Pantai Ora Maluku : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Pantai Ora Maluku merupakan salah satu tempat wisata favorit yang berlokasi di Maluku baik orang pribumi maupun wisatawan asing. Pantai ini berada diantara dua desa yakni  Desa Sawai dan Saleman, Kecamatan Seram Utara, Maluku Tengah Provinsi Maluku. Disini terdapat keindahan alam yang sangat menarik, suasana tenang  serta santai, baik alam sekitarnya ataupun alam di bawah laut.

Pasir putih dengan air laut yang sangat jernih berwarna biru menjadi salah satu keunggulan dari pantai Ora ini. Sangat jernihnya air di pantai ini, membuat wisatawan dapat melihat jelas terumbu karang serta ikan-ikan yang hilir mudik di lautan.

Harga Tiket Masuk Pantai Ora Maluku

Biasanya beberapa pengelola pantai mewajibkan pengunjung membayar sejumlah uang untuk dapat masuk ke pantai. Hal itu sangat bertolak belakang dengan pantai ini. Selain keindahan nan sangat mempesona yang dimiliki pantai ini, biaya tiket untuk masuk pun tanpa berbayar alias gratis. Baik harga tiket hari biasa yaitu Senin-Jumat, maupun saat weekend yakni Sabtu-Minggu.

Biaya transportasi besar jika berada di luar wilayah Kota Ambon Provinsi Maluku. Selain itu, pintu untuk ke tempat pantai Ora adalah pelabuhan Hulnara, Tuleho. Kapal Fery yang terdapat pada pelabuhan ini berkapasitas 350 kursi dengan biaya tiket VIP sebesar Rp. 260.000 dan ekonomi sebesar Rp. 125.000 untuk sekali jalan.

Biaya tersebut belum termasuk konsumsi selama perjalanan dan biaya penginapan. Jika memiliki anggaran biaya yang besar, pelancong dapat menginap di  Ora Beach Resort yang sangat populer. Namun para wisatawan harus booking tempat jauh-jauh hari jika ingin menginap di Ora Beach Resort. Biaya sewa kamar sekitar 1,5 juta dan include sarapan pagi.

Baca Juga :   Pantai Pelabuhan Ratu : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Rute Menuju Lokasi Pantai Ora Maluku

Untuk menuju pantai Ora harus menggunakan perahu atau kapal di Pelabuhan Hulnara, Tuleho. Terdapat kapal Ferry pada pelabuhan Tuleho ini dengan kapasitas 350 kursi. Kapal Ferry berangkat dengan jadwal 2 (dua)  kali setiap hari menuju pelabuhan Amahai-pulau Seram, kecuali hari Minggu.

Adapun jadwal keberangkatan Tuleho – Amahai hari Senin-Sabtu pukul 09.00 dan 16.00. Sedangkan hari  Minggu hanya ada satu kali jadwal keberangkatan yakni pukul 11.00. Jadwal kembali dari Amahai – Tuleho untuk Senin-Sabtu  pukul 08.00 dan 14.00, sedangkan hari Minggu pukul 15.00.

Namun belum ada transportasi umum jika sudah sampai di pelabuhan Amahai menuju ke pelabuhan Desa Saleman. Salah satu alternatif transportasi darat menuju desa tersebut adalah menyewa kendaraan dengan biaya lebih kurang Rp. 800.000,-.  Waktu yang dibutuhkan untuk menempuh perjalanan Amahai menuju Desa Saleman sekitar 2,5 jam. Melewati kota Masohi,Teon, Nila dan Serua.

Setelah sampai di pelabuhan Desa Saleman, para wisatawan harus tukar kendaraan darat menjadi perahu. Kira-kira lebih kurang 15 menit perahu akan mengantarkan pelancong memecahkan keindahan pantai Ora yang tersembunyi. Biaya menaiki perahu ini berkisar seratus ribu rupiah perorang.

Setiap rute menuju lokasi pantai ora berbeda-beda tergantung banyaknya orang. Adapun beberapa opsi rute terbaik adalah :

  • Jika wisatawan pergi sendirian atau berpasangan. Pilihan terbaik adalah melewati jalur darat menuju Pelabuhan Tulehu. Setelah sampai di pelabuhan tersebut, kurang lebih sekitar 2 jam, para wisatawan harus naik kapal untuk menuju Pelabuhan Amahi. Kemudian naik angkutan umum ke arah Desa Sawai selama 2 jam. Selanjutnya menyebrang ke pantai menggunakan kapal motor.
  • Jika pergi dengan banyak orang. Pilihan terbaik adalah rental mobil dari Bandara Pattimura menuju Desa Sawai. Perjalanan ini menelusuri Kabupaten Seram Barat dan Kabupaten Maluku Tengah dengan waktu tempuh yang lama, yakni satu hari satu malam. Meskupun waktu tempuh lama, namun rute ini tidak mewajibkan wisatawan bertukar kendaraan. Biaya rental sekitar Rp 1.000.000.
Baca Juga :   Pantai Anyer : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Objek Wisata Pantai Ora Maluku

Surga tersembunyi yang  sangat indah serta memiliki berbagai objek wisata terdapat di pantai Ora ini.  Mulai dari suasana yang tenang dan tenteram karena lokasi jauh dari perkotaan sampai dengan pemandangan yang luar biasa menakjubkan. Berikut beberapa objek wisata yang akan di dapat wisatawan jika ke pantai Ora ini.

1. Spot Keindahan Yang Memukau

Di pantai Ora memiliki spot keindahan yang memukau. Dengan warna biru toska serta perairan jernih dari permukaan akan terlihat jelas terumbu karang serta ikan-ikan yang sedang berenang.  Wisatawan dapat menikmati pemandangan sunrise, sunset dan gugusan bintang yang sangat cantik ketika berada seharian di pantai ini.Selain itu, pemandangan pegunungan membuat nilai tambah untuk pantai ini.

2. Snorkeling Dan Diving Yang Dangkal

Keindahan alam bawah laut yang eksotis juga terdapat di pantai Ora. Tidak perlu snorkeling dan diving terlalu dalam jika ingin melihat keindahan permukaan dasar pantai. Hanya berkedalaman lebih kurang 2 meter saja pelancong sudah dapat melihat terumbu karang dan ikan. Aktivitas ini dapat dilakukan di area yang berdekatan dengan tebing.

3. Berburu Kuliner Tradisional

Jika berwisata ke pantai Ora, jangan lupa berburu kuliner tradisional penduduk di Maluku. Makanan pokok masyarakat Maluku yang umum adalah mie sagu yang telah di padu dengan ikan kering. Para wisatawan juga dapat melihat secara langsung proses pembuatan sagu sehingga membuat berburu kuliner mempunyai kesan tersendiri.

4. Berburu Foto (Hunting Foto)

Setelah berburu kuliner, para wisatawan dapat hunting foto dengan pemandangan alam yang indah. Mengunjungi pantai ora terdapat berbagai spot foto menarik. Padang pasir putih yang cantik dipandang, penginapan tradisional berdiri di atas permukaan laut biru serta pegunungan hijau yang indah.

Baca Juga :   Pantai Jakat: Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

5. Menjelajah Goa

Bukan hanya keindahan air pantai saja, namun para petualang dapat menjelajahi goa di Pantai Ora ini.Sehingga,  bagi penyuka aktivitas lapangan (outdoor), tentunya hal ini akan sangat menggembirakan. Agar lebih aman, sebaiknya para wisatawan membawa pemandu lokal biar tidak tersesat.

6. Wisata Budaya Pantai Ora

Pantai Ora diapit oleh Desa Saleman dan Desa Sawai yang terkenal dengan julukan desa adat atau negeri adat. Sehingga, bagi para budayawan yang senang dengan segala hal tradisional dapat menjelajahi berbagai budaya di Pantai Ora. Salah satu budayanya yakni Kepulauan Seram dihuni oleh penduduk suku Alifuru serta suku primitif lain seperti Hoaulu dan sebagainya.

7. Penginapan Ora Beach Resort

Menghabiskan waktu seharian menikmati keindahan pantai sambil menginap di rumah panggung yang dibangun diatas air tentunya menjadi dambaan setiap orang. Penginapan ini bernama Ora Beach Resort. Nuansa yang romantis, sejuk serta saat membuka pintu pertama kali yang terlihat adalah air pantai yang jernih.

8. Berkemah Di Malam Hari

Para pelancong atau backpacker yang suka outdoor, selain goa yang dijelajahi juga bisa camping di area pantai ini. Di wilayah pinggiran pantai yang dekat dengan tebing, backpacker dapat mendirikan tenda dan bermalam disana. Pastinya sangat gembira sekali menghabiskan malam hari dengan ditemani suara ombak serta gugusan bintang yang terlihat sangat jelas.

Jika berlibur bersama teman dan keluarga, jangan lupa berwisata di Pantai Ora Maluku ini. Selain biaya tiket untuk menginjak pantai gratis, juga terdapat berbagai objek wisata yang menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *