Pantai Empu Rancak : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Pantai Empu Rancak merupakan salah satu destinasi pilihan wisata pantai di Jepara selain pulau Karimunjawa. Tempat ini berada di pesisir utara pulau Jawa yang berada di Kabupaten Jepara. Suasana pantai serta ombak yang tenang  dan jernihnya air laut menjadikan pantai ini seperti surga tersembunyi, sebab sampai saat ini jumlah pengunjung terhitung belum sebanyak pantai-pantai lainnya di Jepara.

Harga Tiket Masuk Pantai Empu Rancak

Sampai Saat ini belum ada tarif resmi yang ditujukan secara perorangan bagi pengunjung yang berwisata ke pantai Empu Rancak. Pengelola hanya mengenakan biaya tiket masuk yang dihitung per kendaraan beserta biaya parkir dari kendaraan tersebut. Belum ada informasi yang menyampaikan tentang kenaikan harga tiket masuk karena jumlah pengunjung yang belum begitu banyak.

Pengelola pantai Empu Rancak menggratiskan biaya masuk saat hari senin sampai kamis dan hanya mengenakan biaya parkir. Tarif parkir untuk motor adalah gratis, Mobil Rp. 5000, dan bus Rp. 10.000. Biaya untuk tiket masuk per kendaraan adalah Rp. 3000/motor, Rp. 5000/mobil, dan Rp. 10.000/bus. Sedangkan tiket masuk saat libur nasional adalah Rp. 5000/motor, Rp. 10.000/mobil, dan Rp. 40.000/bus.

Rute Menuju Lokasi Pantai Empu Rancak

Dari alun-alun kota Jepara pantai ini berjarak sekitar 15 km. Rute yang dilalui dari alun-alun Jepara adalah ke arah timur JL. Raden Ajeng Kartini kemudian diteruskan ke JL. Ahmad Yani lalu ke arah utara menuju jalan Jepara-Bangsri hingga ke jalan Mlonggo-Bondo. Sesampainya di Mlonggo, tinggal 2 km ke arah utara dan akan tiba di pantai Empu Rancak.

Lokasi pantai Empu Rancak terletak di Desa Karang Gondong, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara. Apabila dari jalur Pantura, pengunjung saat melewati daerah Kudus dapat langsung menuju ke Utara dari menara Kudus. Setelah itu masih menempuh rute lurus sejauh kurang lebih 35 km untuk sampai di alun-alun Jepara.

Obyek Wisata Pantai Empu Rancak

Pantai Empu Rancak saat ini masih melakukan pengembangan mengenai fasilitas yang menunjang kenyamanan pengunjung di pantai ini. Meskipun begitu ada banyak hal-hal yang menarik dari obyek wisata pantai yang indah ini. Pengunjung dapat menikmati hening suasana pantai pasir putih, merasakan kentalnya budaya Jawa Jepara yang masih menjadi pola hidup masyarakat sekitar, makanan laut yang disajikan saat masih segar, dan sebagainya.

1. Kental Dengan Kebudayaan Jawa-Jepara

Masyarakat sekitar pantai Empu Rancak masih menganut adat Jawa Jepara dari jaman dahulu sampai sekarang. Hal ini dapat dilihat dari bentuk rumah warga sekitar pantai yang masih memiliki motif adat Jawa kuno. Cara berkomunikasi masyarakat disana juga demikian. Bahasa yang digunakan adalah bahasa jawa halus yang perlahan saat ini jarang diucapkan.

Bagi pengunjung yang ingin belajar budaya Jawa pada masa lalu dapat menemui warga sekitar dan mengajaknya berdialog. Warga sekitar pantai akan dengan senang hati mengajari karena bagi mereka hal ini juga merupakan salah satu upaya melestarikan budaya Jawa yang semakin hilang. Selain itu tidak dikenakan tarif khusus bagi pengunjung yang ingin belajar bersama warga sekitar.

2. Tumbuhan Pohon Pandan

Sepanjang Pantai Empu Rancak terdapat rimbunan pohon pandan yang biasanya digunakan para nelayan untuk menyandarkan kapal. Pohon pandan pada kawasan ini tumbuh menjulang dengan jumlah yang banyak. Sehingga sangat cocok apabila digunakan untuk beristirahat dibawahnya sambil menikmati keindahan pantai. Pengunjung juga sering melakukan kegiatan piknik bersama keluarga atau sahabat pada area ini.

Pada sisi selatan pantai, terdapat kumpulan perahu nelayan yang disandarkan pada pohon pandan dan terdapat dermaga kecil di sekitarnya. Area ini menjadi menarik minat bagi pengunjung untuk melakukan kegiatan berfoto disana. Sebab pemandangan ini terlihat unik dan jarang dilihat di daerah perkotaan. Selain itu, pengunjung diperbolehkan menaiki perahu nelayan tersebut untuk keperluan berfoto asalkan meminta ijin terlebih dahulu.

3. Gugusan Terumbu Karang

Air laut pada pantai Empu Rancak ini masih bersih dan memiliki gugusan terumbu karang yang masih tertata rapi secara alami. Hal ini dibuktikan dengan adanya pecahan karang yang masih terdapat pada pasir putih di tepi laut. Terumbu karang dibawah pantai Empu Rancak ini sampai saat ini belum pernah tersentuh oleh campur tangan manusia.

Saat ini masih belum disediakannya fasilitas menyelam bagi para wisatawan yang ingin melihat terumbu karang bawah laut pantai Empu Rancak. Beberapa pengunjung sudah pernah melakukan kegiatan penyelaman disana dengan membawa alatnya sendiri. Namun tidak bisa langsung menyelam, pengunjung  akan mendapat pengecekan dari warga sekitar mengenai  alat yang dibawa. Dikhawatirkan alat tersebut dapat merusak keindahan bawah laut disana.

4. Air Laut Yang Tenang

Selain Jernih dan bebas dari kotoran, air laut di pantai Empu Rancak terhitung sangat tenang dan cenderung diam. Pengunjung yang kesana kebanyakan memilih melakukan kegiatan berenang di laut. Warga setempat juga menyediakan fasilitas pendukung berupa pelampung (ban). Pelampung besar di sewakan dengan harga Rp. 10.000 dan pelampung kecil disewakan dengan harga Rp. 5000.

Tenangnya air laut juga mendukung nilai keindahan pemandangan pantai. Saat sunrise dan sunset menjadi momen favorit bagi pengunjung yang berada disana. Pemandangan matahari yang dikelilingi pohon pandan serta perahu nelayan menjadikan area ini terasa romantis dan cocok sebagai sarana untuk berbulan madu atau berkumpul dengan keluarga.

5. Makanan Laut Khas Jepara

Yang menjadi ciri khas selanjutnya dari pantai Empu Rancak adalah makanan lautnya. Semua hasil lauk yang dijual merupakan hasil dari nelayan setempat selama melaut. Jadi kondisi ikan yang dimasak masih segar. Rekomendasi makanan khas disana adalah pindang serani yang cocok dihidangkan saat makan siang. Masakan Pindang serani adalah olahan ikan laut yang memiliki perpaduan rasa pedas, asam, dan manis.

Makanan lain yang tersedia disana dan menjadi favorit adalah ikan ngangas, kerapu, kakap merah, dll. Untuk semua ikan rata-rata harganya dijual hanya Rp. 60.000 per kilo. Makanan lain yang menjadi rekomendasi adalah Cumi dan udang khas ikan Empu Rancak. Harga Cumi perkilonya adalah Rp. 70.000, sedangkan untuk udang Rp. 150.000. Semua hidangan ini disajikan dalam porsi besar.

6. Area Jogging Track

Pada sudut pantai Empu Rancak di dekat tempat bersandar perahu nelayan, terdapat jalan lurus menghadap ke pantai yang biasanya digunakan sebagai sarana jogging maupun bersepeda bagi pengunjung maupun warga disana. Pengunjung yang jogging disana akan disuguhi pemandangan sepanjang pantai dan gugusan terumbu karang. Sehingga dapat kembali menyegarkan pikiran dari kegiatan sehari-hari.

Warga sekitar pantai juga menyediakan sepeda bagi pengunjung yang ingin bersepeda keliling daerah pantai. Tidak ada tarif resmi yang ditetapkan. Semua ketentuan berdasarkan kesepakatan antara warga dan pengunjung. Sehingga memudahkan bagi para pengunjung yang ingin menawar tarif penyewaan.

Pantai Empu Rancak saat ini merupakan jenis pantai yang masih terjaga keasriannya. Tetapi perlahan jumlah pengunjung yang datang semakin banyak. Himbauan agar menjaga kebersihan pantai mulai digalakkan meskipun masih dalam skala kecil. Pada dasarnya, kebersihan dan keasrian area wisata merupakan tanggung jawab dari semua pihak baik dari pengelola, warga sekitar, maupun pengunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *