Pantai Pok Tunggal : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Pantai menjadi destinasi wajib untuk didatangi saat liburan. Di Gunung Kidul, terdapat pantai yang identik dengan pasir berwarna putih yang lembut dan keadaan alam yang masih alami. Pantai yang tersembunyi ini dikenal dengan nama Pantai Pok Tunggal. Ombak dan bukit menjadi objek wisata favorit.

Harga Tiket Masuk Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal merupakan pantai baru. Tetapi telah mengalami perubahan yang cukup pesat karena wisata pantai dinilai cukup menawan dan diminati wisatawan. Fasilitasnya cukup lengkap, sudah tersedia parkiran luas, toilet, mushola, rumah makan dan penginapan.

Harga yang harus dibayar untuk masuk pantai cukup terjangkau, sebesar Rp. 10.000,- per orang. Itupun sudah termasuk tiket masuk ke pantai lain yang berdekatan, seperti Pantai Kukup, Krakal, Indrayanti, Drini, Sundak dan Sepanjang. Murah tetapi banyak yang bisa dinikmati bukan.

Ada tambahan biaya yang harus dibayar, yaitu biaya parkir yang dikenakan bagi wisatawan yang membawa kendaraan. Mobil biaya parkir sebesar Rp. 5.000,- sedangkan untuk minibus biaya parkir sebesar Rp. 15.000,- dan untuk sepeda motor sebesar Rp. 3.000,- saja.

Rute Menuju Lokasi Pantai Pok Tunggal

Menuju lokasi pantai Pok Tunggal cukup mudah. Bisa ditempuh melalui arah Klaten ataupun Yogyakarta. Jika dari arah Klaten jalan terus ke Prambanan menuju pertigaan jalan Solo-Prambanan, lalu belok kiri menuju jalan Wonosari, terus melewati Patuk, Hutan Bunder, Gading, Bunderan Tug BPD, lalu melewati JalanKyai Legi, menuj jalan Lingkar Selatan Wonosari ke arah jalan KRT Djojodiningrat, terus ke Jalan Girisbo, Jalan Saptosari, Tepus, lalu sampailah di Pok Tunggal.

Sedangkan wisatawan yang datang dari arah Yogyakarta dapat melewati Patuk. Lalu ikuti rute yang sama seperti melewati Hutan Bunder dan setrusnya hingga sampai ke pantai Pok Tunggal. Jarak pantai dengan pusat kota sekitar 70 kilometer, sekitar 2 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi.

Baca Juga :   Pantai Indah Kapuk : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Akses menuju pantai sudah mudah ditempuh dan cukup bagus. Hanya akan menemukan jalan dengan tanah sedikit berbatu sekitar satu setengah kilometer sebelum sampai pantai. Saat melewati Pos Retribusi di Gedung Pantai Pulang Syawal, akan ada papan petunjuk yang menjelaskan arah ke Lokasi pantai Pok Tunggal. Dengan mengikuti arahan tersebut, wisatawan tidak perlu khawatir tersesat, jalan menuju pantai sudah dekat.

Untuk saat ini belum ada kendaraan umum yang bisa langsung menuju rute pantai Pok Tunggal, kendaraan umum hanya mengantar sampai terminal Wonosari. Tetapi sudah banyak ojek pangkalan disana. Dengan biaya sekitar Rp. 20.000,- wisatawan akan diantar sampai pantai Pok Tunggal.

Objek Wisata Di Sekitar Favorit Di Pantai Pok Tunggal

Setelah menempuh jalur yang melelahkan, wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan alam dan objek wisata yang ada di Pantai Pok Tunggal. Berikut objek Wisata Favorit di Pantai Pok Tunggal:

1. Diving Dan Snorkeling

Bagi penggemar snorkeling, ombak di Pantai Pok Tunggal sangat cocok dan pasti mengasikkan dijadikan untuk snorkeling. Ombak disini cukup tenang jadi tidak perlu khawatir terserat ombak, maka dari itu selain snorkeling, sangat cocok juga melakukan aktivitas diving. Didukung dengan air laut yang tenang, masih alami dan juga bening.

Jika sudah memiliki peralatan, jangan lupa dibawa dari rumah, tetapi jika tidak ada tidak perlu khawatir karena banyak jasa yang menyewakan peralatan snorkeling.

Hanya dengan biaya sekitar Rp. 50.000 per jam, cukup terjangkau bukan. Alatnya pun lengkap, seperti alat snorkel, sepatu karet, masker dan 3 frame foto di bawah laut. Dengan begitu momen indah dibawah laut akan bisa diabadikan.

2. Aliran Sungai Bawah Tanah

Hal unik yang ada di Pantai Pok Tunggal dan selalu menimbulkan rasa penasaran wisatawan adalah adanya sungai bawah tanah disini. Yang cukup menarik, aliran sungai bawah tanah di pantai Pok Tunggal berair tawar dan tidak tercampur dengan air laut yang asin.

Baca Juga :   Pantai Sodong : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Selain menjadi tempat favorit yang ingin didatangi wisatawan. Aliran sungai bawah tanah ini merupakan sumber mata air tawar yang dijadikan sumber air utama, masyarakat di sekitar pantai. Airnya sangat jernih dan murni.

3. Wisata Ekstrem Rock Climbing

Selain keindahan ombak dan aliran sungai bawah laut yang unik. Pantai ini sendiri terdiri dari tebing-tebing karst yang berjejeran satu dengan lainnya sehingga tebing saling berhimpitan. Hal inilah yang menjadi daya tarik di Pantai Pok Tunggal. Tebing menjulang seperti benteng kerajaan ke arah langit ini tentu menjadi hal yang menantang adrenalin para pecinta Rock Climbing.

Para pemain Rock Climbing dapat merasakan keseruan dengan menjajal menaiki ataupun menuruni tebing-tebing karst yang cadas. Adrenalin pasti teruji oleh tebing Pantai Pok Tunggal. Dari atas, wisatawan dapat melihat keindahan alam serta hamparan laut yang ada di pantai Pok Tunggal. Jangan khawatir penjaga pantai siap memantau, untuk memastikan keamanan wisatawan tetap terjaga.

4. Spot Foto Menarik

Dengan kemajuan teknologi, sudah banyak cara menunjukan eksistensi. Seperti tren yang sedang berkembang saat ini, yaitu mengupload berbagai jenis foto traveling yang unik, menarik dan seru ke akun media sosial. Instagram dan juga Facebook sering menjadi media utama yang menunjang eksistensi. Untuk para wisatawan yang tujuannya memburu foto-foto berkualitas maka telah tersedia spot foto menarik di pantai Pok Tunggal ini.

Banyak sekali spot foto yang tersedia. Yang menjadi favorit adalah lokasi saat menaiki tangga menuju puncak bukit karst. Disana wisatawan dapat mengabadikan momen sunrise maupun sunset terbaik. Jika yang tidak suka menaiki tangga, bisa berfoto dengan latar laut dan langit biru, telah tersedia pula properti seperti deretan payung warna-warni akan memperindah hasil jepretan.

Baca Juga :   Pantai Karang Bolong: Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

5. Penginapan Pantai Pok Tunggal

Sudah banyak sejumlah penginapan yang tersedia bagi yang ingin lebih lama menikmati keindahan Pantai Pok Tunggal. Lokasinya sangat dekat dengan pantai. Sangat cocok untuk menikmati keindahan alam terbuka di pantai pada malam hari.

6. Bercamping Ria

Area camping selalu menjadi daya tarik tersendiri. Terutama pada akhir pekan dan hari libur. Kawasan camping disini juga salah satu objek wisata yang menarik wisatawan. Jika dirasa penginapan terlalu mahal, tersedia pula penyewaan tenda biasa disekitar lokasi pantai. Hanya dengan biaya Rp. 60.000,- per malam, wisatawan sudah bisa bermalam di pantai Pok Tunggal ini, pasti akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

7. Hammocking

Wisatawan akan merasakan sensasi berayun di atas Hommock dengan sepoi angin pesisir. Akan menjadi pengalaman yang menyenangkan, tidak terlupakan dan ingin selalu diulang. Tempat yang dirasa cocok untuk memasang hammock adalah Bukit Panjong, dimana ada pohon-pohon pandan laut yang berdiri dengan gagahnya. Senja akan terlihat indah dari ketinggian ini.

8. Kawanan Monyet Liar

Hal yang cukup unik dan menarik wisatawan adalah kawanan monyet liar. Banyak kawanan monyet liar yang ada atas tebing Pantai Pok Tunggal ini. Kawanan monyet ini masih hidup alami di tebing pantai dengan pohon-pohon jati tumbuh disekitarnya. Akan menjadi pengalaman tersendiri saat wisatawan dapat bertemu dengan sekawanan monyet.

9. Melihat Sunset

Sunset merupakan daya tarik utama seorang wisatawan. Panorama sunset menjadi Objek wisata yang selalu menjadi favorit. Pada bulan tertentu, saat matahari tenggelam, wisatawan akan melihat panorama sunset yang indah di tengah laut. Perpaduan antara langit jingga dengan ombak nan putih, menjadi layar utama keindahan sunset di pantai Pok Tunggal.

Itulah harga tiket, rute menuju lokasi dan objek wisata pantai Favorit di Pantai Pok Tunggal. Panorama alam yang tersaji di sini tentu akan membuat wisatawan merasa tenang dan cocok untuk beristirahat setelah sibuk dengan rutinitas sehati-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *