Pantai Losari : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Liburan identik dengan jalan-jalan, banyak wisatawan yang memilih menghabiskan waktu berliburnya ke sebuah pantai, baik bersama keluarga ataupun kekasih. Makassar terkenal dengan keindahan pantainya. Salah satu pantai yang wajib dikunjungi saat berada di makassar adalah Pantai Losari. Tempat populer ini menyediakan banyak tempat foto yang bagus.

Saat mulai memasuki kawasan pantai, wisatawan akan langsung disuguhkan dengan tanaman yang luas. Setiap sudut pantai ditata dengan cantik sehingga bernilai fotogenik. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan, seperti naik kapal, perahu karet dan tentunya hunting foto sembari berjalan santai.

Harga Tiket Masuk Pantai Losari

Saat berniat mengunjungi pantai Losari, wisatawan tidak perlu memikirkan harga tiket masuk. Pantai ini sudah dikelola dengan sangat baik oleh pemerintah setempat, karenanya tidak ada biaya masuk yang harus dibayar sepeserpun alias gratis. Wisata pantai yang banyak dikunjungi ini bersifat terbuka untuk umum.

Pantai ini merupakan tempat bagi warga sekitar untuk menghabiskan waktu pagi, sore dan malam hari sembari menikmati pemandangan matahari yang indah. Matahari tenggelam disini sangat indah, ditambah biaya masuk gratis. Karena itu pantai ini selalu ramai.

Rute Menuju Lokasi Pantai Losari

Pantai ini berada di provinsi Sulawesi Selatan Kota Makasar. Di jalan Metro, Tj. Bunga, ujung padang. Wisatawan dari Bandara Hasanuddin, membutuhkan waktu hanya 50 menit untuk sampai kelokasi. Dengan rute awal dimulai dari jalan Poros Bandara Baru menuju Tol Insinyur Sutamai, terus melaju ke Tol Reformasi melewati Jalan Nuantara Baru ke Jalan Somba OPU, dan jalan terus melewati jalan Penghibur menuju Pantai Losari. Jika dari, jarak tempuhnya sekitar 20 menit.

Sedangkan yang dari Theme Park Trans Studio Makassar, sampai hanya dalam waktu sekitar 20 menit ke pantai losari. Pertama-tama ambil arah utara menuju Jalan Metro TJ Bunga, terus melaju sampai ke Jalan Penghibur dan terus sampailah di Pantai Losari.

Rute menuju pantai losari tidaklah rumit dan cukup mudah karena berada dipinggir jalan. Sehingga transportasi yang digunakan pun bisa dari kendaraan pribadi ataupun umum. Jika menggunakan kendaraan umum banyak pilihan tersedia, dapat menggunakan becak, ojek, bentor, BRT dan Pete-pete (Angkutan).

Objek Wisata Di Sekitar Pantai Losari

Pantai Losari banyak diminati muda-mudi yang berkunjung pada jam 3 sore sampai jam 9 malam. Keunikan yang ada disini adalah wisatawan dapat menikmati fasilitas internet gratis di sepanjang pantai. Selain itu, masih banyak objek wisata di sekitar pantai Losari yang tidak kalah unik. Berikut Objek Wisata di sekitar Pantai Losari:

1. Monumen Patung Pahlawan

Selain aroma khas laut yang bisa dicium dengan jelas, ada pula monumen patung-patung pahlawan Sulawesi Selatan di halaman Pantai Losari. Wisatawan dapat melakukan kegiatan berfoto dengan patung dari orang-orang berpengaruh di pelosok Sulawesi Selatan. Seperti, Sultan Hasanuddin, Sultan Alauddin, Arung Palakka, dan masih banyak lagi.

Selain patung pahlawan, adapula patung suku-suku yang ada di Sulawesi Selatan. Ada patung Tendong Bonga, Perau Phinisi, Becak dan lainnya. Tidak sampai disitu saja tempat berfoto yang tersedia, wisatawan juga bisa berfoto di letter besi dengan tulisan nama-nama suku yang ada di Sulawesi Selatan.

2. Pulau Samalona

Pesona bawah lautnya begitu menggoda mata wisatawan. Letaknya yang tidak jauh dari Pantai Losari ini memiliki sebuah pulau yang diminati wisatawan yang berkunjung ke pantai Losari. Pulau yang bernama Samalona ini merupakan pulau kecil, dengan luas tidak lebih dari 2 hektar. Pulau ini selalu menjadi incaran para wisatawan yang ingin menjelajahi dunia bawah laut.

Karakteristik pulau Samalona adalah pasirnya yang lebut serta ombaknya begitu tenang. Tempat ini sangat cocok untuk snorkeling. Terdapat ikan dengan warna beraneka ragam serta terumbu karang yang alami, membuat pesona pulau semakin terlihat. Wisatawan juga dapat berjemur dan bersantai ditepi pantai.

3. Pulau Kayangan

Jika mencari tempat yang penuh dengan ketenangan ditengah laut, Pulau Kayangan adalah jawabannya. Letaknya yang tidak jauh dari pantai Losari hanya berjarak sekitar 1 hektar. Pulau Kayangan mulai ramai dikunjungi wisatawan karena menawarkan pemandangan alam pantai yang sangat indah dengan pantai berpasir putih. Matahari tenggelam di sini sangatlah cantik, sehingga menjadi tempat favorit wisatawan.

Hanya perlu menyeberang dengan perahu motor selama 15 menit sudah bisa merasakan sensasi pulau Kayangan. Tersedia pula beberapa penginapan yang disewakan di sini, wisatawan akan merasakan hal yang tidak terlupakan, yaitu menginap di tengah pulau kecil.

4. Masjid Terapung Makassar

Tidak jauh dari tepi pantai Losari terdapat sebuah Masjid Terapung. Selain digunakan sebagai tempat ibadah, masjid dengan nama asli Masjid Amirul Mukminin ini sangat terkenal sebagai tempat wisata di Makassar. Masjid ini bahkan menjadi ikon wisata religi yang ada si Makassar.

Waktu untuk berkunjung terbaik, yaitu saat menjelang sholat Magrib. Karena pemandangan matahari tenggelamnya sangat luar biasa dan sangat sayang dilewatkan. Masjid yang terletak di dekat Pantai Losari ini berada di jalan Penghibur No. 289.

5. Matahari Tenggelam Pantai Losari

Ini merupakan alasan bisanya wisatawan berkunjung ke Pantai Losari. Matahari tenggelam disini begitu fenomenal karena merupakan target bagi wisatawan yang memiliki hobi foto. Posisi pantai yang sedikit menjorok, sehingga posisi matahari tenggelam pas berada di laut. Fenomena ini menjadikan sunset begitu indah di pantai Losari.

Karenanya banyak wisatawan yang memilih berkunjung di sore hari atau sengaja tidak pulang sebelum malam karena ingin menyaksikan keindahan sunset yang begitu menakjubkan.

6. Makanan Olahan Laut Dan Makanan Khas

Terdapat warung tenda yang saling menyambung satu dengan lainnya sepanjang 1 km. Wisatawan akan melihat berbagai macam hidangan laut yang dijajahkan pada malam hari. Seperti cumi-cumi, ikan pari, lobster dan lainnya. Dijamin masakan laut masih segar dan harganya terjangkau. Selain hidangan laut, dijajahkan pula berbagai macam makanan khas Makassar.

Pisang yang dibakar kemudian dipipihkan dan diberi air gula merah adalah makanan yang cukup terkenal disini, Pisang epe. Tersedia juga pisang ijo, sop konro, coto makassar, dan pallu butung. Bisa dibayangkan kenikmatan malam hari ditemani kehangatan makanan khasnya. Memang saat ini warung tersebut sudah tidak ada disekitar Pantai Losari, tetapi telah dipindahkan di depan walikota Makassar yang tidak jauh dari pantai Losari.

7. Kapal Phinisi

Phinisi memberikan perjalanan gratis bagi para pelajar, karena mengusung proyek edukasi bagi negeri. Sekolah harus terlebih dahulu berkoordinasi dengan pengelola untuk melakukan perjalanan edukasi dengan Phinisi. Yang diberikan kepada pelajar adalah tentang kemaritiman dan kelautan di Indonesia. Sehingga anak-anak akan cinta dengan laut Indonesia ini.

Wisatawan yang ingin berkeliling dengan kapal ini juga bisa. Dengan tarif berdasarkan biaya operasional saja. Sambil bersantai di kapal akan sangat mengasikkan. Apa lagi saat sore hari, dapat dipastikan pengalaman nan indah akan dirasakan wisatawan.

Itulah harga tiket masuk, rute menuju lokasi dan objek wisata di sekitar Pantai Losari yang wajib diketahui wisatawan. Pantai Losari memiliki banyak keunikan mulai dari harga tiket masuk yang gratis, fasilitasnya hingga makanan khasnya yang selain unik juga memiliki citra rasa yang khas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *