Pantai Ngalur : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Kota Tulungagung yang berada di Provinsi Jawa Timur mungkin kurang familiar bagi sebagian orang. Namun siapa sangka kota yang berada di dataran tinggi dan laut selatan ini memiliki banyak sekali obyek wisata yang hits. Yang paling terkenal adalah Kampung Susu Dinasty Tulungagung dan Rumah Hobbit Dokar Dreamland.Tak hanya itu, Tulungagung juga memiliki obyek wisata pantai yang eksotis. Salah satunya adalah Pantai Ngalur yang masih asri dan belum banyak terjamah oleh wisatawan.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngalur

Pantai Ngalur belum dikelola sepenuhnya oleh pemerintah maupun masyarakat setempat. Sehingga untuk masuk ke lokasi ini tidak dikenakan biaya tiket masuk alias gratis. Namun, buat pengunjung yang membawa kendaraan akan dikenai biaya parkir sebesar Rp 5.000,00.

Rute Menuju Lokasi Pantai Ngalur

Untuk lokasi dari Pantai Ngalur berada di Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tulungagung, Kabupaten Tulungagung. Letaknya cukup terpencil  yaitu sekitar 37 km dari pusat kota dengan waktu tempuh kira-kira 1,5 jam. Ada dua rute yang bisa ditempuh untuk sampai ke lokasi Pantai Ngalur.

Pertama, dari Pantai Sanggar bisa mengambil lajur kiri melewati perbukitan atau rute kedua yang melewati Dusun Pantai Sanggar. Namun untuk rute kedua masih minim papan petunjuk jalan serta masih sepi karena tidak banyak yang melaluinya.

Untuk itu perlu bantuan masyarakat setempat untuk memandu menuju lokasi agar tidak nyasar. Sehingga direkomendasikan untuk mengambil rute yang pertama agar lebih mudah dan aman.

 Obyek Wisata Pantai Ngalur

Pantai ngalur bisa dikatakan sebagai ‘surga tersembunyi’ Kabupaten Tulungagung. Dengan beragam daya tarik yang dimilikinya tentu bisa menjadi magnet buat para wisatawan. Lalu apa saja daya tarik Pantai ngalur? Berikut uraian lengkapnya:

1. Pantai Yang Eksotis

Pantai ngalur memiliki bibir pantai yang cukup panjang dan melengkung pada ujungnya sehingga menyerupai teluk. Dengan hamparan pasir pantai yang putih,bersih dan lembut memberikan kesan yang sangat eksotis.Siapapun akan dibuat takjub ketika sampai di tempat ini.

Terlebih dengan hamparan air laut yang biru, jernih dan bersih menjadi pemandangan yang menyejukkan mata. Apalagi pantai yang satu ini masih bersih dari serakan sampah sehingga menjadi nilai plus yang membedakannya dengan pantai-pantai lain.

2. Banyak Spot Foto Instagramable

Selain keindahan alamnya, pantai ngalur juga memiliki banyak sekali spot foto yang instagramable.  Mulai dari selfie di atas pohon kering, bersantai ria di gazebo hingga pohon dengan ayunan yang terbuat dari kain. Namun, yang paling favorit adalah foto berlatar ranting pohon meranggas bak di kaki gunung mati.

Selain itu, di bibir pantai banyak sekali dijumpai karang atau bebatuan sehingga sangat cocok untuk menjadi latar selfie. Namun, perlu berhati-hati ketika berjalan diatasnya agar tidak terpeleset. Tak jarang juga banyak perahu nelayan yang bersandar sehingga menambah kesan natural.

3. Medan Yang Menantang

Buat para pengunjung yang hobi trekking, Pantai ngalur adalah pilihan yang tepat. Pasalnya karena letaknya yang terpencil dan dikelilingi jurang membuat kendaraan susah masuk. Kecuali kendaraan roda dua jenis jelajah dengan ban khusus atau yang ber-CC besar atau buat warga setempat yang sudah terbiasa keluar masuk pantai.

Untuk itu para pengunjung harus melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki melewati perbukitan untuk sampai ke lokasi. Belum lagi kondisi jalan tanah merah yang licin ketika terkena air apalagi air hujan, sehingga perlu usaha ekstra, stamina yang kuat dan bekal yang memadai untuk menaklukkan medan yang cukup menantang ini. Namun, jangan khawatir semua akan terbayarkan dengan keindahan pantai yang menakjubkan. Dijamin worth it banget.

4. Jasa Ojek Pesanggem

Selain jalan kaki, ada opsi lain untuk sampai ke lokasi Pantai Ngalur yang ekstrim. Yaitu dengan menggunakan jasa ojek Pesanggem atau warga setempat yang bekerja sebagai peladang hutan sehingga sudah terbiasa keluar masuk lokasi pantai.

Para pesanggem biasanya menggunakan kendaraan yang sudah dimodifikasi baik bagian depan maupun belakang untuk mengangkut hasil hutan. Untuk ongkos jasa ojek pesanggem berkisar antara Rp 20.000,00- 30.000,00 sekali jalan.

5. Mirip Pantai Di Bali

Meskipun letaknya di Jawa, namun Pantai ngalur memiliki lanskap yang mirip pantai-pantai di Pulau Bali. Perpaduan pantai pasir putih yang bersih, bukit-bukit, air laut yang jernih hingga bebatuan karang menghasilkan panorama yang menyejukkan mata.

Pilihan tepat buat siapa saja yang ingin melepas penat dan me-refresh otak. Dan tentunya ini menjadi spot foto idaman para traveler yang menyukai konsep back to nature.

6. Pepohonan Yang Rindang

Pesona pantai ngalur juga tidak lepas dari pepohonan rindang yang menghiasi bibir pantai. Menjadikan udara sekitar begitu segar dan rindang.Terlebih dengan adanya ranting-ranting pohon yang meranggas layaknya hutan mati menjadikan pantai ini semakin ciamik. Sehingga menghilangkan kesan kalau pantai pasti panas.

7. Masih Sepi Pengunjung

Lokasi yang tersembunyi membuat pantai ini sepi pengunjung.Sehingga sangat cocok buat para wisatawan yang menginginkan suasana alam yang asri, alami dan tenang. Selain itu, para pengunjung juga tidak perlu antri untuk mengambil spot foto favorit karena tidak banyak yang berkunjung. Berasa pantai pribadi ya?

8. Ombak Yang Besar

Pantai ngalur termasuk ke dalam wilayah pantai selatan sehingga memiliki ombak yang besar dan lereng yang curam. Untuk itu para pengunjung perlu berhati-hati dan menghindari main-main ke tengah laut apalagi berenang. Perlu juga waspada saat mengambil foto yang membelakangi laut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

9. Minim Fasilitas

Karena lokasinya yang jauh dan belum begitu populer, membuat obyek wisata ini masih minim fasilitas. Khususnya warung makanan dan minuman serta MCK. Namun tidak perlu khawatir karena disini sudah disediakan toilet umum gratis.

Selain itu, ada juga beberapa warga lokal yang menjual minuman, makanan, dan juga es degan. Untuk es degan nya sendiri dibandrol dengan harga Rp 8.000,00. Namun karena jumlahnya yang terbatas maka para pengunjung sangat disarankan untuk membawa bekal dari rumah.

10. Bersantai Ria Dibawah Pohon Rindang

Karena ombaknya yang ganas maka tidak banyak aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini. Namun, para pengunjung masih bisa melakukan aktivitas yang santai sembari menikmati keindahan pantai. Misalnya saja bermain pasir atau sekedar duduk santai menggelar tikar dibawah pohon rindang sembari menikmati makanan . Jangan lupa untuk membawa bekal dari rumah karena pastinya  bisa menghadirkan keseruan tersendiri.

11. Spot Sunset Dan Sunrise

Spot foto terbaik selalu identik dengan sunset dan sunrise. Nah, buat para pecinta sunset maupun sunrise jangan sampai melewatkan menyaksikan momen-momen indah ini. Pastinya ini akan menjadi lanskap alam terindah yang akan  menjadi incaran para traveler atau wisatawan penggemar fotografi.

12. Hutan Lindung Ala Amazon Brazil

Nama Pantai Ngalur mendadak menjadi terkenal sejak para komunitas backpacker “Rainbow” dari berbagai belahan dunia mengadakan gathering di tempat ini. Banyak yang menyebutkan jika pantai yang berada di balik belantara hutan lindung Desa Jelungharjo ini mirip dengan lanskap Hutan Lindung Amazone.

Beragam pohon dan satwa liar dapat dijumpai disini. Suasana alam liar berpadu dengan panorama pantai berpasir putih yang bersih serta air laut yang jernih menjadi satu keindahan yang sempurna. Pilihan tempat wisata pantai yang tepat dan indah memberikan dampak pada kualitas liburan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *