Pantai Karang Bolong: Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Wisata pantai Karang Suraga atau Karang Bolong adalah salah satu pantai menarik di kawasan Anyer. Jika mendengar kata Anyer, pasti terbayang wisata pantainya yang menawan dan menyenangkan. Tidak salah memang Anyer memiliki banyak sekali obyek wisata pantai di sepanjang garis pantai di daerah Banten ini, salah satunya adalah pantai Karang Bolong.

Pantai yang berlokasi di jalan Karang Bolong, Cinangka, Serang, Banten ini menjadi salah satu alternatif destinasi wisata menarik di Banten. Obyek wisata pantai ini telah memiliki fasilitas yang bisa dibilang sangat lengkap, disediakan untuk wisatawan yang berkunjung. Pemandangannya tidak kalah unik dan indah dengan pantai di Banten yang sudah populer.

Harga Tiket Masuk Pantai Karang Bolong

Informasi penting yang selalu dicari oleh wisatawan yang ingin berlibur adalah harga tiket masuk sebuah obyek wisata. Informasi ini sangat penting untuk menyusun budget liburan yang akan dilakukan bersama teman atau keluarga. Untuk harga tiket masuk pantai Karang Bolong yang sangat indah ini per orang hanya perlu membayar 5000/ orang.

Sedangkan untuk rombongan, harga tiket yang dikenakan adalah 250.000 per bus yang masuk, dan sudah termasuk harga parkir kendaraan. Merupakan harga tiket masuk yang sangat murah, jika melihat keindahan pantai yang ditawarkan begitu menawan. Tidak akan rugi wisatawan yang berkunjung ke pantai ini, karena kan membuat liburan menjadi sangat berkesan.

Rute Menuju Lokasi Pantai Karang Bolong

Informasi selanjutnya yang sangat penting saat akan pergi berlibur apalagi jika liburan mandiri adalah rute menuju lokasi obyek wisata. Bagi warga sekitar Banten mungkin sudah hafal di luar kepala untuk rute menuju Karang Bolong, namun info ini sangat penting bagi wisatawan luar kota. Sebenarnya ada banyak rute alternatif yang bisa ditempuh untuk sampai ke pantai ini.

Rute pertama, wisatawan bisa memilih Jakarta sebagai titik keberangkatan pertama, lalu kemudian harus menuju Cilegon Barat melewati jalan Tol. Jalan Tol yang dilalui adalah Tol Jakarta-Merak, jaraknya dari Jakarta adalah 140 kilometer menuju pantai. Setelah itu bisa melanjutkan perjalanan dari Cilegon menuju Anyer untuk mendekati lokasi pantai dengan mengikuti petunjuk arah.

Untuk akses kendaraan jika tidak membawa kendaraan pribadi juga sangat mudah, bisa menggunakan bus atau angkutan umum. Jalan menuju rute lokasinya juga baik sehingga aman untuk menggunakan jenis kendaraan apa pun menuju lokasi pantai Karang Bolong ini.

Obyek Wisata Pantai Karang Bolong

Liburan tidak akan membosankan jika memilih Karang Bolong sebagai tujuan wisatanya, karena banyak hal yang disuguhkan. Wisatawan akan disambut dengan berbagai daya tarik khas pantai jika berkunjung ke pantai Karang Bolong yang terletak di Anyer ini. Berikut ini berbagai obyek wisata yang memenuhi lokasi wisata Karang Bolong sebuah pantai di Serang Banten:

1. Gua Karang Bolong

Keunikan yang paling menonjol dari Pantai Karang Suraga ini adalah sebuah karang yang “bolong” atau karang berlubang dalam bahasa Indonesia. Karang yang berlubang tersebut membentuk sebuah gua yang sangat unik dan menarik untuk dinikmati. Panjang gua yang terbentuk kurang lebih 30 meter dengan lebar sekitar 10 meter dan tinggi 5 meter.

Gua Karang Bolong ini merupakan gua yang terbentuk dari susunan batu breksi dan ditemukan banyak sekali reruntuhan. Bagian atas batu berbentuk seperti lorong gua yang unik, sungguh menarik dan jarang ditemukan di obyek wisata pantai lainnya.

2. Pemandangan Karang Yang Tidak Biasa

Pantai Karang Bolong memiliki banyak sekali batu karang yang tersebar di sepanjang pantainya, membentuk ombak yang indah. Batu karang yang tertanam di dalam pasir pantai terhantam ombak dari tengah laut sehingga membentuk keindahan tersendiri.

Bebatuan yang tersebar di pantai ini membentuk pemandangan unik yang hanya ada di Karang Bolong Anyer. Wisatawan menjadikan pantai ini sebagai tujuan wisata dikarenakan keindahan pemandangan batu karangnya yang unik dan sangat menarik.

3. Tersedia Spot Memancing

Batu karang di pantai ini memang banyak luar biasa, banyak batu karang kecil-kecil yang digunakan sebagai tempat persembunyian ikan. Selain ikan ada beberapa jenis hewan laut lainnya yang ada di antara karang-karang tersebut seperti siput, udang dan lainnya. Hal ini adalah surga bagi wisatawan yang memiliki hobi memancing, karena banyak obyek yang bisa ditangkap.

Banyak sekali spot memancing di pantai ini, terutama di dekat batu-batu karang yang tersebar di sepanjang pantai. Wisatawan bisa menyiapkan alat pancingnya mulai dari rumah, sehingga bisa menyalurkan hobinya setibanya di pantai.

4. Gardu Pandang

Memandangi keindahan pantai dari atas bukit akan semakin menyenangkan dan terlihat lebih menyeluruh.Keelokan pemandangan pantainya dan derasnya deburan ombak di pantai bisa terlihat semua dari atas gardu pandang.

Pengelola pantai menyediakan gardu pandang di atas sebuah batu karang yang paling besar di sana. Disediakan tangga untuk menaikinya, sehingga wisatawan bisa dengan bebas menikmati pemandangan pantai dari atas. Di gardu pandang cukup aman bagi orang dewasa, namun bagi anak-anak harus terus diawasi karena pagarnya tidak cukup rapat bagi anak.

5. Spot Foto Selfie Dan Wefie

Di pantai ini banyak sekali spot foto yang bisa dijadikan latar belakang berfoto selfie atau wefie bersama teman atau saudara. Di sepanjang pantai terdapat banyak titik yang bisa dijadikan spot berfoto ria, seperti gua Karang Bolong, gardu pantai dan lainnya. Bahkan lokasi ini banyak digunakan sebagai tempat pengambilan foto prewedding.

6. Keindahan Pemandangan Pantai

Keindahan pantai Karang Bolong ini bisa disejajarkan dengan keindahan Tanah Lot Bali, bahkan pantai ini mendapat sebutan Tanah Lot-nya Banten. Hal itu tidak lain karena karang bolongnya yang sangat memukau membentuk pemandangan pantai yang eksotis.

Banyak sekali wisatawan yang menjadikan Karang Bolong sebagai latar belakang saat berfoto ria. Di sekitar batu Bolong utama ada banyak batu karang kecil yang digunakan sebagai ekosistem ikan. Menikmati pemandangan pantai ini sangat menyenangkan, dan akan merefresh jasmani dan rohani serta siap kembali beraktivitas selepas berlibur.

7. Sunset Di Pantai

Menjelang sore tiba maka ada keindahan lain ditawarkan oleh pantai ini kepada para wisatawan yang berkunjung. Hadirnya matahari tenggelam atau sunset memberikan keindahan baru pada pantai di kala senja tiba. Spot paling menarik untuk melihat sunset di pantai ini adalah di atas batu karang bolong itu sendiri.

Dari atas karang bolong akan terlihat pemandangan sunset yang memukau dan romantis. Wisatawan bisa menggunakan tangga yang tersedia untuk menuju puncak karang bolong dan menikmati pemandangan sunset dari sana.

Itulah ulasan lengkap tentang pantai karang bolong mulai dari harga tiket masuk, rute menuju lokasi wisata dan obyek wisata yang ditawarkan. Wisatawan bisa menikmati banyak daya tarik yang dimiliki pantai dengan nama lain Karang Suraga ini. Berlibur ke pantai ini pasti akan menjadi pengalaman menarik bersama teman atau keluarga. Segera kosongkan jadwal dan jadikan pantai ini sebagai destinasi liburan di akhir pekan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *