Pantai Menganti : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

pantai menganti

Tidak banyak yang tahu bahwa di Kebumen – Jawa Tengah terdapat pantai indah yang memiliki pasir putih dan air yang biru bening. Pantai ini adalah pantai menganti yang memiliki keindahan tidak terkalahkan. Tidak hanya keindahan pantainya saja yang basi dinikmati, namun pengunjung akan dibuat lebih takjub dan betah berlama-lama di pantai karena di sekelilingnya terdapat bukit yang hijau dan tebing alam yang tinggi sehingga dinamai pantai hijau. Pastinya hal ini menambah keindahan pantai.

Sebagai sebuah destinasi wisata di wilayah Jawa Tengah, Pantai Menganti bisa dibilang sebagai destinasi yang cukup baru. Karena baru pada tahun 2011 lalu pantai ini resmi dibuka untuk para wisatawan. Sebelumnya pantai hanya digunakan sebagai tempat pendaratan beberapa perahu kecil milik nelayan. Namun sejak resmi di buka sebagai destinasi wisata maka banyak wisatawan yang datang ke pantai baik dari dalam maupun wisatawan asing.

Harga Tiket Masuk Pantai Menganti

Untuk bisa menikmati keindahan alam pantau satu ini, pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Harga tiket masuk pantai Menganti hanyalah sekitar Rp. 5.000 untuk setiap pengunjung sangat terjangkau bukan? Biaya ini belum termasuk biaya parkir jika pengunjung membawa kendaraan memasuki kawasan pantai.

Selain keindahan alamnya, para pengunjung bisa menikmati obyek wisata lainnya seperti berfoto di balon udara atau sepeda gantung. Namun tentunya fasilitas yang ditawarkan ini tidaklah gratis, pengunjung perlu membayar Rp. 15.000 untuk bisa menikmati objek wisata tersebut. Uang tersebut merupakan hasil kerjasama antara pengelola dengan pihak investor yang menanamkan modal di pantai. Jika datang ke pantai ini maka usahakan jangan menggunakan pakaian berwarna hijau. Mengapa? Karena ini sudah menjadi adat istiadat budaya setempat dan tentunya harus dihormati.

Baca Juga :   Pantai Ngandong : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Rute Menuju Lokasi Pantai Menganti

Bagi pengunjung yang datang namun tidak menggunakan kendaraan pribadi, maka jangan khawatir karena banyak kendaraan umum yang bisa digunakan. Fasilitas kendaraan umum yang bisa digunakan sampai ke lokasi cukuplah memadahi namun tidak bisa langsung sampai ke pantai secara langsung. Namun bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi,  cukup bawa kendaraan menuju ke Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen Jawa Tengah.

Jika pengunjung datang dari Gombong, maka ada 2 rute yang bisa dilalui. Pertama, dari Gombong ambil arah ke Puring, kemudian belok kanan menuju Pantai Suwuk dan dilanjutkan kearah Pantai Menganti. Perlu diingat rute ini memiliki jalan yang cukup menantang karena penuh dengan tikungan tajam dan tanjakan yang curam sehingga harus lebih hati-hati. Rute pertama bisa dilalui dengan jarak 38 kilometer.

Sedangkan rute kedua jaraknya lebih jauh di bandingkan rute pertama, karena memakan waktu sekitar 1,5 jam dengan jauh sekitar 45 km. Rute tersebut adalah dari Gombong, ambil arah barat ke Pantai Lohending kemudian ambil jalur naik yang menuju Pantai Menganti.

Objek Wisata Pantai Menganti

Tidak hanya bisa menikmati keindahan pantai dengan pasir yang putih atau air yang biru saja. Namun pengunjung juga bisa menikmati berbagai objek wisata yang ada di pantai antara lain :

1. Sepeda Gantung

Pengunjung bisa menikmati keindahan alam pantai dari atas sekaligus mendapatkan foto keren yang instagramable. Bagi para pecinta selfie atau sedang mencari foto yang menarik, maka harus mencoba wahana sepeda gantung. Selain mendapatkan foto yang bagus dan menarik, adrenalin pengunjung akan semakin ditantang karena harus berada di atas sepeda gantung.

Baca Juga :   Pantai Carocok : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Biaya untuk bisa mencoba wahana satu ini sangatlah terjangkau yaitu hanya Rp. 15.000 per orang. Jika mencoba wahana ini pastikan untuk selalu siaga dan mengutamakan keselamatan diri meskipun sudah banyak pemandu yang bersiaga di sekitar wahana. Sepeda gunung bisa dinaiki setidaknya oleh 2 orang dewasa.

2. Balon Udara

Pernah menyaksikan balon udara yang melayang di udara? Jika selama ini hanya menyaksikan di layar televisi saja maka kini pengunjung bisa merasakannya secara langsung. Di pantai Menganti terdapat salah satu wahana yang popular bagi para pengunjung yaitu wahana balon udara.

Pengunjung cukup membayar biaya naik balon sebesar Rp. 15.000 per orang saja maka bisa menikmati wahana ini. Selama kurang lebih 15 menit pengunjung akan diajak melayang di udara sambil menyaksikan keindahan alami pantai dari atas. Karena sangat menarik maka tidak heran bila pengunjung harus antri terlebih dahulu jika ingin ikut merasakan wahana satu ini.

3. Jembatan Merah

Masih membahas tentang spot foto yang keren dan instagramable. Bagi pengunjung yang ingin mendapatkan foto keren untuk di upload di sosial medianya maka jembatan merah bisa jadi salah satu spot foto yang wajib dicoba yaitu jembatan merah.

Jembatan merah letaknya sekitar 300 meter dari pantai, pengunjung bisa datang kesana dengan cara berjalan kaki atau menumpang shutter yang sudah disediakan oleh pengelola secara gratis. Jembatan ini tidak kalah keren dan menarik sebagai spot foto. Banyak foto menarik yang diambil di jembatan ini.

Jika ingin mencoba berfoto di jembatan merah maka pastikan perlengkapan foto sudah di bawa. Selain itu pastikan pula perlengkapan aksesoris sebagai pelengkap foto agar semakin unik dan keren.

Baca Juga :   Pantai Sarangan : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

4. Tanjung Karang Bata

Setelah mengunjungi spot-spot foto yang unik dan menarik maka saatnya para pengunjung mencoba objek wisata lainnya yaitu Tanjung Karang Bata. Objek wisata ini merupakan sebuah gunung api purba yang bisa dikunjungi ketika berada di Pantai Menganti.

Dari tempat ini pengunjung isa melihat pemandangan yang sangat indah dan mempesona. Selain itu udara khas pengunjung yang sejuk dan menyegarkan bisa dirasakan. Tentunya ini akan semakin menarik siapa saja yang datang ke Menganti terutama yang berasal dari kota sebagai penghilang rasa jenuh di kota.

5. Bukit Sigatel

Ingin menikmati pejalanan tidak hanya di pantai? Maka Bukit Sigatel bisa jadi pilihannya. Lokasinya masih di sekitaran Pantai Menganti dan banyak digemari oleh para pengunjung. Selain keindahan alam yang ditawarkan di bukit juga bisa mengambil banyak foto yang instagramable dan pastinya menarik.

Untuk bisa naik ke atas bukit tidak ada biaya yang dikeluarkan, menarik bukan? Namun bagi pengunjung diharapkan untuk menggunakan pakaian yang nyaman. Karena perjalanan cukup jauh sehingga mudah merasa lelah. Selain itu hindari menggunakan pakaian yang dirasa kurang cocok untuk mendaki bukit, ini semua demi kenyamanan pengunjung ketika menaiki bukit.

 6. Mercusuar Tua

Terakhir, terdapat mercusuar tua buatan Belanda yang masih kokoh berdiri hingga saat ini meskipun sudah lama tidak digunakan. Mercu suar tersebut dibuat pada tahun 1912-1915 dengan tinggi 20 meter. Setiap pengunjung bisa menaikinya sampai ke puncak mercusuar secara gratis.

Pantai Menganti juga dilengkapi dengan fasilitas lainnya yang bisa digunakan untuk menambah kenyamanan ketika liburan. Tidak lupa pengunjung bisa merasakan indahnya sunset dan sunrise di Pantai ini dan tentunya akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *