Pantai Randusanga : Rute Menuju Lokasi dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Kabupaten Brebes merupakan daerah pantai utara pulau jawa yang sering dilewati terutama saat musim liburan. Wisata pantai dapat menjadi rekomendasi bagi pengunjung yang melalui area tersebut. Salah satu pantai yang sering dikunjungi di Kabupaten Brebes adalah Pantai Randusanga. Ombak yang bersahabat dan tersedianya fasilitas rest area menjadikan tempat ini cocok untuk digunakan sebagai referensi wisata keluarga.

Harga Tiket Masuk Pantai Randusanga

Tiket masuk untuk memasuki area wisata ini sebesar Rp 10.000 per orang saat hari Senin-Jumat. Ketika memasuki hari libur atau akhir pekan, harga tiket akan naik menjadi Rp 15.000 per orang. Sedangkan saat memasuki hari libur panjang, harga tiket masuk dikenakan sebesar Rp 20.000 per orang. Harga yang berubah-ubah ini  dibuat berdasarkan jumlah besarnya pengunjung pantai Randusanga.

Selain tiket masuk, ada biaya tambahan bagi pengunjung yang membawa kendaraan. Untuk biaya parkir motor adalah sebesar Rp. 2000, dan untuk mobil adalah Rp. 5000. khusus untuk bus atau truk, tarif parkir adalah sebesar Rp. 10.000. Biaya tarif parkir tersebut merupakan biaya diluar tiket masuk.

Rute Menuju Pantai Randusanga

Pantai Randusanga terletak di Kabupaten Brebes, Krajan, Desa Randusanga Wetan. Lokasinya berada di utara jalur pantura. Apabila pada jalur pantura, pengendara melewati jalan Nasional yang bernama JL. Gajahmada di Kabupaten Brebes. Dari sana akan bertemu pertigaan di sisi utara yang bernama JL. Sunan Gunung Jati. Jalan ini terdiri dari dua arah.

Pengendara yang berada di jalan Gajahmada dapat langsung berbelok menuju jalan Sunan Gunung Jati ke arah utara, kemudian hanya lurus saja mengikuti jalur sepanjang kurang lebih 7 km. Setelah melewati area kebun bawang merah dan tempat budidaya ikan bandeng, akan terlihat gapura pantai Randusanga dan pengunjung dapat segera masuk ke area wisata tersebut.

Baca Juga :   Pantai Santolo : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Obyek Wisata Pantai Randusanga

Pengunjung pantai Randusanga juga disuguhi sarana rekreasi tambahan yang cocok untuk berkumpul bersama orang terdekat. Sarana rekreasi yang bisa dinikmati pengunjung beberapa diantaranya adalah wisata mandi laut, panggung gembira, bermain atv, dan lain sebagainya. Untuk sarana rekreasi yang memerlukan alat tambahan akan dikenakan biaya sewa alat, sedangkan untuk tempat (gazebo, area panggung, dll) tidak perlu mengeluarkan biaya.

1. Wisata Perahu Kano

Pengunjung pantai Randusanga yang ingin berkeliling di tepi laut dapat menggunakan fasilitas sewa perahu kecil yang telah disediakan. Garis pantai yang memanjang sejauh 2 km dengan hembusan angin ombak tepi pantai merupakan sensasi tersendiri yang diperoleh pengunjung apabila berkeliling dengan menggunakan perahu. Sehingga cocok untuk menghilangkan penat dari rutinitas sehari-hari.

Pengunjung yang ingin berkeliling tepi pantai menggunakan perahu Kano akan dikenakan biaya sebesar Rp. 20.000 per orang. Biaya tersebut sudah termasuk jaket pelampung yang menjadi satu paket bersamaan dengan sewa perahu. Pengunjung yang belum mahir bermain perahu kano akan mendapatkan instruksi khusus dari petugas setempat

2. Area Berkemah (Camping Ground)

Di sisi timur pantai Randusanga, terdapat area wisata khusus  bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam pantai dengan berkemah. Lokasi perkemahan berada dibawah rimbunan pohon cemara, menjadikan pengunjung seperti berada dalam hutan mini yang memiliki suasana hangatnya tepi laut. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati sunset terbaik di Brebes apabila menginap di tempat ini.

Pengunjung yang ingin bermalam dengan menggunakan tenda, akan dikenakan biaya sebesar Rp. 100.000 untuk 3 orang tiap satu tenda. Tarif ini berlaku untuk penggunaan tenda selama sehari semalam. Tidak ada biaya untuk masuk ke area perkemahan ini karena sudah terhitung dalam biaya tiket masuk kawasan pantai Randusanga. Beberapa pengunjung seringkali menggunakan area perkemahan ini sebagai tempat untuk acara reuni.

Baca Juga :   Pantai Sepanjang : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3. Wisata Mandi Laut

Ombak yang tenang khas pantai utara dengan hembusan angin yang menyegarkan, membuat pantai Randusanga sangat cocok digunakan untuk mandi atau berenang di laut lepas. Apabila pengunjung berenang di pagi hari, jika beruntung akan terlihat lumba-lumba  yang melompat di atas permukaan laut. Pengunjung yang berenang sore hari akan dapat menikmati cuaca yang hangat dan melihat sunset di laut pantai Randusanga.

Bagi pengunjung yang tidak bisa berenang, pengelola telah menyediakan pelampung untuk berenang di laut. Untuk pelampung kecil, pengunjung akan dikenakan biaya sewa sebesar Rp. 10.000 untuk pelampung kecil dan Rp. 25.000 untuk pelampung besar. Bagi pengunjung anak-anak, disarankan untuk tidak berenang sendirian di laut meskipun sudah menggunakan pelampung. Sedangkan bagi pengunjung dewasa, di himbau untuk tidak berenang terlalu jauh dari tepi pantai.

4. Panggung Hiburan

Wisata di area pantai yang bertujuan untuk menghibur pengunjung adalah panggung hiburan yang seringkali digelar di dalam area pantai Randusanga. Panggung hiburan ini akan degelar hanya saat hari dimana banyaknya pengunjung yang datang misalnya saat hari libur. Pengunjung yang ingin menikmati panggung hiburan tidak dikenakan biaya sama sekali karena sudah termasuk biaya tiket masuk pantai.

Saat panggung hiburan sedang berlangsung, pengunjung dapat menyaksikan dekat dengan mendekati panggung atau melihat melalui gazebo di tepi pantai yang sudah disediakan pengelola. Dengan menikmati panggung hiburan, pengunjung dapat menghilangkan rasa bosan terutama bagi orang tua yang sambil menemani anaknya bermain pasir di tepi pantai. Selagi anak masih bermain, para orang tua dapat menikmati hiburan tersebut sembari mengawasi anaknya.

5. Hutan Mangrove Pandansari

Berada di sisi barat dari pantai Randusanga, hutan mangrove pandansari merupakan kawasan tumbuhan mangrove yang berfungsi untuk mencegah abrasi air laut agar tidak masuk ke daratan. Pengunjung dapat menikmati wahana menyusuri sekeliling hutan mangrove dengan menggunakan perahu kecil hingga menuju ke muara dan dapat menikmati perpaduan pemandangan laut dan hutan mangrove.

Baca Juga :   Pantai Pok Tunggal : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Pada hutan mangrove pandansari juga telah disediakan jalur dari papan kayu bagi pengunjung yang ingin melakukan trekking. Selain itu juga terdapat menara gardu pandang dimana pengunjung dapat menyaksikan pesona pantai Randusanga dan hutan mangrove dari atas. Pengunjung memasuki area mangrove dikenakan biaya sebesar Rp. 15.000 sebagai biaya perawatan mangrove, dan nantinya pengunjung akan mendapatkan air mineral sebagai gantinya.

6. Penyewaan Kendaraan ATV

Mengelilingi tepi pantai dengan menggunakan kendaraan ATV merupakan salah satu hal yang berkesan bagi pengunjung saat berkunjung ke pantai Randusanga. Di tepian pantai terdapat stand ATV yang siap untuk disewa pengunjung dengan tarif Rp. 50.000(ATV kecil) dan Rp. 100.000(ATV besar) per 30 menit. Pengunjung anak-anak dilarang untuk menaiki kendaraan ini tanpa pendampingan dari orang tua.

7. Spot Foto Yang Menarik

Pantai Randusanga memiliki spot foto menarik yang cocok digunakan untuk berswa foto. Diantaranya adalah area cemara dekat bumi perkemahan. Memiliki spot perpaduan antara pohon cemara dengan pasir putih, keindahannya akan bertambah saat sunset tiba. Spot foto selanjutnya adalah pada batu panjang yang menjorok ke laut.  Dari bebatuan ini akan terlihat pemandangan laut lepas yang cocok untuk berfoto saat sunrise maupun sunset.

Wisata Pantai Randusanga dapat menjadi alternatif bagi siapapun yang melewati jalur pantura. Dengan berbagai macam fasilitas dan sarana rekreasi yang mendukung, tentunya tempat wisata pantai yang indah satu dengan lainnya akan memiliki daya tarik tersendiri sehingga nantinya akan menguntungkan bagi pengunjung maupun warga sekitar dan pengelola area wisata tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *