Pantai Lampuuk : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Pantai Lampuuk adalah salah satu primadona sebagai tempat wisata pantai yang indah di Aceh Besar sebelum tsunami tahun 2004 silam. Pantai ini ramai pengunjung, mulai dari wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Suguhan pasir putih serta pepohonan pinus rindang menjadikan tempat ini ideal sebagai lokasi melepas kepenatan. Selain itu, nuansa alami yang disajikan pantai ini, sangat nyaman dipandang.

Ketika tsunami pantai ini turut mengalami kerusakan yang parah. Sehingga pantai harus ditutup untuk segala aktivitas perekonomian maupun pariwisata. Saat ini pantai lampuuk mulai pulih kembali. Kurang lebih setelah tsunami berjarak setahun, para wisatawan mulai ramai berkunjung ke pantai ini.Pantai ini berjarak 15 kilometer dari Banda Aceh dan memiliki garis pantai dengan panjang sekitar 5 kilometer

Rute Menuju Lokasi Pantai Lampuuk

Pantai ini berada di wilayah Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, yang menghadap ke Samudra Hindia. Lokasi tepatnya persis berada di wilayah barat Aceh atau sekitar 15 kilometer dari Banda Aceh. Kondisi jalan menuju lokasi tempat itu lumayan bagus sehingga sangat memudahkan wisatawan untuk dapat berkunjung.

Ada empat jalur masuk yang dapat dilalui oleh para wisatawan untuk dapat menuju ruas pantai yang berbeda, yaitu Babah Satu, Babah Dua, Babah Tiga, dan juga Babah Empat. Masing-masing dari pintu masuk dinamai  secara berurutan sesuai posisinya, mulai dari posisi yang paling selatan ke posisi yang paling utara.

Jalur yang sering kali dilalui para wisatawan lokal umumnya yaitu Babah Satu atau Babah Dua. Wisatawan  asing akan datang biasanya dari jalur Babah Tiga. Lokasi ini yang biasa digunakan untuk aktifitas surfing atau hanya sekadar bersantai untuk menikmati liburan saat musim panas.

Namun hingga saat ini, masih belum ada transportasi umum yang dapat digunakan untuk mengunjungi tempat wisata pantai lampuuk. Sehingga para  wisatawan disarankan untuk untuk menggunakan kendaraan pribadi atau merental kendaraan. Sudah banyak rental kendaraan sendiri yang tersedia di kota Banda Aceh, harganya pun demikian murah dan sangat terjangkau.

Harga Tiket Masuk Pantai Lampuuk

Harga tiket masuk pantai lampuk ini hanya berkisar 3 ribu Rupiah saja. Bagi para pengunjung yang membawa kendaraan pribadi harus membayar ongkos parkirnya di luar harga tersebut.  Biasanya para wisatawan yang berkunjung tidak kunjung, melainkan memilih menginap untuk dapat menikmati sunset. Banyak sekali penginapan yang ditawarkan dengan harga berkisar Rp 400 ribu per malamnya.

Tersedia juga beberapa warung makan yang ada di sekitaran pantai. Harga hidangan yang ditawarkan tidak terlalu mahal untuk ukuran makanan pantai yang di dapat langsung. Harga 1/2 kilogram ikan gerapu kurang lebih berkisar 100 ribu rupiah. Jika ingin di tambah nasi dan minuman tentu harus menambah biaya lagi di luar harga tersebut

Selain itu bagi yang ini menikmati body surving juga dapat dilakukan di tempa ini. Alat body surving yang perlu disewa mematok harga berkisar  20 ribu rupiah per buah. Bagi anak-anak, tidak disarankan bermain di tempat yang ramai pengunjung. Jumlah pengunjung akan sangat meningkat bahkan memenuhi  area pantai saat libur, sehingga sangat rawan hilang untuk anak-anak .

Obyek Wisata Pantai Lampuuk Aceh

Sudah tidak diragukan lagi keindahan dari pantai ini yang sempat menjadi primadona kota Aceh. Banyak sekali obyek wisata yang ditawarkan oleh pantai lampuuk. Berikut ini obyek wisata yang berada disekitaran pantai yang dapat dinikmati para wisatawan :

1. Menikmati Sunset Dan Keindahan Pantai

Hamparan pasirnya yang putih nan indah serta lembut bersama dengan air lautnya yang sangat jernih berwarna biru kehijauan adalah pesona keindahan pantai ini yang tak dapat dilupakan. Ditambah dengan ombak yang cukup elok dan besar sangat pas untuk dijadikan sebagai obyek wisata utama. Hal ini juga tak boleh dilewatkan untuk diabadikan dalam sebuah foto.

Selain , terdapat  satu obyek wisata yang sangat dinanti-nantikan oleh para wisatawan yaitu menanti senja dengan menikmati sunset di sekitaran pantai lampuuk. Ketika terik matahari di pantai berpasir putih mulai hilang para wisatawan tak kunjung pergi, mereka beramai-ramai menyaksikan tibanya sunset di ufuk barat.

2. Aktivitas Pantai

Tak jauh berbeda dengan pantai lainnya, para wisatawan dapat melakukan berbagai kegiatan pantai pada umumnya seperti bermain ombak, membuat istana dari pasir, bermain banana boat, atau hanya sekedar duduk-duduk di pinggiran pantai atau di pondokan sambil menikmati es kelapa muda.

Beberapa wisatawan berkunjung ingin menikmati ketenangan akibat berbagai penat dari hiruk-pikuk keadaan kota yang bising. Kegiatan yang biasa dilakukan yaitu mulai dengan berjemur di pinggiran pantai, berselancar, berenang maupun bermain banana boat.

3. Banana Boat

Sebelumnya pantai lampuuk tidak memiliki penyewaan banana boat seperti saat ini. Sejak rekontruksi besar-besaran di tempat wisata ini, penambahan obyek wisata banana boat semakin meningkatkan daya tarik para wisatawan. Saat ini para wisatawan dapat mengelilingi  pantai dengan menggunakan ban berbentuk pisang ini. Cukup meminjam alat banana boat yang ada di sekitar pantai dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Pengunjung dapat menyewa banana boat dengan budget 30 ribu-40 ribu per orang. Satu banana boat dapat ditumpangi 5 hingga 7 orang dengan satu pemandu. Fasilitas obyek wisata ini cocok digunakan bagi keluarga atau rombongan sahabat yang sedang berkunjung. Akan ada keseruan tersendiri menaiki banana bersama keluarga atau teman.

4. Surfing

Pengunjung tidak hanya menggunakan banana boat untuk dapat mengarungi pantai. Aktivitas menantang lainnya yang dapat dilakukan yaitu surfing. Berselancar bebas di pantai dengan papan seluncur menaiki ombak adalah hal menarik yang perlu dicoba. Pantai lampuuk juga pernah menjadi tempat untuk perlombaan surfing internasional

Pantai ini memang terkenal dengan ombaknya yang eksotis sehingga pas jika para surfer melakukan olahraga ini. Surga bagi para surfer begitu banyak yang menyebut, karena pantai ini merupakan pantai yang langsung menghadap samudra hindia.

5. Konservasi Penyu

Para Wisatawan dapat mengunjungi konservasi penyu yang terletak di Babah Dua. Para wisatawan dapat melihat langsung proses penangkaran sejumlah tukik (bayi penyu) yang berada dalam kolam kecil. Setelah dewasa tukik atau penyu ini baru akan siap dilepas secara bebas di sekitaran pantai. Obyek wisata ini bisa menjadi wahana edukasi bagi anak-anak yang berkunjung mengenai pelestarian lingkungan.

Kegiatan konservasi penyu ini tidak dilakukan setiap hari, hanya ada pada saat-saat tertentu saja. Namun para wisatawan tidak perlu khawatir. Masih dapat melihat beberapa tukik yang masih tertampung di dalam kolam kecil. Dan jika beruntung juga akan menemukan beberapa penyu yang telah dewa hidup bebas di sekitaran pantai.

6. Tempat Makanan Khas Aceh

Tidak hanya itu saja, di sekitaran sisi pantai, para wisatawan yang akan mengisi perut juga bisa dengan mudah menemukan warung-warung yang menjajakan menu seafood. Warung-warung mini ini menawarkan berbagai hidangan khas ikan bakar pantai, seperti kerapu, ikan rambe, cumi, bawal, udang, dan lain sebagainya.

Ada juga seafood bakar yang lezat untuk dapat  dinikmati para wisatawan. Hidangan ini biasanya menjadi menu favorit saat berkumpul bersama keluarga atau teman. Lebih dari itu, para pengunjung dapat menikmatinya bersama dengan es kelapa muda yang segar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *