Pantai Indrayanti : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Jika membahas tentang wisata yang ada di kota Jogjakarta maka tidak akan ada habisnya. Banyak sekali wisata yang ada di kota pelajar tersebut mulai dari wisata alam, wisata bersejarah dan lain sebagainya. Salah satu wisata yang menarik untuk di bahas adalah wisata pantai yang ada di kota Jogja. Memang kota Jogja memiliki banyak destinasi wisata pantai, salah satunya adalah Pantai Indrayanti.

Pantai ini menjadi rekomendasi pantai yang cantik dan tidak boleh terlewatkan untuk dikunjungi jika datang ke kota Jogja. Kenapa banyak wisatawan yang datang? Hal ini tidak terlepas dari keindahan dari pantai itu sendiri. Pantai ini memiliki pemandangan  indah, dengan pasir yang luas dan halus, juga air laut yang berwarna biru sangat memanjakan siapa saja yang datang.

Harga Tiket Masuk Pantai Indrayanti

Harga masuk di pantai ini bisa dibilang sangatlah mudah dan terjangkau. Tarif tiket masuk di tempat wisata daerah Gunung Kidul memang murah dibandingkan dengan di tempat lainnya. Para pengunjung hanya di minta untuk membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000/ orang untuk bisa memasuki pantai ini. Dengan membayar tiket 10.000 rupiah tentunya pengunjung tidak akan rugi karena keindahan yang disajikan.

Rute Menuju Lokasi Pantai Indrayanti

Lokasi pantai Indrayanti berada di area wisata pantai di Gunung Kidul, tepatnya tidak jauh dari tempat wisata lainnya misalnya saja seperti pantai Pok Tunggal, pantai Krakal dan pantai Sundak. Jika pengunjung datang dari pusat kota Jogja, maka jarak yang harus di tempuh menuju pantai ini adalah kurang lebih 66 Km atau sekitar 2 jam waktu perjalanan.

Alamat pantai ini berada di Wilayah desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Wilayah DIY. Meskipun lokasinya cukup jauh namun pengunjung tidak akan kecewa datang ke tempat ini karena bisa sekalian berkunjung ke pantai lainnya yang berada di dekat Indrayanti.

untuk sampai di Indrayanti tidaklah sulit, karena banyak papan petunjuk jalan yang lengkap dan mudah diikuti oleh pengunjung. Beberapa petunjuk arah mungkin menuliskan arah menuju pantai sawal atau pantai Syawal, namun sebenarnya kedua pantai ini menunjuk ke tempat yang sama. Untuk rute perjalanan menuju Indrayanti cukup ikuti rute berikut :

  • Dari wilayah Jogja ke jalan Wonosari / Ringroad Timur – menuju arah Piyungan – Patuk – Wonosari –Karangrejek –Hargosari –Tepus. Setelah sampai di wilayah Tepur carilah petunjuk jalan ke arah pantai.
  • Rute alternatif : Via jalan Imogiri – Siluk – Panggang – Saptosari – Trowono – Baron. Jika sudah sampai ke pantai Baron maka lanjutkan perjalanan ke arah timur sekitar 10 Km dan akan sampai ke Indrayanti.

Obyek Wisata Pantai Indrayanti

Tiket masuk sejumlah Rp. 10.000 bukan hanya untuk masuk ke kawasan Indrayanti saja. Namun pengunjung juga dapat mengakses seluruh pantai yang berada di daerah Gunungkidul, Wonosari. Pengunjung juga bisa berkeliling ke seluruh area desa Tepus, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul.

Terdapat beberapa destinasi wisata pantai lainnya yang masih satu kawasan degan pantai Indrayanti. Pantai-pantai ini bisa dikunjungi ketika pengunjung datang ke Indrayanti, pantai itu diantaranya Pantai Ngandong, Pantai Sadranan, Pantai Drini, Pantai Jungwok, Pantai Greweng, Pantai Pok Tunggal, Pantai Sepanjang, Pantai Sundak, Pantai Omadeng, Pantai Nglambor, Pantai Gesing.

Masing-masing dari pantai yang berada di Gunungkidul ini memiliki keunggulan dan keunikan masing-masing yang berbeda antara satu dan lainnya. Banyak para wisatawan yang datang ke Gunungkidul tidak cukup hanya berkunjung ke satu pantai saja, pengunjung akan berkunjung ke lebih dari satu destinasi pantai yang berada di Gunungkidul. Hal ini untuk menikmati keindahan pantai yang berbeda.

Fasilitas Pantai Indrayanti

Jangan takut berkunjung ke Indrayanti karena fasilitas yang tersedia di pantai ini cukuplah lengkap. Pengunjung akan dimanjakan dengan fasilitas-fasilitas yang menambah liburan semakin nyaman dan menyenangkan, fasilitas itu antara lain:

1. Café

Banyak café untuk bersantai dan menikmati aneka makanan yang disajikan di kawasan sekitar pantai. Selain itu pengunjung dapat bersantai di café sambil menikmati pemandangan dan kuliner khas pantai. Jadi jangan takut kelaparan jika datang ke Indrayanti.

2. Toilet & Kamar Mandi

Setelah bermain air seharian tentunya akan membuat tubuh basah kuyup, belum lagi air pantai membuat tubuh menjadi lengket. Namun bagi pengunjung janganlah khawatir karena di pantai ini terdapat toilet dan kamar mandi yang mencukupi, sehingga para pengunjung dapat membilas diri setelah seharian bermain air laut. Biaya menggunakan toilet hanya sekitar 2.000 dan biaya untuk mandi sekitar 5.000 rupiah.

3. Mushola

Bagi yang beragama islam juga jangan khawatir tidak bisa beribadah ketika liburan ke Indrayanti. Karena pantai ini di lengkapi dengan mushola yang data digunakan untuk umat muslim melakukan ibadah sholat.

4.  Wahana Permainan Khusus Anak

Bagi pengunjung yang membawa anak-anak maka dapat menikmati wahana permainan khusus anak-anak. Banyak fasilitas dan permainan yang membuat anak-anak betah dan tidak bosan berada di pantai Indrayanti. Wahana ini dapat dinikmati secara Cuma-Cuma alias Gratis.

Banyak sekali keseruan yang bisa dinikmati di pantai Indrayanti, oleh karena itu jangan sampai melewatkan mengunjungi pantai ini jika berwisata di Kota Gudeg. Karena meskipun dana yang dikeluarkan cukup minim namun hal hal yang bisa dinikmati sangatlah banyak.

 5. Jet Ski

Ada yang suka bermain jet ski? Maka bisa memanfaatkan jasa persewaan motor jet ski di Indrayati. Biayanya sewanya sekitar Rp 250.000 dan para pengunjung bisa bebas bermain di air laut pantai selama 15 menit.

6. Persewaan Payung Pantai

Keindahan alam Indrayanti sangat sayang jika terlewatkan tidak dinikmati. Pengunjung bisa menikmati pantai dengan cara menyewa payung pantai beserta alas tikarnya untuk bersantai di bawahnya. Biaya sewa ini hanya  Rp. 20.000 saja. Tentunya dengan cara ini pengunjung bisa menikmati pemandangan pantai dan suara deru ombak yang menenangkan jiwa.

7. Persewaan Gazebo

Jika menyewa pantai merupakan pilihan bagi yang ingin menikmati suasana pantai sendiri, maka bersantai di gazebo bisa menjadi alternatif bagi yang ingin menikmati suasana pantai bersama keluarga atau orang-orang terdekat. Biaya sewa gazebo hanya sekitar Rp. 30.000 dan pengunjung dapat memanfaatkannya untuk berkumpul dengan para kerabat sambil menikmati makanan yang dibawa.

Kuliner Pantai Indrayanti

Di Pantai Indrayanti tersaji aneka kuliner terutamanya kuliner laut atau seafood. Harganya pun sangat terjangkau mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu, tentunya harga ini tergantung ada menu yang pengunjung pilih. Selain menawarkan aneka makanan olahan laut, di Pantai ini juga banyak makanan local yang tidak asing lagi seperti soto, penyetan, nasi goreng dan kuliner lainnya.

Pengalaman tidak terlupakan pastinya bisa pengunjung rasakan, dimana bisa menikmati keindahan pantai yang mempesona dan dapat merasakan berbagai kuliner khas Indrayanti. Tidak sampai disitu saja namun banyak obyek wisata di pantai ini yang bisa di jelajahi.

Bisa menikmati keindahan alam Pantai indrayanti dengan berbagai fasilitas yang membuat liburan semakin nyaman di tambah adanya sajian kuliner tentunya membuat liburan semakin menyenangkan. Pengalaman tidak akan terlupakan bisa dibawa pulang dengan banyak kesan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *