Pantai Gunung Kidul : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Gunung kidul merupakan nama sebuah kabupaten yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebagian besar wilayahnya berupa perbukitan dan pegunungan kapur. Meskipun begitu kabupaten ini memiliki potensi pariwisata yang cukup mumpuni. Bahkan keindahannya menjadi tujuan wisatawan datang ke wilayah ini. Salah satu potensi pariwisata yang terkenal yaitu pantai Gunung Kidul. Adapun informasi lengkap mengenai pantai ini yaitu:

Harga Tiket Masuk Pantai Gunung Kidul

Harga tiket masuk untuk mengunjungi wisata pantai di Gunung Kidul terbilang cukup murah. Biasanya tiket masuk dihitung per orang pada loket pembayaran. Harga tiket masuk di pantai Gunung Kidul per orang umumnya berkisar Rp. 5.000 – Rp. 10.000. Sementara untuk tarif parkir tergantung pada kendaraan yang dibawa. Jika kendaraan roda dua biasanya tarif parkir Rp. 3.000. sementara untuk kendaraan roda empat Rp. 5.000 – Rp. 10.000. Ada pula pantai yang menyediakan lokasi untuk camping. Untuk kebutuhan camping pengunjung akan dikenakan tarif tambahan.

Rute Menuju Lokasi Pantai Gunung Kidul

Untuk mengunjungi wisata pantai Gunung Kidul dapat ditempuh melalui berbagai jalur. Mulai dari jalur selatan, jalur utama, jalur utara hingga jalur timur. Adapun rute lengkap mengenai jalur yang dapat ditempuh dari keempat jalur tersebut diantaranya:

  • Jalur Selatan. Bagi pengunjung yang berasal dari Imogiri, Bantul Selatan, Kulon Progo, Parangtritis, dan Purworejo dapat melintasi jalur selatan menuju Panggang atau Saptosari lalu dapat menyusuri pantai yang diinginkan. Untuk waktu tempuh dari Bantul menuju pusat wisata pantai ini kurang lebih 2 jam perjalanan.
  • Jalur Utama. Bagi pengunjung yang berasal dari Magelang, Semarang, Sleman, Klaten dan Solo bisa melintasi jalur utama yaitu melalui jalan Jogja atau Prambanan menuju Piyungan kemudian menuju Wonosari. Dari Wonosari pengunjung dapat langsung menuju jalan ke arah Pantai Baron. Lama perjalanan sekitar 2-3 jam.
  • Jalur Utara. Sementara jika melalui jalur utara pengunjung yang berasal dari Salatiga, Boyolali dan sekitarnya dapat melalui jalan Klaten – Cawas – Semin GUnung Kidul – Karangmojo – Wonosari kemudian ke arah selatan menuju pantai. Jarak tempuh dari Klaten ke pusat wisata pantai di Gunung Kidul sekitar 2-3 jam.
  • Jalur Timur. Pengunjung yang berasal dari Praci, Sukoharjo, Wonogiri dan Pacitan dapat melintasi jalan lintas selatan atau masuk dari Praci menuju Rongkop atau Baran kemudian ke selatan menuju Girisubo belok kanan pada pertigaan tugu dekat Polsek Girisubo dan menyusuri jalur pantai. Waktu tempuhnya juga sama dengan jalur lain yaitu sekitar 2-3 jam perjalanan.

Objek Wisata Pantai Gunung Kidul

Sebagai wilayah yang terkenal akan potensi wisata pantainya, Gunung Kidul memiliki berbagai objek wisata pantai yang menarik dan indah. Beberapa objek wisata yang ada di Pantai Gunung Kidul diantaranya:

1. Pantai Pok Tunggal

Objek wisata pantai di Gunung Kidul terkenal yang pertama yaitu pantai Pok Tunggal.. Nama pok tunggal sendiri berasal dari Pohon Duras yang ada di pantai tersebut. Dimana pok berarti pohon dan duras merupakan satu-satunya pohon yang ada di pantai itu. Karena jumlahnya yang hanya satu maka pantai ini diberi nama pantai pok tunggal atau pantai satu pohon.

Daya tarik dari pantai ini yaitu terletak pada aliran sungai bawah tanahnya yang menimbulkan rasa penasaran. Kejernihan air lautnya juga memungkinkan pengunjung untuk diving dan snorkeling dengan leluasa. Bahkan di pantai ini juga disediakan area untuk camping bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan malam di pantai. Keunikan pantai yang hanya memiliki satu pohon juga dapat menjadi spot foto menarik yang kekinian.

2. Pantai Baron

Pantai kedua yang terkenal di Gunung Kidul yaitu Pantai Baron. Nama Baron berasal dari nama bangsawan Belanda yaitu Baron Skeber yang pernah mendaratkan kapalnya di pantai ini. Atas dasar sejarah inilah kemudian pantai ini diberi nama Pantai Baron. Banyak pengunjung yang tertarik dengan keindahan dan berbagai fasilitas lain di pantai ini.

Keindahan yang ditawarkan pantai ini yaitu terdapat teluk dan sungai yang menjadikan pantai ini terlihat alami dan asri. Selain itu juga terdapat mercusuar yang memungkinkan pengunjung menikmati keindahan pantai dari ketinggian. Pengunjung yang mengunjungi pantai ini juga bisa menikmati kelezatan makanan laut di warung-warung dan rumah makan yang telah tersedia.

3. Pantai Sundak

Pantai yang ada di Gunung Kidul selanjutnya yaitu pantai Sundak. Objek pantai yang terletak di Tepus ini menawarkan pesona alam yang menawan. Pantai Sundak berasal dari kata “Su” (Asu atau Anjing) dan “Ndak” (Landak) yang merupakan kisah dua binatang ini yang dahulu tinggal di dalam goa. Sebagai pantai yang langsung berbatasan dengan Samudra Hindia keindahan yang ditampilkan yaitu gulungan ombaknya yang besar.

Disamping itu pantai sundak juga memiliki daya tarik pada goa yang memiliki mata air tawar di dalamnya. Pesona inilah yang tidak ada pada semua pantai. Daya tarik goa pada pantai ini juga merupakan salah satu faktor yang membuat wisatawan jauh-jauh mengunjungi pantai Sundak. Di dalam goa inilah merupakan tempat tinggal anjing dan landak sebagai asal usul nama pantai Sundak.

4. Pantai Indrayanti

Selain pantai-pantai di atas, Pantai Indrayanti juga merupakan salah satu pantai yang terkenal di wisata pantai Gunung Kidul. Nama Indrayanti sebenarnya diambil dari nama pemilik sebuah restoran yang terpampang jelas dan menjadi banyak dikenal banyak orang. Karena nama Indrayanti lebih familiar sehingga orang-orang menyebut pantai ini pantai Indrayanti.

Salah satu objek wisata pantai di Gunung Kidul ini terkenal akan kebersihan pantainya yang terawat dengan baik. Bukan hanya pihak pengelola namun pengunjung harus terlibat dalam menjaga kebersihan pantainya. Panorama sunset yang ditampilkan saat sore hari pada pantai ini juga mempesona. Apalagi di pantai ini sudah disediakan penginapan dan berbagai restoran seafood yang akan menambah kenyamanan pengunjung selama berada di pantai Indrayanti.

5. Pantai Siung

Berjarak sekitar 70 km dari pusat Kota Jogja, Pantai Siung menjadi objek wisata pantai yang banyak dikunjungi wisatawan. Meskipun terbilang cukup jauh dan akses menuju lokasi cukup sulit, namun keindahan pantai ini mampu membayar semua kelelahan selama perjalanan. Berbagai daya tarik dan spot foto yang unik bisa didapatkan dari pesona pantai Siung.

Daya tarik yang ditawarkan pantai Siung yaitu pada tebing-tebing di area bukit yang berjajar disekitar pantainya. Pengunjung juga dapat melakukan kegiatan panjat tebing di sini. Belum lagi keindahan karang-karang yang semakin memanjakan mata. Keindahan karang, air laut dan pasir putihnya dapat pengunjung nikmati dari atas ketinggian bukit di sekitar pantai. Ini akan menjadi pengalaman berkunjung ke pantai yang tak terlupakan.

Sebenarnya masih terdapat banyak pantai di Kabupaten Gunung Kidul. 5 objek wisata pantai di atas merupakan yang paling terkenal dan banyak dikunjungi di wilayah Pantai Gunung Kidul. Berbagai objek wisata dan daya tarik pantai tersebut memang menarik perhatian wisatawan untuk dikunjungi. Pantai-pantai di Gunung Kidul tersebut cocok menjadi tujuan wisata liburan bersama keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *