Pantai Pelabuhan Ratu : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Sebagian besar orang mengisi waktu liburnya dengan jalan-jalan bertamasya bersama keluarga ataupun teman terdekat. Untuk para wisatawan yang sedang ingin berlibur ke pantai, datang saja ke Pantai Pelabuhan Ratu. Perlu diketahui bahwa pantai tersebut merupakan salah satu wisata bahari yang paling banyak dikunjungi.

Pantai Pelabuhan ratu adalah tempat wisata bahari yang menjadi primadona di daerah Sukabumi, Jawa Barat. Bagi para wisatawan yang penasaran dengan Pantai Pelabuhan Ratu, berikut adalah beberapa informasi mengenai Pantai Pelabuhan Ratu.

Harga Tiket Masuk Pantai Pelabuhan Ratu

Perlu diketahui bahwa provinsi Jawa Barat banyak menyumbangkan potensi pariwisata bagi Negara Indonesia. Banyak tempat wisata yang tersebar di Kabupaten atau Kota Di Jawa Barat, salah satunya adalah Pantai Pelabuhan Ratu yang berlokasi di Kabupaten Sukabumi. Keindahan pantai tersebut tidak kalah dengan pantai-pantai yang terkenal di Indonesia.

Untuk dapat menikmati keindahan alam di Pantai ini, para wisatawan tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Karena harga tiket masuk ke pantai tersebut sangatlah terjangkau yakni untuk hari Senin sampai Jum’at adalah sebesar Rp 2.000 /orang sementara untuk weekend adalah sebesar Rp 5.000 /orang.

Dengan harga yang sangat terjangkau wisatawan dapat bersantai-santai di tepi pantai bersama keluarga ataupun bersama teman dekat. Selain itu pantai ini juga sangat cocok untuk para pecinta selancar karena ombaknya yang besar dan tinggi. udara yang segar dan suasana yang nyaman, membuat para wisatawan betah untuk berlama-lama di pantai ini.

Rute Menuju Lokasi Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu merupakan sebuah tempat wisata yang terletak di pesisir Samudera Hindia tepatnya di selatan Jawa Barat. Lokasi pantai ini adalah sekitar 60 km ke arah selatan dari pusat Kota Sukabumi. Untuk dapat sampai ke pantai ini, para wisatawan tidak perlu bingung, karena rute untuk sampai ke pantai ini sangatlah mudah.

Bagi wisatawan yang berasal dari Kota Jakarta dan menggunakan kendaraan pribadi maka rute yang harus ditempuh adalah dari Cawang Jakarta menuju Ciawi. Setelah sampai Ciawi dilanjutkan menuju Cicurug, kemudian ikuti alur menuju Cibadak. Jika sudah sampai Cibadak, maka perjalanan dilanjutkan menuju Warung Kiara, setelah itu para wisatawan akan sampai ke Pantai Pelabuhan Ratu.

Untuk wisatawan yang berasal dari Bandung dan menggunakan kendaraan pribadi maka rutenya adalah dari Pasteur menuju Tol Purbaleunyi (Cipularang) dan keluar di Padalarang. Setelah itu menuju Cipatat kemudian Rajamandala dilanjutkan ke arah Ciranjang. Perjalanan masih berlanjut menuju Cianjur dan  ikutilah jalur menuju Sukabumi. Setelah sampai Sukabumi, langsung saja menuju Pantai Pelabuhan Ratu.

Untuk wisatawan yang berasal dari Bandung dan menggunakan kendaraan umum maka naiklah bus dari Terminal Leuwi Panjang Bandung. Pilih bus jurusan Bandung-Sukabumi, kemudian turun di Terminal Sukabumi. Setelah itu naiklah bus jurusan Pelabuhan Ratu dan turun di Pelabuhan Ratu.

Sedangkan untuk wisatawan yang berasal dari Bogor dan menggunakan kendaraan umum maka naiklah bus dari terminal Baranangsiang Bogor dengan jurusan Pelabuhan Ratu. Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, dihimbau untuk selalu berhati-hati, karena jalan menuju Pantai Pelabuhan Ratu selalu ramai.

Obyek Wisata Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu terdiri dari pantai yang landa berpasir, pantai curam, pantai bebatuan dan pantai yang dipenuhi dengan karang yang cukup terjal. Menariknya lagi, pada beberapa bagian pantai terdapat area persawahan penduduk yang berbatasan langsung dengan garis laut. Selain itu pantai tersebut juga memiliki obyek wisata yang menyenangkan, antara lain :

1. Berselancar

Pantai Pelabuhan Ratu memiliki 9 titik lokasi yang sangat cocok untuk berselancar. 9 lokasi tersebut antara lain di Batu Guram, Karang Sari, Samudera Beach, Cimaja, Karang Haji, Indicator, Sunset Beach, Ombak Tujuh dan Ujung Genteng.

Ombak yang terdapat di pantai tersebut mempunyai karakteristik yang kuat, tinggi dan besar, jadi sangat cocok untuk para pecinta selancar. Biasanya para pecinta selancar mengunjungi pantai ini pada bulan Mei hingga bulan Oktober, karena pada bulan-bulan tersebut kondisi ombak selalu tinggi.

2. Pesta Laut

Selain keindahan alam yang luar biasa, pantai ini juga sangat terkenal dengan pesta lautnya yang unik dan menarik. Pesta laut merupakan sebuah tradisi yang dilakukan oleh masyarakat di sekitar pantai tersebut. Tradisi pesta laut yaitu melarung kepala kerbau  dan makanan sesaji ke tengah-tengah laut.

Acara pesta laut biasanya disertai dengan adanya kegiatan lain seperti lomba-lomba, bakti sosial dan pementasan hiburan seperti wayang, drumband, dangdut, tarian tradisional dan lain sebagainya. Tradisi pesta laut merupakan rasa syukur kepada Tuhan atas rejeki yang diberikan berupa tangkapan ikan. Pesta laut ini berlangsung selama 2 hari 1 malam.

3. Tempat Pelelangan Ikan

Kawasan wisata Pantai Pelabuhan Ratu ini memiliki tempat pelelangan ikan (TPI), yang menjual berbagai jenis ikan laut seperti layur, cakalang, bawal, udang, cumi-cumi dan masih banyak lagi. Ikan-ikan yang dijual di tempat tersebut selalu dalam kondisi yang segar. Para wisatawan dapat membawa ikan-ikan yang ada disana untuk oleh-oleh keluarga yang ada dirumah.

Selain itu, para wisatawan juga dapat melihat secara langsung pendaratan kapal-kapal nelayan sepulang dari melaut. Agar dapat melihat pendaratan kapal tersebut, datanglah ke tempat pelelangan ikan sekitar pukul 11.00 sampai pukul 13.00 WIB. Biasanya pada jam-jam tersebut para nelayan mendaratkan kapalnya dan membawa ikan hasil tangkapannya.

4. Batu Karang Yang Indah

Selain cocok untuk berselancar, Pantai Pelabuhan Ratu juga mempunyai keindahan batu-batu karang yang luar biasa. Keunikan dari batu-batu karang yang menjorok ke laut ini akan membuat para wisatawan terpesona. Selain itu diatas batu karang tersebut para wisatawan dapat duduk-duduk santai sembari memancing.

Para wisatawan juga dapat menikmati cipratan air laut saat duduk di atas batu karang. Selain itu para wisatawan juga dapat melihat kapal-kapal nelayan yang sedang mencari ikan. Batu karang tersebut juga dapat dijadikan spot foto yang sangat instagramable.

5. Menikmati Keindahan Sunrise Dan Sunset

Untuk para wisatawan yang berlibur ke Pantai Pelabuhan Ratu dengan mengajak pasangannya, maka ajaklah untuk menikmati sunset atau sunrise di pantai ini. Para wisatawan dapat menikmati keindahan saat matahari mulai muncul dari balik bukit dan sinarnya mulai menyinari pasir dan birunya laut.

Saat sore hari, matahari mulai tenggelam dan cahaya sunset berwarna jingga akan memantul di perairan yang tenang. Keindahan alam tersebut akan terasa sempurna jika dinikmati bersama keluarga atau teman terdekat. Hal tersebut akan menjadi momen liburan yang tidak akan pernah terlupakan.

Untuk wisatawan yang ingin menikmati sunset ataupun sunrise dihimbau untuk selalu hati-hati, waspada dan selalu taati peraturan, mengingat ombak di pantai tersebut sangat kuat dan besar. Karena sewaktu-waktu ombak tinggi di pantai tersebut dapat dengan tiba-tiba datang.

Itu tadi merupakan beberapa informasi mengenai tempat wisata Pantai Pelabuhan Ratu yang wajib dikunjungi saat liburan tiba. Selain itu para wisatawan juga harus tetap menjaga keindahan dan kebersihan Pantai Pelabuhan Ratu dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *