Pantai Parangtritis : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

pantai parangtritis

Daerah istimewa Yogyakarta memiliki banyak destinasi wisata yang sudah di kenal di dalam maupun luar negeri. Hal ini menjadikan kota Jogja sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia. Salah satu destinasi wisata yang paling banyak dicari adalah wisata pantai, dan Pantai Parangtritis menjadi tempat wisata popular di Jogja sejak lama.

Pantai Parangritis sudah dikenal sejak lama oleh kalangan wisatawan hal ini salah satunya karena legenda yang melekat di pantai tersebut yaitu legenda Ratu Kidul sebagai penguasa laut selatan. Namun selain karena legenda itu, banyaknya wisatawan yang datang karena terpesona dengan keindahan alam pantai yang tidak usah diragukan lagi. Dengan hamparan pantai yang luas dan fasilitas yang ada membuat pantai ini semakin menarik wisatawan.

Harga Tiket Masuk Pantai Parangtritis

Sebelum bisa menikmati keindahan dan pesona alam Pantai Parangtritis, tentunya pengunjung harus membayar tiket masuk terlebih dahulu. Harga tiket masuk ke Pantai ini bisa di bilang sangatlah murah. Pengunjung hanya diminta biaya masuk Rp. 2.000/ orang, biaya masuk ini belum termasuk biaya parkir kendaraan yang digunakan oleh pengunjung. Sangat murah bukan?

Dengan harga Rp. 2.000 setiap pengunjung bisa menikmati keindahan dan fasilitas yang ditawarkan di sekitaran Parangtrits. Harga ini tentunya sangatlah murah di bandingkan dengan harga tiket masuk di destinasi wisata pantai lainnya.

Pengunjung tidak akan rugi dengan membayar biaya tiket masuk yang murah itu. Karena fasilitas-fasilitas pantai bisa di nikmati misalnya saja seperti warung kuliner yang ada di sekitar pantai, toilet dan kamar mandi yang memadahi, mushola untuk beribadah dan lain sebagainya.

Baca Juga :   Pantai Pok Tunggal : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Rute Menuju Lokasi Pantai Parangtritis

Rute menuju lokasi pantai parangtritis adalah sekitar 28 km dari pusat Malioboro. Pantai ini bisa di akses melalui desa Kretek yang lokasinya berada di pinggir jalan Parangtritis. Bagi para pengunjung yang berasal dari luar kota, maka langsung saja ambil jalan melalui jalan Parangtritis dan ikuti petunjuk arah yang sudah terpasang menuju ke Selatan sampai  ke pantai. Rute ini merupakan rute paling cepat dan lancar bagi para pengunjung yang belum paham betul wilayah Jogjakarta.

Obyek Wisata Pantai Parangtritis

Terkenalnya pantai Parangtritis sebagai obyek wisata andalan di kota Jogja tentunya tidak terlepas dari keindahan alam dan obyek yang ditawarkannya. Para pengunjung bisa menikmati banyak kegiatan dan keindahan alami di pantai parangtritis, contohnya:

1. Menikmati Sunset

Di Parangtritis pesona ketika matahari tenggelam atau yang lebih dikenal dengan nama sunset sangatlah memukau. Pengunjung bisa menikmati jingganya langit ketika matahari tenggelam lewat pinggiran pantai yang ditemani dengan deburan air laut.

Momen ini sering sekali di abadikan lewat foto para pengunjung. Pengunjung akan mencari foto bersama sunset yang menghasilkan foto siluet yang unik dan instagramable. Selain itu banyak fotografer yang datang juga untuk mengambil foto terbaik ketika sunset di pantai kidul parangtritis.

Jadi pastikan jika ingin berkunjung ke pantai ini maka bawalah perlengkapan foto seperti smartphone, kamera DSLR atau sejenisnya dan pastikan baterai yang dibawa dalam keadaan cukup. Karena akan sangat disayangkan jika hanya berkunjung tanpa mengambil foto untuk kenang-kenangan.

2. Bermain ATV

Permainan ATV memang cukup menantang adrenalin. Permainan satu ini bisa dilakukan baik anak-anak dan orang dewasa. Bisa dibayangkan bagaimana serunya bermain ATV di bibir pantai? Maka cobalah untuk melakukannya di Parangtritis. Tentunya akan menjadi pengalaman tersendiri yang tidak terlupakan.

Baca Juga :   Pantai Losari : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Pengunjung hanya  cukup membayar biaya sewa ATV sekitar Rp. 50.000 hingga Rp. 100.000 maka bisa dengan bebas menyusuri pantai menggunakan ATV. Meskipun cukup menyenangkan namun ingat untuk tetap waspada dan menjaga kehati-hatian apalagi di musim liburan sekolah. Karena pengunjung Parangtritis cukup ramai sehingga dikhawatirkan jika nantinya terjatuh atau menabrak pengunjung lainnya.

Jika ATV besar digunakan oleh anak-anak maka pastikan memberikan pendampingan dan pengawasan penuh kepada mereka. Karena anak-anak belum sepenuhnya menguasai cara mengendarai ATV oleh karena itu diperlukan pendampingan khusus.

2. Menaiki Kuda

Tidak hanya ATV saja permainan yang ada di Parangtritis, pengunjung juga bisa menikmati keindahan pantai dengan menyusurinya bersama kuda tunggangan. Cukup membayar biaya sewa sekitar Rp. 20.000 maka pengunjung isa menyusuri pantai dari timur ke barang. Hal ini tentunya sangatlah memuaskan dan cocok bagi pengunjung yang suka berkuda.

Bagi yang tidak begitu ahli dalam mengendarai kuda tidak perlu khawatir. Karena pengunjung akan diawasi oleh pawang kuda yang siap sedia menjaga dan mengarahkan kuda yang ditunggangi. Tidak hanya itu pengunjung juga bisa berpose bersama kuda untuk mendapatkan foto yang bagus.

3. Bermain Air Ombak

Kurang lengkap rasanya jika datang ke pantai namun tidak ikut bermain air pantai. Salah satu permainan yang menyenangkan di parangtritis adalah bermain air laut. Para pengunjung sia bermain sepuasnya dengan air laut dan deburan ombak. Namun perlu diingat jangan terlalu jauh dari bibir pantai karena dikhawatirkan akan terseret ombak.

Meskipun bermain air laut akan membuat badan terasa lengket tapi pengunjung jangan khawatir, karena bisa membilas tubuh atau mandi di kamar mandi yang sudah di sediakan oleh pihak pengelola. Cukup dengan membayar biaya sekitar Rp. 5.000 maka pengunjung bisa membilas tubuh hingga bersih kembali.

Baca Juga :   Pantai Wediombo : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

4. Sajian Aneka Kuliner

Setelah puas bermain di pantai tentunya membuat perut terasa lapar, namun jangan cemas karena ada banyak sajian kuliner untuk para pengunjung. Selain makanan-makanan khas laut yang tersedia di arung-warung sekitar Parangtritis, pengunjung juga bisa menikmati menu umum lainnya seperti mie instan, nasi goreng, soto, bakso dan lainnya. Tentunya harga yang ditawarkan sangatlah terjangkau bagi para pengunjung. Sehingga liburan pun semakin menyenangkan meskipun tidak membawa bekal makan dari rumah.

Selain kuliner yang bisa di santap di tempat, pengunjung juga bisa membawa oleh-oleh makanan kering yang ada. Misalnya saja seperti ikan yang sudah diasinkan, aneka keripik dan lainnya. Tentunya ini menjadi buah tangan khas Parangtritis untuk keluarga di rumah.

5. Berselancar

Ombak di pantai Parangtritis bisa dibilang cukup bersahabat dan tidak terlalu berbahaya. Hal ini membuat para peselancar pemula menjadikan parangtritis sebagai lokasi untuk belajar berselancar. Tidak hanya orang dewasa saja yang mencoba berselancar di parangtritis namun banyak anak-anak yang mencobanya. Jika tidak membawa perlengkapan berselancar pengunjung bisa menyewanya langsung.

Banyak sekali hal-hal unik dan menarik di Pantai Parangtritis. Meskipun sangat menyenangkan namun ada beberapa hal yang harus di patuhi ketika berada di Parangtritis, contohnya tidak bermain hingga ke tengah laut, jika membawa anak kecil maka lakukan pengawasan penuh dan bawalah payung karena matahari sangatlah terik di siang hari. Selain itu di Parangtritis tidak banyak pohon yang bisa digunakan untuk berteduh sehingga membawa payung bisa menjadi alternatif untuk para pengunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *