Pantai Pangi : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

pantai pangi

Blitar memang bukan kota yang besar, tapi siapa sangka bahwa kota ini memiliki banyak tempat wisata yang mempesona, salah satunya adalah Pantai Pangi. Perlu diketahui bahwa Blitar merupakan kabupaten yang berada di bagian paling selatan Jawa Timur, jadi Blitar mempunyai garis pantai yang panjang. Dari sekian panjang garis pantai tersebut dan dari sekian tempat wisata pantai yang ada di Blitar, ada satu pantai yang masih baru namun mempunyai keindahan yang luar biasa yaitu Pantai Pangi.

Harga Tiket Masuk Pantai Pangi

Pantai Pangi merupakan pantai yang menyimpan banyak keindahan yang mempesona. Perlu diketahui bahwa pantai ini terletak pada cekungan kecil serta pada sisi kanan dan kiri terdapat batu karang yang kokoh. Untuk para wisatawan yang penasaran dengan keindahan alam dari Pantai Pangi, langsung saja kunjungi pantai ini saat liburan tiba.

Untuk memasuki kawasan Pantai Pangi, wisatawan nantinya harus membayar tiket masuk. Harga tiket masuk pantai ini sangatlah terjangkau yakni sebesar Rp 8.000 per orang. Dengan harga tiket masuk yang sangat terjangkau, para pengunjung dapat menikmati keindahan pantai yang sangat mempesona.

Karena Pantai Pangi belum begitu ramai seperti pantai-pantai yang lain, maka fasilitas yang tersedia disana masih terbatas. Tapi jangan khawatir, karena disana juga sudah ada beberapa fasilitas yang sudah disediakan oleh pihak pengelola pantai. Fasilitas tersebut antara lain toilet, mushola dan warung-warung yang menjual makanan dan minuman.

Rute Menuju Lokasi Pantai Pangi

Lokasi Pantai Pangi adalah di Dusun Krajan, Desa Tumpakkepuh, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar Jawa Timur. Tempat wisata ini berjarak sekitar 40 km dari pusat Kota Blitar, atau kurang lebih 1 jam perjalanan menggunakan sepeda motor. Letak pantai ini berdekatan dengan Pantai Tambak Rejo dan Goa Embultuk.

Baca Juga :   Pantai Marina : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Untuk sampai ke Pantai Pangi, wisatawan dapat menggunakan jalur yang biasa digunakan untuk menuju ke Pantai Tambak Rejo. Jika wisatawan berada di pusat Kota Blitar, maka perjalanan dimulai dengan mengambil arah ke selatan saat berada di perempatan Kawi. Setelah itu, ikutilah jalan tersebut hingga sampai ke Kecamatan Kademangan.

Perjalanan masih dilanjutkan ke arah selatan melewati jalan Trisula, ikuti terus jalan tersebut sampai ke perempatan kantor Desa Tumakepuh, kemudian ambil arah kanan. Setelah itu wisatawan akan sampai ke pintu masuk Pantai Pangi.

Untuk sampai ke Pantai Pangi, wisatawan dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Namun sebelum berlibur ke pantai ini, alangkah baiknya untuk memastikan kendaraan yang akan digunakan dalam keadaan baik. Hal tersebut dikarenakan jalan menuju pantai tersebut mempunyai kontur yang naik turun, jadi wisatawan dihimbau untuk tetap hati-hati.

Saat wisatawan sampai di depan pintu masuk pantai ini, wisatawan diharuskan untuk berjalan kaki sekitar 100 meter. Nantinya wisatawan akan berjalan kaki melewati perkebunan penduduk di sekitar pantai. Karena pemandangan alam sekitar yang indah dan udara yang sangat sejuk, membuat para wisatawan yang berjalan kaki tidak akan merasa lelah.

Obyek Wisata Pantai Pangi

Pantai ini merupakan pantai yang masih jarang dikunjungi wisatawan, hal tersebut membuat lingkungan di sekitar pantai relatif sepi dan bersih. Selain itu hamparan pasir putih yang indah terbentang di sepanjang bibir pantai membuat para wisatawan ingin berlama-lama berlibur di pantai ini. Perlu diketahui bahwa Pantai Pangi mempunyai beberapa obyek wisata, antara lain

Baca Juga :   Pantai Gunung Kidul : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

1. Deretan Pohon Pinus Yang Indah

Pohon-pohon pinus yang tumbuh berjajar tak jauh dari bibir pantai ini membuat suasana menjadi sejuk. Selain itu pohon pinus tersebut dapat dijadikan tempat istirahat dan bersantai sembari menikmati keindahan alam Pantai Pangi.

Para wisatawan juga dapat berteduh di bawah pohon-pohon pinus yang rimbun supaya terhindar dari teriknya panas matahari. pohon-pohon pinus yang rimbun akan membuat udara disekitar pantai menjadi segar, jadi sangat cocok untuk bersantai dan beristirahat. Sederetan pohon-pohon pinus ini juga dapat dijadikan spot foto yang tentunya sangat instagramable.

2. Telaga Payau

Selain mempunyai sederetan pohon-pohon pinus yang indah, pantai ini juga memiliki keunikan lain yang tidak akan dapat ditemui di tempat lain. Keunikan tersebut adalah berupa muara sungai yang membentuk sebuah telaga payau. Untuk dapat menemukan telaga ini, maka wisatawan harus berjalan ke arah batu karang yang terletak di sebelah kiri pantai.

Telaga ini memiliki ukuran yang cukup luas, biasanya digunakan untuk berenang dan membasuh diri setelah bermain-main di pantai. Air yang terdapat di telaga ini sangat tenang dan jernih, hal tersebut pastinya akan membuat para wisatawan betah untuk berendam di telaga ini.Pohon-pohon bakau yang tumbuh di sekeliling telaga membuat keindahan telaga ini menjadi luar biasa.

3. Camping Area

Untuk para wisatawan yang menyukai kegiatan camping, Pantai Pangi merupakan tempat yang cocok untuk camping bersama keluarga ataupun teman terdekat. Perlu diketahui bahwa di pantai ini terdapat area yang cukup luas dan datar sehingga sangat cocok untuk kegiatan camping.

Area camping ini mempunyai jarak yang aman dari pantai, sehingga wisatawan dapat melakukan camping bersama rombongan dengan tenang. Selain itu area ini juga memiliki jarak yang dekat dengan telaga, jadi dapat memudahkan wisatawan yang membutuhkan air bersih untuk kebutuhan camping. Pohon-pohon pinus disekitar area camping juga dapat memberikan keteduhan saat bercamping.

Baca Juga :   Pantai Lovina : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

4. Air Terjun Yang Indah

Pada bagian kanan Pantai Pangi terdapat air terjun yang tidak terlalu tinggi, namun mempunyai nilai keindahan yang luar biasa. Air terjun tersebut mengalirkan air ke sungai yang langsung bermuara ke pantai. Adanya air terjun tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang.

Selain itu, air yang mengalir dari air terjun ini cukup bersih dan jernih. Banyak wisatawan yang berfoto di sekitar air terjun ini, karena pemandangan di sekitar air terjun ini sangatlah indah. Saat wisatawan menikmati keindahan air terjun, maka akan ada cipratan-cipratan air dari air terjun tersebut yang dapat menambah suasana menjadi lebih sejuk.

5. Keindahan Sunset Di Pantai Pangi

Selain berkemah, para wisatawan juga dapat berjalan-jalan di tepi pantai sambil menunggu matahari terbenam. Suasana sunset di pantai ini akan menambah suasana semakin romantis, jadi alangkah baiknya ajaklah pasangan saat berlibur ke pantai ini.

Cahaya berwarna jingga yang dipantulkan oleh matahari akan menambah keindahan alam Pantai Pangi. Ditambah dengan suasana pantai yang sepi dan hembusan angin yang sepoi sepoi akan membuat pikiran dan suasana hati menjadi damai. Jangan lupa untuk mengambil foto saat matahari terbenam karena sunset di pantai ini dapat dijadikan spot foto yang instagramable.

Itu tadi merupakan beberapa informasi mengenai harga tiket masuk, rute menuju lokasi dan obyek wisata Pantai Pangi. Pantai ini sangat cocok untuk berlibur akhir pekan supaya penat akibat bekerja dapat hilang dan pikiran menjadi fresh kembali. Untuk para wisatawan yang berlibur ke pantai ini dihimbau untuk tetap menjaga kebersihan dan jangan merusak ekosistem laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *