Pantai Pangandaran : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Nama pantai Pangandaran sudah tidak asing lagi di telinga para wisatawan domestik maupun mancanegara. Pantai ini sudah dikenal luas hingga banyak media yang membahasnya. Hal ini tidak lain karena keindahan alam dan panorama yang ditawarkan di Pantai satu ini.

Meskipun saat ini sudah banyak bermunculan destinasi-destinasi wisata baru di sekitar Pangandaran, namun kenyataannya pantai satu ini masih banyak diminati oleh para wisatawan. Bahkan pantai ini sudah menjadi tujuan berlibur favorit yang paling ramai dikunjungi ketika waktu liburan tiba.

Harga Tiket Masuk Pantai Pangandaran

Untuk harga tiket masuk ke pantai bisa dibilang cukup terjangkau. Karena harga tiket masuk untuk  pejalan kaki hanya Rp. 3.000, parkir motor  Rp. 7.000 kendaraan penumpang besar sekitar 40.000 ribu rupiah dan bus mini sekitar Rp. 100.000. Harga ini tentunya sangatlah murah mengingat pemandangan dan banyak hal yang bisa dilakukan di pantai ini.

Rute Menuju Lokasi Pantai Pangandaran

Lokasi pantai Pangandaran sendiri yang lebih dekat dari pusat kota membuat pantai ini mudah dikunjungi dibandingkan dengan pantai lainnya. Selain itu, kondisi atau akses jalan menuju pantai dalam keadaan yang baik dan lancar, hanya ketika memasuki musim liburan saja mengalami kemacetan.

Lokasinya berada di kabupaten Pangandaran dan terletak di perbatasan kabupaten cilacap, banjar dan Tasikmalaya. Ada beberapa rute perjalanan menuju ke pantai satu ini, di antaranya:

  • Melalui jalur utama via Bandung – ke Tasikmalaya – Ke Banjar – kemudian sampai Pangandaran. Jalur satu ini sangat mudah di ikuti apalagi di bantu dengan banyaknya penunjuk jalan yang ada.
  • Melalui jalur alternatif Bandung – ke Tasikmalaya – Ke Pantai Cipatujah – Sampai Pangandaran.
  • Rute Alternatif dari selatan Jawa Barat : dari Bandung – menuju Pangelengan – Cisewu – Rancabuaya – Pameungpeuk – Cipatujah – Pangandaran. Meskipun terlihat lebih jauh dari jalur lainnya namun jika melalui rute ini cenderung lebih sepi dan kondisi jalannya cukup bagus.

Objek Wisata Pantai Pangandaran

Banyak sekali variasi destinasi yang bisa pengunjung nikmati di pantai satu ini. Banyaknya pilihan objek wisata ini membuat para wisatawan tidak bosan untuk terus berkunjung. Berikut ini beberapa destinasi yang bisa dinikmati di Pangandaran, di antaranya :

1. Cagar Alam Pananjung

Terdapat satu objek wisata yang unik yaitu cagar alam Pananjung. Cagar alam satu ini letaknya di semenanjung dan menjadi batas langsung dengan pantai timur Pangandaran dan pantai barat Pangandaran. Pada lokasi wisata ini pengunjung bisa menyaksikan berbagai macam flora dan fauna yang dilindungi. Misalnya saja seperti monyet, landak, lurung, kijang, kelelawar dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sampai satu ini flora dan fauna yang hidup di cagar alam Pananjung sangatlah terjaga kelestariannya. Hal ini tidak terlepas dari upaya pengelola setempat yang tidak membolehkan masyarakat sekitar atau pun pengunjung yang datang untuk menebang pohon meskipun hanya satu. Ini semua untuk menjaga kealamian cagar alam Pananjung.

Wisata alam satu ini sangat cocok bagi pengunjung yang membawa anak-anak atau bagi pecinta wisata edukatif. Selain bisa berjalan-jalan di kawasan cagar alam sambil melepas penat, pengunjung juga bisa menambah ilmu pengetahuan tentang flora dan fauna yang ada serta dapat melakukan olahraga disana.

2. Goa Jepang Pantai Pananjung

Tidak banyak pengunjung atau wisatawan yang datang ke Pantai Pangandaran mengetahui terdapat kawasan yang unik. Di kawasan cagar alam Pananjung terdapat sebuah goa peninggalan penjajahan Jepang dahulu kala. Pada awalnya goa ini  dibuat melalui sistem kerja paksa selama kurang lebih 1 tahun dan digunakan selama periode perang Dunia kedua yaitu 1941-1945.

Goa jepang dibuat dari tembok beton kemudian di timbun dengan tanah agar tidak terlihat, goa ini dijadikan sebagai benteng pertahanan. Goa Jepang memiliki lubang-Lubang pengintai yang langsung mengarah ke laut, hal ini berguna untuk mengawasi pendaratan oleh pihak sekutu. Jadi ketika sekutu melakukan pendaratan di sekitar area maka Jepang akan menyusun strategi untuk menyerang.

3. Goa Lanang

Tidak hanya Goa Jepang objek wisata yang bisa pengunjung nikmati di pantai Pangandaran, ada satu lagi goa unik yang harus di kunjungi yaitu Goa Lanang. Goa ini terletak di dalam kawasan cagar alam Pananjung Pangandaran.

Menurut legenda yang beredar di masyarakat, goa Lanang tadinya merupakan keratin Kerajaan Pananjung. Raja yang berkuasa pada saat itu bernama Parabu Anggalarang dan memiliki istri bernama Dewi Siti Samboja atau yang lebih dikenal dengan nama Dewi Rengganis. Kerajaan itu memiliki seorang patih bernama Aria Kidang Pananjung.

Goa Lanang di bangun atas kemauan Raden Anggalarang sendiri, meskipun ayah beliau telah melarang, dikarenakan lokasi ini sangat rawan terhadap gangguan perompak. Kemudian Goa diberi nama Goa Lanang karena Raden Angggalarang adalah laki-laki yang gagah dan sering dijuluki “Sang Lanang”.

4. Tanjung Untuk Menikmati Sunset Dan Sunrise Di Satu Tempat

Ketika berkunjung ke sebuah pantai pastinya menikmati sunrise dan sunset merupakan hal yang tidak boleh terlewatkan. Keistimewaan pantai ini tidak lain karena berupa tanjung, dimana hal ini bisa membuat pengunjung dapat melihat matahari terbit dan terbenam dari tempat yang sama. Sehingga pengunjung tidak akan kesulitan dalam mencari spot menikmati kedua keindahan alam ini.

Keindahan alam satu ini tentunya sangat sayang untuk dilewatkan. Pengunjung selain bisa menikmati keindahan sunset dan sunrise juga bisa mengambil gambar untuk mengabadikan momen satu ini. Hal ini juga yang paling menarik bagi para fotografer, mereka mengambil gambar-gambar pantai ketika sunrise dan sunset dan hasilnya sangat istimewa.

5. Festival Layang-Layang Internasional

Faktor lainnya yang membuat pantai ini ramai di kunjungi bahkan meskipun sudah banyak destinasi baru bermunculan karena terdapat event internasional yang rutin diadakan. Pada setiap bulan Juni atau Juli pengunjung bisa menikmati Festival Layang-Layang Internasional atau yang lebih dikenal dengan nama Pangandaran International kite Festival. Hadirnya acara ini semakin menarik wisatawan dalam dan manca Negara untuk datang menyaksikan di Pantai Pangandaran.

6. Objek Wisata Kuliner Seafood

Seperti pantai kebanyakan, di Pangandaran banyak sekali yang menyajikan aneka olahan seafood. Pengunjung bisa mencari restoran atau pun warung makan dengan berbagai macam menu seafood. Selain seafood tempat-tempat ini juga menawarkan sajian kuliner lainnya. pengunjung bisa menikmati sajian ikan yang dijamin masih fresh.

Seafood yang ditawarkan itu diantaranya seperti kepiting, udang, ikan, cumi-cumi dan masih banyak lagi yang lainnya. pengunjung hanya tinggal memilih menu mana yang ingin di santap.

Memang tidak akan cukup rasanya membahas tentang pantai Pangandaran karena banyak sekali hal yang bisa dibahas. Bahkan rasanya jika hanya berkunjung 1 hari saja tidak akan cukup untuk menikmati semua keindahan wisata Pangandaran ini. Jadi bagi yang ingin berwisata harus bersiap-siap jauh-jauh hari dengan menyiapkan persiapan yang matang berupa barang-barang yang akan dibawa ketika berwisata ke pantai Pangandaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *