Pantai Ngandong : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Gunung Kidul terletak di kawasan pesisir selatan yang masih berada di wilayah Yogyakarta. Tak heran jika Gunung Kidul mempunyai banyak pantai yang cantik, salah satunya Pantai Ngandong. Ya, pantai ini memang terbilang baru dan belum banyak dikenal dibandingkan Pantai Indrayanti dan Pantai Sundak.

Pantai ini bisa dibilang masih perawan, karena belum banyak wisatawan yang mengunjungi. Hanya saat musim liburan pantai ini ramai pengunjung. Namun keindahannya tak kalah dengan pantai lainnya. Yuk simak ulasannya berikut ini.

Pantai Ngandong berada di Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Lokasinya berada disebelah barat kawasan Pantai Sundak dan disebelah timur kawasan Pantai Sadranan. Dari Yogyakarta bisa ditempuh dengan waktu sekitar 3 jam saja. Meskipun belum sepopuler Pantai BKK (Baron, Kukup, Krakal) maupun Pantai Indrayanti. Namun,  pesonanya siap memanjakan siapapun yang datang berkunjung.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngandong

Harga tiket masuk di Pantai Ngandong adalah Rp 10.000 per orang. Untuk harga ini sudah termasuk satu paket dengan biaya masuk pantai lain yang ada di sekitarnya seperti Pantai Ngrumput, Pantai Baron, Pantai Drini, Pantai Sepanjang, Pantai Kukup, Pantai Watu dan lainnya. Jadi, harga ini sangat terjangkau dan murah sekali.

Rute Menuju Pantai Ngandong

Pantai ngandong berjarak 70 Km dri pusat kota Yogyakarta. Jika berangkat dari yogyakarta ada tiga rute yang bisa dilewati. Wisatawan bisa memilih salah satu rutenya melalui Google Map.

1. Rute pertama

Rute pertama untuk sampai ke pantai Ngandong yaitu berkendara menuju Patuk dan Sambipitu. Pertigan timur lapangan udara  TNI Gading, belok ke kanan menuju Playen. Terus sampai melewati Saptosari hingga pertigaan sebelum masuk kawasan wisata pantai baron. Dari sini belok ke timur dan terus ikuti jalan utama beraspal sampai di Pantai Sundak.

Baca Juga :   Pantai Sawarna : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

2. Rute Kedua

Rute kedua yaitu melalui Imogiri – Panggang- Saptosari. Kalau menggunakan rute ini ketika sampai di Saptosari sama seperti rute pertama, wisatawan akan menemui pertigaan sebelum Wisata Bantai Baron.ikuti seperti rute yang pertama.

3. Rute Ketiga

Sama dengan rute pertama yang mengawali perjalanan dari lapangan Udara TNI Gandig, tetapi lurus ke arah Siyono lalu belok kanan di pertigaan bundaran Tugu BPD. Iti Jl. Kyai Legi terus sampai masuk jalur Lingkar Selatan sampai ke perempatan menuju Pantai Baron. Belok kanan, sebelum masuk ke pantai Baron ada pertigaan masuklah ke arah timur, dan lanjutkan ke arah Pantai Sundak.

Wisatawan bisa memarkirkan kendaraannya di area parkir Pantai Sundak dengan biaya Rp 3.000 Untuk motor dan Rp 10.000 Untuk mobil. Selanjutnya harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak. Jalan ini berbatu dan licin saat musim hujan, jadi harus selalu berhati- hati. Akan lebih baik kalau menggunakan sandal gunung atau alas kaki yang kuat dan tidak licin. Karena perjalanan akan sangat menantang dan cukup menguras tenaga.

Daya Tarik Pantai Ngandong

Meskipun pantai ini masih belum terlalu terkenal, justru hal ini membuat Pantai Ngandong masih terjaga kebersihannya. Sama halnya dengan wisata pantai yang indah lainnya, disini juga memiliki segudang aktivitas menarik yang bisa dilakukan wisatawan, diantaranya:

1. Wahana Bermain Kano

Wisatawan yang hobi bermain kano, pantai Ngandong bisa menjadi salah satu tujuan alternatif tujuan wisata. Air laut di pantai ini sangat bersahabat, jadi aman bagi setiap pengunjung termasuk untuk bermain kano. Untuk menyalurkan hobi dan menikmati sensasi naik perahu kano, wisatawan dikenakan biaya Rp 50.000 tanpa dibatasi waktu.

Baca Juga :   Pantai Gunung Kidul : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

2. Hamparan Pasir Putih Yang Luas

Disini wisatawan akan disuguhi hamparan pasir putih yang memanjakan mata. Kondisi pasir pantainya masih terjaga kebersihannya dan belum ditemukan sampah terpendam di dalam pasir.

Ombak pantai sedikit lebih tenang dibandingkan pantai lainnya karena terhalang oleh pulau kecil yang ada di tengah laut, sehingga cocok untuk bermain air. Bahkan beberapa wisatawan memanfaatkannya untuk berenang hingga snorkeling di laut yang sangat jernih. Namun wisatawan tetap perlu waspada dan harus mematuhi aturan dan larangan yang berlaku.

3. Tempat berlabuh Kapal Nelayan

Pantai Ngandong merupakan tempat berlabuhnya perahu maupun kapal para nelayan yang tinggal di sekitar pantai. Pengunjung tidak hanya disuguhi pemandangan alam yang eksotis namun juga aktivitas nelayan di sana.

Bahkan ada beberapa kapal nelayan yang dimanfaatkan untuk disewakan kepada pengunjung. Biasanya nelayan akan mengajak pengunjung mengelilingi sekitar pantai dengan perahu atau kapal tersebut. Nelayan juga mengajak pengunjung melihat fenomena alam di laut yang luar biasa yaitu keluarnya sumber air tawar dari dalam laut yang seolah seperti air yang mendidih.

4. Bukit Batu Krang Yang Indah

Di samping kanan dan kiri pantai Ngandong terdapat bukit kars yang sangat eksotis dengan warnanya yang hijau. Wisatawan bisa menaiki bukit tersebut untuk melihat pemandangan laut dan pantai sekitar dari atas, namun harus tetap hati-hati untuk menjaga keselamatan. Ada batuan karang yang berada di lautan lepas, sehingga menjadi daya tarik tersendiri an menambah keindahan pemandangan pantai.

5. Garis Pantai Yang Landai

Keindahan Pantai Ngandong semakin bertambah karena memiliki garisnya yang landai.Bentuk garis pantai yang inilah yang membuat Pantai Ngandong lebih aman bagi wisatawan untuk bermain-main di tepi lautan. Selain itu di sekitar pantai juga terdapat banyak pohon cemara udang yang bisa digunakan sebagai tempat berteduh oleh wisatawan.

6. Menikmati Sunrise Dan Sunset

Pantai Ngandong menghadap ke Samudra Pasifik sehingga dari sana akan terlihat pemandangan sunrise dan sunset yang menakjubkan.lokasinya yang menjorok k laut membuat pemandangan disini tidak akan terhalang apapun. Ketika matahari terbit, langit terlihat cerah dan sinarnya membuat pasir pantai terlihat lebih putih. Sementara itu, ketika senja warna langit berubah kekuningan dan jingga menghiasi langit. Siapapun akan berdecak kagum melihat panorama yang disuguhkan

Baca Juga :   Pantai Santolo : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Ditambah lagi jika cuaca langit yang sangat terang, sehingga menambah keindahan pemandangan alam di sekitar Pantai Ngandong. Hal itu bisa dimanfaatkan oleh pengunjung untuk melakukan swafoto atau sekedar memotret pemandangan sunrise maupun sunset.

7. Fasilitas Snorkeling

Bagi pecinta olahraga snorkeling disinilah tempatnya, dengan harga yang terjangkau yaitu Rp 50.000 per orang. Wisatawan akan melihat keindahan dalam laut ketika snorkeling dan pastinya juga bisa berfoto-foto. Disana sudah terdapat penyewaan baju dan kamera, sehingga bisa sangat membantu wisatawan yang membutuhkan.

Bagi wisatawan yang ingin sekali merasakan serunya naik jetsky bisa melakukannya di pantai Ngandong. Namun harus mengeluarkan lebih banyak biaya untuk menyewa jetsky tersebut. Meskipun demikian wisatawan dijamin tetap puas dengan aksinya bermain jetsky di tengah lautan.

8. Fasilitas Penginapan Yang Lengkap

Pantai ini sudah menyediakan fasilitas yang lengkap bagi para wisatawan seperti penginapan, parkir, toilet, hingga warung. Hal ini disebabkan lokasinya yang dekat dengan pemukiman warga sehingga banyak warga yang memanfaatkan dan mengelolanya dengan baik dan maksimal.

Wisatawan yang berniat untuk bermalam di pantai ini tidak perlu khawatir tentang tempat penginapan karena di sana sudah tersedia beberapa kamar penginapan khusus yang sudah dilengkapi AC. Selain itu ada banyak warung yang menyediakan makanan khas Yogyakarta.

Secara keseluruhan daya tarik Pantai Ngandong Gunungkidul tidak kalah jika dibandingkan dengan kawasan wisata pantai yang paling terkenal seperti Pantai Indrayanti. Fasilitas pendukung wisatanya pun sudah cukup lengkap mulai dari warung makan hingga penginapan dan persewaan perahu. Namun masih banyak orang yang tidak mengenal nama pantai ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *