Pantai Alam Indah Tegal : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Kalau mendengar kata Tegal kalian pasti ingat di aleg unik masyarakatnya dan wartegnya yang terkenal. Namun tidak hanya itu Kota Tegal memiliki keindahan alam yang cocok untuk dieksplore, yaitu Pantai Alam Indah Tegal. Pantai ini terkenal dengan keunikannya sendiri yang dimiliki. Berikut beberapa ulasannya :

Harga Tiket Masuk Pantai Alam Indah Tegal

Saat berkunjung ke suatu wisata pasti kalian akan mempertimbangkan harga tiket masuknya bukan. Tenang saja, bagi kalian yang ingin menikmati keindahan Pantai Alam Indah Tegal kalian cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000,-/orang dan ditambah dengan harga parkir kendaraan, yaitu Rp. 3.000,- untuk sepeda motor dan Rp. 5.000,- untuk mobil. Cukup terjangkau bukan untuk menikmati keindahan alam yang sangat menawan.

Rute Menuju Lokasi Menuju Pantai Alam Indah Tegal

Pantai Alam Indah Tegal berlokasi di Mintaragen, Tegal Timur, Kota Tegal, Provinsi Jawa Tengah. Untuk mengunjungi wisata ini kalian hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi karena masih minimnya kendaraan umum yang melintas disini.

Jika kalian berada di pusat Kota Tegal kalian cukup menempuh perjalanan selama kurang lebih 15 menit saja. Rute yang dilewati adalah Tol Batang – Pemalang. Kalian cukup menuju ke selatan ke arah Gang Rama, lalu menuju ke jalan raya Pantura dan sampai di jalan Sangir Mintaragen.

Jangan khawatir bagi kalian yang tidak mengetahui daerah Kota Tegal, kalian bisa menggunakan maps, pasti akan mendapatkan rute yang tepat untuk menuju lokasi ini.

Obyek Wisata Di Pantai Alam Indah Tegal

Banyak sekali obyek wisata yang dapat dijumpai di pantai ini. Berbeda dengan pantai yang ada di daerah selatan yang kuat dengan cerita mistisnya yang menarik wisatawan untuk berkunjung lagi dan lagi, namun untuk Pantai Alam Indah Tegal memiliki keindahan alam yang unik yang menarik wisatawan dan membuat wisatawan ingin mengeksplore lebih dalam keindahan pantai ini. Berikut adalah beberapa obyek wisata yang menarik wisatawan :

1. Spot Genic

Umumnya jika pergi ke wisata pantai pasti kita kan disuguhi cerita-cerita berbau mistis. Berbeda dengan pantai pada umumnya, Pantai Alam Indah Tegal ini memang memiliki cerita mistisnya namun, pantai ini terkenal dengan keelokan pantainya.

Keindahan alamnya menjadikan pantai ini menjadi spot foto yang unik dan wajib dikunjungi. Beraneka macam perahu nelayan yang seakan-akan berlalu-lalang menjadikan tempat ini unik untuk dijadikan spot foto dengan background pantai dan juga kapal-kapal yang melintas.

2. Waterboom

Bagi kalian berwisata dengan membawa anak-anak kecil, kalian tidak peru khawatir karena di pantai ini disediakan tempat yang aman untuk anak-anak kecil bermain air, yaitu waterboom. Letak waterboom ini tidak jauh dari bibir pantai.

Waterboom ini memiliki sebutan waterboom poci karena tempat air raksasa setinggi 15 meter ini berbentuk poci. Untuk masuk ke wisata ini kalian cukup membayar sebesar Rp. 8.000,- saja. Cukup murah untuk menikmati sejuknya guyuran air ditengah panasnya pantai.

4. Museum Bahari

Museum Bahari berdiri sejak tahun 2008 dan berisi alat-alat tempur TNI yang sudah tidak digunakaan lagi. Tidak hanya senjata, di museum ini kalian juga akan menemukan kendaraan tempur seperti Tank, meriam darat, pesawat udara dan beberapa perlengkapan seperti jangkar, torpedo, lampu navigasi, dan masih banyak lagi lainnya.

Semua barang yang ada di museum itu memiliki keterangannya masing-masing berupa tahun pembuatannya dan fungsinya. Jadi cukup mengedukasi anak-anak kalian saat berwisata. Tidak banyak itu kalian juga bisa berfoto ria bersama alusista yang ada di museum tersebut.

5. Anjungan Pantai

Saat kalian berkunjung ke Pantai Alam Indah Tegal kalian akan mendapatkan pemandangan yang baru yang wajib untuk dikunjungi yaitu anjungan pantai. Anjungan yang satu ini sangat menjorok agak jauh kedalam di laut lepas.

Saat kalian berada di ujung anjungan ini, kalian akan merasakan sejuknya angina laut yang menghembus sangat kencang. Saat mengunjungi tempat ini, jangan lupa untuk mengabadikan moment-moment kalian di tempat ini dengan latar belakang birunya laut lepas yang sangat mempesona dan menawan.

6. Memancing Di Anjungan

Tidak hanya bisa dijadikan tempat berfoto saja, anjungan yang ada di pantai ini juga bisa dijadikan tempat memancing. Namun jika kalian ingin merasakan memancing di anjungan Pantai Alam Indah Tegal, kalian harus membawa semua peralatannya sendiri, karena pengelolah kawasan wisata pantai belum menyediakan peralatannya. Hasil pancingan kalian, bisa kalian bawa pulang sebagai oleh-oleh atau bisa juga langsung kalian olah dan nikmati di pantai.

7. Berlayar

Jika kalian ingin menikmati sensasi lain saat berwisata ke pantai, kalian bisa mencoba menikmati sensasi berlayar menggunakan kapal-kapal yang disediakan. Kalian cukup membayar sebesar Rp. 300.000,- sampai Rp. 500.000,- untuk 10 orang penumpang dalam satu kali berlayar.

Saat berlayar kalian akan benar-benar membuktikan keindahan disekeliling pantai. Jika kalian ingin berlayar namun kalian hanya datang sendiri tidak bersama rombongan, kalian bisa bergabung dengan rombongan lain supaya biayanya lebih ringan.

8. Bermain Pasir

Bagi kalian yang berwisata mengajak putra-putri kalian. Mungkin bermain pasir bisa menjadi satu permainan yang asyik dilakukan di tepian pantai. Meskipun Pantai Alam Indah Tegal merupakan salah satu pantai berpasir hitam, namun bermain pasir di tepian pantai merupakan hal yang cukup aman dilakukan bersama anak-anak kalian.

Tidak hanya itu, jika kalian ingin bermain air namun kalian tidak bisa berenang kalian bisa menyewa pelampung-pelampung yang disewakan disekitar pantai.

9. Hutan Mangrove

Salah satu yang unik di pantai ini yaitu adanya hutan mangrove atau hutan bakau. Hutan bakau ini menjadi tempat wisata yang disukai wisatawan saat teriknya matahari. Kalian bisa berteduh di hutan mangrove dan menikmati udara yang sejuk dengan banyak oksigen disekitarnya. Tidak hanya sebagai tempat berteduh, kawasan ini juga menjadi tempat favorit untuk berfoto. Keunikan yang wajib dicoba saat berkunjung ke Kota Tegal.

10. Sajian Kuliner

Saat kalian sudah lelah dan mulai lapar, jangan khawatir karena disekitar pantai banyak tempat yang menyajikan kuliner laut yang beraneka ragam dan dijamin rasanya pasti enak dan membuat perut kenyang dan memberikan kenikmatan yang tersendiri. Hasil laut yang dijamin segar karena langsung ditangkap dari laut untuk memenuhi kebutuhan wisatawan sangat memanjakan lidah-lidah kalian pecinta seafood.

11. Menikmati Indahnya Senja

Hal yang utama yang biasa dilakukan wisatawan saat berkunjung ke pantai adalah menunggu senja. Namun tidak semua pantai bisa menawarkan keindahan senjanya. Tapi jangan khawatir karena Pantai Alam Indah Tegal akan memberikan kalian keindahan senja yang menawan yang bisa kalian nikmati dipinggiran pantai atau di anjungan pantai.

Kalian bisa mengabadikan foto-foto berlatar belakang senja yang akan memunculkan siluet-siluet yang menawan hati. Saat senja mulai muncul keindahan yang Tuhan berikan akan memberikan decak kagum kepada kalian yang melihatnya dan membuat kalian merasa bersyukur atas keindahan yang diberikan Tuhan.

Itulah beberapa ulasan mengenai Pantai Alam Indah Tegal. Sangat menggoda untuk dikunjungi bukan. Maka dari itu buktikan sendiri keindahan yang disajikan. Jangan ragu untuk berkunjung kesana, karena keindahannya akan membuat kalian nyaman berada disana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *