Pantai Gatra : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Pernahkah kalian mendengar tentang Pantai Gatra? Pantai Gatra ini memang belum memiliki nama besar seperti pantai-pantai yang ada di Bali. Tetapi yang pasti pantai ini memiliki keistimewaan sendiri. Meski namanya belum melejit, pantai ini disebut-sebut sebagai Raja Ampatnya Jawa Timur. Jawa Timurlah pemilik pantai Gatra.

Wisata pantai ini menawarkan keindahan pemandangan lautnya yang biru terang dan pasirnya yang putih. Mengapa Pantai Gatra sering disebut sebagai Raja Ampatnya Jawa Timur? Sebab, pantai ini juga memiliki beberapa pulau karang berwarna hijau. Hal ini juga merupakan salah satu alasan kenapa ombak yang ada di pantai Jawa Timur ini tidak terlalu besar. Meski tidak sebesar dan luas Raja Ampat di Papua, tetapi Pantai Gatra ini sudah sedikit mewakili keindahan di Raja Ampat sana.

Harga Tiket Masuk Pantai Gatra

Untuk harga tiket masuk kawasan wisata Pantai di Malang Selatan kebanyakan sama dan tidak berbeda jauh. Seperti salah satunya Pantai Gatra yang hanya menarik biaya sebesar Rp. 10.000,00 untuk satu orang dan Rp. 10.000,00 untuk kendaraan. Cukup terjangkau bukan? Biaya tiket masuk itu akan terbayar dengan semua keindahan yang akan disuguhkan oleh Pantai Gatra ini. Mulai dari air laut dengan ombak yang relatif kecil, pantai pasir putihnya, hingga hutan mangrove yang ada di sekelilingnya. Semua itu bisa dinikmati dengan hanya membayar Rp. 10.000,00.

Rute Menuju Lokasi Pantai Gatra

Pantai yang terkenal sebagai Raja Ampat di Jawa Timur ini berlokasi di Malang Selatan. Tepatnya di Dusun Sendang Biru, Desa Sitiharjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Letak Pantai Gatra berdekatan dengan Pantai Clungup juga pantai tiga warna. Agar bisa ke Pantai Gatra pertama menuju ke arah Turen selanjutnya menuju ke arah Pantai Sendangbiru.

Jangan khawatir untuk wisatawan yang ingin berkunjung namun baru pertama kali. Karena di sepanjang jalan sudah banyak penunjuk jalan lain sehingga memudahkan perjalanan. Setelah sampai di kawasan Pantai Sendangbiru tujuan selanjutnya ke arah pantai tiga warna atau clungup. Di pintu masuk menuju pantai akan ada jalan setapak yang sekarang sudah berubah menjadi jalan paving.

Tetapi jalan paving tidak seterusnya hingga di bibir pantai. Selanjutnya jalanan kembali jalan setapak yang berbatu. Untuk sampai di bibir pantai para wisatawan harus berjalan kurang lebih sekitar 400 sampai 500 meter. Namun selama perjalanan tidak akan terasa lelah karena disuguhkan pemandangan Hutan Mangrove dan juga muara Clungup.

Obyek Wisata Pantai Gatra

Selain memiliki pulau karang, Pantai Gatra ini merupakan wilayah konservasi atau masih sangat dilindungi. Pastinya akan ada banyak obyek wisata dan kegiatan yang bisa dilakukan oleh para pengunjung. Apa sajakah kegiatan yang bisa dilakukannya di Pantai Gatra ini? Simak ulasan berikut ini.

1. Menikmati Keindahan Pantai Gatra

Kegiatan pertama yang bisa dilakukan dan pastinya seru adalah menikmati keindahan yang disuguhkan pantai. Untuk wisatawan yang suka mengabadikan moment liburan sangat cocok untuk datang ke sini. Karena Pantai Gatra menyimpan banyak spot foto yang keren dan juga pastinya Indah.

Jika sedang berada di Pantai Gatra ini, seakan berada di Raja Ampat sana. Tentunya akan banyak tempat foto yang bisa menambah koleksi di media sosial.

2. Berenang Di Pantai

Seperti penjelasan di atas jika pantai ini memiliki ombak yang cukup tenang, Hal itu dikarenakan adanya pulau karang yang bertebaran di sekitar bibir pantai. Itu juga salah satu yang mengakibatkan ombak di pantai ini relatif kecil. Dengan demikian para wisatawan yang memiliki hobi berenang menjadi lebih leluasa untuk menyalurkan hobinya.

Kegiatan ini pun menjadi salah satu kegiatan favorit para pengunjung. Meskipun ombak yang di pantai ini relatif kecil, tetapi pengunjung harus tetap berhati-hati. Karena pasti banyak perbedaan antara berenang di kolam renang biasa dengan di air laut yang luas. Untuk berjaga-jaga, wisatawan bisa membawa pelampung atau menyewa di sekitar pantai yang pastinya banyak menyewakan pelampung untuk kebutuhan pengunjung.

3. Menyebrang Ke Pulau Karang

Salah satu yang menjadikan Pantai Gatra ini istimewa adalah memiliki pulau karang hijau yang membentang di bibir pantai. Hal yang menyebabkan pantai ini disebut mirip dengan Raja Ampat di Papua. Saat ombak pantai sedang surut, para wisatawan bisa berjalan kaki menyebrang ke pulau karang.

Pulau karang memang hanya berisi karang-karang biasa dan bebatuan di dasarnya. Tetapi saat wisatawan mendekati pulau karang, wisatawan bisa melihat banyak macam karang dan juga hewan-hewan kecil yang hidup di karang. Bagaimana, menarik bukan? Ini salah satu istimewanya pantai ini yang tidak banyak dimiliki pantai lainnya.

4. Jelajah Hutan Mangrove

Salah satu keistimewaan lain yang dimiliki oleh pantai ini adalah memiliki hutan mangrove. Di Pantai Gatra dan Clungup terdapat hutan mangrove yang pemandangannya cukup Indah dan pastinya seru untuk dijelajah. Hutan mangrove di pantai ini merupakan hutang yang masih dilindungi.

Dengan keadaan yang alami, pasti hutan mangrove ini bisa jadi salah satu spot foto yang keren dan pastinya bisa memanjakan mata. Meski diperbolehkan untuk menjelajah hutan mangrove, para pengunjung tetap harus menjaga kebersihan hutan. Sebab, hutan mangrove yang ada di Pantai Gatra ini masih sangat dijaga dan dilindungi.

5. Olahraga Pantai

Pantai Gatra ini juga memiliki kawasan pantai berpasir yang lumayan luas. Dengan begitu untuk pengunjung yang memiliki hobi berolahraga di pantai bisa membawa alat olahraga yang biasa dimainkan. Misalnya dengan membawa peralatan olahraga voli pantai, atau bulu tangkis, hingga bermain sepak bola pantai pun bisa dilakukan.

Sambil menyelam minum air, karena  bisa menikmati liburan sembari berolahraga. Tetapi di pantai ini tidak menyediakan penyewaan alat olahraga. Jadi untuk pengunjung yang ingin berolahraga silakan membawa alat olahraga dari rumah.

6. Bermain Kano

Permainan yang biasa dilakukan di pantai salah satunya adalah kano. Di Pantai Gatra sana ada tempat persewaan Kano. Pengunjung bisa menyewa dengan harga yang cukup terjangkau. Hanya dengan Rp. 25.000,00 wisatawan bisa menikmati fasilitas Kano sampai puas. Waktunya pun tidak dibatasi.

7. Camping

Nah salah satu kegiatan lain yang bisa dilakukan di pantai yang terletak di daerah Malang Selatan ini adalah Camping. Pantai ini menjadi salah satu rekomendasi yang seru untuk wisatawan yang gemar bermalam di alam. Tidak hanya di pegunungan saja untuk visa menggelar camping. Di pantai pun bisa dan tidak kalah seru dengan di pegunungan. Salah satu tempatnya adalah Pantai Gatra.

Nah, itu dia ulasan tentang salah satu pantai yang terletak di Malang Selatan yang menjadi Raja Ampatnya Jawa Timur. Bagaimana, tertarikkah untuk datang ke tempat ini? Mungkin untuk wisatawan yang memiliki hobi berlibur di pantai, Pantai Gatra ini bisa menjadi salah satu rekomendasi yang pas untuk dikunjungi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *