Pantai Olele : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Gorontalo memang terkenal dengan keindahan pantai dan biota lautnya. Salah satunya ialah Pantai Olele. Pengunjung pantai ini tidak hanya wisatawan domestik  namun juga mancanegara. Keindahan yang masih alami baik pantai maupun dalam laut menjadi pemikat pengunjung. Selain itu, banyak ekosistem di pantai ini yang tidak dijumpai di tempat yang lain.

Pasir pantai ini tidak seluas pasir pantai pada umumnya. Sepanjang pasir pantai pun banyak ditempati perahu-perahu masyarakat setempat yang berprofesi sebagai nelayan. Namun meski begitu, bawah laut pantai baru ini unggul dibanding beberapa pantai lainnya. Bahkan menjadi tujuan para diver. Sebelum berangkat ke pantai ini, penting untuk membaca informasi lengkap Pantai Olele yang akan tersaji di bawah ini sebagai informasi agar liburan terencana.

Harga Tiket Masuk Pantai Olele

Lokasi pantai terletak di Provinsi Gorontalo tepatnya di Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango. Tidak ada tarif masuk pantai. Sebagai penggantinya, yaitu sewa kapal untuk berkeliling mengunjungi sembilan spot pantai dengan harga Rp 250.000 dengan kapasitas kapal enam orang. Sewa kapal ini seharian dan akan diantarkan ke sembilan spot yang ada di Pantai Olele. Selain itu, tidak dikenakan tarif untuk retribusi namun sudah disediakan parkir pengunjung.

Rute Menuju Lokasi Pantai Olele

Jika dari luar pulau, maka tempat pemberhentian ialah Bandara Djalaluddin Gorontalo. Setelah itu dapat menggunakan angkutan umum. Pantai Olele berjarak 20 km dari pusat Kota Gorontalo atau 45 menit perjalanan darat. Tempat wisata pantai ini dapat dijangkau dengan kendaraan roda dua atau roda empat. Sepanjang jalan akan disuguhi pemandangan tebing-tebing curam dan hamparan laut yang menakjubkan.

Saat ini jalan di Gorontalo sudah lebih baik namun tetap berhati-hati karena jalan yang berkelok-kelok. Jika tidak ingin jalan yang berkelok-kelok ada alternatif lain yaitu jalur laut dengan menggunakan speedboat dari pelabuhan Gorontalo langsung ke Olele. Waktu tempuh jalur laut ini jauh lebih cepat yaitu 10 menit saja sekaligus dapat menikmati keindahan laut Gorontalo.

Objek Wisata Pantai Olele

Gorontalo terkenal dengan pantainya yang eksotis dengan biota bawah laut yang menakjubkan. Sehingga tidak berlebihan jika disebut sebagai surga bagi penyelam. Mungkin yang banyak dikenal masyarakat ialah Taman Bunaken yang terkenal dengan surga bawah lautnya. Namun pantai ini tidak kalah dengan Taman Bunaken tersebut. Sehari penuh tidak cukup menikmati objek wisata pantai ini, seperti:

Mengelilingi Pantai Dengan Kapal

Pesona Pantai Olele memang sangat mempesona dan eksotis. Tidak cukup jika hanya dinikmati di pinggir pantai, lebih sempurna lagi mengelilinginya. Pengunjung tak perlu khawatir untuk dapat menikmati keindahannya. Masyarakat sekitar sudah menyewakan kapal seharga Rp 250.000. Harga tersebut juga termasuk guide yang akan menemani perjalanan selama di kapal.

Harga ini dapat dinikmati sehari penuh mengelilingi dan mengunjungi spot-spot menarik yang begitu beragam. Datanglah di bulan Februari-April. Karena di bulan-bulan ini lumba-lumba akan banyak bermain di perairan pantai. Pengunjung juga dapat bermain-main dengan ikan ini dan tentu menambah kesan yang menyenangkan.

Snorkeling

Kekayaan biota laut bahkan dapat dilihat dengan mata telanjang. Hanya di kedalaman 0,5-1 meter tentu menjadi tempat snorkeling yang asyik. Sehingga pihak pengelola atau masyarakat sekitar juga menyewakan alat snorkeling seharga Rp 50.000 per orang. Dengan harga tersebut pengunjung sudah mendapatkan snorkel, kacamata dan kaki katak.  Selain peralatan berenang, pengelola juga menyewakan kamera yang harganya di bawah 1 juta rupiah. Jadi meski  tidak memiliki kamera underwater, wisatawan tetap bisa mengabadikan momen-momen di pantai ini.

Diving

Olele terkenal dengan dunia bawah lautnya yang seperti surga. Jika kurang puas ber-snorkel ria, pengunjung dapat lebih dalam dan jauh lagi menyelami isi laut Olele. Telah disewakan pula alat diving seharga Rp 250.000. Harga ini sudah dapat satu set alat diving stuff,  cukup murah dibandingkan di daerah lain. Dengan menyelam, pengunjung dapat mengunjungi spot menakjubkan.

Panorama Tebing Sekeliling Pantai

Selain pantai dan bawah lautnya, wisatawan juga sekaligus dapat menikmati pemandangan bukit dan tebing-tebing yang menjulang mengelilingi pantai. Panorama bukit dan tebing yang menambah kesan keeksotisan ini yang menjadi pembeda Pantai Olele dengan yang lainnya.

Pemandangan tebing tersebut juga masih sangat  alami. Lokasi pantai juga masih asri, ekosistem masih terjaga dan alami serta berada di Teluk Tomini sehingga airnya lebih tenang. Cocok untuk menghilangkan penat. Jadi berwisata di surga Gorontalo ini sangat lengkap dari snorkeling, diving, pemandangan tebing hingga berkeliling pantai dengan perahu.

Spot Diving

Datang saat pagi hari dan cuaca cerah, karena semakin sore gelombang semakin besar sehingga sulit untuk snorkeling maupun diving. Dengan berkunjung di pagi hari tentu akan lebih puas menikmati spot Surga Teluk Tomini  yang beragam seharian. Keunikan pantai terdapat pada spot-spot  yang terkenal dan menjadi daya tarik pantai ini. Semua memiliki keindahan dan keunikan masing-masing. Berikut ini beberapa spot yang dimaksud.

Goa Jin

Sesuai namanya spot ini berbentuk goa di kedalaman 20 meter di bawah permukaan laut. Goa ini menghadap tegak ke bawah sehingga suasananya gelap. Tempatnya yang dalam mengharuskan pengunjung untuk menyelam atau diving. Namun spot ini menjadi spot favorit penyelam karena keanekaragaman terumbu karang dan biota lautnya.

Salvador Dali

Spot ini merupakan terumbu karang yang memiliki spons atau rongga yang unik. Bentuknya yang unik ini menjadi asal muasal namanya, terumbu karang yang mirip dengan lukisan asal Spanyol, Salvador Dali.

Traffic Jam

Dinamakan traffic jam karena penyelam akan terpesona dan berhenti untuk mengabadikan terumbu karang di spot ini sehingga menimbulkan “kemacetan”. Warna karang yang kontras sangat pas untuk diambil gambarnya.

Bangkai Kapal

Di pantai ini terdapat pula dua bangkai kapal yang menjadi spot foto favorit diver. Lokasinya dekat dengan pelabuhan kapal feri Gorontalo. Bangkai kapal ini sudah menjadi habitat beragam jenis ikan sehingga menjadi keindahan tersendiri di balik menyeramkannya bangkai kapal.

Penginapan

Penginapan di pantai ini relatif mudah ditemukan, masyarakat menyewakan tempat menginap dengan  harga yang beragam tergantung hasil nego dengan pemilik rumah. Sekitar Rp 200.000 per malam wisatawan sudah bisa mendapatkan penginapan yang aman, bersih  dan disuguhkan makan 3x. Begitu pula untuk kamar mandi, pengunjung dapat meminjam kamar mandi masyarakat yang sudah disediakan untuk pengunjung.

The Hidden Paradise sangat cocok disematkan untuk Gorontalo setelah melihat indahnya Pantai Olele. Bawah laut Gorontalo juga termasuk ke dalam segitiga terumbu karang sehingga tidak heran jika biota lautnya menjadi ikon provinsi. Lebih dari 500 jenis terumbu karang terdapat di pantai ini, jumlah tersebut 10x lebih banyak dari Pantai Karibean di Amerika. Pantai yang masih alami ini mendapat julukan Surga Tersembunyi di Teluk Tomini.

Informasi Pantai Olele  sudah dijabarkan seluruhnya, jangan lupa selain menyiapkan dana, penting juga untuk menyiapkan fisik agar bisa snorkeling atau diving seharian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *