Pantai Baron : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Jalan-jalan ke Yogyakarta tidak lengkap jika  tidak berkunjung ke Pantai Baron. Tidak sedikit pengunjung dari berbagai daerah bahkan dari mancanegara yang datang untuk mengunjungi Pantai Baron. Jika belum pernah berkunjung ke Pantai Baron pasti masih bingung dengan rute untuk sampai ke lokasinya dan juga belum mengetahui harga tiket masuknya.

Untuk itu jika ingin berkunjung ke pantai ini sebaiknya harus mengetahui rute menuju lokasinya dan juga harga tiket masuk ke pantainya. Berikut ada ulasan mengenai rute menuju lokasi dan harga pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Baron

Untuk dapat menikmati keindahan Pantai Baron para wisatawan tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak cukup Rp 10.000,00 per orang. Pembayaran tiket masuk kawasan Pantai Baron yang terletak di gunung kidul ini merupakan biaya retribusi yang terdapat di kawasan pantai. Biaya tersebut akan diberikan kepada pihak pengelola pantai sebagai biaya perawatan tempat wisata.

Dengan membayar tiket tersebut para wisatawan sudah dapat menikmati keindahan pantai ini. Bahkan tidak hanya Pantai Baron saja, melainkan dapat menjelajah ke tiga pantai lainnya yaitu pantai kukup, pantai sundak, dan pantai krakal. Jika para pengunjung datang dengan menggunakan kendaraan pribadi maka dikenakan tarif sekitar Rp 5.000,00 untuk mobil dan Rp 2.000,00 untuk motor.

Rute Menuju Lokasi Pantai Baron

Rute jalan menuju Pantai Baron dapat diakses menggunakan transportasi umum maupun kendaraan pribadi. Menggunakan transportasi umum merupakan pilihan yang tepat karena lebih hemat dan harganya juga lebih terjangkau.

Jika pergi menggunakan transportasi umum bisa naik bis melalui terminal Giwangan lalu ambil jurusan Wonosari. Kalau sudah tiba di Wonosari pindah bis selanjutnya dan ambil jurusan pantai ini. Nah cukup mudah kan rute yang dapat dilalui dengan menggunakan kendaraan umum.

Jika menggunakan kendaraan pribadi dari kota Yogyakarta tinggal menuju arah gunung kidul melalui jalan Wonosari-Yogyakarta. Selanjutnya akan melalui kecamatan patuk dan kecamatan lainnya. Biasanya di sepanjang jalan sudah ada petunjuk arah untuk sampai ke tempat wisata Pantai Baron. Jika masih bingung dengan rute yang dilalui, bisa tanya dengan warga sekitar untuk lebih jelasnya.

Objek Wisata Pantai Baron

Datang berkunjung ke pantai ini tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi objek wisata yang terletak disekitar Pantai Baron. Di pantai ini ada beberapa objek wisata yang saat dikunjungi oleh para wisatawan untuk menambah keseruan saat sedang berlibur.

1. Sungai Bawah Tanah

Menikmati keindahan pantai sekaligus sungai tersembunyi di bawah tanah bisa ditemukan di Pantai Baron. Sungai yang terletak dibawah tanah ini memiliki aliran air yang menyatu dengan air laut.

Walaupun begitu air sungainya tetap memiliki rasa tawar seperti sungai pada umumnya. Selain dapat melihat keunikan sungai bawah tanah yang terletak di sisi barat Pantai Baron, di sungai itu juga bisa berenang.

Konon ada mitos yang mengatakan bahwa jika sepasang kekasih yang mengunjungi area sungai bawah tanah tersebut, maka akan dipersatukan meski dari golongan atau status yang berbeda. Bagaimana tertarik untuk mengunjungi sungai bawah tanah ini?

2. Baron Techno Park

Selain wisata pantai dan sungai, saat berada di Pantai Baron juga bisa menemukan sebuah teknologi canggih pembangkit tenaga listrik dan tenaga alam yang letaknya di tebing barat Pantai Baron. Di baron techno park dapat ditemui berbagai peralatan seperti panel surya dan jam matahari.

Jika ingin mendatangi tempat ini cukup berjalan menuju jalur pertigaan menanjak yang berada di dekat pos retribusi pantai. Kemudian ikuti jalur yang ada disana sampai mencapai tempat lokasi.

3. Mercusuar Tanjung Baron

Letak mercusuar ini adalah di bukit karang sebelah timur Pantai Baron, akan terlihat sebuah menara putih yang tingginya sekitar 40 meter. Mercusuar ini dibangun sejak tahun 2014 yang memiliki fungsi sebagai pemandu kapal yang dioperasikan oleh Dirjen Perhubungan Laut.

Walaupun masih aktif beroperasi dalam dunia pelayaran, mercusuar ini tetap dibuka untuk umum. Jika ingin naik ke atas mercusuar maka harus membayar tiket seharga Rp 5.000,00.

Dalam mercusuar ini ada 9 ruangan yang terhubung dengan tenaga spiral yang cukup curam dan sempit. Kondisi tangga yang cukup licin disarankan untuk melepas alas kaki agar terhindar tidak jatuh tergelincir ke bawah.

Dari atas mercusuar ini juga dapat melihat panorama alam saat matahari terbit di waktu pagi dan tenggelam di waktu sore yang sangat memukau. Dan dapat melihat keindahan alam sekitar dari atas ketinggian menara ini.

4. Puncak Selfie Baron Hill

Bagi para wisatawan yang suka mengabadikan foto, baik foto pemandangan maupun foto selfie, jangan sampai melewatkan puncak baron hill yang satu ini. Puncak baron hill terletak di arah utara dari mercusuar tanjung baron. Di puncak baron ini sudah tersedia beberapa tempat spot foto yang unik dan menarik. Mulai dari papan berbentuk sayap, hati, dan masih banyak bentuk lainnya.

Selain dapat berfoto dengan latar belakang yang indah dan unik, pesona alam Pantai Baron dari ketinggian puncak baron hill pun akan menambah epic hasil foto yang didapatkan. Pemandangan alam yang indah dari atas puncak ini sangat sayang jika tidak diabadikan.

5. Goa Jomblang

Untuk bisa sampai di Goa Jomblang, perjalanan yang ditempuh sekitar satu jam dari Pantai Baron. Para wisatawan yang datang berkunjung ke Goa ini biasanya berburu untuk dapat berfoto saat cahaya masuk ke Goa Jomblang.

Sinar cahaya yang masuk ke dalam Goa akan memantul ke berbagai sudut yang ada di dalam Goa sehingga mampu menghasilkan pemandangan yang eksotis dan unik.

Tapi untuk mendapatkan keindahan di Goa Jomblang, butuh perjuangan untuk melewati jalur yang cukup menantang. Untuk sampai ke bawah Goa, harus ditarik menggunakan tali, tapi tidak perlu khawatir karena semua peralatan yang akan digunakan sudah teruji aman.

Namun jika ingin menikmati pemandangan yang indah ini pengunjung dikenakan biaya sekitar Rp 45.000,- per orang. Letak Goa nya memang cukup terpencil, sehingga agak sulit untuk sampai kesana. Tapi jika tetap ingin mencoba, bisa minta tolong pada warga sekitar untuk mengantarkan ke Goa Jomblang.

6. Kapal Nelayan

Letak kapal nelayan ini sekitar 15 menit dari Pantai Baron, tepatnya di kampung nelayan. Sejak dulu Pantai Baron memang terkenal dengan habitat ikan-ikan predator di permukaan air laut. Saking banyaknya habitat ikan di laut, banyak juga para nelayan yang memiliki kapal-kapal unik untuk mencari ikan di tengah laut.

Kapal para nelayan ini biasanya dijadikan tempat untuk para wisatawan yang ingin mengabadikan foto dengan latar kapal nelayan. Di kampung ini juga bisa memancing ikan, bagi yang hobi memancing. Memancing di atas bukit yang setinggi 20 meter di kampung nelayan.

Itulah rute menuju lokasi dan harga tiket masuk Pantai Baron yang terletak di Yogyakarta. Selain menikmati keindahan pantai dan juga objek wisata pantai terbaik lain yang ada di Pantai Baron, pengunjung juga bisa memancing di sana. Liburan yang sangat sempurna bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *