Pantai Mutun : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Warga Indonesia wajib bangga karena Indonesia merupakan negara dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia. Bahkan Indonesia berhasil memenangkan berbagai penghargaan dengan kualitas dan daya tarik pantai yang memukau. Salah satunya adalah Pantai Mutun yang terletak di kawasan Jalan Raya Bumi Sari Natar Gang Bima Ruko Orange Natar, Lampung Selatan.

Pantainya berpasir putih halus dan menghadap ke Teluk Lampung, pantai yang cocok untuk liburan keluarga bersama anak tercinta. Hal itu karena ombaknya yang tenang dengan pantai yang dangkal, tentu aman dan baik untuk anak-anak.  Wisatawan dari berbagai daerah juga datang karena kenyamanan dan mendukung untuk olahraga air. Hal itu membuat pengunjung betah berlama-lama di pantai, terlebih lagi fasilitasnya lengkap dan terjamin kebersihannya.

Harga Tiket Masuk Pantai Mutun

Pantai mutun menjadi tempat wisata favorit lantaran menawarkan harga tiket yang terjangkau. Untuk kendaraan motor dengan kisaran harga Rp. 13.000 per motor dan untuk mobil kisaran harga Rp. 33.000 per mobil. Bagi wisatawan jarak jauh dapat menyewa penginapan atau pondokan untuk melepas lelah selama perjalanan. Hal itu bermanfaat agar tubuh dan pikiran dapat menikmati keindahan pantai tanpa ada rasa lelah dan kantuk.

Namun menyewa pondokan tidak diwajibkan bagi semua pengunjung. Bagi pengunjung yang tidak menyewa pondokan dapat duduk dibawah pohon yang berjejer rapi, dimana pohon waru merupakan pohon yang banyak tertanam dengan sensasi sejuk duduk karena naungan pohon lebat di atasnya. Pengunjung secara langsung dapat menikmati beragam fasilitas yang tersedia bersama keluarga.

Pantai Mutun memang destinasi favorit keluarga, terlebih lagi fasilitasnya dapat digunakan oleh anak-anak. Misalnya Waterboom, dan pasir pantai yang sangat halus, ada juga Banana Boat, Jetzki, Kano dan fasilitas memadai lainnya.

Rute Menuju Lokasi Pantai Mutun

Pantai Mutun lebih dekat dengan Kota Bandar Lampung dengan jarak sekitar 19 km dengan perjalanan darat. Pengunjung yang berangkat dari Kota Bandar Lampung wajib berkendara melalui jalan RE Martadinata ke arah barat daya Teluk Betung. Setelah pengunjung menemui pertigaan jalan akan terlihat penunjuk jalan menuju Pantai Mutun. Perjalanan akan memberikan kesan mendalam karena menuju Pantai Mutun, anda dapat menyaksikan beberapa pantai yang yang ramai dikunjungi, seperti Pantai Queen Arta, Pantai Puri Gading dan pantai lainnya.

Sesampainya di Pantai Mutun, pengunjung dapat beristirahat atau menikmati sejuknya semilir angin laut. Pengunjung dapat berenang dan anak-anak dapat menikmati permainan air di waterboom seperti seluncuran panjang dan tinggi. Tentunya pengunjung harus membeli tiket dahulu untuk menikmati semua fasilitas yang tersedia, namun dengan tiket yang terjangkau. Bahkan pengunjung dapat menyewa pondok-pondok kecil di sepanjang garis pantai dengan kisaran harga Rp. 33.000 per pondok tiap harinya.

Objek Wisata Pantai Mutun

Objek wisata di Pantai Mutun memang beragam, untuk itu pengunjung wajib mencoba salah satunya. Bahkan pengelola tidak melarang pengunjung membatasi kegiatan di Pantai Mutun. Untuk itu dibawah ini ada penjabaran kegiatan yang dapat dicoba selama di Pantai Mutun, antara lain:

1. Piknik

Piknik di bibir pantai dapat pengunjung coba tatkala baru datang untuk melepas lelah. Menyiapkan tikar dan makanan yang dibawa dari rumah untuk dinikmati bersama keluarga. Terlebih lagi bagi pengunjung yang membawa anak-anak, wajib memberi anak-anak sebelum mulai beraktivitas sangat penting karena selama perjalanan pasti lapar dan lelah.

Pengunjung dengan kalangan remaja dapat piknik sekaligus membahas hal-hal seru. Kegiatan itu akan mengasyikkan karena pembahasan seriusnya ditemani semilirnya angin yang sejuk. Pikiran juga tenang dan tanpa beban karena bebas dari polusi udara.

2. Waterboom

Waterboom di Pantai Mutun dapat dicoba untuk anak-anak dengan pengawasan dari orang tua. Sebaiknya anak-anak umur 7 tahun ke atas karena waterboom yang tersedia tergolong cukup tinggi, dan sangat berbahaya untuk anak dibawah umur 7 tahun.

Harga tiket yang ditawarkan juga terjangkau, setiap orang dibandrol sekitar 11.000. Pastinya menikmati waterboom akan seru dan menjadi pengalaman yang tak terlupakan, terlebih lagi diabadikan melalui foto dan video agar dapat ditonton kapan saja. Berkunjung ke Pantai Mutun juga menjadi alternatif orang tua mengajak buah hati yang rajin sekolah dan berprestasi, dengan begitu anak akan semakin giat belajar dan menambah wawasan bahwa Indonesia mempunyai beragam pesonanya.

3. MS Town Pantai Mutun

MS Town dikelola secara swasta oleh MS Corporation dengan tiket sekitar Rp. 15.000 untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Suasana yang sejuk disertai hamparan pasirnya yang putih dan bersih membuat pengunjung nyaman berkunjung di Pantai Mutun, terlebih lagi dengan fasilitas yang lengkap.

4. Bermain Kano

Kurang lengkap jika mengunjungi Pantai Mutun namun tidak mengeksplor pantai. Untuk itu pengunjung dapat menyewa kano yang sudah disediakan untuk mengeksplor keindahan pantai, harga tiketnya pun terjangkau. Untuk 1 orang dibandrol dengan harga sekitar Rp. 30.000, dan untuk 2 orang Rp. 60.000 per jamnya. Sebaiknya bermain kano bersama istri maupun kekasih agar menjadi kenangan indah tak terlupakan.

5. Bermain Pasir

Bermain pasir adalah hal yang disukai anak-anak dan remaja. Kegiatan ini bisa dilakukan anak-anak dengan ditemani orang tua selama berwisata di Pantai Mutun. Untuk itu wajib membawa ember, sekop dan cetakan lucu dari rumah agar dapat bermain pasir. Kegiatan bermain pasir di pantai lebih menyenangkan ketimbang bermain pasir di rumah dan tempat permainan, hal itu karena saat bermain pasir di pantai, gundukan pasir yang dibuat akan diterpa ombak kecil dan membuat anak-anak senang.

6. Wisata Kuliner

Berwisata tanpa mencicipi kuliner akan membuat penasaran dan penyesalan yang dalam. Untuk itu mencicipi kuliner yang disuguhkan di objek wisata Pantai Mutun wajib dicoba bersama keluarga. Banyak pedagang makanan yang menjual beragam makanan dan minuman sesuai selera, bahkan makanan kecil seperti siomay, bakso dan lain-lain.

7. Memancing

Untuk yang hobi memancing, Pantai Mutun dapat dijadikan tempat indah untuk memancing. Cukup banyak pilihan tempat yang dipilih, mulai dari bibir pantai, menggunakan rakit sampai menyewa kapal untuk memancing ke tengah laut. Penyewaan rakit di Pantai Mutun menjadi primadona karena dibandrol dengan harga terjangkau, terlebih lagi pantainya terkenal sebagai spot memancing untuk para mancing mania. Hanya kisaran Rp. 9.000 per orang, pengunjung dapat memancing dengan bebas dan sesuai kebutuhan.

8. Bermain Banana Boat

Bermain banana boat termasuk aktivitas air yang menguji adrenalin. Pengunjung dapat bermain banana boat dengan perahu berbentuk pisang yang akan ditarik dengan kencang oleh speed boat mengelilingi bibir pantai. Kegiatan ini akan mengasyikkan ditemani semilirnya angin laut dan percikan air laut yang mengenai tubuh.

9. Bersantai Di Pondok

Bersantai di pondok-pondok sekitar bibir pantai menjadi primadona sebagian pengunjung. Kegiatan ini dapat diselingi dengan menelfon atau melakukan video call keluarga di rumah, dengan begitu keluarga di rumah akan melihat keindahan Pantai Mutun dan berminat mengunjungi lain lain waktu.

Untuk sewa tarif pondok juga terjangkau dan bervariasi, mulai dari Rp. 32.000 hingga Rp. 100.000 per unitnya. Tarif untuk akhir pekan dan hari libur memang akan dipatok lebih tinggi oleh pengelola, untuk itu pengunjung yang ingin berhemat dapat mengunjungi di lain waktu. Namun walaupun tarif sewa pondok tengah tinggi, pengunjung akan mendapat timbal baliknya dengan keramaian pantai yang banyak pengunjung dan dapat menambah teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *