Pantai Gondo Mayit : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Pantai Pasetran Gondo Mayit merupakan salah satu lokasi wisata pantai yang terletak di Blitar yang masih alami dengan pemandangan yang mempesona. Lalu dari mana asal usul pantai ini dinamakan Pantai Gondo Mayit? Gondo mayit berarti bau mayat, konon ceritanya di pantai ini pernah ditemukan banyak mayat sehingga tercium bau mayat di sekitar pantai ini.

Namun dibalik namanya yang mistis dan horor tersebut, pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata populer di Blitar Jawa Timur tepatnya di Desa Tambak Rejo. Di balik cerita horornya itu, Pantai ini memiliki ombak yang besar dan ganas dengan keindahan pantainya. Selain itu pantai ini masih bersih dan alami karena belum banyak didatangi wisatawan lokal maupun dari luar. Nah,  jika berminat ke pantai ini, berikut di bawah ini beberapa ulasannya mengenai Pantai Pasetran Gondo mayit.

Harga Tiket Masuk Pantai Gondo Mayit

Sebelum pantai ini tereksplorasi, pengunjung tidak dikenakan biaya untuk masuk ke kawasan pantai ini. Saat ini dikarenakan pengunjung harus memasuki kawasan Pantai Tambak Rejo terlebih dahulu maka dikenakan biaya Rp. 3000 per orang. Setelah membayar, pastikan telah mendapatkan karcis agar tidak ditagih kembali.

Saat masuk di kawasan Pantai ini, pengunjung juga dapat berbelanja seperti snack dan oleh oleh. Salah satu oleh oleh yang menjadi ciri khas pantai ini yaitu ikan tuna bakar. Harganya tidak mahal dan dapat langsung dikonsumsi di tempat ini.

Rute Menuju Pantai Gondo Mayit

Lokasi pantai ini tepatnya berada di Desa Tambak Rejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar,  Jawa Timur Sebagai penunjuk arah, terlebih dahulu wisatawan harus sampai terlebih dahulu di Pantai Tambak Rejo karena lokasinya berdekatan dengan pantai ini. Untuk menuju ke lokasinya pun pengunjung harus menggunakan kendaraan pribadi karena belum adanya akses transportasi umum menuju kawasan ini.

Rute perjalanan menuju lokasi pantai ini sangatlah mudah. Dari kota Blitar, ambil jalur arah Kademangan dan Tulungagung. Pada pertigaan Kademangan pengunjung akan menemukan papan petunjuk “Tambak Rejo” yang menunjukkan arah belok kiri. Kemudian belok kiri dan  lanjutkan perjalanan sekitar 1 km hingga sampai di Pantai Tambak Rejo.

Letak Pantai Gondo Mayit tepatnya berada sebelah timur di balik bukit Pantai Tambak Rejo dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 15 menit. Jika tidak sanggup berjalan melewati bukit, pengunjung dapat menyewa perahu untuk sampai di pantai ini.

Setelah sampai di Pantai Tambak Rejo, pengunjung harus memarkirkan kendaraan di pantai ini. Lalu dilanjutkan dengan menempuh perjalanan dengan berjalan kaki. Di perjalanan pengunjung harus mendaki ke atas bukit, nah di atas bukit inilah terdapat sebuah makam yang disebut sebagai makam penjaga pantai tersebut. Ketika sampai di atas bukit ini pengunjung akan disuguhi pemandangan Samudera Hindia yang sangat luas. Sungguh pemandangan ciptaan Tuhan yang wow keren deh pokoknya.

Objek Wisata Di Sekitar Pantai Gondo Mayit

Dilihat dari namanya, pantai ini memang terdengar menyeramkan. Namun sebenarnya pantai ini merupakan destinasi wisata yang sangat indah. Pantai ini dikenal masih “perawan” karena masih belum terjamah oleh wisatawan. Oleh karenanya belum ada pengelola yang serius menangani Pantai ini. Hal inilah yang menyebabkan papan nama di tepi jalan utama pun sulit ditemukan.

Selain Pantai Pasetran Gondo Mayit di kawasan Blitar masih banyak pantai-pantai lainnya yang tidak kalah mempesona. Beberapa diantaranya yaitu Pantai Tambak Rejo, Pantai Serang dan lain sebagainya. Dalam bahasa jawa pantai Gondo Mayit mengandung arti yang menyeramkan, yaitu gondo yang berarti bau dan mayit berarti mayat. Jika telah puas menikmati keindahan Pantai ini, tak ada salahnya mengunjungi pantai lain sekitarnya yang tidak kalah menarik antara lain sebagai berikut:

1. Pantai Tambak Rejo

Pantai dengan pemandangan eksotis ini menyimpan keindahan yang amat mempesona. Selain karena keelokan pantainya, Pantai yang terletak di Blitar ini juga menyimpan aura mistis seperti halnya Pantai Gondo Mayit. Pantai Tambak Rejo berbentuk seperti teluk dengan panjang garis pantainya sekitar 10 km. Bagi yang hobi bermain pasir, pantai ini sangat cocok untuk dikunjungi, Karena hamparan pasir putih cukup luas.

Pantai Tambak Rejo Blitar ini memiliki gulungan ombak dengan ketinggian sedang. Meskipun di pantai ini diperbolehkan untuk bermain air, ada satu papan peringatan yang akan membuat pengunjung menelan ludah pahit, yaitu “Silakan Mandi di Laut, Kami Siap Mencari Mayat Anda”. Mengerikan bukan? Kata-kata tersebut merupakan sikap menakut-nakuti pengunjung oleh pengelola pantai untuk mengutamakan keselamatan pengunjung.

2. Ritual Tradisional Larung Saji di Pantai Serang

Sama seperti kebanyakan pantai yang ada di kawasan Blitar lainnya, Pantai Serang juga menjadi pantai yang kerap digunakan sebagai ritual tradisional Larung Saji setiap tanggal 1 Suro. Pantai ini merupakan pantai yang terdiri dari 3 kawasan, dimana pantai kedua dan ketiga berada di sebelah barat pantai utama, dan pisahkan oleh bukit.

Pantai Serang Blitar memiliki hamparan pasir putih yang landai dengan ombak yang tidak terlalu ganas. Objek wisata pantai ini merupakan salah satu pantai di kawasan laut Samudera Hindia, tepatnya terletak di Desa Serang Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

3. Air Terjun di Pantai Umbul Waru

Pantai ini dapat dikatakan cukup sempit dibandingkan dengan Pantai Tambak Rejo dan Pantai Pasetran Gondo Mayit. Oleh sebab itu sempitnya pantai dan tebing karang membuat pengunjung yang mendatangi pantai ini tidak bisa menikmati keindahannya apabila ombak sedang pasang. Air terjun yang menjadi daya tariknya pun tidak dapat dinikmati ketika ombak pasang, karena ombak di pantai ini benar-benar besar jika dibanding pantai lain yang ada di Blitar.

Dengan demikian sangat disarankan untuk datang ke pantai ini ketika ombak sedang surut agar dapat menikmati air terjunnya. Selain itu apabila berkunjung ke pantai ini pastikan membawa makanan dari rumah karena lokasinya cukup jauh dari pemukiman penduduk. Jika ombak sedang pasang jangan paksakan untuk tetap melihat air terjun dari bawah, karena sangat berbahaya.

5. Menikmati Pantai Pasir Hitam di Pantai Jolosutro

Tempat tempat wisata di Blitar memang tidak bisa lepas dari nilai-nilai sejarah. Hal ini dikarenakan, kota di Jawa Timur ini menjadi saksi bisu perjuangan Indonesia melawan penjajah. Inilah asal usul Pantai Pasetran Gondo Mayit disebut sebut berbau mayat, karena menjadi tempat pembuangan  mayat-mayat di masa penjajahan.

Pasir di Pantai Jolosutro jauh berbeda dari pantai di Blitar lainnya, karena pantai ini terkenal dengan pasir hitamnya. Meskipun demikian dengan butiran-butiran halus pasir yang berwarna hitam ini membuat Pantai Jolosutro justru terlihat makin eksotis dibandingkan antai lainnya.

Itulah beberapa ulasan mengenai Pantai Gondo Mayit yang terletak di Blitar. Dilihat dari nama pantai ini memang agak menyeramkan, akan tetapi tidak perlu khawatir karena tempatnya jauh lebih indah dan menakjubkan dari yang dibayangkan. Pantai dengan keindahan alamnya yang mempesona ditambah dengan kealamiannya yang belum tersentuh dengan tangan-tangan jahil manusia membuat daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *