Pantai Jayanti : Rute Menuju Lokasi dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Destinasi wisata seperti pantai memang tidak ada habis-habisnya dimakan waktu.Indonesia memiliki banyak ribuan pantai yang bisa dijadikan pilihan untuk berlibur. Keindahan alam Indonesia tidak hanya dinikmati oleh warga negaranya namun juga bagi para turis yang datang dari seluruh penjuru dunia. Pantai Jayanti adalah salah satu kekayaan alam yang berada di kabupaten Cianjur. Berikut ini adalah ulasan mengenai harga tiket masuk, rute menuju lokasi, serta objek wisata Pantai Jayanti.

Pantai ini mungkin belum banyak di kena orang karena kalah bersaing dengan pantai lain di provinsi Jawa Barat seperti Pantai Palabuhratu dan Pantai Pangandaran. Namun jangan khawatir, perihal keindahan dan pesonanya pantai Jayanti juga tidak kalah. Kelebihan pantai ini adalah keindahannya yang masih murni dan alami sebab belum tersentuh oleh industri.

Harga Tiket Masuk Pantai Jayanti

Potensi pantai ini harus terus di gali agar pesonanya tidak tenggelam dan terabaikan. Salah satu upaya untuk meningkatkan potensi sebagai destinasi wisata diperlukan beberapa sentuhan industri wisata seperti memaksimalkan pelayanan, fasilitas, dan kenyamanan pengunjung. Akan tetapi dengan satu syarat yaitu tidak merusak alam dan ekologi di sekeliling  pantai Jayanti.

Dibutuhkan banyak biaya untuk kemajuan wisata ini serta menggali potensi yang ada. Cara yang dapat dilakukan untuk menunjang niat tersebut adalah dengan bantuan harga tiket masuk yang diberikan oleh pengunjung ketika ingin berlibur ke pantai Jayanti. Harga tiket masuk ke pantai Jayanti bisa dibilang masih murah yaitu Rp 5.000 untuk satu sepeda motor dan Rp 15.000 untuk satu mobil.

Rute Menuju Lokasi Pantai Jayanti

Wisata andalan di cianjur ini lebih lengkapnya berada di Jl. Pantai Jayanti, Cidamar, Cidaun, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43257, Indonesia. Akses menuju lokasi Pantai Jayanti  sangat mudah dan jarak dari Jakarta tidak terlalu jauh. Untuk transportasi menuju pantai Jayanti dapat ditempuh dengan sepeda motor,  mobil, atau menggunakan bus. Pilihan transportasi harus disesaikan dengan kenyamanan diri sendiri.

Wisatawan yang berasal dari bandung serta ingin menikmati keindahan pantai ini yang eksotis maka rute perjalanan dapat dimulai dengan melewati Ciwide, Naringgul, Cidaun, Jayanti. Perjalanan akan terasa menyenangkan karena sepanjang jalan mata akan dimanjakan dengan paranoma alam yang indah.

Jika ingin menggunakan kendaraan umum bisa mengambil rute dar terminal Ciwidey ke arah Cidaun. Jarak tempuh dar kota bandung menuju Pantai Jayanti jika menggunakan kendaraan bermotor yaitu berkisar antara 2 sampai 3 jam.

Selain rute itu ada beberapa opsi lain yang dapat dipilih seperti Bandung-ciwidey-Naringgul-Cideun-Jayanti, Bandung – Cidiwey – Cikadu – Sindangbarang – Cidaun – Jayanti, Bandung – Garut-Pameungpeuk – Ranca Buaya – Jayanti.

Bagi pengunjung yang melakukan perjalanannya dari Jakarta, Bogor, Bekasi, dan Depok dapat mengambil pilihan rutenya dari Cianjur – Cibeber – Sukanegara – Tanggeung – Sindangbarang – Cidaun  – Jayanti. Rute ini bisa dibilang cukup jauh dibandingkan rute dari Bandung.

Oleh karena itu bagi para wisatawan yang berasal dari Jakarta dan ingin berlibur ke pantai Jayanti harap untuk mengatur waktu agar dapat sampai dengan tepat waktu. Transportasi umum juga disediakan, cukup dengan menggunakan bis tujuan Pasirhayam-Cidaun.

Objek Wisata Pantai Jayanti

Di pantai Jayanti ditemukan banyak objek wisata yang dapat dilakukan. Objek wisata adalah segala sesuatu yang berada di tempat wisata dan merupakan daya tarik para wisatawan untuk berdatangan ke  tempat wisata tersebut. Pantai selatan ini mempunyai banyak paranoma alam yang menabjubkan. Berikut ini adalah daya tarik dari pantai Jayanti:

1. Bermain Pasir Di Tepi Pantai

Objek wisata pantai Jayanti bermacam-macam salah satunya adalah pasir pantai Jayanti yang berwarna hitam dan coklat berbeda dengan pasir di pantai yang lain. Butir pasir di pantai ini juga berukuran besar. Ombak di pantai ini cukup besar untuk itu bermain pasir lebih aman daripada berenang. Walaupun tidak bisa memanjakan tubuh dengan air, membangun istana pasir juga sangat menyenangkan untuk dilakukan.

2. Menjelajahi Laut Dengan Perahu Nelayan

Kegiatan menyenangkan lainnya adalah dengan menjelajah laut menggunakan perahu. Di pantai Jayanti dapat ditemukan pemandangan perahu-perahu nelayan pada tepi pantai yang berserakan. Cobalah untuk menyewa salah satu perahu nelayan. Namun, jika kondisi tidak memungkinkan untuk berlayar janganlah melakukan hal tersebut karena yang paling utama adalah keselamatan diri.

3. Menikmati Pemandangan Matahari Terbenam

Pemandangan satu ini memang banyak diburu para wisatawan. Warna jingga yang dihasilkan ketika matahari terbenam memang membawa kenyamanan dan ketenangan tersendiri. Di pantai Jayanti, para wisatawan dapat menikmati matahari terbenam atau sunset yang tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai lain. Menyusuri pantai dengan suara deburan ombak dan langit jingga di senja hari adalah pengalaman yang tidak dapat terlupakan

4. Berjalan di Dermaga

Selain menjadi destinasi wisata, pantai ini juga merupakan tempat persinggahan para nelayan sesudah melaut. Tempat keluar masuknya perahu itu adalah sebuah dermaga yang disebut “lawing” oleh warga sekitar. Wisatawan dapat berjalan diatas dermaga untuk melihat pemandangan laut lepas dan kehidupan para nelayan disini.

5. Tempat Pemotretan Atau Berfoto

Panorama alam di Pantai Jayanti yang masih asri dan alami memang menjadikan pantai in sebagai tempat yang cocok untuk melakukan pemotretan seperti foto prewedding atau  berselfie ria. Memotret langit jingga sangat bagus untuk menambahkan postingan di Instagram. Jangan sampai lupa untuk mengabadikan momen-momen bersama keluarga agar selalu dapat dikenang.

Nah selain di atas daya tarik pantai Jayati juga berasal dari mitos yang saat ini beredar di masyarakat. Hamper seluruh tempat wisata di Indonesia memiliki mitosnya sendiri. Adapun mitos di pantai ini adalah kepercayaan masyarakat mengenai Prabu Siliwangi dan Kian santang yang pernah tinggal disana. Mitos tersebut diperkuat dengan adanya batu besar yang menyerupai telapak kaki prabu siliwangi.

6. Menikmati Suguhan Pesona Alam Yang Indah

Wisata yang berada di cianjur ini memiliki pesona alam yang belum banyak terjamah oleh manusia. Hal itu dikarenakan pantai ini dahulunya adalah sebagai tempat persinggahan kapal oleh para nelayan. Sekarang pantai ini sudah menjadi tujuan wisata warga sekitar untuk sekedar bermain air, menikmati angin sepoi-sepoi, menikmati makanan laut dan melihat matahari tenggelam di senja hari.

Berlibur ke pantai Jayanti adalah pilihan terbaik bagi wisatawan yang ingin melepaskan penat dan menghilangkan stress dari aktivitas sehari-hari. Cobalah untuk berlibur ke pantai Jayanti di kabupaten Cianjur ini. Jika sudah berada disana ikutilah aturan dan peringatan dari pihak yang mengelola pantai tersebut. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan seperti tenggelam atau terbawa arus.

Bagi wisatawan yang sampai di tempat tujuan di pagi hari atau siang hari dan ingin menikmati pemandangan matahari terbenam di Pantai ini. Cobalah untuk memesan penginapan di lokasi yang tidak jauh dari Pantai Jayanti. Wisata pantai yang indah memang banyak diburu wisatawan hampir di semua objek selalu ramai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *