Pantai Indah Kapuk : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Jakarta adalah ibu kota dengan penuh pesona. Setiap orang ingin berlomba-lomba datang ke Jakarta untuk mencari penghidupan, namun ada wisata alam yang patut untuk dikunjungi. Salah satu wisata alam yang bisa dikunjungi oleh wisatawan adalah pantai indah kapuk.  Di dalam pantai indah kapuk terdapat obyek wisata lain yang cocok untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga atau teman.

Awalnya pantai ini merupakan pemukiman kumuh, namun ada sebuah perusahaan swasta yang mengubahnya menjadi kawasan elit dan indah. Pantai ini diberi nama pantai indah kapuk karena dahulunya banyak sekali pohon randu yang tumbuh di area pantai ini. Warga sekitar memanfaatkannya untuk membuat bantal dan kasur. Sekarang kawasan pantai indah kapuk menjadi kawasan yang komersial dan indah untuk dikunjungi.

Harga Tiket Ke Pantai Indah Kapuk

Pantai indah kapuk adalah salah satu tujuan destinasi wisata dengan budget yang murah. Hal ini disebabkan untuk menikmati keindahan pantainya, pengunjung hanya perlu mengeluarkan dana untuk parkirnya saja. Biaya parkir yang dikenakan untuk kendaraan pribadi seperti mobil sebesar Rp 15.000 dan untuk bus sebesar Rp 40.000.

Biaya parkir tersebut tidak dikenakan chars per jam namun harian. Harga akan berbeda jika wisatawan memasuki obyek wisata komersial lain disekitar pantai indah kapuk. Hal ini lumrah mengingat pantai ini dikelola oleh pihak swasta yang membuatnya menjadi komersil.

Wisatawan hanya sekedar ingin menikmati pasir putih dan sunset bisa berkunjung di bibir pantai indah kapuk secara cuma-cuma. Sayangnya pantainya sendiri tidak banyak wisatawan yang berkunjung, karena berbagai alasan dan memilih obyek wisata disekitarnya.

Baca Juga :   Pantai Ngudel : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Rute Menuju Lokasi Pantai Indah Kapuk

Pantai indah kapuk sendiri memiliki lokasi yang strategis. Letaknya berada di Jalan Garden House RT 08 RW 01, Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara. Wisatawan yang ingin menuju PIK tidak perlu khawatir, karena tempat wisata ini sudah memiliki akses sarana yang memadai. Rute yang bisa diambil oleh wisatawan bisa mengambil jalan dari tol yang menuju bandara Soekarno Hatta atau menuju Jakarta Outer Ring Road.

Wisatawan yang ingin menuju PIK bisa melalui 3 cara. Diantaranya yaitu menaiki bus Trans Jakarta koridor 9A jurusan Pinang Ranti-Pluit, menaiki bus no 37 jurusan Blok M, atau kendaraan pribadi. Wisatawan yang ingin mengemat biaya perjalanan bisa menggunakan kendaraan umum seperti bus Trans Jakarta atau bus jurusan Blok M.

Harga yang dipatok untuk mengendarai bus Trans Jakarta cukup murah yaitu sebesar Rp 3500, meskipun nantinya akan disambung menggunakan angkutan umum lainnya, namun menaiki bus sudah cukup efisien. Wisatawan yang tidak ingin melakukan perjalanan wisata secara nyaman bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan melewati tol dalam kota atau melewati tol bandara.

Obyek Wisata Yang Ada Di Pantai Indah Kapuk

Sebagai salah satu kawasan elit di Jakarta, PIK memiliki segudang fasilitas yang bisa disuguhkan untuk wisatawan. Mulai dari wisata air sampai wisata edukasi tersedia di area PIK. Obyek wisata yang bisa di nikmati wisatawan diantaranya yaitu:

1. Waterboom

Waterboom yang di PIK buka setiap hari namun memiliki harga tiket masuk yang mahal ketika memasuki weekend. Harga tiket yang ada berbeda-beda untuk anak=anak dan dewasa. Pada weekdays harga tiket masuk waterboom untuk anak-anak Rp 100.000 dan untuk dewasa Rp. 170.000. Weekend harga tiket naik menjadi Rp 200.000 untuk anak-anak dan Rp. 270.000 untuk dewasa.

Baca Juga :   Pantai Ngalur : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Fasilitas yang ditawarkan juga cukup lengkap seperti loker, mushola, gazebo, pelampung, pakaian renang, sampai kamar mandi umum. Agar lebih murah wisatawan bisa menggunakan kartu waterboom flazz, kartu pelajar, ATM BCA atau Mandiri. Wisatawan akan dikenakan diskon sebesar 50%.

2. Hutan Mangrove

Hutan mangrove yang ada di PIK bisa menjadi salah satu pilihan wisatawan untuk menghirup udara segar dari penatnya kota Jakarta. Luas hutan mangrove PIK ini sebesar 99 hektar. Fasilitas yang ada di hutan mangrove yang bisa dinikmati oleh wisatawan adalah perahu yang fungsinya untuk mengelilingi rawa-rawa sehingga wisatawan bisa menikmati sekeliling hutan mangrove. Ada juga villa dan tenda jika wisatawan ingin bermalam di area hutan mangrove PIK ini.

Di dalam hutan mangrove PIK ini juga terdapat masjid mengapung yang menjadi fasilitas unik di area wisata ini. Harga tiket untuk memasuki hutan mangrove ini adalah Rp 25.000 untuk wisatawan lokal, sedangkan untuk wisatawan mancanegara sebesar RP 250.000.

3. Gerbang Menuju Kepulauan Seribu

Fungsi lain dari pantai indah kapuk adalah sebagai gerbang menuju kepulauan seribu. Selain memiliki pemandangan yang indah dan pasir putih yang lembut, PIK merupakan akses utama menuju kepulauan seribu yang terkenal akan keindahannya. Wisatawan juga bisa menuju ke pulau seribu sembari menikmati keindahan PIK. Liburan akan menjadi terasa menyenangkan saat bisa menikmati dua keindahan alam sekaligus.

4. Bay Walk Mall

Wisatawan bisa menikmati keindahan pantai indah kapuk di dalam bay walk mall. Kadang kala, pihak manajemen mall mengadakan event yang berlatar belakang keindahan pantai indah kapuk. Selain dapat perbelanjan, wisatawan bisa merasakan keindahan hamparan laut dan segarnya udara pantai. Pariwisata yang memiliki mall seperti ini di Indonesia hanya ada di pantai indah kauk.

Baca Juga :   Pantai Gunung Kidul : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

5. Jetski Cafe

Wisatawan yang pantai indah kapuk bisa mengunjungi cafe Jetski untuk menikmati kuliner. Makanan di Jetski cafe memiliki menu yang beragam dan paling direkomendasikan adalah menu makanan seafoodnya. Selain kuliner, jetski cafe juga menyewakan peralatan olah raga air seperti jetski dan lainnya.  Sangat jarang cafe yang sekaligus menyediakan peralatan olah raga air kalau tidak di Jetski Cafe. Cafe ini cocok untuk makan bersama pasangan karena temanya berkesan romantis dan privat.

6. Dapur Seafood

Selain Jetski Cafe, di area pantai indah kapuk juga terdapat restoran mewah yang bernama dapur seafoad. Tema dapur seafood cocok sebagai tempat makan untuk kelompok besar jika dilihat dari fasilitasnya. Jarang ada restoran dengan masakan enak, mewah yang terletak di area pantai. Wisatawan akan memiliki pengalaman kuliner yang berbeda ketika mengunjungi restoran dapur seafood.

7. Pluit Village

Pluit village merupakan area mall yang berdiri di pantai indah kapuk dengan memakan lahan 21 hektar. Setelah mengunjungi waterboom atau hutan mangrove, wisatawan bisa berkunjung di pluit village untuk berbelanja atau makan siang. Di dalam pluit village terdapat stand-stand yang lengkap seperti mall besar yang ada di Jakarta lainnya. Berdirinya pluit village menambah daya tarik wisata pantai indah kapuk.

Obyek wisata diatas bisa di nikmati wisatawan di dalam area pantai indah kapuk. Wisata ke pantai ini cocok dilakukan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau pasangan disaat liburan. Nikmati keindahan pantai sambil menelusuri objek wisata yang ada merupakan pengalaman berlibur yang tidak akan pernah terlupakan saat berkunjung di pantai indah kapuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *