Pantai Pandawa : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

pantai pandawa

Pantai Pandawa merupakan salah satu obyek wisata cantik yang berada di pulau dewata, Bali. Pantai ini berada di sebelah selatan pulau dan menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Artikel ini akan mengupas tentang serba serbi pantai ini, mulai dari harga tiket masuk, rute ke lokasi, hingga obyek wisata dan hal yang bisa dilakukan di area pantai Pandawa.

Harga Tiket Masuk Pantai Pandawa

Pantai ini tidak dikhususkan bagi kalangan tertentu. Jadi harga yang dipatok untuk tiket masuk sangat terjangkau. Untuk memasuki kawasan pantai Pandawa, wisatawan dikenai biaya sebesar 8000 hingga 20.000 rupiah per orang. Biaya tiket masuk ini mungkin dapat berubah sesuai dengan peraturan daerah yang berlaku. Namun harga yang dipatok tidak akan terlalu mahal dan sulit dijangkau oleh masyarakat dalam negeri.

Bagi wisatawan yang mengendarai kendaraan bermotor, disediakan tempat parkir yang luas dan aman. Tarif parkir untuk motor adalah sebesar 2000 rupiah. Sedangkan tarif parkir mobil 5000 rupiah. Kenaikan tarif mungkin terjadi pada akhir minggu atau musim liburan.

Rute Menuju Lokasi Pantai Pandawa

Mencapai pantai yang dahulu bernama secret beach tidaklah sulit karena akses jalan sudah sangat bagus. Jalan raya menuju pantai ini sudah dilapisi aspal berkualitas sehingga pengunjung tidak perlu menggunakan kendaraan khusus. Terlebih lagi, saat ini sudah banyak transportasi yang bisa dipesan secara online sehingga pengunjung tidak harus membawa kendaraan sendiri. Berikut adalah beberapa rute yang bisa dilewati untuk mencapai pantai pandawa.

Baca Juga :   Pantai Jimbaran: Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

1. Dari Bandara Ngurah Rai

Jika pengunjung baru saja mendarat dengan pesawat terbang dan berniat langsung pergi ke pantai atau menginap di sekitar pantai ini, pengunjung dapat mengikuti rute ini. Menurut perkiraan, perjalanan ini akan memakan waktu kurang lebih 30-36 menit. Perjalanan dengan motor mungkin akan lebih cepat karena pengunjung dapat menghindari macet di beberapa tempat.

Dari bandara Ngurah Rai, pengunjung dapat menaiki mobil ke arah bypass Ngurah Rai. Kemudian, ambil belokan ke kanan menuju jalan raya Kampus UNUD atau mengikuti arah Garuda Wisnu Kencana. Terus mengikuti jalan Kampus UNUD, kemudian belok kiri ke jalan Goa Gong.

Selanjutnya, ambil belokan ke kiri menuju Jalan Dharmawangsa, lalu ke jalan Melasti II di sebelah kanan. Keluar dari jalan Melasti II, akan ditemui jalan memutar. Teruskan lurus ke arah jalan Pantai Pandawa. Ikuti jalan tersebut, dan pengunjung akan sampai ke pantai yang dituju.

2. Dari Uluwatu

Lain halnya jika pengunjung baru saja mengunjungi Uluwatu Temple dan ingin melanjutkan perjalanan ke pantai Pandawa. Jalan yang ditempuh sedikit lebih pendek dibanding rute dari bandara. Uluwatu temple berada di bagian barat, sedangkan pantai ini berada lebih ke arah tenggara.

Sehingga untuk pergi ke pantai tersebut, pengunjung harus bergerak ke arah timur sejauh kurang lebih 15 km. Caranya, ikuti jalan keluar dari Uluwatu menuju jalan pantai Suluban, kemudian ke jalan Uluwatu Pecatu. Kemudian setelah menempuh jarak 7,1 km belok kanan ke jalan Toya Ning II.

Ikuti terus jalan ini kemudian di pertigaan, belok kanan ke jalan Bali Cliff. Ikuti terus jalur indah ini kemudian masuk ke jalan Alas Arum dengan cara berbelok ke kiri. Belokan ini sangat tajam, maka pengemudi harus berhati-hati. Setelah mengikuti jalan Alas Arum, masuk ke jalan Pantai Pandawa, kemudian pengunjung sampai di tempat yang dituju. Jika perjalanan lancar, pengunjung akan menghabiskan waktu di jalan sekitar 29-35 menit.

Baca Juga :   Pantai Toronipa: Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Kedua rute tersebut terbilang menyenangkan karena tidak ada jalan yang rusak atau sulit dilalui. Sepanjang perjalanan pengunjung juga akan disuguhi pemandangan indah khas Bali. Jadi pengunjung tidak akan bosan.

Objek Wisata Di Pantai Pandawa

Setelah menempuh perjalanan jauh, saat yang tepat untuk menikmati keindahan pantai yang eksotis ini. Pantai Pandawa berpasir putih, dengan pemandangan tebing yang tinggi dan menambah keunikan obyek wisata di dalamnya. Berikut adalah obyek wisata yang bisa dinikmati pengunjung di sini.

1. Mengendarai Kano

Kano berbentuk seperti perahu lengkap dengan dayungnya. Disini, pengunjung dapat menyewa kano untuk perorangan maupun tandem. Untuk kano perorangan harga sewanya adalah 25.000 rupiah perjam. Sedangkan untuk kano yang dioperasikan oleh dua orang dibanderol dengan sewa sebesar 50.000 rupiah perjam.

2. Berenang

Sebagai tindakan pengamanan, pengunjung yang ingin berenang atau bermain kano harus menyewa pelampung. Harga yang dikenakan pada persewaan ini adalah sebesar 20.000 rupiah perjam. Ombak di pantai ini memang tidak terlalu ganas, namun memakai perlengkapan keamanan yang baik akan memberikan rasa aman saat bermain di air.

3. Berjemur Dan Bersantai

Turis asing yang datang ke Indonesia sudah jelas ingin mencari sinar matahari yang terik. Sedangkan orang Indonesia yang pergi ke pantai, biasanya ingin bersantai dan menikmati pemandangan. Di pantai Pandawa, terdapat persewaan payung agar turis tidak kepanasan. Harga yang dikenakan untuk menyewa payung adalah sebesar 50.000 rupiah.

4. Berfoto Diantara Tebing

Batuan raksasa yang ada di kawasan pantai nyatanya menjadi obyek menarik bagi wisatawan. Terbukti dari banyaknya unggahan yang banyak ditemukan baik di instagram maupun twitter para pengunjung pantai. Kebanyakan pengunjung berfoto dengan latar dua tebing yang mengapit jalanan mulus menuju ke pantai. Spot foto ini bisa dikatakan sebagai tempat favorit para wisatawan.

Baca Juga :   Pantai Kukup : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

5. Patung Pandawa

Selain berfoto dengan tebing dan pantai, keberadaan patung pandawa yang menjadi ikon pantai ini juga memiliki daya tarik cukup besar. Pengunjung dapat menikmati keindahan pahatan lima patung pandawa dengan leluasa. Patung ini dibuat sebagai simbol bahwa sebelum dijadikan obyek wisata, pantai ini terisolir dan butuh perjuangan untuk membuka diri kepada dunia luar.

Pandawa pernah terkurung dalam sebuah goa dan harus berjuang untuk meloloskan diri.  Begitu juga masyarakat sekitar pantai tersebut. Mereka terisolir karena tebing yang begitu tinggi sehingga sulit untuk keluar masuk kawasan tersebut. Mereka berjuang membuka tebing sejak tahun 1997 hingga 2010. Akhirnya setelah berhasil membelah tebing, pantai ini kian ramai dan dinamakan pantai Pandawa.

6. Paragliding

Paragliding merupakan salah satu cara ekstrim untuk menikmati keindahan Bali. Pengunjung dapat melakukan olahraga ini dari bukit di dekat pantai. Dengan meluncur diatas pantai, pengunjung dapat menikmati keindahan seluruh kawasan pantai. Mulai dari deretan tebing raksasa, jalanan yang indah, pasir putih, hingga laut yanguas dan jernih.

7. Pijat Refleksi Tradisional

Setelah melewati jalan panjang dan aktivitas bermain di kawasan pantai, pengunjung dapat menemukan tempat pijat refleksi. Pijat ini menawarkan tarif yang relatif terjangkau. Alternatif pijat yang cukup menyenangkan karena bisa dilakukan sambil menikmati keindahan laut berpasir putih yang lembut.

Ketujuh aktivitas tersebut bisa dilakukan oleh pengunjung sejak pagi hingga malam hari. Kebanyakan pengunjung menghabiskan waktu sekitar 2-3 jam di kawasan pantai ini. Pantai ini memberikan ketenangan batin dan kesenangan dalam waktu yang bersamaan. Beristirahat disini bersama keluarga atau kawan bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan masa liburan yang singkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *