Pantai Melasti: Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Suka berwisata ke pantai? Bali adalah surganya pecinta pantai, karena banyak sekali pantai indah yang disajikan pulau ini. Salah satu pantai indah yang ditawarkan kepada wisatawan adalah Pantai Melasti yang berlokasi di Baraban, Kediri Kabupaten Tabanan, Bali. Lokasi pantai ini sedikit tersembunyi di bawah tebing batu kapur curam, yang menjadi satu daya tariknya.

Disebut Melasti oleh warga sekitar karena pantai ini sering kali digunakan sebagai tempat melakukan upacara Melasti saat hari raya Nyepi. Pantai ini termasuk obyek wisata andalan Bali Selatan, yang merupakan salah satu pantai yang tersembunyi. Hal ini karena letaknya tersembunyi di balik tebing batu kapur, berikut ini ulasan lengkap tentang pantai Melasti.

Harga Tiket Masuk Pantai Melasti

Bagi wisatawan yang berkunjung ke pantai Melasti patut bergembira karena hingga saat ini tidak ada tiket masuk yang harus dibayarkan. Untuk tiket masuk perorangan atau pun biaya parkir kendaraan masih gratis semua tanpa biaya. Hal ini mungkin karena pantai ini masih sepi pengunjung, sehingga belum ada pengelolaan untuk tiket masuknya.

Rute Menuju Lokasi Pantai Melasti

Lokasi Pantai Melasti berdekatan dengan pantai Pandawa jaraknya hanya sekitar 8,5 Kilometer sebelah baratnya. Selain Melasti masih banyak pantai tersembunyi di daerah sekitar Bali Selatan ini, namun meskipun tersembunyi aksesnya cukup mudah. Tersedia jalan beraspal melewati tebing curam menuju pantai ini. Jadi tidak perlu khawatir kesulitan akses jalan menuju pantai ini.

Cara terbaik menuju pantai ini adalah dengan menaiki kendaraan pribadi sejauh 26,7 kilometer, karena memang tidak tersedia kendaraan umum. Waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar 1 jam 14 menit dari pusat kota. Meskipun akses jalan aspal sudah tersedia, namun belum tersedia penerangan yang memadai, sehingga harus memperhatikan waktu perjalanan ke pantai Melasti.

Obyek Wisata Di Pantai Melasti

Obyek apa saja yang bisa dinikmati di pantai yang indah dan eksotis ini? Ada banyak sekali obyek wisata yang bisa dinikmati oleh wisatawan yang berkunjung ke sini. Dijamin tidak akan bosan mengisi waktu liburan di Melasti yang eksotis ini, ini obyek wisata di Melasti:

1. Menikmati Keindahan Pantai

Pantai Melasti memiliki panorama yang tidak biasa, jika dibandingkan dengan pantai lainnya pantai ini memiliki keunikan. Terletak di balik tebing kapur yang curam, menambah pesona dari pantai yang terletak di sebelah selatan Bali ini.

Pasirnya yang putih, tebing kapurnya yang juga putih memantulkan cahaya membuat pantai semakin indah. Warna airnya biru kehijauan terpadu dengan pasir putihnya membentuk pemandangan indah yang wajib untuk dinikmati wisatawan.

2. Menikmati Keindahan Air Terjun Musiman

Ada hal unik yang terdapat di pantai ini yaitu air terjun musiman yang indah dan hanya bisa dinikmati di waktu-waktu tertentu saja. Air terjunnya memberikan nuansa berbeda pada pantai ini, membuat pemandangan menjadi lebih menarik.

Untuk menemukan lokasi air terjun ini wisatawan harus menuju pura Batu Bolong dengan berjalan kaki sekitar 400 meter dari pura Tanah Lot. Di sana terdapat air terjun kecil yang ada di tebing pantai Melasti dan menjadi salah satu spot foto terbaik.

3. Berjalan Menyusuri Anjungannya

Di pantai ini terdapat anjungan yang sengaja dibuat untuk keperluan upacara Melasti yang di adakan saat hari raya Nyepi. Wisatawan bisa menyusuri anjungan ini hingga ke tengah laut untuk menikmati keindahan pantai dari sisi yang berbeda.

Berjalan menyusuri anjungan sambil merasakan pasirnya yang halus dan angina laut, dan suara deburan ombak pasti menyenangkan. Jangan lewatkan momen ini, karena tidak semua pantai Bali memiliki anjungan seperti pantai ini.

4. Snorkeling

Pantai Melasti menawarkan keindahan bawah laut yang mempesona, apalagi pantai ini belum banyak dikunjungi sehingga masih terjaga baik. Sangat disarankan membawa peralatan snorkeling saat berwisata ke pantai ini.

Pantainya yang sangat bersih dan airnya yang jernih adalah faktor pendukung untuk melakukan snorkeling di Melasti. Menikmati keindahan bawah lautnya yang masih terjaga baik pasti menjadi obyek wisata yang sangat menyenangkan.

5. Berenang

Ombak di pantai ini tidak begitu besar, dengan pantai yang landai dan anjungan yang menjorok hingga ke tengah. Semuanya menandakan bahwa sangat aman berenang di pantai ini, selain itu pantainya memang sangat bersih dan sepi. Akan sangat nyaman berenang di pantai ini bersama anak-anak atau keluarga. Jangan lupa untuk menyiapkan perlengkapan renang, agar bisa berenang dengan aman dan nyaman.

6. Menikmati Sunset

Sunset masih menjadi tujuan utama wisatawan yang pergi berlibur ke sebuah pantai, Melasti adalah pantai yang tepat untuk menikmati sunset. Dengan perbukitan indah yang mengelilingi pantainya, sunset akan terlihat lebih unik dan indah di pandang mata.

Pemandangan sunsetnya bahkan bisa dinikmati dari bagian atas sebelum wisatawan turun ke pantai. Banyak batu karang besar yang menambah keunikan sunset di pantai Melasti Kuta Selatan ini.

7. Berendam Di Kolam Air Alami

Salah satu peristiwa unik yang bisa dilihat saat berada di pantai ini adalah sebuah kolam air alami yang muncul pada saat tertentu saja. Kolam tersebut muncul saat air laut sedang surut saja, rongga-rongga batu karang akan terisi dengan air yang jernih dan cocok untuk berendam.

Coba saja berendam di kolam-kolam kecil tersebut, sambil melihat ikan-ikan kecil yang juga terperangkap di sana. Kolam alami ini menjadi obyek yang sangat menarik untuk dinikmati oleh wisatawan.

8. Bermain Pasir

Pantai Melasti merupakan favorit warga setempat, karena keadaannya yang sepi, tenang, bersih dan masih alami. Pasirnya yang putih membuat wisatawan sangat menyukai bermain pasir di pantai ini. Berkunjung ke pantai ini bersama anak kecil pasti akan sangat menyenangkan, mereka bisa bermain pasir menuangkan segala imajinasi diatas lautan pasir di pantai ini.

Agar permainan pasir menyenangkan, jangan lupa menyiapkan peralatan yang dibutuhkan. Peralatan semacam sekop kecil, dan cetakan-cetakan pasir yang bisa dibuat untuk membuat bentuk-bentuk pasir.

9. Hunting Foto Pemandangan Pantai

Perpaduan warna di pantai ini sungguh menawan, ada birunya laut, putihnya pasir, batu karang, bukit-bukit nan hijau dan tebing batu kapur. Semua komponen yang ada di pantai membentuk pemandangan pantai yang sangat indah dan menarik, sangat pantas jika diabadikan.

10. Foto Prewedding

Banyak obyek yang bisa dinikmati wisatawan dan bisa diabadikan gambarnya membuat banyak orang semakin tertarik dengan pantai ini. Bahkan banyak pasangan calon pengantin yang memilih pantai ini sebagai tempat melakukan foto prewedding.

Tidak salah memang foto prewedding berlatar pantai yang eksotis ini, pasti akan menjadikan kenangan indah bagi mempelai. Banyak spot untuk pengambilan foto keperluan prewedding

Itulah obyek wisata yang ada di pantai Melasti, sungguh menyenangkan mengisi liburan di pantai ini. Saat ini pengunjung yang dominan di pantai ini adalah warga setempat, mungkin karena memang belum begitu terkenal. Jadi kosongkan jadwal dan agendakan untuk mengunjungi pantai di Bali Selatan ini, pasti liburan akan lebih menyenangkan.

One Reply to “Pantai Melasti: Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *