Pantai Ngudel : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Setelah proyek jalur lintas selatan provinsi Jawa Timur rampung tahun 2016 lalu, pantai Ngudel semakin dikenal dan mulai didatangi  oleh wisatawan. Dengan adanya pantai ini tentu saja menambah deretan wisata alam yang ada di Jawa Timur. Meski sebelumnya tidak begitu dikenal oleh masyarakat, nyatanya pantai wisata yang belum lama ada ini telah banyak menarik perhatian.

Ada hal unik dan menarik yang terdapat di pantai yang berada di Jawa timur tersebut. Di sana terdapat sebuah batu karang yang terletak tak jauh dari bibir pantai dan menyerupai “udel” atau pusar  yang menjadi ikon pantai tersebut. Dari sinilah asal mula nama pantai baru itu terbentuk.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngudel

Meskipun terbilang masih baru, pantai Ngudel telah menyediakan loket pembayaran tiket masuk bagi pengunjung. Harga tiket yang dipatok kepada wisatawan yakni Rp 15.000,- per orangnya. Pengunjung dapat masuk secara cuma-cuma jika datang pada pagi hari sebelum petugas loket tiba. Meski harga tiket terbilang mahal, pengunjung akan dipuaskan dengan pemandangan yang ada.

Sebagai wisata pantai yang baru dikenal, fasilitas yang tersedia di pantai tersebut sudah cukup memadai meski masih ada beberapa yang kurang membuat nyaman pengunjung. Disana terdapat wc umum, tempat parkir kendaraan, mushola, warung makan, dan juga gazebo tempat untuk beristirahat.

Rute Menuju Lokasi Pantai Ngudel

Untuk sampai ke pantai Ngudel, pengunjung setidaknya akan menempuh perjalanan sejauh 60 km jika dimulai dari pusat kota Malang. Pada mulanya, pengunjung  harus mengambil rute jalur menuju pantai Ngantep, setelah itu menuju ke arah Sumber Manjing hingga akhirnya memasuki jalur lintas selatan.

Setelah memasuki jalur lintas selatan sekitar 4 hingga 5 km kedepan, pengunjung akan mendapati sebuah pertigaan. Ikuti petunjuk yang mengarahkan pada lokasi objek wisata, kemudian tak berapa lama setelah memasuki jalan, pengunjung akan melewati jalan tanah sejauh 2 km. Meski begitu jalan tersebut masih dapat dilalui kendaraan dengan aman.

Objek Wisata Yang Tersedia Di Pantai Ngudel

Dikarenakan masih baru, objek wisata yang terdapat di Pantai Ngudel belum terlalu banyak. Meski begitu pengunjung tidak perlu khawatir karena ada beberapa tempat di pantai tersebut yang bisa memuaskan mata ketika mendatanginya. Bisa jadi objek wisata itu tidak tersedia di pantai lain yang ada di Jawa Timur atau daerah lainnya.

1. Bukit Asmara

Siapa sangka di kawasan pantai terdapat dataran tinggi yang bisa didaki oleh pengunjung. Tak jauh dari lokasi pantai Ngudel, ada sebuah dataran tinggi yang dikenal dengan nama bukit asmara. Pengunjung dapat melihat pantai sekaligus laut yang luas dari ketinggian lewat bukit ini.

Bukit asmara memiliki segudang pesona yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Tidak perlu jauh-jauh mendaki gunung untuk merasakan sensasi sunrise dan sunset dari ketinggian, sebab lewat bukit ini pengunjung dapat merasakannya. Yang menjadikannya menarik tentu saja fenomena terbit dan tenggelamnya matahari tersebut disaksikan dari ketinggian yang langsung menghadap ke laut.

2. Kawasan Pepohonan Cemara Udang                                            

Jika ingin mencari spot foto layaknya berada di Eropa, wisatawan bisa mampir ke pantai Ngudel. Di sana terdapat rimbunan pohon cemara udang yang tersebar di kawasan pantai. Pohon cemara udang yang ada di daerah ini terbilang cukup banyak daripada pantai lainnya.

Susunan pepohonan yang tidak terlalu jarang menjadikan kawasan pohon tersebut berada terasa lebih dingin dan cocok digunakan sebagai tempat beristirahat. Ada beberapa gazebo yang tersebar di kawasan hutan cemara tersebut untuk membuat pengunjung merasa nyaman ketika hendak beristirahat. Tak kalah mengasyikan, di malam hari areal tersebut bisa dijadikan sebagai tempat berkemah yang seru.

3. Berfoto Di Batu Karang Ikonik

Belum sah rasanya sebelum berfoto di batu karang ikonik milik pantai Ngudel Jawa Timur. Batu karang tersebut posisinya berada di tengah-tengah pantai yang tidak terlalu ke tengah laut. Jadikan liburan semakin seru dengan berfoto di lokasi tempat karang tersebut berada.

Selain berfoto di karang besar yang menyerupai udel atau pusar, ada juga karang-karang kecil lainnya yang tersebar di pantai tersebut sebagai tempat berfoto. Ketika akan mengambil gambar di karang-karang yang ada, pengunjung harus berhati-hati karena batu karang tersebut cukup licin sebab karang banyak ditumbuhi lumut.

4. Deburan Ombak Pantai

Seperti pantai selatan lainnya yang menghadap langsung ke samudera Hindia, deburan ombak pantai Ngudel terbilang ganas. Pengunjung dapat menikmati alunan deburan ombak yang saling bersahutan satu sama lain di pantai tersebut. Selain itu pengunjung juga harus tetap berhati-hati jika berwisata ke sana.

Disarankan bagi pengunjung yang ingin menyaksikan  dan bermain bersama deburan ombak pantai untuk tidak terlalu jauh kearah barat. Pada sisi barat pantai Ngudel memiliki ombak cukup kuat yang mampu membuat pusara sehingga dapat menarik pengunjung ke dalam air. Untuk itu sebaiknya pengunjung bermain di daerah timur pantai karena daerah tersebut lebih stabil.

5. Hamparan Pasir Pantai Yang Luas

Tidak seperti pantai kebanyakan, pantai Ngudel memiliki space tanah yang cukup luas dan masih sepi. Sehingga pengunjung dapat melakukan aktivitas di pinggir pantai tanpa terganggu dengan banyaknya orang yang ada. Seperti bersepeda, olahraga pantai dan off road di pinggir pantai.

Meskipun pasir pantai tidak terlalu putih tetapi sangat bersih dan bebas dari sampah. Mata akan benar-benar dimanjakan dengan pemandangan hamparan pasir pantai yang luas. Pengunjung juga dapat leluasa berjalan atau sekedar menikmati terik matahari dengan berjemur di pantai tanpa terganggu kehadiran banyak orang.

6 Memacu Adrenalin Dengan Memancing Di Atas Batuan Karang

Selain menghabiskan waktu dengan bermain air atau sekedar menikmati pemandangan indah pantai, di tempat tersebut pengunjung juga bisa melakukan aktivitas memancing. Meski ombak pantai Ngudel cukup besar, hal tersebut tidak menyurutkan niat pengunjung untuk memancing disana.

Dengan menaiki batu karang pada tempat yang biasa di jadikan spot memancing, pengunjung bisa merasakan memburu ikan di atas karang lengkap dengan deburan ombak yang mampu memacu adrenalin siapapun. Waktu terbaik memancing ikan adalah pada sore hari sebab ombak tidak terlalu kuat. Sambil memancing pengunjung juga bisa menikmati sunset.

7. Aktivitas Olahraga Pantai

Memanfaatkan suasana pantai yang masih sepi dapat dilakukan dengan cara melakukan aktivitas olahraga seru di hamparan pasir pantai yang luas. Jika pengunjung datang bersama rombongan keluarga, teman atau rekan kerja tidak ada salahnya untuk bermain sekaligus berolahraga di pantai. Aktivitas seru itu diantaranya bermain voli, tarik tambang, atau sepak bola.

Jawa timur memang terkenal akan segudang pesona alam lewat pantai-pantainya. Pantai yang harus dikunjungi oleh wisatawan  tentu saja pantai Ngudel yang menawarkan nuansa yang berbeda. Pengunjung akan terbawa oleh suasana menenangkan sebab pantai tersebut masih jarang dan tidak begitu ramai seperti pantai lainnya yang sudah biasa didatangi oleh orang banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *