Pantai Lombang : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Pulau Madura tidak hanya terkenal dengan jembatan Suramadu dan Karapan Sapi saja. Namun, banyak sekali obyek wisata menarik yang membuat pulau satu ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit para wisatawan. Mulai dari destinasi wisata religi, kuliner hingga pantainya yang eksotis. Salah satunya adalah obyek wisata Pantai Lombang yang berada di Kabupaten Sumenep. Pantai yang satu ini memiliki daya tarik tersendiri buat para wisatawan baik wisatawan asing maupun domestik.

Harga Tiket Masuk Pantai Lombang

Untuk harga tiket masuk menuju Pantai Lombang bisa dikatakan sangat murah yaitu hanya Rp 5.000,00/orang. Sedangkan buat para pengunjung yang menggunakan sepeda motor dikenakan biaya parkir Rp 5.000,00 dan Rp 10.000,00 untuk yang menggunakan mobil. Murah sekali bukan? Jadi buat wisatawan yang ingin berkunjung ramai-ramai bersama keluarga, teman atau rombongan tidak perlu mengkhawatirkan masalah biaya. Karena dijamin tidak akan menguras kantong.

Rute Menuju Lokasi Pantai Lombang

Sesuai dengan namanya Pantai Lombang berada di Desa Lombang, Kecamatan Batang, Kabupaten Sumenep Madura. Yaitu sekitar 30 km dari pusat kota Sumenep. Rute menuju lokasi bisa dibilang cukup mudah. Selain dengan kendaraan pribadi, akses menuju lokasi ini juga bisa ditempuh dengan menggunakan transportasi umum menuju ke arah timur laut.

Buat para pengunjung yang berangkat dari Surabaya bisa menyeberang melalui pelabuhan Tanjung Perak menuju Pelabuhan Bangkalan. Setelah sampai di Pelabuhan Bangkalan bisa langsung ke Pantai Lombang dengan menggunakan transportasi umum.

Buat yang menggunakan kendaraan umum bisa turun di Terminal Bus Kota Sumenep kemudian dilanjutkan naik ojek menuju Pantai Lombang. Selain itu, bisa juga lewat Jembatan Suramadu dengan menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Untuk perjalanan dari Kota Sumenep menuju lokasi pantai bisa memakan waktu tempuh antara 45 menit hingga 1 jam.

Obyek Wisata Pantai Lombang

Sebagai tempat wisata pantai terfavorit di Madura, Pantai Lombang memiliki beberapa daya tarik yang unik dan membedakannya dengan pantai-pantai lain. Apa saja daya tariknya? Berikut uraian lengkapnya.

1. Panorama Pantai Berpasir Putih Yang Indah

Pantai Lombang memiliki pemandangan laut yang indah. Air lautnya yang biru kemilau terlihat sangat jernih dan bersih. Dan yang lebih menarik lagi adalah pantai berpasir putih yang menghampar hingga seluas 12 km. Ini menjadi spot favorit para wisatawan dan paling hits di kalangan instagrammer. Biasanya para wisatawan menulis dan menggambar di atas pasir kemudian mengabadikannya menggunakan kamera. Tak heran jika spot pantai yang satu ini menjadi salah satu spot foto yang instagramable.

2. Pemandangan Bawah Laut Yang Indah

Tak hanya menyajikan panorama pantai yang indah, Pantai Lombang juga menyajikan keindahan bawah laut yang luar biasa. Sehingga sangat cocok buat para wisatawan yang ingin menyelam atau sekedar snorkeling. Dan untuk peralatannya sendiri sudah tersedia lengkap di tempat persewaan sekitar pantai.

3. Dikelilingi Pohon Cemara Udang

Pantai yang dikelilingi pohon cemara sudah hal biasa. Namun, lain halnya dengan Pantai Lombang yang dikelilingi pohon cemara udang. Yaitu pohon cemara yang posisinya membungkuk seperti udang dengan tinggi rata-rata 4 m. Pohon inilah yang membuat suasana pantai semakin sejuk. Terlebih semilir angin dan udara segar yang memanjakan para pengunjung. Biasanya para pengunjung akan menggelar tikar dibawah pohon cemara sambil bersantai ria bersama keluarga atau rombongan.

4. Ombak Yang Tenang

Sama seperti pantai utara jawa lainnya, Pantai Lombang memiliki ombak yang tenang dan kontur pantai yang sangat landai. Sehingga saat aman jika wisatawan ingin berenang, diving atau snorkeling. Dengan begitu buat para wisatawan yang tidak bisa berenang tidak perlu takut untuk bermain-main air.

5. Fasilitas Yang Lengkap

Tak hanya perlengkapan berenang, Pantai Lombang juga menyediakan fasilitas yang lengkap. Seperti MCK/toilet, area parkir kendaraan, tempat istirahat, mushola, gazebo untuk bersantai ria dan lain sebagainya. Selain itu juga menyediakan tempat bilas yang bisa digunakan untuk membilas badan setelah berenang. Buat para wisatawan yang ingin berenang atau snorkeling di pantai ini juga menyediakan tempat penyewaan perlengkapan renang seperti pelampung dan ban. Bahkan, ada juga penyewaan papan surfing buat pengunjung yang hobi surfing. Serasa di Bali, ya?

6. Adanya Event Khusus

Selain bermain dan berenang, para pengunjung juga akan disuguhi event khusus yang diselenggarakan oleh masyarakat setempat. Biasanya event-event yang kental akan kebudayaan dan keagamaan. Bahkan, pesona mistis dan mitos juga masih kental terasa di sekitar pantai. Tentunya hal ini menjadi daya tarik tersendiri buat pengunjung karena bisa berwisata alam sekaligus wisata kuliner dan budaya. Untuk menikmati event khusus ini tentunya tidak gratis namun biaya yang dikeluarkan pun tidak mahal.

7. Adanya Warung Kuliner Khas Setempat

Setelah puas bermain-main di pantai, para pengunjung bisa bersantai ria di warung-warung yang menyajikan kuliner khas masyarakat setempat. Yang paling hits adalah rujak lontong madura. Hanya dengan Rp 10.000,00 para pengunjung bisa menikmati lezatnya perpaduan lontong, tahu, tempe, timun dan kecambah yang disiram saus kacang. Tentunya dicampur dengan petis khas madura yang menghasilkan cita rasa madura yang khas dan lezat. Selain itu, juga disediakan pilihan ekstra peda buat para pecinta cabai. Dan untuk minumannya bisa memesan es kelapa muda yang segar dengan harga yang ekonomis, Rp 6.000,00. Semua kuliner itu sangat klop dengan suasana pantai.

8. Homestay Buat Yang Ingin Bermalam

Buat para pengunjung yang ingin bermalam, di sekitar Pantai Lombang juga terdapat beberapa homestay. Jumlahnya tidak begitu banyak namun harganya cukup terjangkau. Tentunya untuk pemilihan disesuaikan dengan budget masing-masing pengunjung. Dengan begitu, para pengunjung bisa menikmati keindahan Pantai Lombang di malam hari. Saat malam hari, masyarakat sekitar juga kerap mengadakan acara bakar-bakar kuliner laut dan pagelaran budaya setempat.

9. Pantai Yang Sarat Akan Sejarah

Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, Pohon Cemara Udang tak hanya tumbuh di Pantai Lombang tapi juga di Perairan Laut Tiongkok. Pohon Cemara Udang ini menjadi simbol ekspedisi masa lampau Kerajaan Tiongkok yang menyebar hingga ke Perairan Sumenep. Ekspedisi yang dipimpin oleh Jenderal Ong Ke Hong ini disebut-sebut sebagai ekspedisi tersebar di kala itu.

10. Menyediakan Spot Memancing

Buat para pengunjung yang hobi memancing maka Pantai Lombang adalah pilihan yang tepat. Disini ada beberapa spot yang disediakan khusus untuk para pemancing. Sehingga bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk mengisi liburan. Namun untuk menuju spot memancing ini diperlukan usaha yang ekstra. Dan jika kesulitan menemukan tempatnya bisa bertanya kepada masyarakat setempat.

11. Belanja Pernak-Pernik Khas Pantai Lombang

Satu lagi yang tidak boleh dilewatkan ketika mengunjungi Pantai Lombang. Yaitu berbelanja pernak-pernik khas Pantai Lombang. Yang paling favorit adalah aneka kerajinan hasil laut. Selain itu ada juga beragam pernak-pernik lainnya. Seperti baju pantai, sarung pantai, gelang dari kerang, jam pasir, hiasan dinding dan lain sebagainya.

12. Berkeliling Dengan Kuda

Satu lagi daya tarik dari Pantai Lombang yang membedakan dengan pantai lainnya adalah adanya penyewaan kuda. Para pengunjung bisa berkeliling dengan kuda yang disewakan. Tentunya tidak gratis namun akan menjadi pengalaman yang seru jika bisa berkeliling pantai ditemani kuda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *