Pantai Nampu : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

pantai nampu

Selain pantai yang ada di barisan Gunung Kidul, ternyata ada pantai indah lainnya di Kota Solo yaitu Pantai Nampu. Keberadaan pantai yang terletak di Wonogiri ini menjadikan Pantai Nampu sebagai destinasi wisata yang tak diragukan lagi keindahannnya. Barisan pantai pasir putih yang terbentang indah menjadikan daya tarik tersendiri bagi pantai ini. Keindahan yang ditawarkan pun tak kalah menawan dibanding dengan pantai-pantai lainnya yang ada di pulau Jawa.

Pantai Nampu mungkin masih terdengar asing di telinga sebagian orang. Pantai ini terletak di Gunturharjo, Paranggupito, Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah. Daerah Solo memang memiliki banyak pantai yang indah dan sudah sering dijadikan tempat wisata bagi kebanyakan orang. Namun ada pantai cantik lainnya yang mungkin masih belum banyak diketahui. Keadaan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang mencari tempat berlibur dengan keadaan yang tidak begitu ramai. Kesan tenang dan eksotis saat mengunjungi pantai ini akan langsung terasa.

Rute Menuju Lokasi Pantai Nampu

Untuk menuju lokasi pantai ini tidaklah sulit, bisa dilalui dengan kendaraan roda dua ataupun empat. Bila kita berangkat dari pusat kota Wonogiri menuju Pantai Nampu, hanya berkisar 70 Km saja. Selain itu bisa juga ditempuh melalui Pacitan, Yogyakarta, ataupun Solo. Namun bila kita berangkat melalui Kota Solo, perjalanan yang ditempuh akan lebih lama yaitu sekitar 3 jam perjalanan darat.

Dari pusat Kota Wonogiri rute yang dilalui ialah melalui Kabupaten Sukoharjo dan Waduk Gajah Mungkur. Lalu jalan terus mengikuti jalan utama sampai menemukan papan penunjuk jalan yang telah tersedia di pinggir jalan. Lalu pilih rute jalan menuju Yogyakarta atau Pracimantoro kemudian perjalanan lurus terus hingga menemukan perempatan.

Baca Juga :   Pantai Papuma : Rute Menju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Setelah itu pilihlah jalan menuju Pacitan dan ikutilah jalan tersebut hingga sampai pada perempatan. Saat sudah berhasil menemukan perempatan, kemudian ambil jalan menuju arah Paranggupito. Jalan terus sampai menemukan pertigaan jalan  dan disana akan dijumpai papan petunjuk jalan. Ikutilah rute papan petunjuk jalan tersebut hingga kita sampai kelokasi Pantai Nampu.

Harga Tiket Masuk Lokasi Pantai Nampu

Pantai Nampu memang terbilang salah satu pantai yang masih belum memiliki fasilitas lengkap. Potensi alamnya yang bagus belum dibarengi dengan pengelolaan yang maksimal. Fasilitas umum pun sulit ditemukan di sekitaran area pantai ini, seperti tidak adanya mesin ATM dan belum adanya Tim SAR yang berjaga di sekitaran lokasi pantai. Namun sekali lagi, itu semua tidak mengurangi keindahan dan keasrian yang dimiliki oleh Pantai Nampu. Semuanya akan terbayar saat kita sampai di tempat ini.

Harga tiket masuk pantai juga terbilang murah yaitu hanya berkisar Rp. 5.000,00 untuk satu orang. Jika wisatawan membawa kendaraan pribadi juga tidak perlu khawatir karena tersedia lokasi parkir dengan tarif Rp. 5.000,00 untuk kendaraan roda dua, dan Rp. 15.000,00 kendaraan roda empat. Kendaraan yang dibawa akan terjaga aman ditempat ini.

Di Pantai Nampu kita juga bisa membeli makanan-makanan ringan yang tersedia di warung sekitaran pantai. Sebelum membeli makanan atau minuman di warung yang tersedia disana, ada baiknya pilihlah warung yang sudah menuliskan harga makanan yang biasanya terpampang didepan warung tersebut. Karena bukan tidak mungkin ada oknum yang memanfaatkan keadaan dengan menjual makanan/ minuman dengan harga yang tidak wajar. Bijaklah memilih tempat makanan.

Selain itu di Pantai Nampu juga disediakan homestay-homestay indah di pinggir pantai. Adapula paket wisata yang disediakan disini yaitu kombinasi wisata alam dan wisata ekosistem. Selain bisa beristirahat dengan nyaman sambil menikmati deburan ombak pantai. Kita juga akan diajak berjalan-jalan mengitari pantai sambil memancing dan berburu tupai-tupai yang ada disana.

Baca Juga :   Pantai Ngobaran : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Obyek Wisata Pantai Nampu

Keindahan pasir putih dan keelokan alamnya menjadikan Pantai Nampu sebagai tempat wisata yang bisa dikunjungi saat liburan. Selain lokasinya yang masih sangat alami, ombak di pantai juga terbilang tenang. Sehingga kita bisa melakukan banyak aktivitas-aktivitas menyenangkan di sini. Berikut akan diulas mengenai beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Pantai Nampu sebagai daya tarik obyek wisatanya.

1. Lokasi Pantai Yang Berada Di Ketinggian

Lokasi pantai yang landai dan berada di ketinggian menjadikan spot pantai lebih mengesankan. Banyak wisatawan yang memilih menikmati keindahan pantai dari tempat ini, meskipun terlihat jauh karena dilihat dari ketinggian, namun sensasi deburan ombak yang didapat akan terasa dekat. Dari atas bibir pantai yang diselimuti pasir putih akan terlihat lebih jelas dan indah.

2. Pemandangan Alamnya Yang Indah

Tidak diragukan lagi bahwa Pantai Nampu memiliki keindahan alam yang masih sangat terjaga kealamiannya. Dengan pemandangan alam yang disuguhkan oleh pantai ini akan membuat kita betah berlama-lama menikmati deburan ombak, kicauan burung, serta suara gesekan daun-daun hijau dari pepohonan rimbun yang masih terjaga di pantai ini. Pemandangan alam inilah yang menjadi salah satu daya tarik Pantai Nampu. Sehingga banyak wisatawan yang rela datang-datang jauh ke tempat ini.

3. Batu Karang Yang Indah

Ketika air Pantai Nampu surut, maka akan nampak jelas keindahan bawah lautnya. Saat air surut batu karang akan terlihat lebih jelas dari biasanya. Selain itu kita juga bisa menyaksikan ikan-ikan kecil dengan berbagai warna berenang mengitari batu karang. Pemandangan ini sangat menyejukkan mata siapa saja yang melihatnya. Kombinasi batu karangnya yang eksotis dan air yang jernih akan membuat kita betah berlama-lama bermain air.

Baca Juga :   Pantai Ancol : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

4. Melihat Cumi-Cumi

Ketika air pantai surut, selain dapat menikmati keindahan batu karang dan ratusan ikan warna-warni kita juga bisa menyaksikan aktivitas warga sekitar. Saat air surut akan ada banyak nelayan yang turun ke pantai untuk menangkap ratusan bahkan ribuan cumi-cumi. Para nelayan cukup berburu di pinggir pantai menggunakan jaring. Aktivitas seperti ini akan sangat menarik wisatawan yang sedang berkunjung disana. Dapat menyaksikan langsung bagaimana para nelayan berburu cumi-cumi.

5. Puluhan Anak Tangga Cantik

Saat berkunjung ke Pantai Nampu pastilah akan disuguhkan dengan puluhan anak tangga yang terbentang luas dari lokasi parkir hingga garis pantai. Meskipun fungsi utama dari pembangunan tangga tersebut pada tahun 2002 lalu adalah sebagai akses jalan menuju pantai. Namun kerapihan deretan tangga kini menjadi keindahan lainnya yang ada di Pantai Nampu. Lokasi ini pun sering dijadikan spot foto-foto  bagi para pecinta fotografi.

Itulah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Pantai Nampu. Selain tempatnya yang memang masih belum terjamah pun pantai ini ternyata juga menyimpan keindahan-keindahan alam yang belum terekspos. Saat berkunjung ke pantai ini, kita akan dibuat terkagum-kagum dengan keindahan alam yang dimiliki.

Beruntungnya Indonesia yang memiliki banyak pantai indah yang dapat kita kunjungi salah satunya ialah Pantai Nampu ini. Saat berlibur kesini selalu perhatikan juga kelestarian lingkungan. Jangan merusak keindahan yang ada, selalu buanglah sampah pada tempatnya. Agar apa yang telah indah akan tetap terjaga keindahannya. Karena jika bukan kita yang menjaga kebersihan laut sendiri, maka siapa lagi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *