Pantai Lovina : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Pantai lovina adalah salah satu tempat wisata yang berada di utara Bali tepatnya berada di Desa Kalibukbuk, Kabupaten Buleleng, Bali. Nuansa pemandangan alamnya masih asri dan sepi, berbeda dengan pantai yang sudah ramai disekitar kawasan Kuta.

Banyak wisatawan (baik asing maupun lokasl) yang berkunjung kesana, selain untuk melihat pantainya yang masih alami, juga untuk melihat atraksi lumba-lumba. Ada baiknya jika sebelum membahas lebih lanjut mengenai aktivitas di pantai lovina, terlebih dahulu mengetahui informasi rute menuju lokasi dan harga tiket masuknya.

Harga Tiket Masuk Di Pantai Lovina

Pengunjung yang akan mengunjungi pantai lovina tidak dikenakan biaya (gratis). Akan tetapi, jika pengunjung ingin melihat atraksi lumba-lumba, maka diharuskan untuk membayar. Pengunjung yang akan menyaksikan atraksi lumba-lumba harus menyewa perahu khusus yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Biaya yang dikeluarkan untuk menyewa perahu sekitar Rp. 150.000/orang dan dapat menampung 5 orang.

Pantai ini juga menyediakan berbagai fasilitas seperti, tempat-tempat kuliner dan penginapan hotel. Bagi pengunjung yang akan menghabiskan waktu lama untuk menikmati pantai ini, dapat menginap di hotel yang ada disekitar lokasi pantai.

Pengunjung tak perlu khawatir dengan biaya yang dikeluarkan untuk penginapan, karena harganya cukup terjangkau. Selain itu, fasilitas yang ada di penginapan hotel pun membuat para pengunjung merasa nyaman untuk berlama-lama ditempat ini.

Rute Menuju Lokasi Pantai Lovina

Pengunjung yang akan berkunjung ke pantai lovina harus menempuh jarak sekitar 94 km yang membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam dari bandara internasional Ngurah Rai. Bagi para pengunjung yang akan ke pantai lovina diharapkan untuk mencari sewa mobil atau menggunakan jasa tourgaide.

Hal ini akan memudahkan para pengunjung untuk dapat sampai ke tempat ini tanpa perlu repot-repot. Agar perjalanan tidak membosankan karena menghabiskan waktu sekitar 2,5 jam, pengunjung dapat mengunjungi beberapa objek wisata yang berada di sepanjang perjalanan.

Jika pengunjung datang dari kota Singaraja (ibu kota Kabupaten Buleleng) menempuh jarak 10 km atau memerlukan waktu sekitar 20 menit. Pengunjung yang datang dari kota Singaraja harus menyusuri jalan Ahmad Yani ke Barat kemudian dilanjutkan ke jalan Singaraja-Seririt.

Setelah menempuh jarak 9 km atau sekitar 16 menit dari jalan Ahmad Yani, pengunjung akan menemukan plang (tanda) petunjuk arah menuju pantai lovina. Selanjutnya pengunjung hanya harus mengikuti plang (tanda) petunjuk arah untuk sampai ke Pantai ini.

Obyek Wisata Di Pantai Lovina

Pantai lovina menyediakan banyak obyek wisata yang dapat dinikmati oleh para pengunjungnya. Obyek wisata di pantai ini sudah pasti memiliki daya tarik yang unik dan berbeda dari destinasi wisata pantai-pantai lainnya. Berikut adalah beberapa obyek wisata yang ada di pantai ini, antara lain:

1. Menonton Atraksi Lumba-lumba

Keunikan yang ada di pantai lovina adalah terdapat banyak lumba-lumba. Pengunjung dapat menonton atraksi lumba-lumba yang melompat ke udara diatas permukaan laut serta berenang di tengah laut. Pengunjung dapat menonton dan menyaksikan atraksi lumba-lumba yang lucu dari atas perahu yang telah disewa.

Saat menyaksikan atraksi lumba-lumba pengunjung tidak perlu takut, karena perairan laut lovina sangat tenang yang berbatasan langsung dengan laut Bali yang aman. Sekitar satu kilometer dari bibir pantai, pengunjung akan diajak mengejar kehadiran lumba-lumba agar bisa lebih dekat.

Pengunjung yang akan menonton atraksi lumba-lumba harus berangkat ke laut sebelum matahari terbit. Lumba-lumba di pantai lovina akan bermunculan sekitar pukul 06.00 – 08.00. Idealnya, waktu terbaik untuk menonton atraksi lumba-lumba di pantai lovina adalah sekitar bulan April – Oktober, ketika musim kemarau.

2. Snorkeling Menikmati Keindahan Bawah Laut

Selain menyaksikan atau menonton atraksi lumba-lumba, pengunjung dapat menikmati keindahan bawah laut dengan snorkeling. Pantai lovina menyimpan keindahan bawah laut yang patut disaksikan secara langsung. Di bawah laut, pengunjung dapat menjumpai banyak terumbu karang dan ikan hias warna-warni.

Snorkeling dapat dilakukan saat langit masih cerah, setelah menyaksikan atraksi lumba-lumba. Pengunjung yang akan snorkeling tidak perlu repot-repot membawa peralatan sendiri, karena sudah tersedia jasa sewa alat snorkeling yang lengkap.

3. Berjemur Dan Bersantai Di Pinggir Pantai Lovina

Semua orang yang ingin menghilangkan kepenatan, pantai lovina bisa menjadi pilihan yang tepat. Pantai lovina berbeda dengan pantai-pantai yang yang berada di Bali. Kebanyakan pantai di Bali memiliki pasir yang berwarna putih. Akan tetapi, pantai lovina tampak eksotis dengan pasirnya yang hitam.

Pemandangan di sekitar pantai lovina pun sangat indah dan alami untuk dinikmati oleh semua pengunjung. Pengunjung tak akan merasa dirugikan jika berkunjung dan menghabiskan waktu berlama-lama di pantai ini. Di area pinggir pantai ini biasanya digunakan pengunjung untuk  menunggu matahari terbit.

Selain itu, di atas pasir hitam inilah pengunjung bisa menggelar tikar atau alas lainnya untuk bersantai menikmati keindahan pantai lovina. Jika saat sedang bersantai di pinggir pantai, pengunjung dapat memesan makanan di warung-warung terdekat yang tersedia.

Selain memesan di warung, pengunjung juga dapat membawa bekal sendiri. Dengan demikian, pengunjung dapat bersantai di tepi pantai lovina tanpa merasakan lapar.

4. Memancing Ikan Di Tengah Laut

Pantai lovina menyuguhkan aktivitas seru yang dapat dilakukan oleh para pengunjung, yaitu memancing ikan di tengah laut. Biasanya aktivitas memancing ini diminati oleh para pengunjung laki-laki. Agar pengunjung tidak kelaparan dan merasa bosan saat memancing, pengunjung dapat membawa makanan ringan atau bekal.

Saat akan memancing ikan, pengunjung harus terlebih dahulu ke tengah laut dengan menyewa perahu yang telah disediakan. Jika pengunjung datang bersama rombongan dan ingin memancing, maka dapat menyewa perahu dengan ukuran yang lebih besar.

Biasanya harga yang dikenakan lebih murah untuk menyewa perahu secara rombongan bila dibandingkan membayar per-orang. perahu yang disewa biasanya hanya bisa mengangkut 4-5 orang. Tetapi, jika pengunjung hendak memancing sendiri, maka dapat bergabung dengan rombongan lain yang ada di perahu. Biaya sewa yang akan dikenakan yaitu sekitar Rp. 60.000 – Rp. 100.000 per orang.

5. Berkunjung Ke Jembatan Lovina

Di pantai lovina juga terdapat jembatan, yang sering dinamai dengan dermaga cinta. Pengunjung akan dikenai biaya sebesar Rp. 5.000 untuk dapat memasuki Kawasan ini. Bagi pengunjung yang memiliki kegemaran dalam berfoto, tempat ini menjadi spot terbaik untuk hunting foto saat sunset dan foto seputar pantai.

Jembatan ini pada dasarnya hanya dermaga dari kapal-kapal nelayan sekitar. Akan tetapi, tempat ini kini berkembang menjadi tempat untuk mengambil foto bagi para pengunjung.

Itulah ulasan serta informasi mengenai pantai lovina yang berada di utara Bali. Keindahan pantai ini dapat membuat siapa saja terpukau sehingga tertarik untuk mengunjunginya. Pantai ini pun dapat menjadi salah satu referensi tempat wisata pantai yang paling tepat untuk menghabiskan waktu liburan. Pengunjung dapat merasa puas jika telah mengelilingi semua obyek wisata yang berada di pantai ini. Bahkan pengunjung dapat merasa ketagihan dan ingin kembali lagi ke pantai ini setelah pulang ke rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *