Pantai Papuma : Rute Menju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Sebagaimana yang kita ketahui, bahwa Indonesia merupakan satu-satunya negara yang mempunyai garis Pantai terpanjang di dunia. Hal tersebut merupakan sebuah anugerah yang sangat membanggakan sekali. Destinasi wisata Pantai  sendiri bukan hanya bisa didapatkan di Pulau Dewata saja. Salah satu Pantai  yang mesti dikunjungi antara lain Pantai Papuma.

Pantai  ini merupakan salah satu wisata Pantai  yang terletak di Jawa Timur. Nama papuma sendiri sebenarnya merupakan sebuah singkatan dari pasir putih malikan. Namun sampai sekarang singkatan tersebutlah yang lebih familiar di telinga para wisatawan.

Harga Tiket Masuk Pantai Papuma

Pantai Papuma sendiri terkenal dengan Pantai  yang mempunyai suasana yang sangat romantis. Maka tidak heran jika banyak sekali pasangan yang menghabiskan masa bulan madunya di Pantai ini. Meskipun demikian, keluarga yang berkunjung secara rombongan bersama keluarga besar pun tidak kalah banyaknya juga.

Untuk menikmati suasana Pantai ini yang menyuguhkan suasana Pantai  yang romantis ini maka para pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp. 7.000 untuk hari biasa dan Rp. 15.000 untuk hari libur. Sedangkan bagi para wisatawan yang mengunjungi tempat ini menggunakan kendaraan pribadi maka dikenakan tarif tambahan yakni tarif parkir sebesar Rp. 1.000 untuk kendaraan beroda dua dan Rp. 6.000 untuk kendaraan beroda empat.

Dengan membayar tiket serta tarif parkir yang sangat terjangkau tersebut, maka para pengunjung bisa menikmati suasana Pantai yang romantis.

Baca Juga :   Pantai Gunung Kidul : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Rute Menuju Lokasi Pantai Papuma

Agar bisa sampai ke lokasi Pantai ini sebenarnya sangat mudah sekali. karena transportasi serta infrastruktur berupa jalan yang disediakan menuju Pantai Papuma ini bisa diakses baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Jika ingin mengunjungi Pantai ini dari stasiun utama Jember, maka untuk sampai ke lokasi ini hanya memerlukan jarak 45 km dengan waktu tempuh kira-kira sekitar satu setengah jam saja. Itu pun jika menggunakan kendaraan pribadi.

Kemudian dilanjutkan menuju arah terminal Ambulu dan mengambil jalan utama menuju Pantai  Papuma. Namun untuk mengunjungi Pantai ini disarankan menggunakan kendaraan seperti bus pariwisata yang telah disediakan oleh layanan wisata, rental bumi, atau menggunakan kendaraan umum lainnya.

Hal tersebut karena jalur yang dilewati menuju Pantai ini bisa dibilang rawan berupa tanjakan serta jurang yang terjal dengan kemiringan yang mencapai 45 derajat.

Objek Wisata Yang Ada Di Pantai  Papuma

Suasana yang sejuk dengan suhu 25 sampai 32 derajat ini membuat para wisatawan yang mengunjungi Pantai  ini merasa betah serta ingin berlama-lama menghabiskan waktu liburan. Selain itu keindahan yang disuguhkan Pantai  ini pun akan membuat tercengang para pengunjungnya apalagi jika baru pertama mengunjungi tempat ini. Selain itu di Pantai  ini pun terdapat beberapa objek wisata yang mengasyikkan yang bisa dinikmati antara lain sebagai berikut:

1. Objek Wisata Yang Mempunyai Lokasi Yang Sangat Aman Dan Nyaman

Meskipun harus menempuh perjalanan yang terjal dan berliku untuk bisa sampai ke tempat ini, namun jika sudah sampai maka para pengunjung akan merasakan kondisi Pantai nya yang bisa dikatakan sangat aman dan nyaman. Sehingga para pengunjung pun akan ingin berlama-lama diam di Pantai Papuma ini.

Letak Pantai nya yang dikelilingi dengan bebukitan serta berada agak sedikit cekung membuat Pantai  ini cukup aman bagi para pengunjungnya. Terlebih lagi jika membawa keluarga besar serta anak-anak ke Pantai ini sangat aman sekali.

Baca Juga :   Pantai Santolo : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

2. Cafe Serta Restaurant Yang Sangat Nyaman Dan Ramah Dalam Pelayanannya

Karena lokasi Pantai ini berada lumayan jauh dari pusat kota Jember, maka Pantai ini tidak mempunyai segala fasilitas semewah tempat wisata yang berkelas. Namun jangan khawatir, para pengunjung bisa menikmati pesona Pantai Papuma sembari menikmati santapan cafe dan restaurant terdekat.

Meskipun fasilitas yang disediakan oleh Pantai ini tidak semewah tempat wisata yang lainnya, namun cafe serta restaurant yang berada di Pantai ini sangat nyaman sekali. Selain itu para pelayan pun sangat ramah menjamu para wisatawan yang datang baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

3. Tempat Camping Yang Sangat Cocok

Pantai Papuma sendiri terkenal dengan pasir putihnya yang halus serta suhu udaranya yang cukup hangat dimalam hari dan cukup sejuk di siang hari. Hal tersebut menjadikan Pantai Papuma sendiri sangat cocok jika dijadikan tempat camping bersama sahabat maupun keluarga. Selain itu, disekeliling Pantai Papuma pun cukup aman karena sudah banyak disediakan penginapan yang dilengkapi dengan penjagaan yang aman.

4. Spot Foto Yang Instagramable

Pantai  yang terkenal dengan pasir putih, air jernih, serta susunan bebatuan di tepi Pantai  ini sangat bagus sekali untuk dijadikan spot foto yang instagramable. Selain itu, ditengah-tengah Pantai  sendiri terdapat batu karang dari bukit yang terjadi akibat erosi air laut pada zaman dahulu. Sedangkan dari bibir Pantai  sendiri, batu karang tersebut menyerupai sebuah candi yang berdiri ditengah laut. Hal tersebut yang menjadikan Pantai Papuma dikatakan sebagai spot foto yang instagramable.

5. Sangat Aman Untuk Berenang

Karena lokasi Pantai  ini yang menjorok ke daratan, maka Pantai ini bisa dikatakan cukup aman jika para pengunjung ingin berenang. Tidak seperti Pantai  laut selatan yang kebanyakan cukup berbahaya jika ingin melakukan kegiatan berenang karena ombaknya yang sangat besar.

Baca Juga :   Pantai Kuta : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Selain itu, air di Pantai ini pun sangat bersih serta tenang. Jika dilihat dari atas bukit, maka Pantai  ini akan terlihat seperti batu zamrud yang berwarna hijau disebabkan karena warna alga laut. Hal tersebut semakin menambah keindahan dari Pantai  Papuma itu sendiri.

6. Sangat Asyik Untuk Kegiatan Diving

Pantai  Papuma sendiri sangat asyik sekali untuk dijadikan kegiatan diving. Terumbu karangnya yang beragam, air lautnya yang jernih, pasirnya yang putih, serta berbagai macam spesies makhluk hidup di dalam laut Pantai  Papuma pun menambah keindahan dari Pantai  ini. Airnya yang tenang membuat Pantai  Papuma menjadi tempat favorite bagi para aktivis diving.

7. Tempat Wisata Perahu Tradisional

Jika dilihat lagi lebih teliti, di Pantai  Papuma sendiri sebenarnya terdapat 7 pulau karang yang bisa di jangkau dengan cara menyusuri daratan yang langsung terhubung atau bisa juga menggunakan transportasi air. Di sepanjang bibir Pantai  Papuma ini sendiri, para pengunjung bisa menyaksikan berbagai macam corak perahu tradisional yang siap mengantarkan para pengunjung untuk berlayar menuju pulau karang ditengah laut.

8. Mempunyai Hamparan Pasir Putih Yang Bersih Pantai

Pantai Papuma ini mempunyai hamparan pasir putih yang bersih. Di sepanjang pasir putih sebelah barat sendiri terdapat deretan perahu nelayan yang senantiasa dijadikan tempat bersandar. Apabila ingin melihat para nelayan turun maka datanglah pada pukul 11.00 sampai dengan 13.00 dan bisa langsung membeli ikan untuk dibakar di pinggir Pantai. Menikmati ikan bakar diatas hamparan pasir putih pun tentunya sangat menyenangkan sekali.

Itulah beberapa hal mengenai Pantai  Papuma yang bisa dinikmati. Dengan fasilitas serta objek wisata yang disediakan para pengelola di Pantai  Papuma ini akan menambah betah liburan akhir pekan bukan. Objek wisata pantai memang selalu menjadi favorit semua kalangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *