Pantai Drini : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Banyak cara menikmati liburan di kota istimewa Yogyakarta. Dengan beragam kegiatan yang dapat dilakukan disana, dan pilihan objek wisata tak sedikit. Pantai menjadi tempat favorit yang harus dikunjungi. Ada banyak sekali pilihan pantai khususnya di Kabupaten Gunung Kidul dengan pemandangan indah menawan. Salah satunya adalah pantai Drini surga bagi pencari kedamaian.

Menjadi bagian dari deretan pantai mempesona Gunung Kidul, Drini kini mulai dikenal luas oleh wisatawan. Objek wisata ini menarik banyak pengunjung karena kebersihan pantai dan keunikan yang ada didalamnya. Berikut penjelasan lengkap mengenai pantai Drini Yogyakarta:

Harga Tiket Masuk Pantai Drini

Pantai Drini mempunyai sejarah yang panjang sampai dengan dikenal oleh masyarakat luas seperti sekarang. Berdasarkan pemaparan masyarakat sekitar, terdapat cerita mengenai asal usul penamaan pantai. Pada awal diketemukannya, di pantai Drini terdapat sebuah pulau karang dengan banyak tanaman Santiggi atau dalam bahasa latinnya adalah Pemphis Acidula atau disebut Drini Oleh masyarakat sekitar.

Julukan Terkenal sejak awal dibukanya wisata pantai yang sekarang banyak ditumbuhi tumbuh pandan laut, Pandanus Tectorius dikenal sebagai Pantai Perawan. Pengambilan nama ini dikarenakan memang pantai yang belum terjamah oleh wisatawan dan dalam keadaan yang benar-benar asri.

Berwisata ke pantai Jogja tidak harus membutuhkan pendanaan yang besar. Harga tiket masuk untuk menikmati indah pantai pasir putih dengan tebing yang eksotis ini sangatlah terjangkau. Berikut biaya yang harus dikeluarkan saat mengunjungi Pantai Drini:

  • Harga tiket : harga tiket masuk yang harus dibayarkan setiap orang hanya Rp. 10.000. Nominal ini tentu sangat murah dibandingkan dengan keindahan pantai yang ditawarkan. Harga tiket masuk ini belum termasuk dengan biaya parkir untuk kendaraan yang dibawa oleh wisatawan. Dan Harga sewaktu-waktu dapat berubah.
  • Parkir : biaya parkir untuk roda dua hanya Rp. 2.000, mobil Rp. 5.000 sedangkan untuk bus dengan biaya Rp. 20.000. Dengan lahan parkir yang luas dan nyaman, membuat kendaraan aman terparkir untuk ditinggal mengelilingi pantai.
Baca Juga :   Pantai 3 Warna : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Rute Menuju Lokasi Pantai Drini

Sebuah pantai yang masih sangat asri ini berlokasi di desa Banjarjero, Kecamatan Tanusari yang bertepatan di Kabupaten Gunung Kidul. Untuk menempuh lokasi ini dibutuhkan waktu 2-3 jam dari pusat kota Jogja.

Meskipun jalan yang dilalui berkelok-kelok, namun jalan dalam keadaan halus dan bagus. Dalam menempuh perjalanan menuju Pantai Drini, dapat ditempuh dengan melalui rute dari pusat kota menuju daerah Wonosari. Setelah sampai di Wonosari, mengambil ke jalan ke Mulo dan dilanjutkan ke arah pantai Baron Gunung Kidul.

Kemudian setelah melewati sebuah pertigaan sebelum pantai Baron, mengambil arah ke kiri. Drini terletak tidak jauh setelah melewati pertigaan. Banyak penunjuk jalan yang memudahkan dalam menuju ke lokasi pantai.

Objek Wisata Pantai Drini

Membicarakan hal-hal yang dapat dijelajahi di Pantai Perawan terdapat banyak hal menakjubkan. Beberapa objek menarik disana tidak boleh untuk dilewatkan. Keindahannya bagaikan sihir yang mampu menghipnotis wisatawan yang datang untuk berkunjung. Berikut ini adalah keunikan dari Pantai Drini yang tidak akan ada ditempat manapun;

1. Pulau Karang

Ditengah air laut yang biru, sebuah pantai karang berdiri kokoh dan memisahkan pantai menjadi dua bagian. Pulau indah ini dapat dikunjungi setiap wisatawan yang ingin merasakan sensasi berada di sebuah pulau tengah laut.

Pada saat air laut sedang tidak tinggi, untuk menaiki pulau ini sudah disediakan sebuah tangga yang terbuat dari beton yang kuat. Hal ini membuat wisatawan akan semakin dipermudah untuk menikmati pulau di tengah genangan laut.

Baca Juga :   Pantai Baron : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Namun pada saat ombak pasangpun pengunjung masih dapat niik ke atas pulau. Untuk menaikinya telah disediakan climber yang dapat dijadikan titian rute oleh setiap pengunjung yang ingin naik ke atas pulau.

2. Dua Sisi Pantai Berbeda

Pulau karang yang berdiri kokoh menjadi pagar pembatas yang memisahkan pantai menjadi dua bagian dengan karakter yang berlawanan. Sisi barat dan timur Drini, memiliki sifat yang berkebalikan. Keistimewaan dari kedua sisi pantai ini adalah:

Pantai Drini Barat

Pantai di sebelah barat pulau karang, dengan dalamnya laut dan deburan ombak yang cukup ganas. Bagian pantai ini menjadi area bagi para nelayan untuk mengais rejeki. Pelabuhan yang dibangun memudahkan kapal nelayan untuk bertambat.

Banyak warna-warni kapal-kalap nelayan berada di sisi pantai Drini sebelah Barat ini. derasnya ombak membuat aktivitas wisatawan tidak dapat dilakukan. Serta kedalaman laut yang cukup lumayan sangat cocok untuk para nelayan dapat menambatkan perahu mereka.

Pantai Drini Timur

Dibagian inilah kegiatan wisatawan berpusat, dengan ketenangan dan kelembutan ombak yang ramah menyapa wisatawan yang datang berkunjung. Air yang jernih dan laut yang dangkal menjadikan segala kegiatan para pengunjung aman untuk dilakukan.

Laut dapat terlihat dengan jelas di sisi ini, terumbu karang dan ikan-ikan cantik seakan memberi ucapan selamat datang. Banyak varian dari terumbu karang dan macam jenis ikan yang unik dan khas.

3. Gazebo

Di pinggir-pinggir pantai disediakan bangunan gazebo yang sangat terkesan menyatu dengan alam. Bangunan yang dibuat dengan bahan-bahan dari atap daun dan tiang bambu. Dari adalah tempat terbaik untuk melihat matahari terbenam diiringi dengan lagu dari ombak laut.

Baca Juga :   Pantai Menganti : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Tidak hanya berjumlah satu atau dua, banyak gazebo disediakan untuk memanjakan para wisatawan Drini. Tempat ini juga cocok untuk bersantai setelah lelah bermain-main di pantai.

4. Gardu Pandang

Pantai Drini dapat dinikmati dari ketinggian melalui gardu pandang. Setelah menaiki anak tangga yang berjumlah lumayan banyak, angin segar dapat dirasakan langsung dari atas gardu. Seluruh pemandangan pantai terlihat jelas dari tempat ini.

Rasa lelah langsung terobati ketika melihat luar biasanya pemandangan yang dipamerkan. Hal ini tentu membuat gardu pandang menjadi tempat paling sempurna untuk mengabadikan momen di Drini. Menikmati matahari terbit pun menjadi hal yang tak kalah menarik untuk dicoba setiap wisatawan.

5. Tebing Curam

Tidak hanya cukup dengan pasir putih dan pantai yang masih sangat bersih tanpa tercemar sampah. Pantai Drini dikelilingi oleh tebing-tebing curam seakan menjadi pelindung keindahan pantai yang tersembunyi.

Kemiringan yang mencapai 10% membuat tebing yang mengelilingi pantai terlihat sangat gagah. Banyak keistimewaan di pantai Drini yang memang hanya ada di Gunung Kidul, Yogyakarta.

6. Wisata Kuliner

Lelah berkeliling memanjakan diri pantai dan berkeliling spot ikon Drini kini saatnya untuk memanjakan perut. Selain menyediakan makanan cepat saji, banyak pula menu makanan laut yang lezat dan segar.

Pembeli langsung dapat memilih ikan-ikan favorit mereka di pedagang sekitar pantai. Kemudian dapat dimasak sesuai keinginan dengan banyak pilihan menu menarik. Menutup jalan-jalan dengan makan makanan enak dan sehat ditemani dengan pemandangan yang elok.

Warung-warung makan banyak berjejer yang siap melayani selera kuliner pengunjung. Tentu dengan harga yang murah meriah.

Menjelajah Yogyakarta dengan mengunjungi pantai Drini akan memberikan pemandangan yang tidak pernah ditemui sebelumnya. Pantai Drini menjadi tempat wisata yang indah dan cocok untuk menghabiskan waktu selama liburan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *