Pantai Ngobaran : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

pantai ngobaran

Yogyakarta tak hanya dikenal sebagai Kota Pelajar, namun juga sebagai kota wisata terpopuler di Indonesia. Banyak tempat menarik yang wajib dikunjungi, mulai dari wisata kuliner, wisata budaya, hingga wisata alam. Khusus wisata alam, kawasan Gunungkidul tengah menjadi primadonanya para pecinta alam. Salah satunya, Pantai Ngobaran di Desa Kanigoro. Tempat wisata ini sangatlah asik dikunjungi, adanya keunikan yang hampir mirip dengan Nuansa Bali.

Dibandingkan dengan objek wisata di Gunung Kidul, Pantai Ngobaran memang belum menjadi tujuan utama para Wisatawan. Di pantai ini, juga akan banyak belajar tentang makna keberagaman. Untuk mengetahuinya yuk telusuri lebih dalam apa yang membuat pantai ini menarik untuk dikunjungi!

Rute Menuju Lokasi Pantai Ngobaran

Untuk bisa mencapai ke pantai yang berlokasi di Jalan Ngobaran, Ngrenehan, Sapto Sari, Gebang, Kanigoro, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55871, Indonesia.

Wisatawan yang ingin berkunjung dapat melalui rute yang mudah, cepat, bahkan tidak perlu bersusah payah. Untuk memulai perjalanan yang diawali dari kota Yogyakarta maka jarak tempuh kurang lebih 65 kilometer dari lokasi pantai. Setelah itu, bisa menuju jalan Jogja – Wonosari.

Sebaiknya wisatawan mengarah ke Piyungan Bantul hingga tiba di sebuah tikungan bernama Bokong Semar. Dari tempat tersebut wisatawan akan segera menemukan Hargodumilah. Selanjutnya melaju terus hingga sampai di Pathuk. Dari Pathuk, lanjut ke Sambipitu setelah melewati sebuah tikungan Irung Petruk. Tidak jauh dari sana, pengunjung akan menemukan sebuah lapangan terbang untuk kemudian menuju ke Paliyan.

Baca Juga :   Pantai Carita : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Kemudian dari Paliyan, dilanjutkan perjalanan menuju ke daerah Trowono hingga tiba di sebuah Pusiklat TNI AD. Dari sana pengunjung akan segera memasuki hutan Sodong dengan jalur yang baik namun berkelok. Kemudian arahkan kendaraan menuju ke kelurahan Desa Kanigoro dan Saptosari. Setelah menemukan jalan simpang tiga, pengunjung bisa pilih arah menuju pantai Ngobaran yaitu arah kanan.

Dan jika memulai perjalanan dari Klaten, terlebih dahulu menuju ke Cawas kemudian Karangmojo. Arahkan kendaraan menuju ke arah Wonosari, Bantul, dan Siraman. Dari tempat tersebut akan, dilanjutkan perjalanan menuju ke Pulutan, Wiyoko, kemudian Paliyan. Dari sini rute yang dilewati sama dengan rute yang telah dibahas sebelumnya.

Harga Tiket Masuk di Pantai Ngobaran

Memiliki aktivitas liburan yang seru, asyik, dan menyenangkan? Tak perlu dengan biaya yang mahal dan jarak yang sangat jauh. Di Yogyakarta sudah bisa menemukan tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan indah yang menciptakan liburan berkesan, bahkan dengan biaya yang murah alias terjangkau.

Harga tiket masuk pantai Ngobaran ini cukup terjangkau, hanya dengan membayar biaya Rp 5.000,-/orang saja sudah bisa masuk ke kawasan wisata ini.. Bahkan spot foto dan permainan yang ada juga tersedia di pantai tersebut. Jadi wisatawan tidak akan bosan dengan pemandangan pantai yang itu-itu saja.

Objek Wisata Pantai Ngobaran

Tak pernah lepas mengapa pantai selalu menjadi tujuan utama para wisatawan. Selain suasana asri khas alam yang bisa memanjakan mata. Kini alasan terbaik dari adanya daya tarik pantai ngobaran dapat ditemukan disini. Seperti apa daya tarik dari pantai ini, simak penjelasan berikut ini :

1.Wisata Budaya

Di Pantai Ngobaran merupakan pantai yang dapat dijadikan sebagai wisata budaya. Di pantai ini terdapat sebuah pura yang biasa digunakan sebagai acara adat. Pantai ini selalu diadakan upacara adat oleh warga setempat. Jadi bagi wisatawan yang berkunjung ke pantai ini, pengunjung bisa menyaksikan upacara-upacara adat yang dilakukan oleh warga. Seringkali acara ini diadakan saat bulan sedang purnama dan di bulan tertentu. Untuk bisa melihat kegiatan adat ini sebagai salah satu wisata budaya pengunjung dapat datang pada bulan-bulan tertentu.

Baca Juga :   Pantai Cemara Sewu : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

2. Pemandangan Dari Aktivitas Masyarakat Setempat

Keunikan lain Pantai ini bisa dilihat dari sudut budaya dan agama. Nuansa Hindu, Buddha, dan Jawa masih sangat kental terasa di pantai ini. Namun bagaimana jika penduduk warga pantai ini selalu melakukan aktivitasnya di sini? Nah, disinilah wisatawan bisa melihat apa saja aktivitas yang dilakukan oleh penduduk dekat pantai. Mulai dari menjaring ikan hingga memanen rumput laut untuk diolah menjadi hidangan bagi wisatawan yang berkunjung.

3. Berburu Hidangan Laut (Seafood)

Di pagi hari saat air laut biasanya surut, pengunjung bisa melihat pemandangan para petani dan nelayan yang sedang melakukan kegiatan sehari-hari mereka. Ada yang sedang memanen rumput laut untuk diolah menjadi makanan ada juga yang bisa dibeli di pantai sebagai buah tangan. Jadi petani laut ini selalu memanfaatkan alam sebagai bahan mata pencaharian mereka. Dengan beginilah penduduk sekitar terasa sangat ramah pada pengunjung.

4. Wisata Kuliner Landak Laut

Tentu sering mendengar apa itu landak laut? Namun jarang yang bisa mencicipi makanan tersebut. Nah, Di pantai ini ada beberapa kedai yang membuka makanan seafood seperti ikan, cumi, udang, maupun kerang laut. Namun pernahkah mencoba makanan dari landak laut? Jika belum, inilah kesempatan terbaik yang harus mencobanya di pantai Ngobaran. Untuk mencicipinya pun cukup memesan kepada penduduk sekitar yang baru saja memanen landak laut.

Rasa khas dari landak laut akan terasa jika di santap bersama dengan keluarga. Terlebih lagi makan di dekat laut yang sangat indah menambah kesan romantis bersama alam. Menikmati landak laut memiliki dua cara yaitu di bakar dan di tumis. Namun, untuk mendapatkan cita rasa original pengunjung bisa menyantap landak laut cukup dengan dibakar saja.

Baca Juga :   Pantai Kuta : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

5. Pesona Sunset Yang Indah

Bagi wisatawan pecinta sunset, jangan sampai melewatkan keeksotisan pemandangan sunset di pantai ini. Saat senja, langit yang berwarna khas jingga di sore hari akan menjadikan liburan di pantai ini semakin menakjubkan dan berwarna. Terlebih lagi dengan bebatuan karang yang menghiasi sekeliling pantai akan menambah kesan cantik pada pantai ini. Maka tidak jarang saat senja hari, pengunjung ramai berdatangan untuk menunggu detik-detik pemandangan indah ini muncul.

6. Spot Foto Yang Fenomenal

Tidak hanya untuk mencari tahu kebudayaan saja. Pantai ini juga menghadirkan spot foto terbaik. Beralasan pasir putih, air yang jernih dengan warna biru hingga warna hijau yang begitu segar pada pepohonan siap memanjakan mata para pengunjung dengan hasil bidikan kamera yang begitu indah. Hiasan dari pura pun juga bisa digunakan sebagai background berfoto. Selayaknya pergi ke Bali, memiliki kesan yang indah.

7. Kawasan Diving Terbaik

Tidak jauh berbeda dengan pantai lainnya. Pantai ini juga menghadirkan aktivitas olahraga air yaitu diving atau snorkeling. Dimana keindahan bawah laut yang cantik menjadi kepuasan para penyelam handal. Keadaan air di pantai ini pun juga mendukung, sehingga pengunjung dapat melakukannya dengan nyaman dan tenang.

Pemandangan indah ini sayang jika dilewatkan. Berbagai rahasia terpendam sudah menanti wisatawan yang hadir. Jadi jangan ragu untuk mengunjungi pantai Ngobaran ini jika tidak mau kecewa saat liburan datang. Yuk nikmati liburan bersama keluarga atau orang tercinta di pantai eksotis ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *