Pantai 3 Warna : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Kabupaten Malang, Jawa Timur sudah tidak diragukan lagi akan banyaknya tempat wisata menarik. Mulai dari wisata budaya, pemandian, wisata kuliner maupun wisata alam. Salah satu wisata alam yang dapat dinikmati adalah pantai. Ada sebuah pantai di Malang selatan yang unik yaitu Pantai 3 warna. Berikut ulasan tentang Pantai 3 Warna

Harga Tiket Masuk Pantai 3 Warna

Pantai 3 warna masuk pada area rehabilitasi dan konservasi Mangrove, Terumbu Karang serta Hutan Lindung Desa Sitiarjo, kabupaten Malang. Oleh sebab itu pengunjung disarankan untuk membooking terlebih dahulu jauh-jauh hari sebelumnya. Hal ini karena pihak pengelola membatasi kuota maksimal pengunjung setiap harinya.

Untuk kenyamanan berwisata, lebih baik pesan dahulu dengan menanyakan kepada pihak pengelola sebelum berangkat. Misalnya apakah pada tanggal yang diinginkan masih ada kuota tersedia. Bila masih tersedia segera lakukan reservasi. Pemesanan weekend usahakan untuk booking 1 bulan sebelumnya. Jika pesan weekdays bisa dilakukan reservasi 1 minggu sebelum tanggal berangkat.

Pengunjung yang masuk pantai tidak boleh lebih dari 100 orang tiap gelombangnya. Kuota maksimal per kelompok adalah 10 orang dan tidak boleh lebih. Seandainya kuota telah penuh, otomatis wisatawan yang lain harus menunggu hingga kelompok yang terlebih dahulu masuk telah kembali. Hal ini dilakukan oleh pihak pengelola demi menjaga kebersihan pantai.

Harga tiket masuk Pantai 3 warna, pengunjung akan dikenakan sekitar Rp 300.000 per kelompok. Jumlah tersebut sudah termasuk Rp 100.000 sewa guide, Rp 150.000 sewa lahan dan tenda, serta Rp 50.000 untuk tiket 10 orang. Harus diingat juga jika pengunjung yang kedapatan membuang sampah sembarangan akan dikenakan denda per item.

Baca Juga :   Pantai Menganti : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Rute Menuju Lokasi Pantai 3 Warna

Pantai 3 warna ini terletak cukup jauh dari pusat kota malang yaitu sekitar 150 km. Lokasi pantai ini berada di Desa Tambak Rejo, wilayah konservasi Sendang biru, Kabupaten Malang Jawa Timur. Rute yang paling sering dipilih wisatawan adalah melalui Pantai Goa Cina.

Dari pusat kota Malang, ambil jalan menuju kearah Gadang, hingga sampai Turen. Sesampainya di Turen terus ikuti jalan sampai di Pantai Sendang Biru. Setelah perjalanan kira-kira selama 2 jam, akan sampai pada persimpangan dua pantai yaitu Goa Cina dan Sendang Biru.

Setelah menemui 2 persimpangan tersebut, pilih jalan kearah Goa Cina lalu lurus ikuti jalan hingga 2 kilometer hingga menemui persimpangan lagi. Ambil arah kiri sampai di Tempat Pelelangan ikan atau TPI. Jika telah sampai tempat tersebut artinya telah memasuki perkampungan warna lalu ambil jalan ke Clungup Mangrove Conservation.

Ketika sudah sampai di area Clungup Mangrove Conservation sudah bisa terlihat pintu masuk kawasan Pantai 3 warna. Dari sini jalan yang akan ditempuh sedikit agak ekstrim. Hal ini dikarenakan akses jalan yang akan dilewati masih berupa tanah liat dan lumayan sempit.

Pengunjung yang menggunakan sepeda motor tetap bisa melewatinya namun sangat disarankan untuk tetap berhati-hati mengingat medan yang agak ekstrim. Lain halnya dengan pengunjung yang menggunakan kendaraan mobil. Mereka harus memarkirkan kendaraannya didepan gang dan masuk dengan jalan kaki sepanjang kurang lebih 1 kilometer.

Objek Wisata Yang Menjadi Daya Tarik Pantai 3 Warna

Pantai 3 Warna yang terletak di Kota Malang selatan ini memiliki daya tarik tersendiri yang membuat banyak diminati para wisatawan. Selain karena terkenal akan kebersihan dan termasuk pantai yang masih “perawan”, pantai ini sangat cocok dijadikan destinasi wisata. Berikut ulasan tentang objek wisata pantai ini:

Baca Juga :   Pantai Asmara : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

1. Snorkeling

Pantai 3 Warna terkenal memiliki panorama bawah laut berupa terumbu karang yang masih alami. Hal ini yang membuat pantai ini merupakan spot favorit untuk snorkeling. Jika kebetulan tidak membawa perlengkapan snorkeling, pengunjung dapat menyewa seharga Rp 15.000 per orang.

Dengan biaya Rp 15.000 pengunjung yang ingin snorkeling bisa mendapat beberapa fasilitas. Diantaranya seperti baju pelampung, kacamata, dan alat bantu pernafasan. Air laut yang jernih memudahkan pengunjung untuk menikmati berbagai aneka biota laut yang masih alami di pantai ini.

2. Menikmati Keindahan Pantai 3 Warna

Pantai 3 Warna terkenal akan kebersihannya karena memang jumlah pengunjung yang dibatasi untuk setiap harinya. Pantai ini memang nyatanya memiliki 3 warna yang berbeda yaitu hijau, biru, dan merah. Hal ini terjadi karena perbedaan kedalaman air laut. Keunikan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Warna merah muncul karena kemampuan cahaya  matahari yang hanya mampu menembus air laut sedalam 20 meter. Warna hijau disebabkan oleh endapan lumpur bercampur plankton dalam jumlah besar. Sedangkan warna biru menunjukkan bila air laut memiliki kedalaman yang cukup dalam.

3. Bermain Pasir Putih

Pantai 3 Warna terkenal memiliki pasir yang putih. Tidak kalah dengan beberapa pantai di Bali dengan Banyuwangi yang terkenal indah. Selain memiliki warna putih, pasir pantai 3 warna ini sangat bersih. Pengunjung dapat bebas duduk di tepi pantai sambil memandangi keindahan lautan. Pengunjung juga dapat bermain pasir sepuasnya di pantai ini.

4. Berenang

Jika tidak ingin snorkeling, pengunjung bisa hanya berenang di sekitar pantai. Warna air yang jernih dan segar tentu membuat betah berlama-lama bermain air. Lebih serunya lagi pengunjung dapat langsung  menyaksikan tiga warna berbeda dari air lautnya. Bahkan hanya dengan mata telanjang, wisatawan dapat melihat perbedaan warnanya dengan jelas.

Baca Juga :   Pantai Ujung Pandaran : Rute Munuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Pantai 3 Warna yang masih asri dengan jumlah pengunjung yang tidak terlalu banyak membuat suasana menjadi tidak ramai dan tenang. Pengunjung dapat lebih nyaman berenang dan bermain air di bibir pantai. Tidak perlu berdesakan dengan banyak orang.

5. Berkemah

Memang pihak pengelola pantai 3 warna tidak memperbolehkan pengunjung berkemah atau camping di sekitar area pantai. Namun pengunjung tidak perlu berkecil hati. Di sekitar area pantai 3 warna ini terdapat beberapa pantai lain yang lokasinya berdekatan. Seperti Pantai Gatra, Clungup, serta Watu Pecah. Lokasi tersebut dapat menjadi alternatif pengunjung berkemah.

Jika memutuskan untuk berkemah, pengunjung tidak perlu bingung mencari peralatan kemah. Pengelola telah menyiapkan sewa perlengkapan dengan tarif Rp 25.000 per malam. Selain itu pengunjung juga dikenakan tambahan tarif untuk sewa lahan sebesar Rp. 25.000.

6. Serunya Berfoto Dengan Ubur-Ubur

Pantai 3 Warna terkenal dengan salah satu satwa laut yang unik. Satwa tersebut adalah ubur-ubur. Hewan ini banyak ditemukan berkeliaran di sekitar pantai ini.

Pengunjung dapat dengan bebas mengabadikan satwa unik ini dengan kamera. Jangan lupa gunakan kamera anti air agar hasil maksimal. Hati-hati juga saat bermain maupun mengambil gambar ubur-ubur karena berbahaya jika sampai tersengat.

7. Trekking

Di awal juga telah dijelaskan tentang biaya sewa seorang guide sebesar Rp 100.000. Jasa Guide inilah  yang akan menuntun pengunjung untuk menjelajahi kawasan Pantai 3 Warna ini. Para Guide tersebut juga dapat menemani perjalanan trekking ke kawasan konservasi hutan Mangroove.

Itulah ulasan tentang Pantai 3 warna mengenai rute menuju lokasi, harga tiket masuk serta objek wisata pantai yang menjadi daya tarik pengunjung. Pantai merupakan salah satu alternatif mengisi liburan untuk melepas pengat rutinitas sehari-hari. Pertimbangkan untuk berwisata ke pantai 3 warna saat berkunjung ke kota Malang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *