Pantai Asmara : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Wisata Pantai Asmara ini letaknya berada di Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah laut Kalimantan Selatan. Sedangkan Pantai Asmara itu sendiri merupakan sebuah wisata yang diambil dari singkatan desa Asam-Asam Muara (Asmara). Salah satu keunggulannya adalah kondisinya yang bersih dengan pasir pantai berwarna putih.

Harga Tiket Masuk Pantai Asmara 

Untuk dapat mengakses ke area pantai ini  hanya dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 per orang dewasa. Dengan harga tiket yang terbilang murah, traveler sudah bisa liburan di pantai ini dan menikmati berbagai fasilitas didalamnya.

Selain itu, traveler dikenakan biaya parkir Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda dua. Salah satu keunggulannya adalah  jarak antara tempat parkir dan tepian pantai tidak jauh, traveler hanya perlu berjalan beberapa meter saja.

Keunggulan dari pantai ini bukan hanya pada keindahan pantainya saja, tetapi juga spot menarik yang ada di pantai ini. Titik spot yang menarik adalah tulisan Pantai Asmara, ayunan yang sangat indah, dan jembatan yang sangat keren untuk spot foto.

Dan fasilitas di pantai ini juga cukup lengkap. Tersedia juga beberapa tempat penginapan perkemahan di sekitar Tanah laut, bagi traveler yang ingin liburan sepuasnya di pantai ini.

Rute Menuju Lokasi Pantai Asmara 

Pantai asmara merupakan wisata pantai yang lokasinya berada dekat  dengan Pantai Joras. Kedua tempat wisata ini, berada di Kecamatan Jorong yang jaraknya kurang lebih sekitar  115 km dari Banjarmasin. Traveler bisa sampai di tempat wisata Pantai ini dan Joras kurang lebih dalam waktu  sekitar 2,5 jam dari Banjarmasin.

Baca Juga :   Pantai Ngudel : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Bagi traveler yang ingin berlibur di pantai ini, traveler bisa sampai disini dengan akses jalan yang tidak begitu sulit. Selain itu, jalanannya sudah beraspal dan sangat mudah ditempuh bersama kendaraan roda dua atau kendaraan roda empat.  Dari banjarmasin, traveler langsung menuju ke Pelai hari dan ke arah Jorong atau Batulicin.

Traveler hanya perlu mengikuti jalan raya besar sampai menuju lorong. Kemudian dilanjutkan sampai traveler  bertemu tulisan Pantai Asmara atau sampai menemukan tulisan Pos  TNI AL Muara Asam-Asam di kanan jalan. Dari titik ini, kurang lebih sekitar 8 km lagi traveler akan menuju ke arah pantai.

Obyek Wisata Pantai Asmara

Selain keindahan pantainya yang menjadi objek wisata pantai ini, ada beberapa yang menjadi obyek wisata lainnya. Berikut adalah beberapa obyek wisata pantai ini, diantaranya :

1. Suasana Pantai

Traveler bisa duduk di pinggir pantai ini sambil menikmati suasana keindahan pantai yang bersih dengan pasir pantai berwarna putih. Disini, traveler bisa melepaskan rasa penat sambil menikmati keindahan pantai dengan suara deburan ombak dan angin yang semilir.

Di sekitar pantai juga terdapat beberapa ayunan yang membuat traveler menikmati suasana pantai ini. Sambil memejamkan mata serta menyalakan musik, mampu membuat traveler merasakan suasana keindahan pantain ini.

2. Bermain Pasir Dan Bermain Air

Selain menikmati suasana keindahan pantai, traveler bisa menikmati liburan disini dengan bermain pasir dan bermain air. Disini, ombaknya terbilang cukup tenang sehingga cukup aman untuk digunakan sebagai spot olahraga air.

Selain itu, bibir pantai ini tidak ada karang yang ditemukan yang dapat menyebabkan kaki cedera.  Disini, traveler bisa melakukan aktivitas menyenangkan dengan bermain pasir bersama dengan teman, keluarga ataupun pasangan.

3. Titik Spot Foto

Di pantai ini terdapat beberapa spot untuk berfoto yang bagus, traveler bisa foto sepuasnya bersama keluarga, teman ataupun pasangan. Di pantai ini, traveler dengan bebas dan lebih leluasa untuk mengekspresikan gaya atau pose pada saat berfoto bersama.

Baca Juga :   Pantai Ngeliyep : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Salah satu titik spot foto yang bagus adalah dermaga mini yang terbuat dari kayu yang tentunya masih baru. Disini, traveler bisa menemukan pemandangan bagus untuk dijadikan titik spot foto bersama keluarga, teman ataupun pasangan.

4. Snorkeling Atau Diving

Pantai ini memiliki air yang jernih. Balutan air laut yang menawan berwarna biru kehijauan menjadi bukti banyaknya terumbu karang yang hidup di bawah laut. Pantai ini kaya akan biota bawah laut hidup termasuk terumbu karangnya.

Sehingga, pantai ini sering kali dijadikan tempat terbaik bagi traveler yang melakukan snorkeling atau diving. Bagi traveler yang ingin melakukan snorkeling atau diving, bisa membawa peralatan sendiri dari rumah.

Dikarenakan pantai ini masih belum tersedia tempat sewa untuk snorkeling atau diving. Hal ini ada kaitannya dengan masih baru dibukanya pantai ini sebagai objek wisata.

5. Wahana Banana Boat

Selain dua aktivitas populer tersebut, traveler juga bisa mencoba wahana banana boat atau permainan karet ban di pantai ini. Karena, semakin hari pantai ini semakin ramai dan fasilitas di pantai ini pun akan terus dilengkapi.

Traveler dapat menyewanya dengan biaya sekitar Rp 20.000 per orang dewasa untuk berputar-putar mengelilingi laut dengan kecepatan cukup kencang. Pantai ini memang bersih dengan pasir putih yang indah. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa pantai ini sering dikunjungi oleh wisatawan.

6. Gembok Cinta

Sesuai dengan nama pantainya Pantai Asmara, pengelola berkreasi dengan menyediakan tempat untuk meletakkan gembok cinta. Konon, gembok cinta ini biasanya menjadi simbol bagi beberapa pasangan yang ingin “menyimpan” rasa sayangnya kepada seseorang atau pasangannya sendiri.

Baca Juga :   Pantai Ngobaran : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Sekilas, gembok cinta ini mirip dengan gembok cinta di Paris atau di Sukabumi untuk ranah lokal. Tempat ini, sangat cocok bagi pasangan yang ingin menyimpan rasa sayangnya pada pasangannya.

7. Sunset

Di pantai ini, traveler bisa melihat keindahan sunset di sore hari. Sunset merupakan fenomena yang sangat dinantikan semua orang ketika mengunjungi pantai. Disini, traveler bisa mengambil foto siluet dengan pemandangan sunset yang indah.

8. Perkemahan Yang Asyik

Sebagai tempat objek wisata yang terbilang baru, fasilitas yang disediakan di pantai ini memang masih tergolong minim. Di tempat ini, tidak ada penginapan ataupun villa yang digunakan untuk wisatawan menginap. Jika, traveler tertarik untuk bermalam di area tepi pantai dapat mendirikan tenda di tepi pantai dengan membawa peralatan berkemah sendiri.

Meskipun tidak adanya tempat untuk menginap, di tempat ini traveler akan diajak lebih dekat dengan alam. Disini dapat menikmati matahari terbenam di sore hari, menikmati pemandangan bintang-bintang.

Selain itu, traveler bisa mengadakan kegiatan api unggun di malam harinya sambil menikmati suasana pantai dengan keluarga ataupun dengan teman-teman. Di pagi harinya, traveler juga bisa menikmati sejuknya udara pagi dan indahnya matahari terbit di tepi pantai.

9. Wisata Kuliner

Meskipun disini belum adanya tempat penginapan atau villa, tetapi disini sudah tersedia warung makan. Warung makan ini adalah warung makan milik masyarakat setempat yang dapat traveler manfaatkan untuk mengisi perut. Traveler bisa membawa bekal makanan sendiri, namun harus tetap menjaga kebersihan di area sekitar pantai.

Itulah beberapa ulasan tentang Pantai Asmara,walaupun tempat wisata ini masih terbilang baru dan fasilitas yang disediakan juga masih tergolong minim. Namun, kedepannya Pemerintah Kalimantan selatan telah berencana menambah fasilitasnya seiring dengan semakin banyaknya wisatawan yang berkunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *