Pantai Rupat : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Pantai merupakan wisata alam yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan. Pantai selalu menjadi tempat tujuan saat berlibur bersama keluarga maupun sahabat. Salah satu pantai yang bisa dijadikan tempat tujuan adalah Pantai Rupat atau Pantai Rhu. Pantai ini terletak di Desa Teluk Rhu Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, Riau. Panjang pesisir pantainya sekitar 17 kilometer, dan memiliki lebar sekitar 30 meter. Pantai ini mendapat julukan sebagai pantai terpanjang yang ada di Indonesia.

Pemandangan alam di pantai ini sangat indah dan asri karena berada di sekitar pesisir Selat Malaka. Pantai ini berbatasan langsung dengan 2 negara yaitu Singapura dan Malaysia. Air lautnya sangat jernih untuk berenang dan memiliki hamparan pasir yang indah berwarna putih kecokelatan. Jika wisatawan ingin pergi ataupun berlibur ke pantai ini, ada baiknya sebelumnya mengetahui beberapa rangkaian informasi seputar pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Rupat

Untuk masuk ke Pantai Rupat ini, para wisatawan tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk membayar tiket masuk alias gratis. Hal ini tentu sangat menguntungkan untuk para wisatawan. Wisatawan bisa puas berlibur dan melihat keindahan dan pesona pantai ini tanpa harus membayar mahal. Para wisatawan tidak harus menabung terlebih dahulu untuk datang ke pantai ini. Hal ini dikarenakan biaya yang dibutuhkan juga tidak banyak, masuknya gratis.

Fasilitas yang ada di pantai ini juga sudah cukup memadai walaupun pantainya menggratiskan tiket masuk. Di Pantai ini ada penjual makanan yang siap melayani para wisatawan dan menjual berbagai macam makanan. Makanan yang disajikan oleh para penjual juga sangat nikmat dan terjangkau harganya. Selain itu, di pantai ini juga sudah terdapat beberapa penginapan yang dapat digunakan oleh para wisatawan yang ingin berlibur ke pantai ini.

Baca Juga :   Pantai Slili : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Para wisatawan bisa memilih berbagai makanan sesuai selera dan salah satu penginapan untuk menginap bersama keluarga atau sahabat. Pilihlah penginapan yang sesuai dengan selera dan pastinya memiliki harga yang terjangkau. Wisatawan hanya perlu menyiapkan budged untuk makanan, penginapan jika ingin menginap. Biaya tiket masuk tak harus dipikirkan lagi.

Rute Menuju Lokasi Pantai Rupat

Banyak wisatawan yang bingung memilih rute yang akan di tempuh saat ingin pergi ke tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Bahkan wisatawan merasa kesulitan untuk mencari rute mana yang akan dipilih. Para wisatawan biasanya lebih memilih rute yang aman dengan jarak tempuh terdekat. Ada 2 rute yang bisanya dipilih dan wisatawan untuk menuju Pantai Rupat ini, yaitu rute dari kota Dumai atau kota Pekanbaru.

Wisatawan bisa menggunakan alat transportasi laut seperti boat dari Pelabuhan Dumai dengan lama perjalanan sekitar 2 jam sampai 2,5 jam. Selain itu, bisa juga dengan menggunakan kapal feri atau kapal pesiar yang sering melintasi pantai ini. Untuk sampai ke Pantai Rupat, wisatawan harus pindah ke kapal kecil (pompong) karena belum tersedianya dermaga untuk para wisatawan.

Jika wisatawan dari kota Pekanbaru, wisatawan bisa naik kapal penumpang yang akan menyusuri Sungai Siak dan berhenti di Bengkalis. Setibanya di Bengkalis, wisatawan bisa menyewa kapal kecil (speed boad) menuju ke Pantai Rupat. Harga sewa kapal kecil (speed boad) ini perhari sekitar 1 juta rupiah.

Pastikan dalam perjalanan ini para wisatawan sudah menentukan rute yang akan di pilih dan ditempuh. Wisatawan bisa memilih salah satu dari rute yang telah disebutkan mana yang lebih dekat dari kota Dumai atau kota Pekanbaru. Pilihlah rute yang nyaman menurut para wisatawan. Bawalah perlengkapan yang penting saja saat pergi ke pantai ini.

Baca Juga :   Pantai Glagah : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Obyek Wisata Yang Bisa Dinikmati Di Pantai Rupat

Sesampainya di Pantai Rupat, banyak objek wisata yang bisa dilihat dan dilakukan di pantai ini. Apa saja objek wisata yang ada di pantai ini? Berikut akan disajikan seputar informasi seputar obyek wisata yang ada di pantai ini:

1. Menikmati Suasana Pantai

Para wisatawan bisa menikmati suasana pantai yang terasa begitu teduh dan menyegarkan. Pemandangannya sangat memukau dengan pepohonan sejenis tumbuhan mangrove yang tumbuh dengan rindang di sepanjang pantai. Pantai ini terbilang unik, karena terdapat banyak binatang-binatang kecil (umang-umang). Binatang-binatang kecil ini sesekali akan berkumpul bahkan membentuk sebuah susunan yang menyebabkan warna pesisir pantai terlihat berwarna warna merah.

2. Berburu Spot Foto Keren

Di Pantai Rupat ini, para wisatawan bisa berburu spot foto keren dan bagus yang bisa diabadikan. Wisatawan bisa berfoto sepuasnya bersama keluarga ataupun sahabatnya. Wisatawan juga bisa mencoba untuk foto bersama binatang-binatang kecil yang sesekali berkumpul. Namun, wisatawan harus berhati-hati saat melakukannya, jangan sampai binatang kecil tersebut pergi.

3. Bermain Di Hamparan Pasir

Di pantai ini, wisatawan bisa melakukan berbagai macam kegiatan karena hamparan pasirnya cukup luas. Wisatawan bisa berjemur di pasir pantai yang putih ini. Selain itu, wisatawan  juga bisa bersantai bersama keluarga ataupun sahabat. Aktivitas olahraga seperti voli pantai, bola kaki, lompat tali dan lain-lain juga bisa dilakukan di sini. Hal ini tentunya sangat menyenangkan dan menjadi kegiatan seru yang tak terlupakan bagi para wisatawan.

4. Festival Pantai

Di pantai Rupat ini, biasanya akan diadakan festival pada setiap tahunnya yang diselenggarakan oleh Pemerintah Bengkalis. Festival ini bertujuan untuk meningkatkan kunjungan para wisatawan dan menarik minat investor. Banyak perlombaan yang bisa diikuti saat festival berlangsung. Selain itu di festival ini juga terdapat hiburan atau pesta rakyat, penampilan kebudayaan, kesenian, dan lain-lain.

Baca Juga :   Pantai Ngudel : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

5. Spot Berenang Dan Memancing

Ombak yang ada di pantai ini cukup tenang dengan air yang sangat jernih yang membuat para wisatawan ingin berenang. Para wisatawan yang hobi berenang bisa berlibur ke pantai ini. Bagi yang tidak ingin berenang, wisatawan bisa bermain air di tepian pantai bersama keluarga ataupun sahabat. Saat berenang, usahakan untuk selalu menjaga kebersihan pantai dan keselamatan pribadi. Di pantai ini para wisatawan juga bisa memancing sambil menikmati pemandangan yang mempesona.

6. Melihat Rumah Togok

Obyek wisata selanjutnya yang ada di Pantai Rupat ini yaitu rumah togok. Rumah togok ini nama lain dari rumah para nelayan yang berada di atas air laut. Para wisatawan bisa melihat rumah togok ini dan mengambil beberapa spot foto di sini. Rumah togok ini terbilang unik dan wajib dikunjungi oleh para wisatawan jika pergi ke pantai ini.

Itu lah beberapa rangkaian informasi seputar Pantai Rupat. Walaupun pantai ini masih tergolong sepi, namun pantai ini cukup layak dan wajib untuk dikunjungi. Hal ini dikarenakan pantai ini telah menjadi salah satu aset berharga yang ada di Kabupaten Bengkalis. Tidak menutup kemungkinan pemerintah Kabupaten Bengkalis akan menyediakan dermaga bagi para wisatawan jika yang berkunjung ke pantai ini sudah banyak.

Sebagai informasi tambahan, di Pantai Rupat ini para wisatawan bisa melihat dan menikmati sunrise dan sunset yang tidak kalah indah dengan pantai lainnya. Selain itu , wisatawan juga bisa melihat perbukitan Malaysia dengan  mata telanjang. Para wisatawan bisa menikmati liburan yang seru di pantai ini dengan keindahan dan daya tarik yang ada di pantai ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *