Pantai Buyutan : Rute Meunuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Pantai Buyutan adalah salah satu pantai di Pacitan yang memiliki keunikan berupa batu-batu karang dengan berbagai ragam bentuk. Batuan karang tersebut ada yang berbentuk mirip perahu, bahkan ada yang berbentuk seperti mahkota dewa.

Salah satu yang menjadi keunikan di Pantai ini adalah adanya batu karang berbentuk mahkota dewa. Menurut dongeng yang beredar dikisahkan bahwa mahkota Dewa Narada terjatuh ke laut ketika sedang terbang di atas pantai, dimana mahkota itu merupakan batu karang besar yang berada tidak jauh dari bibir Pantai.

Harga Tiket Masuk Pantai Buyutan

Meskipun Pantai Buyutan belum sepenuhnya dikelola secara penuh sebagai pantai wisata, namun sejumlah fasilitas yang ada cukup memadai bagi pengunjung.

Disini juga diharuskan membayar tiket masuk untuk ke lokasi Pantai Buyutan. Harga tiket masuk Pantai Buyutan ini sebesar Rp 3.000 untuk orang dewasa, dan Rp 2.000 untuk anak-anak. Untuk harga tiket masuk tersebut agak berbeda apabila datang saat akhir pekan atau hari libur.

Harga tiket masuk ke Pantai Buyutan pada saat hari libur adalah Rp 5.000 untuk dewasa, dan Rp 3.000 bagi anak-anak. Tentunya harga tiket masuk ini masih dibilang lumayan sangat terjangkau mengingat pesona keindahan alam yang disajikan di Pantai Buyutan.

Rute Menuju Lokasi Pantai Buyutan

Lokasi Pantai Buyutan berada di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Pantai ini berada di balik hamparan persawahan yang datar dan begitu luas. Pemandangan alam disini akan lebih terlihat apabila datang ke lokasi saat pagi atau senja hari.

Baca Juga :   Pantai Indrayanti : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Akses jalan menuju ke Pantai Buyutan memang agak sulit, kita harus melewati jalan masuk ke perkampungan dengan jarak sekitar 3 kilometer. Kesulitan akses inilah yang menyebabkan Pantai Buyutan tetap asri dan jauh dari keramaian. Rute atau jalur menuju Pantai Buyutan dapat di tempuh melalui jalan utama Pacitan-Solo. Apabila datang dari arah kota Pacitan, acuannya adalah pertigaan dekat Masjid Besar Punung yang letaknya sehabis SPBU Punung.

Di pertigaan tersebut, lalu belok kiri. Lurus terus hingga tiba di pertigaan yang selanjutnya, silahkan belok kanan. Ikutilah jalan aspal yang menuju ke Goa Gong tersebut. Bila telah melewati kompleks wisata Goa Gong, perhatikan rambu papan petunjuk arah dan berbeloklah ke jalan yang menuju ke Kalak.

Setibanya di perempatan Balai Desa Kalak, ambilah jalur yang kekiri terus hingga melewati Pasar Kalak ada pertigaan lagi, berbeloklah ke kanan, ke jalan yang akan mengarahkan ke Desa Widoro. Lalui jalan ini hingga tiba di pertigaan yang di sebelah kirinya terdapat rambu petunjuk arah menuju Pantai Buyutan. Nah, tidak jauh lagi akan sampai ke lokasi wisata Pantai Buyutan. Namun, medan yang harus dilalui memang agak sulit.

Awalnya berupa jalan aspal yang menurun, kemudian memasuki jalan yang rabat.Lurus terus ikuti jalan tersebut melewati area persawahan, dan akan segera tiba di ‘surga tersembunyi’  yaitu Pantai Buyutan.

Obyek Wisata Di Pantai Buyutan

Selain terkenal dengan panorama alam nya yang sangat mempesona. Pantai buyutan juga memiliki beberapa obyek wisata, yang patut dikunjungi juga. Beberapa wisata ini terletak tidak jauh dari lokasi pantai. Berikut ini adalah objek wisata tersebut:

1. Batu Karang Mahkota Dewa Narada

Di sebelah barat terdapat batu karang besar yang menyerupai mahkota. Keberadaan batu karang besar berbentuk seperti mahkota inilah yang memunculkan mitos di kalangan penduduk setempat.

Baca Juga :   Pantai Ngudel : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Sering diceritakan bahwa batu karang tersebut konon adalah mahkota Dewa Narada yang terjatuh dan terbang hingga ke kawasan yang sekarang bernama Pantai Buyutan.Adanya batu karang besar yang berupa mahkota tidak lepas dari cerita rakyat.

Menurut  sebuah dongeng yang beredar, dikisahkan bahwa mahkota Dewa Narada terjatuh ke laut ketika sedang terbang di atas Pantai. Dimana mahkota itu adalah batu karang besar yang berada tidak jauh dari bibir Pantai. Batu karang mahkota Dewa Narada ini juga dapat dijadikan sebagai spot foto yang sangat bagus.

2. Perbukitan Karang

Perbukitan karang di Pantai Buyutan ini merupakan tempat favorit bagi pengunjung yang akan berkemah, melihat sunset hingga hanya mendengarkan nyanyian ombak. Para pengunjung yang berkemah dapat memilih area dengan sabana yang cukup luas.

Dari sinilah adalah tempat terbaik untuk memandang keindahan pantai dari ketinggian. Terletak di kawasan tebing sebelah timur sebelum jalan turun. Ujung tebing dengan pemandangan terbuka ke arah pantai dapat dicapai dengan berjalan kaki sejenak.

Kemudian lokasi di sekitaran ini tidak terjal. Pengunjung dapat menikmati dengan menyalakan api unggun dan ditemani nyanyian berkemah beserta alunan ombak yang akan membuat liburan makin berasa.

3. Habitat Monyet

Selain dapat menikmati nuansa alam bahari yang asri, pengunjung disini juga dapat berjumpa dengan penghuni asli perbukitan di Pantai Buyutan ini sebagai bukti bahwa wilayah ini masih alami dan terjaga habitatnya.

Keberadaan  kawanan para monyet juga perlu diwaspadai oleh para pengunjung. Tebing yang berada di belakang kawasan Pantai Buyutan merupakan habitat yang dihuni kawanan para monyet.

Sebenarnya keberadaan monyet ini tidak terlalu mengganggu, dan pada dasarnya mereka takut dengan keberadaan manusia. Akan tetapi ada baiknya pengunjung juga lebih berhati-hati dalam menjaga barang bawaannya, karena terkadang monyet-monyet ini mengira ada makanan di dalamnya

Baca Juga :   Pantai Indah Kapuk : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

4. Kebun Kedelai Instagramable

Sebelum sampai Pantai Buyutan, akan melewati perkebunan kedelai. Mereka yang baru pertama kali melewatinya kemungkinan besar akan terpukau dengan keindahan panorama kebun kedelai, berpadu dengan birunya laut di ujung selatan.

Kebun kedelai ini sangat luas dengan warna hijau bercampur kuning. Keindahan di tempat ini membuat area perkebunan ini cocok untuk latar berfoto. Pengunjung bisa berfoto sebelum sampai di pantai atau sebelum pulang.

Perkebunan kedelai ini biasanya terlihat sedang bagus-bagusnya, sekitar Bulan April hingga Mei karena curah hujan sudah mulai berkurang. Ketika puncak musim hujan, maka kebun kedelai berubah menjadi areal persawahan bagi para petani setempat.

5. Spot Renang, Diving Dan Surfing

Garis pantai pasir putih yang memanjang berpadu dengan warna biru air laut dan angkasa, serta perbukitan hijau terlihat begitu indah. Ombak Pantai yang cukup besar dan biru laut juga sangat cocok digunakan untuk berenang, maupun diving hingga surfing.

Namun, dengan menggunakan peralatan sendiri jika ingin diving atau surving disini. Karena belum tersedia tempat penyewaan.Karakter ombak di Pacitan terbilang besar namun tidak berbahaya, dimana ombak bersifat tidak menyeret dan akan pecah sebelum akan sampai di bibir Pantai.

Hal ini yang juga menjadikan pantai ini sebagai tempat yang asik untuk bermain air ataupun  bisa berenang di pinggiran pantai. Waktu yang terbaik untuk mengunjungi Pantai Buyutan  adalah pagi hari yang cerah sekitar pukul 07.00 WIB – 09.00 WIB. Sebab pada rentang waktu itu, cuaca belum begitu panas sehingga sangat nyaman untuk bermain di pantai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *