Pantai Carocok : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Zaman modern ini masyarakat banyak yang memburu sunset dengan mengunjungi berbagai tempat. Sejatinya di Sumatera Barat ada satu objek wisata sebagai destinasi wisata air dan tempat menikmati sunset yang indah. Objek wisata itu adalah Pantai Carocok yang terletak di sebelah barat kota Painan, Kabupaten Pesisir Selatan.

Pantai Carocok memiliki keindahan pasir putih dan keindahan bawah lautnya. Untuk itu kegiatan snorkeling menjadi primadona untuk menyaksikan beragam jenis ikan, bahkan pantai ini menjadi tempat terbaik snorkeling terbaik di Provinsi Sumatera Barat. Bahkan tatkala menjelang sore, air di pantai menjadi sangat jernih dan tenang dengan kelengkapan pantulan warna orange dari matahari tenggelam.

Rute Menuju Lokasi Pantai Carocok

Pengunjung tidak perlu ragu untuk berkunjung ke Pantai Carocok karena tempatnya mudah dituju. Terlebih lagi diakses dari kota Padang, jaraknya dari pusat kota Padang sekitar 77 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 2 sampai 3 jam perjalanan berkendara.

Pengunjung yang menggunakan transportasi umum, dapat menaiki angkutan kota jurusan Teluk Bayur dan turun di samping Gaung. Setelah itu melanjutkan perjalanan menggunakan bus umum jurusan Padang-Painan. Namun bus umum biasanya hanya sampai di terminal Sago.

Pengunjung harus menaiki angkutan umum lagi menuju ke Painan sekitar 15 menit dari terminal Sago. Kemudian turun di Simpang Carocok, dari sini lokasi Pantai Carocok tidak terlalu jauh, hanya menggunakan ojek selama beberapa menit untuk sampai ke lokasi Pantai Carocok.

Sementara pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi, rute dapat ditempuh dari pusat Kota Padang melalui daerah Seberang Padang hingga ke Simpang Gaung. Kemudian melintasi Jalan Raya Padang-Painan hingga ke kota Painan sekitar 77 km.

Baca Juga :   Pantai Laguna : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Di jalan Raya Padang-Painan ada papan petunjuk yang mengarahkan pengunjung ke lokasi Pantai Carocok. Dari gerbang tersebut terlihat portal masuk wisata Pantai Carocok Painan, untuk itu pengunjung hanya belok kanan dan mengikuti jalan sampai di lokasi pantai.

Tiket Masuk Pantai Carocok

Pengunjung wajib berbahagia karena tiket masuk Pantai Carocok hanya Rp. 6000 per orang. Harga yang sangat murah dan pengunjung bebas mengajak sanak saudara untuk menikmati keindahan Pantai Carocok bersama. Terlebih lagi fasilitasnya juga beragam dan memadai, lengkap dengan kuliner khas Painan seperti pepes ikan marang, gulai ikan marang dan makanan lainnya sesuai selera.

Pengunjung yang baru datang dapat beristirahat di Gazebo atau pendopo yang disediakan. Tersedia juga Mushola dan toilet serta lahan parkir yang luas. Bahkan di sekitar kawasan pantai, berjajar toko-toko yang menjual beragam souvenir khas Pantai Carocok dan warung-warung penjual makanan dan minuman. Untuk itu pengunjung dapat membeli souvenir untuk kenang-kenangan dan oleh-oleh keluarga di rumah.

Objek Wisata Pantai Carocok

Tidak ada salahnya mengajak kerabat beserta anak-anak mereka berkunjung ke Pantai Carocok. Hal itu akan membuat wisata ke Pantai Carocok lebih berkesan karena dapat berbagi cerita dan menambah kehangatan mengenali wisata Pantai Carocok tatkala berkumpul di rumah. Pengunjung juga dapat menikmati semua fasilitas yang dipaparkan dibawah ini, antara lain:

1. Permainan Air

Mengingat Pantai Carocok adalah destinasi permainan air terbaik di Sumatera Barat maka pengunjung pasti menjadikan permainan air sebagai kegiatan pertama. Pengunjung dapat mencoba beragam permainan air mulai dari Banana Boat, Donat Boat, Flying Boat, Jetski dan Flying Fox untuk menguji adrenalin.

Permainan air ini cocok dicoba untuk para orang tua sampai pasangan agar menjadi kenangan indah. Terlebih lagi bagi pasangan muda yang belum mempunyai anak, permainan ini membuat cinta keduanya semakin besar dan saling melindungi.

Baca Juga :   Pantai Yang Ada Di Malang : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

2. Snorkeling

Pecinta snorkeling wajib mencoba snorkeling di Pantai Carocok agar puas menikmati keindahan bawah lautnya. Bahkan kegiatan snorkeling membuat pengunjung melihat dengan mata telanjang berbagai macam keanekaragaman terumbu karang dan ikan hias yang eksotik. Maka diwajibkan membawa kamera agar dapat berfoto dibawah air, tentunya memberikan pengalaman dan kesan tak terlupakan.

Pengunjung juga tidak perlu membawa perlengkapan snorkeling karena ada tempat penyewaan. Pengelola Pantai Carocok memang menghadirkan beragam kemudahan bagi pengunjung, hal itu karena kepuasan pengunjung adalah target utama wisata Pantai Carocok.

3. Berenang

Berenang memang menjadi objek wisata untuk wisata pantai. Pengunjung dapat berenang di bibir pantai karena ombaknya bersahabat dan air lautnya yang jernih. Sementara pengunjung yang membawa anak-anak dapat membawa perlengkapan renang anak seperti ban balon yang bisa dipompa dan kempeskan, atau pengunjung dapat menyewa ban yang disediakan disekitar kawasan pantai.

Berenang memang aktivitas menyehatkan, apalagi masyarakat Indonesia lebih banyak yang pandai berenang karena memiliki beragam kesehatan dan manfaat penyembuhan penyakit ringan. Terlebih lagi saat ini dari sekolah dasar sudah menerapkan jadwal renang untuk siswanya, hal itu bermanfaat membantu anak-anak belajar renang tanpa ada paksaan.

4. Bekemah

Pengunjung yang hobi berkemah, dapat membawa perlengkapan tenda. Ditemani keindahan laut bersama keluarga, berkemah akan menjadi pengalaman indah yang tak terlupakan. Terlebih lagi jika kegiatan berkemah disisipi kegiatan seru yang dibuat sendiri seperti permainan tebak lagu dan yang kalah wajib menyanyikannya, dan kegiatan seru lainnya.

Selain itu pengunjung dapat berinteraksi dengan pegunungan lain yang sama-sama berkemah. Dengan begitu kegiatan berkemah semakin seru dan akrab antar pengunjung, terlebih lagi diselingi acara makan-makan mulai dari jajanan yang dibawa dari rumah sampai makanan yang dibeli di warung. Yang terpenting adalah menjaga kebersihan pantai dan membuang sampah pada tempatnya.

5. Naik Perahu Boat

kegiatan naik perahu boat dapat dilakukan untuk berkeliling melihat pulau-pulau kecil di kawasan wisata. Bagi pengunjung yang tidak dapat mengendarai perahu boat dapat dipandu oleh tim perahu boat lengkap dengan perahu boatnya. Walaupun pengunjung wajib membayar harga doubel namun kesempatan itu menjadi hal yang tak terlupakan.

Baca Juga :   Pantai Ngrenehan: Harga Tiket Masuk Dan Rute Menuju Lokasi

Menaiki perahu boat juga memberi kesan tersendiri. Terlebih lagi jika menaiki perahu boat sambil mengabadikan lewat video, tentunya menjadi kenang-kenangan terindah. Namun wajib menjaga diri agar tetap seimbang di perahu boat, jangan sampai akibat keasyikan memvideo, terjadi bahaya dan jatuh ke laut.

6. Memancing

Pengunjung yang hobi memancing dapat membawa peralatan memancing. Pengunjung dapat menyewa perahu untuk aktivitas memancing, bahkan tatkala mendapat ikan pengunjung dapat memasak atau membakar ikan bersama keluarga. Namun memancing di laut lepas memang gampang-gampang susah, maka diperlukan kesabaran dalam memancing agar mendapat ikan.

7. Menikmati Sunset

Setelah lelah menikmati beragam aktivitas di Pantai Carocok, kini pengunjung dapat menikmati sunset yang indah. Hal itu karena Pantai Carocok memiliki warna cahaya matahari yang indah ketika mulai tenggelam dan membuat mata terpesona ditemani semilir angin laut.

Untuk mengabadikan sunset, pengunjung dapat membawa kamera jenis profesional agar hasil jepretan sunset sangat nyata dan tampak menawan. Namun bagi yang tidak memiliki kamera profesional dapat menggunakan kamera yang dimiliki, atau smartphone yang dimiliki.

Sejatinya terbentuknya Pantai Carocok karena adanya sejarah didalamnya. Pantai Carocok juga disebut Kandang Jawi atau kandang sapi karena dahulu masyarakat sekitar terdapat pemukiman penduduk yang menggembala sapi. Masyarakat juga mengikatkan sapi-sapinya tidak jauh dari tepi pantai hingga Pantai Carocok mulai dikenal luas kisaran tahun 80 an. Untuk itu Pengunjung wajib mencari jadwal liburan tepat bagi keluarga, tentunya dengan perlengkapan dan pesangon yang memadai agar dapat membeli apa yang ditawarkan Pantai Carocok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *