Pantai Kukup : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Melihat hamparan pantai yang sangat luas nan indah. Pasti akan menjadi dambaan para traveller yang berkunjung. Seperti halnya pada pantai Kukup yang berlokasi di Gunung Kidul memiliki kekayaan biota laut yang unik dan indah untuk dijadikan hiasan di Aquarium laut.

Keindahan dari pantai ini juga memiliki hiasan alam yang sangat mengagumkan dengan dilengkapi fasilitas untuk para wisatawannya. Untuk sampai ke pantai ini wisatawan tidak perlu susah payah mencari kendaraan, sebab rute yang disediakan sudah bisa dilalui dengan menggunakan motor atau mobil.

Untuk itu pantai ini selalu menjadi primadonanya para traveller di kala liburan tiba. Dengan adanya keunikan dan keindahan dari pantai tersebut wisatawan asing dan lokal siap mengunjungi untuk menikmati indahnya pantai kukup. Dalam hal ini wisatawan perlu mengetahui kejelasannya mengenai keindahan pantai di Jogja. berikut ini akan dibahas mengenai berbagai hal yang ada di pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Kukup

Sama seperti pantai lain di Gunungkidul, untuk dapat menikmati segala obyek wisata yang menarik di sana, wisatawan harus membayar tiket masuk. Harga tiket masuk di pantai Kukup sangat terjangkau hanya Rp. 10.000 setiap pengunjung. Dan untungnya lagi, wisatawan dapat mengunjungi 2 pantai eksotis lainnya yaitu pantai Krakal sekaligus Sundak.

Seperti pantai lain pada umumnya, Pantai ini juga berpasir putih dan bersih, meskipun tidak begitu luas seperti Pantai Parangtritis. Banyak yang dijual oleh pedagang di tepi-tepi dari tempat wisata Pantai tersebut. Sebagai bahan mata pencaharian warga pantai.

Rute Dan Lokasi Menuju Pantai Kukup

Untuk menuju ke Pantai Kukup yang berlokasi di Jl. Pantai Selatan Jawa, Ngepung, Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55000, Indonesia. Memiliki kesan indah dari pantai tersebut, yang mana tidak akan membuat para wisatawan merasa kecewa.

Melainkan para wisatawan akan merasa nyaman dengan kehadiran dari karya alam yang indah di pantai tersebut. Untuk menuju ke pantai Kukup, wisatawan bisa menggunakan kendaraan bermotor ataupun mobil dengan jalur yang berkelok-kelok pengunjung wisata harus berhati-hati.

Pantai ini sangat dekat dengan pantai Baron. Sehingga rute yang dilewati ada 2 arah yaitu :

  • Arah jalan Jogja-Solo, ketika melalui rute ini wisatawan bisa menuju ke arah Candi Prambanan yang kemudian mengambil jalan menuju ke simpang tiga. Dengan mengambil arah kanan menuju jalan ke pantai Baron. Setelah ini ikuti saja alur jalan sesuai plang yang ada menuju pantai kukup.
  • Rute Yogyakarta, rute ini adalah rute ke-2 yang diawali dari kota Yogyakarta. Rute ini akan melaju menuju ke jalan Ringroad Selatan. Hingga ke jalan Wonosari atau simpang empat kedua setelah terminal Giwangan. Lalu ikuti jalan menuju Baron, setelah itu ikuti saja rute yang ada hingga menuju plang Pantai Kukup.

Dari rute-rute tersebut, para wisatawan bisa mencari juga dengan menggunakan maps. Agar tidak kebingungan ketika mencari rute yang dituju.

Objek Wisata Indah Yang Membuat Wisatawan Terkesima

Tahukah kalian beberapa obyek wisata andalan di pantai Kukup? Obyek wisata tersebut akan membuat liburan semakin terasa berkesan, seru, sekaligus menyenangkan. Tak heran jika banyak sekali orang berkunjung ke tempat wisata pantai tersebut sebagai bagian dari aktivitas liburan. Berikut ini ada beberapa objek wisata yang patut dicoba saat berada di pantai yang indah satu ini :

1. Gardu Pandang Di Pulau Karang

Inilah salah satu obyek wisata yang menjadikan pantai ini diburu oleh banyak wisatawan. Di pantai ini terdapat pemandangan khas berupa sebuah pulau karang yang indah, sebuah gardu pandang di atasnya. Lokasi yang Sangat strategis bisa digunakan untuk berfoto dan melihat pemandangan matahari terbenam.

Untuk bisa menyeberang menuju pulau karang tersebut. Wisatawan bisa menggunakan sebuah jembatan yang sudah disediakan pihak pengelola. Setelah menyeberang menggunakan jembatan, wisatawan terlebih dahulu akan menaiki bukit dari pulau tersebut.

Ketika mencapai puncak pulau karang wisatawan akan disuguhkan berbagai pemandangan khas dari Gardu Pandang. Hamparan biru laut yang hadir akan menghipnotis wisatawan yang sampai di pulau karang tersebut.

2. Melihat aneka biota laut

Saat air laut surut, pengunjung bisa dengan mudah menemukan aneka biota laut di pinggir pantai. Pengunjung pun bisa menemukan banyak ikan hias tersebar bulu babi yang berwarna hitam, kerang-kerang serta alga laut, berbagai macam ikan, dan lain sebagainya. Ikan dan kerang juga bisa dibeli di toko-toko sekitar pantai ini dalam bentuk hiasan karang dalam berbagai macam bentuk dan ikan hias.

Untuk aktivitas air, para wisatawan dianjurkan untuk bermain di tepi pantai. Jika ingin menjelajah seperti diving para wisatawan sebaiknya bertanya terlebih dahulu pada pengelola pantai.

3. Wisata budaya pantai Kukup

Tak hanya wisata alam yang bisa dilakukan di pantai ini. ternyata pantai ini biasa digelar sebagai upacara adat yang bernama Sedekah Laut. Kegiatan upacara ini biasanya dilakukan tepat saat bulan Suro (dalam penanggalan Jawa). Upacara ini disebut-sebut sebagai upacara persembahan kepada Ratu Pantai Selatan yang dilakukan dengan melarungkan berbagai sesaji yang telah disiapkan ke laut. Upacara ini selalu dipimpin oleh seorang ketua dari ahli kunci pantai Kukup.

4. Spot Foto Yang Menarik Dengan Angel Keren

ketika liburan ke pantai tidak lengkap rasanya bila momen-momen yang Ada tidak diabadikan dalam bentuk foto. Di pantai ini, seluruh wisatawan akan disuguhi banyak sekali spot yang bagus untuk foto. Misalnya ketika matahari tenggelam di ujung pantai dan air sedang surut, perpaduan antara langit dan siluet bebatuan akan menghadirkan nuansa eksotis untuk foto. Sehingga tidak akan ada rasa kecewa bagi pengunjumg yang sudah menghabiskan waktunya di pantai ini.

5. Kuliner Lezat Yang Dihadirkan

Tidak perlu jauh-jauh untuk mencari kuliner. Di pantai kukup ini menghadirkan berbagai jenis makanan yang begitu menggoyang lidah. Kuliner Khas Jogja pun tersedia di area pantai tersebut. Bahkan oleh-oleh khas Jogja juga tersedia di pantai ini. Mulai dari cemilan hingga pernak-pernik lengkap. Maka tak heran jika pantai tersebut selalu menjadi incaran para wisatawan asing maupun lokal yang siap memanjakan liburan mereka.

6. Sebagai Spot Acara Prewedding

Bagi siapa saja yang ingin mengabadikan momen indah untuk hidup baru. Pantai ini bisa dijadikan sebagai pusat prewedding. Berbagai tempat menarik siap menghasilkan bidikan-bidikan indah yang menawan. Segala sudut pantai ini membawakan surga foto yang sangat berkelas. Jadi tidak heran bahwa banyak sekali yang memanfaatkan lokasi pantai ini sebagai acara-acara pribadi.

7. Menikmati Sunset Yang Eksotis

Bagi para pengunjung khususnya penggembara matahari, pantai ini tidak kalah indahnya untuk mendapatkan bidikan sunset yang menawan. Siluet yang didapat pun akan memiliki arti terkuat. Pemancaran warna dari tenggelamnya matahari akan meninggalkan bekas yang tak akan terlupakan. Jadi lokasi ini sangat cocok untuk dijadikan camping ground oleh pemburu sunset.

Liburan di tempat wisata alam pantai memang terlihat sangat menyenangkan. Terlebih lagi jika memiliki fasilitas yang lengkap maka wisatawan akan merasa nyaman dan ingin berlama-lama di pantai kukup ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *