Pantai Ngrenehan: Harga Tiket Masuk Dan Rute Menuju Lokasi

3 min read

Banyak sekali obyek wisata pantai di negara Indonesia, hal ini tidak lah aneh karena Indonesia merupakan negara kepulauan. Ada pantai di setiap pulaunya yang bisa dijadikan destinasi wisata menarik salah satunya adalah pantai Ngrenehan, Yogyakarta. Sebagai salah satu propinsi di Indonesia Yogyakarta memiliki banyak obyek wisata pantai yang indah.

Selama ini Yogyakarta lebih dikenal dengan wisata candinya yang mempesona, namun sebenarnya potensi wisata pantainya juga besar. Pantai Ngrenehan terletak di daerah Gunung Kidul Yogyakarta yang selalu ramai dikunjungi saat libur tiba tepatnya di desa Kanigoro. Satu lekukan perbukitan Gunung Kidul seolah menyimpan pantai yang indah ini dibalik pepohonannya yang rimbun.

Harga Tiket Masuk Ke Pantai Ngrenehan

Pantai yang terkenal akan keindahan bukitnya ini memiliki kisah sejarah yang diyakini oleh warga setempat. Menurut sebuah cerita sejarah pantai ini merupakan sebuah pemberian dari raja Demak Raden Fatah. Pantai ini memiliki banyak daya tarik yang sangat sayang jika dilewatkan begitu saja, wajib untuk mengunjungi pantai ini  saat berada di Jogja.

Untuk tiket masuk ke kawasan pantai yang indah ini cukup terjangkau bisa dibeli oleh semua kalangan. Wisatawan harus membayar 5000 per orang dan membayar 2.000-10.000 per kendaraan yang masuk. Memiliki liburan yang menyenangkan tidak harus mahal, karena berkunjung ke pantai ini sangat terjangkau harganya. Harga yang harus dibayar sungguh tidak sebanding dengan keindahan yang ditawarkan pantai Ngerehan Jogja.

Rute Menuju Lokasi Pantai Ngrenehan

Untuk menuju ke pantai ini rutenya sangat mudah dengan akses jalan yang mulus dan lancar karena sudah diperbaiki. Jika dahulu wisatawan kesulitan mengakses pantai di Gunung Kidul, saat ini bisa dilakukan dengan mudah karena akses telah diperbaiki pemerintah. Wisatawan tinggal mengikuti petunjuk arah saja menuju kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta agar sampai di pantai nelayan ini.

Untuk penduduk Jogja mungkin sudah sangat hafal rute menuju obyek wisata pantai ini, namun tidak dengan wisatawan luar kota. Dimulai dari pusat kota Jogja, mulai lakukan perjalanan menuju daerah Piyungan, kabupaten Bantul, setibanya di sana lanjutkan ke Pathuk. Lalu kemudian perjalanan bisa dilanjutkan ke Sambipitu, tidak jauh dari sana ada lapangan terbang bernama Gading.

Teruskan melaju hingga simpang tiga dan ambil arah menuju Playen, lalu menuju Paliyan kemudian pasar Trowono. Sesampainya di sana bisa langsung melanjutkan perjalanan ke Kanigoro, tidak lama akan sampai pada tempat pembelian tiket masuk pantai. Ada banyak pantai di kawasan tersebut, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan menuju pantai Ngrenehan.

Obyek Wisata Pantai Ngrenehan

Pantai ini mungkin namanya belum seterkenal pantai-pantai tujuan wisata utama di Jogja, namun siapa yang menyangka keindahannya begitu menawan. Wisatawan pasti langsung jatuh hati saat pertama kali mengunjungi pantai ini. Berikut keindahan-keindahan yang dimiliki obyek wisata pantai Ngrenehan Jogja yang wajib diketahui:

1. Panorama Yang Indah

Pantai selalu indah untuk dikunjungi terutama bagi pecinta pantai yang selalu menjadikan pantai menjadi tujuan utamanya. Pemandangan pantai ini sangat indah untuk dinikmati dan diabadikan dalam bentuk foto. Apalagi jika berkunjung di hari yang cerah, maka akan melihat pemandangan pantai yang indah menakjubkan.

2. Pemandangan Teluk Yang Berbentuk Cekung

Posisi pantai ini  memang berada pada lekukan teluk di Gunung Kidul Jogja. Letak geografisnya ini menciptakan pemandangan yang tidak biasa di pantai ini, dengan pantai yang dikelilingi oleh perbukitan dan karang-karang besar. Melihatnya membuat ingin selalu kembali berkunjung ke pantai di selatan Jogja ini.

Pemandangan yang disajikan akan membuat siapa pun takjub memandanginya dan tidak membosankan karena unik. Apalagi jika mengambil gambar dengan kamera drone dari atas, maka akan terlihat pemandangan teluk yang unik secara keseluruhan.

3. Bukit Karang Yang Menjulang

Saat berada di pantai ini pasti bisa langsung melihat dari jauh bukit karang yang menjulang tinggi di sisi utara pantai. Sempatkan diri untuk menjelajahi bukit karang tersebut yang memiliki keunikan batu karangnya yang mirip koral di lautan.

Di sana juga tersebar cangkang kerang kecil-kecil dengan berbagai keunikan bentuknya dalam jumlah banyak. Bagi wisatawan yang gemar mengoleksi cangkang karang pasti akan senang berada di bukit karang pantai Ngrenehan ini. Kapan lagi bisa melihat atau pun sekedar berkunjung di bukit karang yang di tepi pantai.

4. Wisata Berenang Di Tepi Pantai

Berenang di tepian pantai ini sangat aman dilakukan karena ombaknya yang tenang dan tidak begitu besar sehingga tidak berbahaya. Hal ini karena pantai ini berada di teluk cekung yang di batasi oleh bukit batu karang di kanan kirinya.

Banyak bebatuan juga di bibir pantai ini sehingga ombak yang datang sudah dipecah oleh batu-batu tersebut. Dengan demikian ombak yang sampai di pantai sudah kecil dan tidak menyebabkan arus yang balik yang besar. Wisatawan akan aman dan nyaman berenang di pantai di kampung nelayan ini.

5. Wisata Budaya

Wisata budaya ternyata juga bisa dinikmati di pantai ini, karena pada waktu tertentu pantai ini digunakan untuk upacara adat. Upacara adat dilakukan saat hari raya Nyepi oleh penganut agama Hindu. Untuk dapat melihat upacara adat ini disarankan berkunjung saat fase bulan purnama tiba.

Wisatawan bisa menikmati pemandangan pantai disamping menikmati upacara tradisional yang mistis dari budaya lokal setempat. Dijamin tidak akan rugi menikmati momen langka tersebut, karena tidak ter

6. Wisata Belanja Ikan Di Kampung Nelayan

Pantai Ngrenehan memang dikenal sebagai kampung nelayan, jika dilihat perahu selalu berjajar rapi di pinggir pantainya. Itu menandakan ada aktivitas nelayan setelah menangkap ikan di lautan yang menyandarkan perahunya di sepanjang pantai.

Nelayan yang berhasil mendapat tangkapan ikan, akan menjual ikannya ke tempat pelelangan ikan. Jika datang tepat waktu wisatawan juga bisa ikut pelelangan dengan harga yang relative sangat murah. Namun jika kurang beruntung wisatawan bisa membeli ikan langsung kepada nelayan tentu dengan harga yang murah juga.

7. Wisata Kuliner Seafood

Selain terkenal dengan pemandangan pantai yang menakjubkan, wisata kuliner seafood di sini patut untuk dicoba. Wisata kuliner seafood-nya memang terkenal, karena merupakan kampung nelayan penghasil ikan segar yang siap diolah oleh ahlinya.

Sajian seafood di pantai ini sungguh lezat hal itu karena bahan yang digunakan semua adalah bahan segar yang baru ditangkap. Tangkapan nelayan tersebut akan dimasak dan disajikan kepada wisatawan yang ingin mencoba kuliner setempat. Kenikmatan yang sungguh sempurna, setelah seharian bersenang-senang saatnya mengisi perut yang kosong dengan hidangan istimewa.

Demikian ulasan harga tiket, rute menuju lokasi dan informasi terkait obyek wisata pantai Ngrenehan. Bisa menjadi referensi bagi pecinta pantai yang ingin mengetahui informasi mengenai pantai di Gunung Kidul Jogja. Setelah mengetahui seluruh informasi mengenai pantai ini, pasti wisatawan tidak sabar untuk mengunjunginya. Agendakan saja liburan ke pantai ini pasti akan menjadi liburan yang menyenangkan dan tidak terlupakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *