Pantai Jogan : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Pantai Jogan merupakan salah satu objek wisata yang terletak tepat di Dusun Duwet, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, DIY. Lokasinya sendiri berjarak kurang lebih 74 km dari pusat kota Yogyakarta. Pantai  ini sendiri terletak di jajaran pegunungan Gunung Kidul yang memberikan pemandangan alam tebing serta air terjun yang mengarah ke laut lepas.

Diantara beberapa Pantai  pasir putih yang berada di Gunung Kidul, Yogyakarta, yang hanya memberikan keindahan alam serta hamparan pasir putihnya saja hanyalah Pantai Jogan. Pantai Jogan hadir dengan kealamiannya yang senantiasa mengundang decak kagum para pengunjung yang mengunjungi tempat ini. Jika ingin berkunjung ke tempat ini, maka para pengunjung akan mendapatkan sebuah pemandangan indah dari sebuah air terjun yang mengucur deras.

Harga Tiket Memasuki Pantai Jogan

Untuk bisa menikmati Pantai  yang masih perawan ini para pengunjung hanya dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 3.000 saja. Sedangkan bagi para pengunjung yang membawa kendaraan pribadi dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 2.000 untuk kendaraan bermotor serta Rp. 5.000 untuk kendaraan mobil. Dengan harga tiket masuk serta biaya parkir yang sangat murah maka sangat direkomendasikan sekali untuk mengunjungi Pantai  ini.

Rute Menuju Pantai Jogan

Lokasinya yang masih sangat asri dan bersih menjadikan Pantai ini tetap terjaga keindahannya. Belum lagi ditambah dengan gemericik air terjun yang dapat didengar setiap saat. Air terjun tersebut berasa dari sungai yang mengalirkan airnya langsung ke tepi Pantai Jogan. Lokasi Pantai ini sendiri terletak di Dusun Dawet, Tepus, Gunung Kidul yang sebagian wisatawan menganggap kawasan tersebut merupakan kawasan sejuta Pantai.

Sedangkan rute menuju ke Pantai ini pun sangat mudah sekali untuk ditempuh. Para pengunjung hanya melewati Jalan Wonosari serta menuju ke Kota Wonosari. Sebelum kantor polres, ikutilah petunjuk jalan yang mengarahkan ke Pantai  Siung, Pantai  Nglambor, serta Pantai Jogan. Setelah itu maka ambillah rute yang mengarahkan ke Pantai Jogan.

Objek Wisata Yang Terdapat Di Pantai Jogan

Dilihat dari namanya sendiri, Pantai ini mengandung arti yang sangat dalam. Jika diartikan dalam bahasa Jawa, Jogan sendiri mempunyai arti lantai. Namun entah bagaimana filosofi sebenarnya dari Pantai  ini, yang pasti nama Pantai Jogan sangat sesuai dengan keindahan dari destinasi wisatanya.

Pantai Jogan sendiri dilewati air sungai yang mengalir deras seperti air terjun. Mungkin dari situlah Pantai  ini diberi nama Pantai Jogan karena airnya yang mengalir dari atas ke dasar atau bibir Pantai  secara langsung.

Walaupun tidak dalam musim penghujan sekalipun, para pengunjung tetap dapat menikmati air terjun. Hal tersebut karena air terjunnya berasal dari sungai langsung yang mempunyai air yang sangat bersih. Air yang mengalir deras dari atas akan turun dan menerjal batu karang yang terdapat tepat di bibir Pantai.

Biasanya para wisatawan yang datang akan sengaja berdiri dibawah air terjun untuk merasakan sensasi diguyur air dari atas. Selain itu terdapat juga beberapa objek wisata pantai yang bisa dinikmati di Pantai ini.

1. Air Terjun

Sebagaimana yang telah diketahui, bahwa Pantai ini merupakan salah satunya Pantai  yang berada di Gunung Kidul yang mempunyai air terjun didalamnya. Jadi selain ombak, pasir putih, serta karang-karang yang merupakan sebagai hiburan bagi para pengunjung selama di Pantai, air terjun ini sendiri menjadi daya tarik tersendiri.

Air terjun yang ada di Pantai  ini mempunyai tinggi 12 meter. Air yang dihasilkan dari sungai ini merupakan air tawar. Namun jika sudah turun ke bawah akan terasa asin karena sudah tercampur dengan air laut.

Air yang dihasilkan di Pantai  ini konon berasal dari sumber air perbukitan karst yang terletak dibagian utara Pantai  ini. Selain air terjun, di area Pantai  Jogan ini pun dipenuhi dengan pohon palma yang membuat tempat wisata semakin rindang dan sejuk.

2. Pantai  Nglambor

Biasanya para wisatawan yang mengunjungi Pantai Jogan hanya sebentar saja. Yakni hanya sekedar menikmati air terjunnya. Setelah itu lalu melanjutkan perjalanan kembali ke Pantai  Nglambor untuk kegiatan snorkeling. Namun sayangnya, akses ke tempat ini masih terjal serta tidak bisa dilalui dengan kendaraan pribadi.

Jadi sebagian wisatawan yang ingin menuju Pantai  Nglambor biasanya harus rela berjalan kaki melewati perbukitan batu karang dari Pantai Jogan. Jika ingin membawa kendaraan pribadi langsung, maka harus memutar arah dan lebih jauh lagi. Biasanya sendiri para wisatawan lebih memilih untuk berjalan kaki karena dapat menikmati keindahan Pantai ini dari ketinggian.

3. Kuliner

Salah satu kekurangan dari wisata Pantai ini adalah minimnya tempat untuk berburu makanan. Berbeda dengan Pantai  yang lainnya yang mayoritas menyajikan menu laut, di Pantai ini hanya tersedia beberapa warung yang menjual minuman serta makanan yang cepat saji saja.

Jadi jika ingin mengunjungi Pantai  ini karena penasaran keindahannya, maka sebaiknya untuk membawa bekal makanan serta minuman. Hal tersebut karena Pantai  ini masih sedikit sulit untuk mendapatkan makanan serta minuman. Pantai ini pun masih terbilang sepi pengunjungnya, namun pemandangan serta keindahan yang disuguhkan Pantai  ini tidak kalah indahnya dibanding dengan Pantai  yang lainnya.

4. Tempat Berburu Sunset Yang Sangat Cocok

Bukan hanya keindahan tempatnya saja yakni dengan adanya air terjun. Di Pantai ini pun merupakan tempat yang sangat cocok sekali jika ingin berburu keindahan sunset. Meskipun Pantai  ini jarang sekali dikunjungi oleh orang-orang, namun bagi para wisatawan yang mendatangi tempat ini sangat menunggu-nunggu moment matahari terbenam. Hal tersebut akan menyuguhkan pemandangan yang sangat indah sekali disamping dengan keindahan air terjunnya.

5. Tempat Yang Sangat Cocok Untuk Dijadikan Untuk Menenangkan Pikiran

Karena Pantai ini jarang sekali pengunjungnya, maka sangat cocok sekali bagi para pengunjung yang ingin berlibur namun jauh dari hiruk pikuk keramaian. Hal tersebut tentunya bisa menghilangkan segala beban dan penat selama sepekan bekerja. Dengan mengunjungi Pantai ini maka para pengunjung pun bisa berelaksasi sejenak dengan menikmati indahnya Pantai Jogan yang masih asri dan alami.

6. Merupakan Pantai Yang Unik

Pantai  ini sendiri dinilai Pantai  yang sangat unik. Namun sayangnya, Pantai  ini belum terlalu terkenal oleh banyak orang, berbeda seperti Pantai  Indrayanti atau Pantai  Parangtritis yang sudah familiar terdengar namanya oleh para wisatawan.

Maka dari itu, Pantai Jogan sendiri dinilai menjadi Pantai  yang masih perawan karena jarang dikunjungi oleh para wisatawan baik wisatawan lokal maupun luar. Jumlah pengunjung yang datang setiap harinya sendiri masih tergolong sedikit.

Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan Pantai Jogan. Meskipun perjalanan dari Pantai Jogan menuju Pantai  Nglambor sangat memakan usaha yang sangat keras dengan naik turun bukit, serta beberapa fasilitasnya yang kurang memadai.

Namun perjalanan saat mengunjungi tempat ini tidak akan bisa terlupakan. Jadi jika ingin berwisata ke berbagai macam Pantai  pasir putih yang berada di kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta, maka sempatkanlah mampir ke Pantai Jogan untuk menikmati keindahannya serta keunikannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *