Pantai Florida Binjai : Rute Menuju Lokasi dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Objek wisata Pantai Florida Binjai atau yang dikenal dengan nama Pemandian Air Namu Ukur ini berada di Desa Namu Ukur, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Meskipun bernama ‘Pantai’, objek wisata ini justru tidak berbentuk pantai, melainkan pemandian alami yang dilengkapi dengan air terjun.

Lokasi Pantai Florida ini tidak jauh dari Binjai, hanya butuh waktu kurang lebih 30 menit dari Binjai atau 1 Jam dari Medan. Objek wisata ini dapat dijelajahi dengan tarif yang cukup terjangkau. Pengunjung juga dapat menyewa ban karet dan pondok untuk bersantai.

Harga Tiket Masuk Di Pantai Florida Binjai

Pantai Florida Binjai ini sangat cocok jadi pilihan tempat berlibur bersama keluarga, kerabat dan teman-teman. Selain objek wisatanya yang menarik, harga tiket masuknya pun cukup terjangkau, yaitu biaya masuk sekaligus biaya parkir sebesar Rp. 40.000,- untuk pengguna roda empat dan Rp. 20.000,- untuk pengguna roda dua, kemudian sewa satu pondok dan tikar dibandrol dengan harga Rp. 35.000,- saja.

Selain itu, tersedia pula sarana lain seperti toilet atau kamar ganti yang dikenakan biaya Rp. 2000,- per orang dan tempat beribadah untuk sholat bagi pengunjung Muslim. Sementara untuk menyewa sebuah ban karet dikenakan biaya sebesar Rp. 15.000,-.

Rute Menuju Lokasi Ke Pantai Florida Binjai

Jarak yang tidak terlalu jauh dari Binjai dan Medan membuat objek wisata ini banyak diminati pengunjung dari dalam maupun luar provinsi Sumatera Utara. Namun, jalan menuju lokasi pantai tersebut masih terbilang kurang bagus. Aspalnya terbilang sudah cukup banyak yang rusak dan hanya bisa dilalui satu kendaraan roda empat saja.

Baca Juga :   Pantai Ngeliyep : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Untuk menuju ke lokasi Pantai Florida, pengunjung harus berjalan kaki dari area parkir dengan medan yang menurun dan berliku sepanjang kurang lebih 500 meter. Kemudian area parkirnya akan ditemui tepat di depan SMA 1 Sei Bingai. Di pinggir-pinggir sungai, pengunjung dapat melihat pondokan yang nantinya dapat disewa untuk bersantai bersama keluarga, kerabat dan teman-teman setelah lelah bermain, berenang atau aktivitas lainnya.

Objek Wisata Di Pantai Florida Binjai

Berwisata tentu saja bukan hanya meluangkan waktu bersama keluarga, kerabat dan teman-teman. tetapi juga bersenang-senang dan melepaskan penat serta pikiran-pikiran tentang pekerjaan yang dilalui setiap harinya. Berikut objek yang bisa dijadikan tempat favorit untuk menikmati waktu liburan yang ada di Pantai Florida Binjai:

1. Air Terjun

Pantai Florida Binjai ini merupakan sungai yang dilengkapi dengan air terjun di salah satu sisinya. Objek wisata yang terletak di salah satu sisi pegunungan Bukit Barisan ini memiliki aliran sungai yang cukup deras. Lebih unik lagi karena ada bebatuan besar sehingga anak-anak di bawah umum harus didampingi orang dewasa jika ingin bermain hingga ke tengah sungai.

Untuk sampai ke air terjun, pengunjung harus menyeberang sungai dan berjalan melewati aliran deras tersebut. Beberapa bagian sungai memiliki kedalaman yang lebih dari satu meter sehingga harus berhati-hati dan jika pengunjung tidak bisa berenang lebih baik untuk saling bergandengan dengan teman atau kerabat yang bisa berenang agar tetap aman.

2. Bermain Ban Karet

Di dekat air terjun, terdapat ranting-ranting pohon besar yang kokoh sehingga pengunjung bisa bermain dan bergelantungan di sana. Untuk bermain menggunakan ban karet, pengunjung biasanya harus berjalan ke arah hulu terlebih dulu, lalu duduk di atas ban, pengunjung bisa bermain sendiri atau bertiga dengan kerabat atau teman.

Baca Juga :   Pantai Soge : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Saat bermain ban, sering kali pengunjung tersangkut di bebatuan karena banyaknya batuan besar di sana. Namun justru di situlah letak keseruan bermain ban karet di objek wisata ini. Terkadang pengunjung tidak akan sadar telah dibawa aliran sungai hingga ke tengah yang memiliki kedalaman lebih dari satu meter lalu ban bisa terbalik, hal tersebut pun menambah keseruan bermain air di Pantai Florida Binjai dan bisa menjadi alasan untuk kembali lagi berlibur ke objek wisata ini.

3. Bersantai Di Bebatuan Atau Di Pinggir Sungai

Setelah puas berenang, bermain ban dan tertawa lepas seharian, pengunjung bisa beristirahat dengan duduk-duduk di bebatuan sungai atau di pondok yang telah disewa. Dengan berbekal makanan yang dibawa dari rumah, pengunjung bisa bersantai sambil menikmati pemandangan alam yang indah di sekelilingnya.

Selain itu, pengunjung juga dapat mendengarkan suara aliran air sungai dan canda tawa pengunjung lain. Hal ini yang dapat merilekskan pikiran dari hiruk pikuk kesibukan di hari kerja dengan sesekali menikmati makanan dan minuman yang dibawa.

4. Cliff Jumping

Untuk pengunjung yang menyukai berbagai hal menantang dan memicu adrenalin, maka cliff jumping atau lompat tebing harus dicoba di Pantai Florida Binjai. Setelah memanjat sampai ke ketinggian tertentu, pengunjung akan merasakan kengerian ketika memandang ke bawah, terlebih jika pertama kali mencobanya.

Saat melakukan cliff jumping yang pada umumnya dilakukan dari tebing dengan ketinggian 20 meter lalu mendarat di air yang bersuhu dingin. Tentunya hal ini akan terasa sangat menyenangkan dan menyegarkan. Tidak heran banyak penyuka olahraga ekstrem merasa ketagihan untuk melakukan cliff jumping berulang kali. Olahraga ini menawarkan keseruan sekaligus kengerian.

Baca Juga :   Pantai Remen Tuban : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Untuk melakukan cliff jumping dengan kesan yang mendalam namun tetap aman, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti tebing, lokasi pendaratan, pakaian yang digunakan, angin serta cuaca.

Pengunjung harus memastikan tebing dalam keadaan aman dengan cuaca yang normal. Gunakan pakaian yang nyaman dan pilihlah lokasi pendaratan yang tidak ada bebatuan. Pastikan pula pengunjung mengetahui kedalaman air yang akan dijadikan lokasi pendaratan karena kondisi air yang terlalu dangkal dapat membahayakan keselamatan pengunjung.

5. Spot Foto Menarik

Saat berlibur tentu tidak pas rasanya jika tidak mengabadikan momen menyenangkan yang dirasakan bersama keluarga, kerabat dan teman-teman. Di Pantai Florida Binjai terdapat banyak spot yang dapat dijadikan latar belakang foto yang menarik.

Selain di depan air terjun, pengunjung bisa mengabadikan foto dari atas bukit dan juga tebing yang ada di pemandian ini. Selain itu bisa juga pose di atas ban yang sedang melaju mengikuti aliran sungai. Di tempat terdapat juga pondok-pondok untuk disewa lengkap dengan jajaran makanan dan minuman yang dibawa.

6. Menikmati Wisata Kuliner

Tersedia pula wisata kuliner yang tak jauh dari objek wisata yang bisa dinikmati bersama kerabat. Hal ini tentunya dapat menambah kenyamanan Pengunjung berwisata di sini. Selain itu, terdapat pula aktivitas cliff-jumping dengan tebing-tebing yang terbilang aman dan jarang ditemui ditempat lain menjadi daya tarik objek wisata yang satu ini.

Demikianlah ulasan tentang Pantai Florida Binjai beserta lokasi, harga tiket masuk dan spot yang menarik yang ada di dalamnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk yang sedang ingin mencari tempat berlibur yang menyenangkan namun menantang seperti Pantai Florida Binjai. Selamat berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *