Pantai Rancabuaya : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Pantai Rancabuaya merupakan salah satu pantai yang ada di Garut , Jawa Barat. Objek pantai ini termasuk salah satu pantai yang menjadi objek tujuan wisata para wisatawan, dalam kota maupun mancanegara. Pantai ini memiliki ketinggian 0-200 m di atas permukaan laut. Perairan pantai berwarna biru, bau air normal dan tinggi gelombang rata-rata kurang dari 1 meter. Material dasar laut yang ada di Pantai Rancabuaya ini berupa pasir halus, batu karang dan pasir kasar.

Banyak orang mengunjungi pantai ini karena kondisi pantai yang bersih dan rapi. Pantai Rancabuana merupakan salah satu pantai yang ada di daerah Jawa Barat dengan kondisi yang baik. Pengelolaan yang bersih membuat Pantai ini menjadi salah satu pantai favorit yang bisa dikunjungi buat liburan. Pantai yang terletak di desa Purbayani Kecamatan Caringin ini memiliki luas 10 ha dengan luas kawasan keseluruhan sebesar 1.524 ha.

Harga Tiket Masuk Ke Pantai Rancabuaya

Menikmati indahnya panorama pesisir pantai merupakan hal yang banyak diinginkan oleh banyak orang. Untuk Pantai Rancabuaya sendiri keindahan alam yang di tunjukkan juga tidak kalah bagusnya. Bagi kita yang ingin menikmati indahnya Pantai ini, tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal.

Mengapa? Biasanya biaya untuk liburan cenderung sangat mahal.  Kita tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak karena tarif yang dikenakan untuk masuk sebesar Rp 5.000 per orang saat hari biasa.

Sedangkan untuk akhir pecan tarif untuk masuk biasanya naik , namun kenaikan tarif harga masih tetap bisa kita jangkau. Tarif dikenakan sebesar Rp 10.000, sangat murah dan terjangkau untuk kita bukan.  Oleh karena itu nikmatilah liburan yang menyenangkan dan terjangkau dengan mengunjungi Pantai yang indah ini. Ajaklah keluarga dan beberapa teman kita untuk menikmati indahnya alam Pantai di Jawa Barat ini.

Baca Juga :   Pantai Mutun : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Harga tiket untuk masuk ke pantai ini tergolong cukup murah. Siapa pun bisa memasuki pantai ini tanpa mengeluarkan biaya yang banyak. Sangat sesuai bagi kita yang ingin menghabiskan waktu liburan dengan biaya yang murah.

Rute Menuju Lokasi Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya yang berada di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut ini bisa dicapai lewat jalur alternatif. Karena Pantai Rancabuaya berada dekat dengan jalur utama Trans Jawa Barat serta jalan raya rancabuaya. Kita bisa menuju ke lokasi pantai dengan menggunakan kendaraan pribadi atau bisa juga dengan naik angkot.

Perjalanan yang kita lakukan dari Kota Garut sampai ke Pantai ini membutuhkan waktu 3,4 sampai 4 jam. Tentunya dengan kondisi jalan normal dan tidak macet serta kecepatan kendaraan mencapai jarak tempuh 135 kilometer. Kita tidak perlu khawatir dengan kondisi jalan raya dari arah Kota Garut menuju Pantai ini karena jalan sudah beraspal dan memadai.

Penjelasan yang disampaikan diatas merupakan rute perjalanan jika kita ingin berangkat dari arah Kota Garut. Namun bisa juga kita mencari rute perjalanan yang lain yaitu berangkat dari Kota Bandung.  Bagi kita yang tinggal diluar kota dan ingin mengunjungi Pantai Rancabuaya, agar lebih mempermudah perjalanan ada baiknya berangkat dari arah Kota Bandung saja.

Perjalanan dari arah Kota Bandung diteruskan ke jalan Barangnasiang, jalan Ahmad Yani, jalan Asia Afrika lalu menuju jalan Jend. Sudirman. Lalu dari jalan Jend. Sudriman ini kita akan meneruskan perjalanan menuju jalan Nasional III, jalan Soekarno Hatta, Kemudian terusan Pasirkoja, dan Jalan Tol Soraja. Perjalanan yang akan kita lakukan dari arah Kota Bandung memang memakan waktu yang lama dan melewati beberapa jalan.

Baca Juga :   Pantai Marina : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Setelah melewati beberapa jalan, kita akan tetap melanjutkan perjalanan. Setelah melewati jalan Tol Soraja kemudian kita akan melanjutkannya melewati jalan Al-fathu, jalan Raya Soreang Banjar menuju ke arah wilayah Dangceur, jalan pahlawan, kebon kelapa, jalan Raya Palalengan, jalan Situ Ciluenca, jalan Raya Wates, jalan Cukul, jalan Talegong, jalan Purwabhakti, jalan Cisewu-Sukarame dan terakhir melalui jalan rancabuaya.

Objek Wisata Di Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya juga menawarkan berbagai objek wisata yang indah dan mempesona. Nantinya  mungkin bisa kita jadikan objek wisata yang bisa di kunjungi. Jika kita bermain dan berkunjung ke pantai ini sangat banyak objek wisata yang bisa kita nikmati. Bagi kita yang ingin mengetahui apa saja objek wisata yang bisa kita nikmati di pantai rancabuaya, berikut diantaranya :

1. Fasilitas Dan Wisata Kuliner

Fasilitas yang disediakan oleh pengelola Pantai sangat beragam dan memang yang paling dibutuhkan oleh pengunjung. Terdapat mushola, toilet dan ruang bilas bila kita selesai berenang di pantai. Jangan khawatir tidak ada fasilitas penyedia seperti diatas, karena pengelola pantai pasti sudah mengerti dan faham akan kebutuhan pengunjung. Selain itu banyak juga terdapat wisata kuliner di sekitar pantai. Sembari menikmati jajanan khas kita bisa menikmati indahnya semilir angin Pantai ini.

2. Sunset View

Mungkin yang paling dicari banyak orang ketika di pantai adalah melihat sunset view. Supaya bisa mengambil moment dan mengabadikannya. Posisi pantai yang miring membuat kita bisa menikmati sunset di pantai ini. Munculnya sunset akan menambah keindahan pada Pantai Rancabuaya ini. Kita bisa menikmati sunset view bersama keluarga dan pasangan kita akan sangat romantis bukan jika kita menikmatinya dengan orang yang tersayang.

Baca Juga :   Pantai Widuri : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3. Air Terjun

Pantai Rancabuaya juga mempunyai air terjun, lokasi air terjun ini menghadap ke pantai. Lokasi air terjun ini merupakan tempat yang paling digemari oleh banyak orang untuk dijadikan tempat berfoto. Air terjun ini didapatkan dari tebing yang berada di sekitar pantai. Tebing ini memunculkan air dari atas dan mengirimnya ke bawah. jika kita menuju tebing ini maka kita akan melihat jelas air terjun ini.

4. Pasir Putih

Selain memiliki beberapa objek wisata yang mengagumkan, Pantai Rancabuaya juga memiliki pasir putih di pantainya. Kita tahu bahwa jika ada pasir putih pada pantai maka bisa dikatakan bahwa pantai itu bersih dan rapi. Pasir putih pada pantai rancabuaya juga sangat halus ketika terinjak oleh kaki sehingga membuat nyaman pengunjung. Inilah yang membuat beberapa wisatawan rela berlama-lama untuk menetap di Pantai Rancabuaya ini.

5. Tebing Ukir

Hal menarik lainnya yang dapat kita kunjungi adalah adanya tebing ukir. Tebing ini berada di sekitar Pantai ini, ukiran tebing ini sangat alami tanpa ada eksploitasi dari pihak manapun.  Untuk menambah ke khasan dari pantai ini maka ditambahkanlah sedikit ukiran untuk mempercantik sisi tebing pantai. Daya tarik yang coba dimunculkan oleh pengelola pantai dan terbukti berhasil.

Adapun itulah beberapa informasi tentang Pantai Rancabuaya , rute menuju lokasi dan harga tiket masuk yang bisa kita jadikan referensi untuk liburan. Beberapa informasi yang sudah dijelaskan nantinya bisa kita jadikan media untuk mempelajari berbagai sisi yang ada di pantai rancabuaya ini. Maka dari itu penting hukumnya bagi kita untuk belajar lebih dahulu sebelum memulai melakukan perjalanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *