Pantai Indramayu : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Bicara soal Jawa Barat pasti pernah mendengar dan sudah tidak asing soal Kota Indramayu yang ada di Jawa Barat. Kota yang memiliki wisata alam dan wisata buatan yang sangat menawan dan menarik dikunjungi. Banyak tempat wisata yang bisa di eksplore di Kota Indramayu. Berikut adalah ulasan mengenai Pantai Indramayu :

Harga Tiket Masuk Pantai Indramayu

Saat mengunjungi suatu tempat wisata, harga tiket masuk merupakan satu informasi yang sangat penting untuk diketahui. Dengan mengetahui harga tiket masuk suatu wisata maka akan mempersiapkan uangnya sebelumnya. Harga tiket masuk ke pantai Indramayu adalah sekitar Rp. 2.000,- sampai dengan Rp. 3.000,- sesuai dengan pantai yang kalian kunjungi. Namun untuk memasuki dan menikmati wisata lain pengunjung akan dikenakan biaya lagi sesuai dengan wisata yang kalian kunjungi.

Rute Menuju Lokasi Pantai Indramayu

Indramayu merupakan salah satu nama kabupaten yang ada di provinsi Jawa Barat. Dari Jakarta letaknya sekitar 207 km, jika kita dari Jakarta dan ingin mengunjungi Indramayu maka waktu yang ditempuh adalah sekitar kurang lebih 4 jam. Sedangkan dari Kota Bandung, Indramayu berjarak sekitar 180 km atau sekitar 3 jam perjalanan dari Bandung menuju Indramayu.

Banyak transportasi yang bisa digunakan untuk menuju Indramayu, mulai menggunakan bis, mobil pribadi, ataupun sepeda motor. Saat ingin mengunjungi Indramayu jalan yang paling sering dilalui adalah jalur pantai utara. Wisatawan yang ingin berkunjung kesana bisa menggunakan google maps untuk menjadi petunjuk jalan, atau bisa juga mengikuti arah yang ada dijalan yang mengarahkan ke Indramayu.

Baca Juga :   Pantai Gunung Kidul : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Obyek Wisata Pantai Indramayu

Banyak wisata Pantai Indramayu yang bisa di eksplore. Keindahan alami pantai yang memiliki daya tari tersendiri membuat para wisatawan yang mengunjunginya terpesona dengan keindahannya. Berikut adalah beberapa pantai Indaramayu yang wajib dikunjungi :

1. Pantai Tirtamaya

Pantai Indramayu yang wajib dikunjungi adalah Pantai Tirtamaya. Letak Pantai Tirtamaya adalah di Kecamatan Jatinyuat, Desa Jatinyuat. Berjarak kurang lebih 25 km dari pusat Kota Indramayu. Pantai yang satu ini dinobatkan sebagai pantai terbaik yang ada di Kota Indramayu dengan keindahannya dan juga fasilitas yang disediakan.

anyak keindahan Pantai Tirtamaya yang menjadikan pantai ini mendapat julukan pantai terbaik. Dari keindahan sunrise dan sunset yang sungguh sangat menawan. Tidak hanya itu, di pantai ini wisatawan juga bisa menikmati berenang di pantai karena jeda antara pasang dan surutnya air laut di pantai ini terbilang lama. Jadi sangat cocok untuk kalian yang ingin berenang di pantai.

Akses menuju pantai yang satu ini juga sangat mudah karena pantai ini dekat dengan jalan raya. Tidak hanya itu, ternyata pantai ini juga sebagai terminal dermaga bagi pengunjung yang ingin mengunjungi pulau Biawak menggunakan kapal boat.

2. Pantai Balongan Indah

Pantai Balongan Indah merupakan salah satu Pantai Indramayu yang masih jarang dikunjungi wisatawan. Letak pantai ini tidak jauh dari Pantai Tirtamaya. Ombak dipantai ini juga sangat tenang sama seperti di Pantai Tirtamaya. Orang Indaramyu menyut Pantai Balongan Indah adalah Pan tai Bali.

Saat malam hari pantai ini akan sangat indah dengan pancaran-pancaran lampur dari pabrik modernya yang ada disekitar pantai, karena pantai ini memang letaknya dekat dengan kilangan minyak pertamina.

Pantai Indramayu yang satu ini sangat nyaman dan membuat wisatawan yang berkunjung ke pantai ini bebas bermain di pantai karena pantai yang satu ini belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Salah satu kelebihan yang sangat disukai oleh wisatawan saat mengunjungi pantai ini adalah kendaraan pribadi atau mobil yang kalian bawa bisa masuk sampai ke bibir pantai. Jangan takut nanti pasir akan ambles, karena struktur pasir di Pantai Balongan Indah padat.

Baca Juga :   Pantai Jimbaran: Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3. Pantai Karangsong (Mangrove)

Letak Pantai Karangsong ada di Kota Indramayu, berjarak sekitar 4 km dari pendopo Kabupaten Indramayu. Pantai yang memiliki nama lain pantai hutan mangrove ini menawarkan pemandangan hutan magrovenya yang eksotis. Pantai Indramayu yang satu ini dulunya merupakan tempat berkumpulnya para nelayan tradisional.

Tempat ini memang terkenal dengan sebutan pantai nelayan, karena mulai penangkapan ikan, pelelangan ikan, pembuatan kapal, dan lain sebagainya dilakukan di Pantai Karangsong ini.

Saat wisatawan mengunjungi pantai ini wisatawan akan melihat berbagai kapal besar bersandar, karena memang di sepanjang jalan pantai ini merupakan pabrik pembuatan kapal. Di pantai ini juga terdapat hutan mangrove seluas kurang lebih 25 hektar yang berfungsi sebagai penahan abrasi karena air laut.

4. Pantai LA Eretan

Pantai LA Eretan yang lebih populer dengan sebutan Pantai LA. LA merupakan kepanjangan dari lembah abang. Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki lemah abang atau dalam bahasa Indonesia adalah pasir merah. Jarak pantai ini dari Kota Indramayu adalah sekitar 40 km. Pantai ini berdampingan dengan Jalan Pantura Jawa Barat, jadi sangat mudah ditemukan oleh wisatawan yang akan mengunjungi pantai ini

Pantai yang satu ini memiliki keunikan sendiri meskipun pasirnya tidak berwarna putih, salah satunya adalah tumpukan batu-batu yang digunakan sebagai penahan abrasi. Keindahan pasirnya berwarna kemerah-merahnya juga sangat menawan dan sangat indah untuk diabadikan dengan kamera.

Baca Juga :   Pantai Prigi: Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Tidak hanya itu di Pantai Indramayu yang satu ini ada berbagai kuliner seafood yang disajikan oleh kurang lebih 10 rumah makan yang ada disekitar pantai ini. Harga makan yang dibandrol di kawasan rumah makan di sekitar pantai ini juga sangat terjangkau yaitu mulai Rp. 30.000,-.

5. Pantai Tebing Patrol

Pantai Indramayu yang selanjutnya adalah Pantai Tebing Patrol. Jika wisatawan ingin mengunjungi pantai ini, harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 1 jam 30 menit dari Kota Indramayu untuk menuju Pantai Tebing Patrol. Saat mengunjungi pantai ini kalian akan disuguhi pemandangan perkebunan bawang merah yang berjajar sepanjang jalan.

Hal ini dikarenakan Desa Patrol Lor tempat pantai ini adalah sentra bawang merah. Pantai ini dihiasi dengan jajaran tebing tpi bukan tebing bebatuan melainkan tebing yang dari tanah. Tebing ini terbentuk akibat tnah yang terkena abrasi dan membentuk tebing secara alami.

6. Pantai Glayem

Pantai Glayem memiliki omabk relative kecil, jadi buat para wisatawan yang ingin bermain air cocok sekali di pantai ini. Sat ini, di pantai ini juga sedang di bangun pemecah dan penahan ombak. Saat mengunjungi pantai ini, wisatawan bisa menikmati suasana pantai dengan menaiki perahu bermotor yang ada di pantai ini.

Selain itu juga ada tempa penyewaan ban bagi para wisatawan yang ini berenang di pantai ini, dan juga kereta untuk mengelilingi pantai. Wisata kuliner di Pantai Glyem juga memiliki ciri khas rasanya sendiri. Para wisatawan akan dimanjakan dengan berbabagai masakan ala Pantai Glayem.

Itulah ulasan mengenai beberapa Pantai Indramayu yang memiliki keindahan dan keunikannya masing-masing yang menjadi daya tarik bagi wisatawan yang mengunjunginya. Tidak hanya sekedar bisa bermain air saja, saat mengunjungi pantai disana juga bisa sekaligus berwisata kuliner.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *