Pantai Cilacap: Rute Ke Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

pantai cilacap

Cilacap adalah sebuah kota di Jawa Tengah yang tepatnya berada di karesidenan Banyumas termasuk di dalamnya pulau Nusa Kambangan. Kota ini memiliki obyek wisata pantai Cilacap yang indah, karena lokasi daerahnya berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Inilah keuntungan Cilacap yang merupakan daerah terluas di Jawa Tengah yang membuat daerahnya memiliki banyak obyek wisata pantai.

Pantai Cilacap terletak di bagian selatan daerahnya, banyak sekali jumlahnya dan memiliki keindahan dan keunikan masing-masing. Di sepanjang garis pantai bagian selatan Cilacap terdapat banyak sekali obyek wisata terutama pantai. Cilacap merupakan surga bagi wisatawan pecinta pantai, karena berbagai pesona pantai terdapat di kota ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Cilacap

Cilacap memiliki sejarah panjang dalam perjuangan bangsa Indonesia, daerah ini menjadi benteng yang melindungi Indonesia dari bajak laut. Banyak sekali obyek wisata yang ada di Cilacap dengan keindahan yang tiada duanya, tidak akan ditemukan di daerah lain. Menawarkan keindahan tidak terkira namun harga tiketnya tetap terjangkau bagi semua kalangan, kisaran harga tiket pantai Cilacap adalah Rp. 5.000-100.000 per orang.

Sungguh harga yang sangat murah jika dibandingkan dengan pesona yang ditawarkan kepada wisatawan yang berkunjung. Tidak akan terasa rugi membayar semahal apa pun asalkan obyek wisata memberikan keindahan dan kenyamanan yang sempurna seperti pantai Cilacap. Siapkan fisik dan kendaraan jika ingin berpetualang di pantai Cilacap.

Rute Menuju Lokasi Pantai Cilacap

Pantai Cilacap adalah obyek wisata di bagian selatan Cilacap tepatnya kecamatan Cilacap Selatan, kabupaten Cilacap propinsi Jawa Tengah. Paling banyak pantainya terletak di pulau Nusa Kambangan yang eksotis meski pun memiliki kesan menyeramkan. Banyak akses menuju lokasi pantai Cilacap ini melalui jalur darat menggunakan mobil pribadi atau kendaraan umum.

Baca Juga :   Pantai Gesing: Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Pertama wisatawan harus menuju terminal Cilacap untuk kemudian menaiki angkutan umum menggunakan bus yang melewati lokasi pantai Cilacap. Dari pusat kota Cilacap jarak tempuhnya hanya 2 kilometer saja, hanya sekitar 5-10 menit waktu tempuhnya. Untuk menuju pulau Nusa Kambangan harus dilanjutkan dengan jalur laut menggunakan kapal untuk menyeberang.

Obyek Wisata Pantai Cilacap

Banyak sekali obyek wisata pantai Cilacap yang bisa dijadikan destinasi wisata saat liburan tiba. Setiap pantai di Cilacap memiliki daya tarik, pesona dan keunikan masing-masing yang tidak akan ditemukan pada obyek wisata pantai lainnya. Berikut ini beberapa pantai di Cilacap yang wajib dikunjungi saat berada di Jawa Tengah khususnya Cilacap Selatan:

1. Pantai Teluk Penyu

Pantai Teluk Penyu adalah pantai di Cilacap yang paling terkenal, karena menawarkan aktivitas olah raga air yang menantang. Olah raga air seperti banana boat, menyelam, berenang dan berselancar, sehingga banyak wisatawan yang berkunjung ke sini. Banyak juga restoran untuk berwisata kuliner seafood bagi yang hobi makan dan wisata kuliner.

2. Pantai Karang Pandan

Pantai Karang Pandan memiliki ombak yang sangat besar, sering digunakan untuk sedekah arung sesaji. Keadaan pantai sangat ramai pada hari kamis wage atau sehari menjelang upacara sedekah laut. Mengunjungi panti ini bisa sekaligus berziarah, karena tempat ini juga terdapat beberapa tempat keramat.

3. Pantai Jetis

Wisata pantai Jetis memiliki pemandangan gunung kapur pada wilayah kota Kebumen, terletak di wilayah timur Cilacap. Pantai ini belum banyak dijamah oleh wisatawan, sehingga masih bersih dan tenang. Ombak di pantai ini sangat besar khas pantai selatan Indonesia, di pantai ini juga terdapat tempat pelelangan ikan pantai Jetis.

Baca Juga :   Pantai Prigi: Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Bagi yang belum pernah mengunjungi pantai ini, pasti dibuat takjub saat tiba di pantai ini. Memandangi pantainya yang sangat panjang mencapai 3 kilometer dengan pintu timur langsung pegunungan kapur. Panorama Kali Bodo, juga bisa dinikmati dari pantai di Cilacap yang satu ini.

4. Pantai Permisan

Pantai Permisan adalah pantai yang cocok untuk berjemur, karena memiliki hembusan angina yang semilir dan menyejukkan. Dengan pasir putihnya yang indah dan deburan ombak yang besar pasti sangat menyenangkan berjemur sambil tiduran di sana. Di pantai Permisan terdapat jajaran pulau kecil-kecil yang sungguh menakjubkan, Sempatkan waktu untuk mengagumi keindahan pulau-pulau tersebut.

5. Pantai Kalipat

Dari dermaga pantai Kalipat juga berlokasi di pulau Nusa Kambangan, memiliki pesona yang tidak kalah dari pantai yang telah populer. Airnya yang biru memantulkan warna langit yang cerah, dengan pasir halusnya yang berwarna putih membentuk keindahan yang sempurna.

Keadaan di pantai ini sangat tenang, sehingga sangat cocok bagi yang berlibur guna mencari ketenangan. Dari dermaga dibutuhkan waktu sekitar satu jam menuju lokasi pantai yang elok ini.

6. Pantai Kali Kencana

Pantai di Cilacap yang satu ini cukup sulit untuk ditempuh, karena harus menyusuri hutan supaya bisa sampai ke lokasi. Jauhnya perjalanan menuju lokasi akan terbayarkan dengan pemandangan pantai yang menakjubkan.

Pantai yang terhampar berair biru dan pasirnya bersih, serta batu karang yang unik ada di pantai ini. Pantai Kali Kencana ini adalah salah satu obyek wisata pantai yang sedang hits di Cilacap. Tidak mengherankan jika keberadaannya selalu dicari oleh wisatawan yang gemar berjalan-jalan mencari obyek wisata baru.

7. Pantai Kemiren

Pantai Kemiren menawarkan hal lain dari sekedar obyek wisata pantai, tidak hanya terlihat dari keindahan pemandangan pantainya saja. Kecantikan pantai Kemiren juga terlihat dari area di sekitar pantainya, berupa pepohonan rimbun yang sangat elok di pandang mata dan diabadikan dengan kamera.

Baca Juga :   Pantai Ngalur : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Jika biasanya di tepi pantai terdapat pohon nyiur yang melambai, berbeda dengan pantai Kemiren ini. Pepohonan kayu jati tampak meranggas di kala musim kemarau, berjajar rapi di sepanjang jalan di area pantai ini.

8. Pantai Sodong

Pantai ini sungguh unik dengan pemandangan perbukitan Gunung Selok yang megah menjadi latar belakangnya. Deretan pohon cemara menjadi spot foto favorit yang tidak boleh dilewatkan. Pantai Sodong adalah salah satu Pantai di Cilacap yang terbaik, menawarkan pesona sunset di kala senja.

Sangat romantis menghabiskan waktu sore berdua dengan pasangan di pantai ini.  Semburat warna merah senja yang terpadu dengan awan dan langit menjadi pemandangan sunset yang sempurna.

9. Pantai Ranca Babakan

Pantai yang satu ini memang cukup jauh jika diukur dari pusat kota, karena masih harus menyeberangi laut mencapai pulau Nusa Kambangan. Keindahan pantai Ranca Babakan terletak pada keunikannya yaitu letaknya menjorok ke dalam pulau sehingga tidak ada ombak besar di sana.

Airnya jernih dengan pasir putih menjadi daya tarik utamanya, sehingga sayang jika dilewatkan. Pantai ini sangat aman untuk berenang mengingat ombaknya yang tenang karena lokasinya yang menjorok ke dalam pulau.

Itulah obyek pantai Cilacap yang berada di propinsi Jawa Tengah, benar-benar surganya bagi pecinta pantai. Ada banyak sekali pilihan obyek wisata pantai di Cilacap ini, termasuk di wilayah pulau Nusa Kambangan. Semua pantai di sana memiliki keunikan masing-masing yang sayang jika dilewatkan, bagi wisatawan pecinta pantai sempatkan mengunjungi kota ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *