Pantai Sandranan : Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Surga wisata air di Gunung Kidul tak ada habisnya, Pantai Sandranan merupakan salah satu pantai epic yang ada di daerah Gunung Kidul Yogyakarta. Pantai yang memiliki view yang menawan dan taman yang selalu terjaga kebersihannya membuat pantai ini wajib anda kunjungi saat berkunjung ke Gunung Kidul.

Pantai ini berlokasi di dusun Pulegundes II, desa Sidoharjo, kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Banyak sisi menarik dari keindahan alam bawah laut serta banyak aktivitas yang ditawarkan di Pantai Sandranan, membuat pantai ini banyak dikunjungi oleh wisatawan ketika weekend maupun libur panjang.

Harga Tiket Masuk Pantai Sandranan

Pantai ini menghadirkan beragam keindahan panorama alam yang bisa memanjakan mata pengunjungnya. Harga tiket masuk pantai ini cukup bersahabat bagi wisatawan, karena wisatawan cukup membayar biaya restribrusi sebesar Rp. 10.000 per orang. Jika anda membawa sepeda motor biaya restribusi bertambah menjadi Rp. 2.000 dan Rp. 5000 jika membawa mobil.

Harga tiket masuk yang cukup bersahabat di kantong, karena saat wisatawan telah memasuki area Pantai ini bisa menikmati berbagai fasilitas seperti Snorkeling, Menyewa kano, dan banyak gazebo di pinggir pantai serta tersedia juga dome untuk camping. Jam operasional Pantai ini 24 jam, jadi wisatawan bisa datang kapan saja.

Rute Menuju Lokasi Pantai Sandranan

Lokasi Pantai ini secara administratif berada  di dusun Pulegendes II, desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Dari area Yogyakarta, jika lalu lintas normal butuh waktu sekitar 2 jam untuk sampai ke pantai ini. Pantai ini terletak berderetan dengan pantai – pantai yang ada di daerah Gunung Kidul.

Rute menuju lokasi Pantai ini dari kota Yogyakarta menuju ke arah Wonosari, kemudian menuju ke arah selatan menuju ke Pantai Baron. Sampai di pos retribusi terdapat pertigaan lalu lurus saja menuju ke arah Pantai Krakal. Lokasi Pantai ini berada di sebelah timur Pantai Krakal.

Selain menuju arah Wonosari, dari kota yogyakarta bisa juga melewati jalan alternatif Imogiri-Panggang. Jalan alternatif ini menyajikan pemandangan indah hijaunya perbukitan, namun saat melewati jalan alternatif ini harus tetap berhati-hati karena jalan yang berkelok banyak turunan dan tanjakan

Objek Wisata Di Pantai Sandranan

Pantai ini memiliki karakteristik khas pantai-pantai yang ada di area Gunung Kidul, yaitu terdapat terumbu karang dan pasir putih yang mendominasi. Ombak dari Pantai Sandranan ini juga tidak terlalu besar karena garis pantai yang tidak terlalu besar.

Pantai Sandranan merupakan salah satu dari pantai-pantai yang ada di pesisir pantai selatan dan juga menjadi objek wisata andalan di Gunung Kidul. Pantai ini banyak dikunjungi oleh wisatawan ketika weekend maupun libur panjang karena memiliki daya tarik utamanya berupa aktivitas snorkeling dan kano.

Selain snorkeling dan kano banyak sekali objek wisata yang bisa dinikmati ketika berwisata ke pantai ini. Sebelum berkunjung ke Pantai Sandranan, simak objek wisata yang bisa dinikmati di Pantai Sandranan.

1. Snorkeling Dan Wisata Biota Laut

Pantai Sandranan memiliki keunggulan objek wisata berupa snorkeling. Pantai ini merupakan salah satu pantai alternatif jika ingin melakukan snorkeling karena terdapat beragam spesies terumbu karang dan berbagai jenis biota laut di dalamnya.

Untuk bisa melakukan snorkeling di Pantai Sandranan,  wisatawan perlu membayar biaya penyewaan sebesar Rp. 50.000 perjamnya. Snorkeling di pantai ini tidak berbahaya karena ombak tidak terlalu besar, tetapi saat snorkeling harus tetap berhati – hati karena terdapat banyak baru karang yang runcing.

Wisata snorkeling ini sangat cocok bagi wisatawan yang ingin mengenal lebih dalam dunia bawah air, selain itu wisatawan juga dapat berinteraksi dengan penghuni bawah laut seperti ikan cantik yang berwarna warni dan terumbu karang.

2. Wisata Mendayung Perahu Kano

Objek wisata lainnya yang juga menjadi keunggulan dari Pantai Sandranan yaitu mendayung perahu kano seperti di Pantai Pandawa, Bali. Saat berkunjung ke Pantai Sandranan wisatawan dapat menikmati sensasi mendayung perahu kano dengan menikmati hempasan ombak, bukit-bukit karang, serta hamparan birunya laut.

Seperti wisata snorkeling, untuk bisa menikmati sensasi mendayung perahu kano wisatawan perlu merogoh kocek sebesar Rp. 50.000 untuk sewa kano 1 jam. Wisatawan tidak perlu khawatir saat mendayung kano, karena ombak di Pantai Sandranan tidak terlalu besar.

3. Menikmati Sunrise Dan Sunset

Saat berkunjung ke pantai, tidak lengkap jika tidak menikmati sunrise atau sunset di pinggir pantai. Momen sunrise dan sunset banyak ditunggu oleh para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Sandranan. Kedua momen jika diabadikan bisa menghadirkan foto yang instagramable.

4. Berjemur Di Pinggir Pantai Sandranan

Wisatawan yang berkunjung ke Pantai ini pada siang hari bisa menikmati indahnya pantai sembari berjemur di pinggir-pinggir pantai. Wisatawan dapat bersentuhan dengan lembutnya pantai sembari menikmati deru ombak, dan angin sepoi – sepoi.

Jika tidak ingin berjemur, wisatawan juga bisa menyewa jasa payung yang berderet di pinggiran pantai dengan tarif Rp. 30.000 per jamnya.

5. Camping Ground Dan Api Unggun

Melakukan camping saat liburan bersama teman atau keluarga memang merupakan hal yang asyik untuk dilakukan. Pantai ini memiliki area yang cukup untuk mendirikan tenda dan api unggun. Wisatawan dapat menikmati hangatnya api unggun dan keelokan alam yang tiada duanya. Tak heran jika banyak wisatawan yang melakukan camping di Pantai Sandranan.

6. Tempat Berkumpul Bersama Teman

Pasir putih Sandranan dan beningnya lautan serta indahnya pesona senja di sore hari membuat Pantai Sandranan ini cocok dijadikan sebagai tempat berkumpul dengan teman – teman.  Selain itu di dekat pantai terdapat gubuk yang cukup besar yang cukup menampung belasan orang.

Menyaksikan keindahan Pantai Sandranan dan berkumpul bersama teman dapat mengurangi beban penat kehidupan sehari-hari. Hal tersebut menjadi suatu aktivitas yang tidak boleh terlewatkkan.

7. Penginapan Di Area Pantai Sandranan

Penginapan di area Pantai Sandranan telah dikelola dengan baik. Wisatawan tidak perlu khawatir dengan keamanan dan kebersihan dari tempat penginapan di area ini. Penginapan yang ada di Pantai Sandranan berupa pondok-pondok bambu.

Penginapan ini berada diatas bukit, sehingga wisatawan dapat melihat pemandangan yang indah serta nyaman saat menginap di penginapan tersebut. Fasilitas yang disediakan di penginapan sudah lengkap, tetapi tetap tergantung harga yang ditawarkan oleh pengelola.

8. Kuliner Di Pantai Sandranan

wisatawan tidak perlu khawatir jika datang ke Pantai ini tidak membawa bekas makanan. Terdapat banyak angkringan dia area pantai, yang menjual makanan khas yogyakarta. Ada juga resto dan cafe dengan tampilan unik yang menghidangkan berbagai macam menu, wisatawan juga bisa menyantap seafood segar hasil tangkapan nelayan.

Demikian informasi mengenai Pantai Sandranan, Gunung Kidul, Yogyakarta. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi anda serta dapat memberikan gambaran sebelum anda berlibur ke Pantai Sandranan. Tetap jaga kebersihan dan ikuti aturan yang ada supaya liburan anda nyaman dan menyenangkan. Selamat berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *