Pantai Greweng : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

pantai greweng

Yogyakarta memang tak pernah bosan menawarkan keindahan alamnya. Ada banyak destinasi wisata yang bisa kita temui di kota ini. Salah satunya adalah Pantai Greweng, yang berlokasi di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai Greweng ialah destinasi wisata yang sampai saat ini tak pernah sepi pengunjung. Bahkan semakin bertambah di tiap tahunnya. Pantai ini dijuluki pantai perawan dan menjadi tempat yang menarik dikunjungi bagi para traveller.

Pantai Greweng memiliki daya pikat tersendiri bagi wisatawan mancanegara maupun lokal. Keindahan serta keeksotisan alamnya menjadikan pantai ini selalu ramai pengunjung. Letaknya yang juga strategis yaitu berada di Desa Jepitu Girisubo Gunung Kidul ini juga dikelilingi dengan beberapa pantai kecil lainnya. Yaitu Pantai Sedahan, Pantai Wediombo, dan Pantai Jungwok. Beberapa lokasi tersebut dapat dikunjungi hanya dengan berjalan kaki melalui pantai greweng.

Rute Menuju Lokasi Pantai Greweng

Untuk menuju lokasi Pantai Greweng dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Melalui beberapa pilihan rute yang tersedia kita dapat sampai lokasi Pantai ini. Rute pertama yaitu melewati rute daerah Piyungan. Dengan urutan rute yang ditempuh ialah Piyungan-Patuk-Gading-kemudian ambil ke kiri ke arah Wonosari.

Setelah itu ikuti rute menuju Wonosari-Siono-Wonosari-kota- Jalan Baron- kemudian bertemu dengan pertigaan Mulo. Dan beloklah kearah Tepus (ambil kiri) dan lanjutkan rute menuju kearah Ndakbong-Purwodadi-Balong-Jepitu dan lanjut sampah kearah Wediombo. Ambil arah kiri terus kearah pantai Jungwok dan sampailah pada Pantai Greweng.

Rute selanjutnya melewati Jalan Wonosari. Dengan mengikuti rute Piyungan-Patuk-Sambipitu-Gading-Wonosari hingga menuju ke arah Ngawar-awar Balong. Setelah itu belok kiri ke arah Jepitu dan ambil arah menuju pantai Wediombo kemudian terus menuju Pantai Jungwok dan sampailah ke lokasi Pantai Greweng. Kedua rute ini dapat dipilih saat kita hendak berkunjung ke Pantai Greweng Yogyakarta. Perjalanan yang dibutuhkan kurang lebih mencapai waktu 2 hingga 2,5 jam dari pusat kota Yogyakarta.

Baca Juga :   Pantai Ancol : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Setelah tiba di Pantai Greweng, kita akan langsung disuguhkan pemandangan menawan yang memanjakan mata dan jiwa. Jalan setapak yang luas dan lapang serta pasir putihnya yang bersih akan membuat syahdu pemandangan pantai. Lokasi pantai yang agak terpencil menjadi tantangan tersendiri bagi para wisatawan yang ingin berlibur ke pantai ini. Namun bagi para pecinta adventure tentu ini akan menjadi pengalaman yang berkesan saat liburan.

Harga Tiket Masuk Pantai Greweng

Pantai indah nan elok yang ada di pesisir utara ini tidak kalah dari pantai pasir putih lainnya. Walaupun akses menuju lokasi tidaklah dekat, namun panorama yang disediakan akan membuat perjalanan kita tidak sia-sia. Untuk dapat masuk ke lokasi Pantai Greweng, cukup dengan membayar tiket masuk seharga Rp. 5.000,00 saja. Bagi yang membawa kendaraan pribadi pun hanya dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 2.000,00.

Dengan harga yang relatif murah tersebut kita dapat masuk ke area pantai. Tempat ini sangat cocok dijadikan list lokasi liburan yang wajib dikunjungi bersama seluruh anggota keluarga. Selain harga tiketnya yang terjangkau, lingkungan pantai pun aman bagi para keluarga yang hendak menghabiskan liburannya disini.

Pantai Greweng dengan segala keindahannya akan memanjakan mata kita dengan berbagai keelokan alam yang dimiliki. Dengan harga tiket masuk yang terjangkau, serta akses lokasi yang mudah menjadikan pantai ini tempat yang wajib dikunjungi saat liburan. Sekedar melepas penat dengan menikmati deburan ombak di Pantai Greweng tentu akan menjadi vitamin tersendiri untuk menghilangkan penat yang ada.

Baca Juga :   Pantai Buyutan : Rute Meunuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Obyek Wisata Pantai Greweng

Pantai Greweng yang berada di sisi balik bukit dari Pantai Jungwok ini harus ditempuh dengan berjalan kaki melewati jalan setapak terlebih dahulu. Dengan berjalan sekitar kurang lebih 20 menit barulah kita akan sampai di spot indah dari Pantai Greweng. Namun perjalanan tersebut akan terbayar lunas saat tiba di lokasi. Pemandangan yang asri dengan pepohonan yang rindang menjadikan suasana pantai sangat nyaman dan tenang. Selain itu juga ada beberapa obyek wisata yang dapat ditemui di area pantai ini. Berikut ulasannya :

1. Lokasi Memancing

Berlibur bersama keluarga sangat dapat dilakukan bila kita berkunjung ke Pantai Greweng. Bagi penggemar memancing atau ada anggota keluarga yang hobi dengan aktivitas ini wajib berkunjung ke pantai ini. Bukan hanya dapat dinikmati keindahan alamnya saja, ternyata pantai ini juga banyak dimanfaatkan oleh wisatawan dan penduduk sekitar untuk memancing. Bukan tanpa alasan, sebab sudah banyak yang memperoleh banyak ikan dari hasil memancing di tempat ini.

2. Gua

Ada beberapa gua indah yang terdapat di sekitaran area Pantai Greweng. Lokasi ini juga banyak dimanfaatkan oleh para turis sebagai spot fotografi mereka. Bahkan ada yang memilih lokasi ini sebagai spot foto prewedding. Karena memang keeksotisan gua menjadi daya tarik tersendiri yang terdapat di pantai ini. Menikmati deburan ombak dari dalam gua tentu akan lebih berkesan.

3. Mata Air Dan Sungai Kecil

Selain hamparan pantai dan pasir putihnya yang memesona, di Pantai Greweng ini juga dapat ditemukan mata air yang indah. Dimana sungai kecil yang ada di area pantai ini menjadikan daya pikat bagi sebagian wisatawan yang berkunjung. Karena keindahan mata air yang dimiliki sungai ini dan kejernihan airnya, membuat siapa saja yang melihat ingin langsung meminumnya.

Baca Juga :   Pantai Ngrenehan: Harga Tiket Masuk Dan Rute Menuju Lokasi

4. Lokasi Camping

Bagi para pecinta alam dan traveller tentu kegiatan yang satu ini sangat ditunggu-tunggu. Pantai Greweng memiliki area pasir putih yang cukup luas, dimana ini menjadi spot yang strategis untuk mendirikan tenda. Sudah banyak kegiatan camping yang dilakukan disini, mulai dari membakar api unggun hingga bermain games seru bersama teman-teman tentu akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan selama berlibur di Pantai Greweng ini.

5. Wisata Kuliner

Walaupun tempat wisata di Pantai Greweng belum sebanyak ditempat wisata lainnya, namun tak mengurangi antusiasme para wisatawan untuk berburu kuliner ditempat ini. Di sini biasanya tersedia lapak-lapak yang berjualan kopi dan makanan ringan lainnya. Walaupun menu yang tersedia sederhana, namun tetap akan terasa istimewa saat dinikmatinya di tempat yang indah dan memesona seperti Pantai Greweng ini. Atau bisa juga membawa bekal dari rumah, dan rasakan sensasi piknik di pinggiran bibir pantai.

Walaupun tidak sedikit kekurangan yang dimiliki pantai ini, namun tidak mengurangi keindahan dan keasrian alamnya. Panorama yang ditawarkan masih sangat alami dan belum banyak terjamah oleh tangan manusia, menjadikan Pantai Greweng sebagai incaran wisata bagi wisatawan mancanegara maupun lokal. Pantai ini juga memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh pantai lain, yaitu wisatawan dapat dengan bebas memancing dari bukit karangnya.

Lautnya yang masih sangat alami menjadikan lokasi ini sebagai spot favorit wisatawan untuk memancing. Namun yang perlu selalu diperhatikan dalam setiap liburan. Kita harus turut membantu kelestarian alam dan kebersihan pantai. Dengan tidak merusak apapun yang telah ada dan ikut membuang sampah pada tempatnya. Jadilah wisatawan yang bijak. Selamat berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *