bromo ini. Para wisatawan juga bisa melakukan banyak sekali kegiatan seperti naik kuda dan juga berkemah.

13. Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot adalah landmark dari Pulau Bali. Keindahan pura ini sudah sangat terkenal di dunia. Pemandangan yang ada di sekitar pura ini sangat menarik sekali. Banyak wisatawan yang berfoto ria di sekitar Pura Tanah Lot.

14. Jam Gadang

Sumatera Barat juga merupakan daerah yang penuh dengan tempat wisata. Kawasan Sumatera Barat dipenuhi dengan bentangan alam perbukitan yang indah. Salah satu tempat wisata yang menjadi incaran turis adalah Jam Gadang. Bangunan yang satu ini memang memiliki nilai sejarah tersendiri.

15. Pantai Uluwatu

Pantai Uluwatu adalah pantai yang sangat cantik di Bali. Air lautnya yang biru dan pemandangannya yang mempesona membuat  pantai ini adalah salah satu destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi. Pantai Uluwatu adalah pantai yang dekat dengan kawasan pura. Para pengunjung bisa sekaligus mengunjungi pura ini. Kawasan ini adalah tempat wisata yang sangat terkenal.

Itulah 15 objek wisata di Indonesia beserta keterangannya. Dengan mengetahui informasi objek wisata di Indonesia beserta keterangannya tentunya membuat kita bangga sebagai warga negara Indonesia. Semua objek wisata ini sangat menarik dan wajib dikunjungi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *