Pantai Klayar : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

pantai klayar

Pantai kini masih menjadi destinasi wisata yang difavoritkan oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Indonesia memiliki garis pantai yang sangat luas dan memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing. Pantai Klayar adalah salah satu pantau tercantik yang ada di Indonesia. Berikut adalah informasi penting mengenai pantai ini lengkap dengan harga tiket serta rute menuju lokasinya.

Harga Tiket Masuk Pantai Klayar

Pantai dengan pemandangan yang indah dan menenangkan ini terbuka untuk umum. Wisatawan dapat memasuki kawasan ini dengan membayar tiket yang berkisar antara 5000 hingga 10.000 rupiah. Besar harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan peraturan pemerintah setempat.

Selain itu, harga tiket juga akan lebih mahal pada akhir minggu yaitu pada hari sabtu dan minggu serta hari libur. Meski lebih mahal, namun wisatawan tidak perlu khawatir dengan harga tiket yang melonjak, sebab harga maksimal sudah ditetapkan oleh pemda dan akan tetap terjangkau oleh segala lapisan masyarakat. Untuk tiket parkir yang harus ditanggung oleh wisatawan berkisar antara 2000 hingga 10.000 tergantung kendaraan yang digunakan. Sepeda motor biasanya dikenai tarif parkir yang lebih murah dibandingkan mobil atau bus.

Rute Menuju Lokasi Pantai Klayar

Pantai Klayar beralamat di dusun Kalak, desa Sendang, kecamatan Donorojo. Tepatnya di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Terdapat beberapa cara untuk mencapai lokasi ini, namun cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi. Jika wisatawan tidak membawa kendaraan sendiri, terdapat banyak kendaraan rental yang bisa ditemukan di kabupaten Pacitan atau direservasi secara online. Berikut adalah beberapa rute yang bisa diikuti menurut arah kedatangan wisatawan.

Baca Juga :   Pantai Kuta : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

 1. Dari Pusat Kota Pacitan

Jika wisatawan memulai perjalanan dari pusat kota Pacitan, artinya ia harus bergerak ke arah selatan untuk menemukan pantai Klayar. Dari alun alun kabupaten Pacitan, wisatawan dapat memulai untuk berkendara ke arah barat, yaitu jalan Nasional III, kemudian masuk ke jalan Urip Sumoharjo.

Setelah menempuh jarak sekitar 14 km, belok kiri kemudian ikuti terus jalan tersebut hingga bertemu pertigaan. Di pertigaan tersebut belok kiri ke jalan Punung- Goa Gong. Ikuti jalan tersebut hingga masuk ke jalan Punung – Kalak. Ikuti jalan tersebut hingga masuk ke jalan Pantai Klayar. Tak lama menyusuri jalan tersebut wisatawan akan langsung sampai di pantai Klayar dan menikmati panorama yang indah.

Perjalanan ini menempuh jarak sepanjang 32 kilo meter, dengan estimasi waktu 53 menit hingga 1 jam. Jika jalanan lancar maka bisa jadi perjalanan lebih cepat karena kondisi jalan raya cukup baik.

2. Dari Pantai Pok Tunggal

Pecinta pantai pasti suka dengan kegiatan susur pantai. Kegiatan ini dilakukan dengan melakukan perjalanan antar pantai. Wisatawan yang sudah menikmati keindahan pantai daerah Wonosari, Gunung Kidul bisa langsung melanjutkan perjalanan ke pantai Klayar karena memang lokasinya sudah tidak jauh lagi.

Misalnya rute dari pantai Pok Tunggal berikut ini. Wisatawan hanya perlu menempuh jarak sejauh 50 km, untuk mencapai Klayar. Caranya adalah dengan menyusuri jalan pantai Selatan Jawa. Dalam jarak sekitar 21 kilometer wisatawan sudah hampir mencapai perbatasan Yogyakarta Jawa Tengah.

Belok kanan ke arah Kantor Kepala Desa Girisubo, kemudian belok kiri setelah melewati pasar Ngrancah. Teruskan perjalanan hingga menemukan pertigaan, kemudian belok kiri. Ikuti jalan tersebut hingga perbatasan Yogya dengan Jawa Tengah. Belok kanan setelah sekitar 850 meter, kemudian belok kiri di pertigaan. 700 meter kemudian belok kiri lagi kemudian ikuti jalan tersebut, hingga jalan Karang Gupito.

Baca Juga :   Pantai Drini : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Ikuti terus jalan tersebut kemudian belok kiri pada pertigaan selanjutnya. Kemudian ikuti jalan ini dan wisatawan akan menemukan pertigaan di pasar Kalak, belok kanan. Ikuti terus jalan ini, lalu belok kanan pada perempatan selanjutnya. Setelah itu, wisatawan akan menemukan jalan Pantai Klayar. Ikuti jalan ini dan wisatawan akan sampai ke pantai tersebut.

Obyek Wisata Di Pantai Klayar

Setelah menempuh perjalanan panjang dari Pacitan atau arah lain, kelelahan wisatawan akan terbayar dengan pemandangan indah pantai Klayar. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dinikmati wisatawan saat berada di pantai Klayar.

1. Naik Ke Atas Bukit

Sebenarnya pantai klayar berbentuk teluk dimana air laut menjorok ke daratan, sehingga di kanan dan kiri pantai terdapat perbukitan batu yang bisa dipanjat. Dari atas bukit, wisatawan dapat melihat pemandangan garis pantai hingga lautan yang luas dengan leluasa. Wisatawan harus berhati-hati saat menaiki bukit ini karena belum ada pengaman yang dipasang.

2. Spot Foto Unik

Keunikan pantai ini adalah adanya beberapa spot foto yang unik. Misalnya foto berlatar batu karang, tebing karst, serta perpaduan antara warna hijau tumbuhan di sekitar pantai yang akan membuat selfie terlihat lebih segar. Kemudian, jika beruntung wisatawan bisa berfoto dengan latar air mancur setinggi 10 meter yang berasal dari semburan ombak.

Selain itu, wisatawan yang membawa drone bisa mengabadikan keindahan warna pasir pantai yang bergradasi dari warna putih ke warna coklat. Gradasi ini tercipta secara alami dan memberi keunikan tersendiri. Spot foto lain yang menarik adalah dengan latar batu karang berbentuk Sphinx. Bentuk unik ini tidak dipahat oleh manusia, melainkan terjadi secara alami akibat tekanan dari angin dan ombak dalam jangka waktu yang sangat lama.

3. Seruling Laut

Seruling merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup. Dalam hal ini yang dimaksud seruling laut, bukan alat musik. Ini adalah fenomena unik yang hanya ada di Pantai Klayar, Pacitan. Pada beberapa waktu tertentu akan terdengar deburan ombak, diikuti dengan bunyi seperti siulan atau seruling dari arah laut. Asalnya adalah dari lubang di batu karang yang tertiup angin pantai. Bunyi ini sangat khas dan bisa membuat orang teringat bahkan sampai pulang ke kediaman masing-masing.

Baca Juga :   Pantai Parangtritis : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

4. Sunrise Dan Sunset

Bukan pantai indah namanya jika tidak bisa memberikan pemandangan sunrise dan sunset yang cantik. Ingat dengan bukit di kanan kiri pantai yang bisa dinaiki oleh wisatawan? Dari bukit ini, wisatawan dapat menikmati keindahan matahari terbit dan tenggelam dengan leluasa.

Tidak ada yang menghalangi pandangan dari ketinggian bukit ini. Wisatawan bisa melihat perubahan warna langit dari kuning, menuju jingga hingga gelap saat matahari terbenam. Atau menyaksikan matahari muncul dengan anggun dari ufuk timur dan mengubah warna langit yang biru gelap menjadi kekuningan hingga terang.

5. Kuliner Pantai Klayar

Setelah bermain air dan berjalan-jalan di kawasan ini, wisatawan harus mencicipi kuliner yang ada di pantai Klayar. Beragam masakan yang lezat siap disajikan oleh para pedagang dengan harga yang terjangkau. Lauk dan jenis masakan yang disediakan beragam, mulai dari mi instan yang sederhana hingga seafood yang menggugah selera. Harga makanan di pantai ini juga tidak terlalu mahal. Maka tidak perlu khawatir jika wisatawan belum menyiapkan makan siang saat datang ke pantai ini.

Kelima kegiatan tersebut akan sangat menyenangkan jika dilewatkan bersama keluarga atau sahabat. Meluangkan waktu sehari saja untuk melepas penatnya rutinitas harian akan berdampak positif bagi kesehatan jasmani dan rohani wisatawan. Selepas bermain ke pantai ini, pikiran akan lebih tenang dan hati lebih bahagia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *