Pantai Jetis : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

pantai jetis

Jawa Tengah tak habis-habisnya melahirkan destinasi wisata yang memikat hati, mulai dari Candi Borobudur hingga dataran tinggi Dieng. Kali ini, Jawa Tengah dipopulerkan dengan keberadaan Pantai Jetis, pantai yang sedang trending di kalangan wisatawan saat ini. Terutama bagi wisatawan yang suka berswafoto. Keindahan Pantai ini beserta spot-spot fotonya memang sangat sayang ditinggalkan.

Bagi wisatawan, pantai Jetis adalah destinasi yang pantang ditinggalkan. Tidak perlu khawatir menempuh jarak terlalu jauh. Jarak antara Jogja dan Pantai ini hanyalah 63 kilometer. Jadi pengunjung hanya perlu menempuh 1 setengah jam berkendara. Jika dari Wonosobo, jarak tempuhnya adalah 74 kilo dengan waktu sekitar 2 jam.

Harga Tiket Masuk Pantai Jetis

Pantai Jetis terletak di kawasan wisata Purworejo, tepatnya berada di desa Patutrejo, Jawa Tengah. Dulunya, pantai ini merupakan tempat reklamasi dari sebuah perusahaan. Pada tahun 2007, kawasan ini bukanlah sebuah pantai wisata. Melainkan tempat penambangan pasir besi. Baru setelah 10 tahun kemudian, pemerintah setempat berinisiatif memperbaiki bekas reklamasi. Jadilah pantai Jetis yang indah dan eksotis seperti saat ini.

Destinasi wisata Pantai Jetis buka selama 24 jam. Oleh karena itu, pengunjung tidak perlu takut tiba di pantai saat pantai tersebut ditutup. Selain untuk tempat wisata, Pantai ini juga sering dimanfaatkan sebagai tempat berkemah.

Terkait bea masuk, pengunjung tidak perlu mengkhawatirkan harga tiket masuk apabila berwisata ke Pantai ini. Semua destinasi di pantai ini bisa dinikmati secara gratis. Begitu tiba, cukup parkir kendaraan di tempat parkir terdekat. Setelah itu, pengunjung langsung bisa masuk ke pantai tanpa harus membayar sepeser pun.

Baca Juga :   Pantai Ujung Negoro : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Akan tetapi, biaya parkir kendaraan tetaplah ada. Biasanya biaya parkir untuk motor adalah 3000 rupiah, sedangkan mobil 5000 rupiah. Ada banyak tempat parkir tersedia di sana. Jadi semua pengunjung bebas memilih mana tempat parkir yang paling disukai.

Rute Menuju Lokasi Pantai Jetis

Untuk sampai di Pantai ini, ada tiga rute yang bisa diambil. Pertama, rute Jogja. Jika perjalanan ditempuh dari Jogja, lewatilah rute Wates – Purworejo terlebih dulu. Tepat sebelum gapura selamat datang di Purworejo, belok kiri. Setelah bertemu dengan jembatan Congot, terus jalan lurus hingga bertemu dengan gapura tanda masuk desa Patutrejo. Pintu masuk Pantai ini tepat berada di sebelahnya.

Kedua adalah rute Wonosobo dan sekitarnya. Jika pengunjung berkendara dari Wonosobo, silakan ambil rute arah Kutoarjo. Lurus saja hingga melewati Jalan Daendels dan bertemu gapura selamat datang. Terus saja lurus sampai masuk desa Patutrejo dan bertemu gerbang pantai Jetis.

Terakhir adalah rute bagi pengunjung yang berasal dari Kebumen. Jalannya tidak terlalu rumit. Cukup lewat arah pantai Petanahan lalu lurus hingga sampai ke gerbang pantai Jetis.

Sebagai informasi, rute menuju Pantai ini termasuk rute yang padat. Maka dari itu, dianjurkan bagi pengunjung untuk berangkat lebih pagi. Jika ingin menikmati sunset, pengunjung sebaiknya berangkat jam 4 sore ke atas.

Obyek Wisata Pantai Jetis

Ada banyak sekali obyek wisata yang membuat Pantai Jetis harus dikunjungi. Pantai Jetis tidak hanya memiliki obyek wisata berupa deburan ombak yang besar. Ada juga obyek-obyek wisata lain yang pantang ditinggalkan. Penasaran? Berikut ini obyek-obyek wisata mengagumkan lainnya.

1. Pasir Hitam Nan Eksotis

Begitu memasuki area wisata Pantai ini, pengunjung akan langsung disambut pemandangan pasir hitam yang membentang. Pasir ini berwarna gelap karena mengandung banyak mineral. Meskipun demikian, pasir ini begitu halus sehingga cocok dijadikan tempat bermain anak-anak.

Baca Juga :   Pantai Uluwatu : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Selain halus, pasir hitam di Pantai Jetis juga sangat menarik untuk dijadikan obyek fotografi. Tidak banyak pantai di Indonesia yang punya warna seperti pantai satu ini. Berhasil berfoto di pasir hitam eksotis Jetis merupakan satu kebanggaan tersendiri.

2. Dukuh-Dukuh Kecil Di Tepi Pantai

Di tepian pantai, terdapat dukuh-dukuh kecil yang tertata dengan apik. Tidak seperti gardu yang berukuran besar, dukuh-dukuh ini berukuran lebih kecil. Meskipun demikian, setiap gardunya muat diduduki 4 sampai 5  orang sekaligus. Biasanya, para wisatawan memanfaatkan dukuh-dukuh ini untuk beristirahat atau menaruh barang.

Satu lagi yang unik dari keberadaan dukuh tepi pantai ini adalah struktur bangunannya. Dukuh ini terbuat dari perpaduan kayu jati dan bambu, dengan atap perpaduan dari genting flat dan daun kelapa kering. Pemerintah setempat sengaja membangun sedemikian rupa agar tema dukuh cocok dengan suasana pantai.

3. Gardu Pandang

Gardu pandang adalah salah satu obyek wisata terlaris di Pantai Jetis. Obyek wisata ini paling terkenal di kalangan pasangan-pasangan muda. Untuk sampai ke gardu pandang, pengunjung perlu naik tangga setinggi 3 meter. Di atas nanti, akan ada spot foto berbentuk hati dikelilingi dedaunan. Jika ingin berfoto bersama pasangan, para pengunjung tinggal minta tolong kepada penjaga pantai di sekitar. Namun jika ingin mendapat foto tercetak, ada pula jasa fotografer di Pantai Jetis yang siap melayani.

Selain spot foto berbentuk hati, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan indah pantai dari atas gardu. Dari sini, pengunjung bisa menyaksikan lebih jelas bagaimana eksotisme pasir hitam pantai bertemu debur ombak yang lumayan besar.

4. Sunset Di Horizon Pantai

Banyak pengunjung mengakui, Pantai Jetis merupakan salah satu tempat terbaik melihat sunset di Jawa Tengah. Saat senja, pasir hitam di pantai ikut menggelap. Meski matahari belum sepenuhnya tenggelam, cahaya di sekitar pantai akan mulai meredup. Suasana tersebut terasa misterius sekaligus sakral. Dengan cahaya yang hanya terpusat pada matahari yang sedang terbenam.

Baca Juga :   Pantai Slili : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Secara keseluruhan pemandangan menjadi sangat indah. Misterius, memang. Tapi indah. Untuk pengunjung yang suka berburu sunset dari pantai satu ke pantai lain, sunset pantai Jetis tidak boleh terlewatkan.

5. Taman Payung

Taman Payung juga menjadi obyek wisata Pantai Jetis yang paling diminati. Bisa dibilang karena taman inilah Pantai Jetis menjadi semakin terkenal. Pada awalnya, Taman Payung mulai viral di internet. Sejak saat itu, banyak orang merasa penasaran dengan Taman Payung dan mulai mengunjunginya.

Taman Payung adalah sebuah taman yang dipenuhi pohon pinus. Di tiap ruas jalan di dalam taman, tergantung banyak payung aneka warna. Bukan itu saja, di taman payung juga terdapat berbagai tempat istirahat. Juga pedagang-pedagang yang menyediakan makanan dan minuman. Saat berkunjung ke Taman Payung, pengunjung akan merasakan sensasi berada di pegunungan.

Demikianlah informasi lengkap mengenai Pantai Jetis. Sebagai informasi tambahan, Pantai Jetis menyediakan fasilitas yang sangat lengkap. Mulai dari kamar mandi, tempat istirahat, tempat parkir yang luas, juga arena bermain anak-anak. Selain itu, akses menuju Pantai Jetis juga sangat mudah dicapai. Jalan menuju ke sana sangat mudah dihapal. Selain itu, pemerintah telah membangun area sekitar pantai dengan baik. Fasilitas kebersihan pantai lengkap sehingga kebersihannya pun terjaga. Akan tetapi, pengunjung dihimbau hati-hati. Di beberapa tempat, masih terdapat bekas galian yang belum bisa dibenahi.

Dengan semua keunggulan yang dimilikinya, Pantai Jetis sangat cocok dijadikan destinasi wisata saat liburan. Jadi jangan ragu lagi. Saat liburan, bawa keluarga atau yang terkasih berlibur ke Pantai Jetis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *